cover
Contact Name
Arya Samudra Mahardhika
Contact Email
aryamahardhika1988@gmail.com
Phone
+6285879581454
Journal Mail Official
lppm@universitasputrabangsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Ronggowarsito No. 18, Pejagoan, Kebumen
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment
ISSN : -     EISSN : 27756319     DOI : https://doi.org/10.32639/jcse.v5i1
Journal of Community Service and Empowerment (JCSE) is a scientific multidisciplinary journal published by LP3M Universitas Putra Bangsa. It is in the regional and national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
Pelatihan Manajemen Usaha: Pencatatan Keuangan Usaha Menggunakan Aplikasi Keuangan Digital Evi Rosalina Widyayanti
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.46

Abstract

Pelatihan Manajemen Usaha ini dilakukan pada Sekolah Wirausaha Aisyiyah Kabupaten (SWA) Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Tema yang diangkat adalah Pencatatan Keuangan Usaha Menggunakan Aplikasi Keuangan Digital. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan edukasi keilmuan dan praktek manajemen usaha melalui pencatatan keuangan usaha secara digital agar pelaku usaha terutama usaha kecil dan menengah (UMKM) mampu mengelola keuangan usahanya lebih profesional. Pelatihan ini dilakukan melalui pertemuan daring menggunakan media pertemuan Zoom Meeting yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta anggota Sekolah Wirausaha ‘Aisyiyah (SWA) yang anggotanya adalah pelaku UMKM. . Materi ini sangat menarik bagi aggota SWA karena sangat mudah dipraktekkan sehingga dapat memisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha dengan pencatatan yang rutin melalui aplikasi keuangan yang dapat dioperasikan pada smartphone kapan saja dan dimana saja. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Akuntansi UKM yaitu, sistem aplikasi keuangan sederhana yang dapat digunakan oleh Usaha Kecil dan Menengah, serta untuk Pengelolaan Keuangan Sehari-hari. Akuntansi UKM di gunakan untuk memenuhi kebutuhan standar pengelolaan sistem informasi keuangan dalam perusahaan sehingga pencatatan keuangan perusahaan tersistem dengan baik dan benar untuk meminimalisir resiko kebangkrutan
Rintisan Pembentukan Bank Sampah “Manfangati” Sebagai Bentuk Pemberdayaan Masyarakat Desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen Siti Nur Azizah Azizah; Indah Rohyani
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.73

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk sosialisasi pembuatan bank sampah dalam meningkat kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,  dan membakar sampah, karena dari sampah-sampah tersebut dapat menghasilkan uang, kerajinan dll, sehingga mampu mendongkrak ekonomi masyarakat yang ada di desa Candiwulan. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui sosialisasi dan pendampingan pada masyarakat desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen. Kegiatan sosialisasi Bank Sampah “Manfangati” di Desa Candiwulan, masyarakat juga dapat mengetahui bagaimana mengelola sampah menjadi barang yang bernilaimanfaat  ekonomis. Dengan adanya  kegiatan sosialisasi mengenai pengelolaan sampah, maka sampah yang bau dan kotor tersebut bila dikelola dengan baik dapat memberi manfaat ekonomi seperti yang saat ini dilakukan oleh salah satu bank sampah yaitu Bank Sampah “Manfangati” di Desa.
Edukasi Pentingnya Praktik Akuntansi (Pencatatan Sederhana) dan Manajemen Keuangan dalam Rumah Tangga Ika Neni Kristanti
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.74

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada Ibu Dharma Wanita Persatuan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kebumen karena sebagian besar merupakan perempuan dengan latar belakang pendidikan yang beragam dan tidak memiliki dasar akuntansi sehingga minim akan ilmu akuntansi dan manajemen keuangan dalam rumah tangga. Adapun tujuannya adalah untuk memberikan edukasi pentingnya penerapan akuntansi (pembukuan sederhana) dan manajemen keuangan dalam rumah tangga sehingga setiap keluarga dapat mengetahui kondisi keuangannya apakah dalam kondisi stabil atau lebih besar pasak dari pada tiang. Metode pelaksanaan kegiatan ini melalui pelatihan dan diskusi tentang penerapan akuntansi dalam rumah tangga dan tips dalam mengelola keuangan rumah tangga. Hasil pelaksanaan program pengabdian ini diharapkan dapat dipahami dengan baik dan dipraktikkan dalam kegiatan sehari-hari rumah tangga karyawan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Kebumen, sehingga kondisi keuangan rumah tangga terjaga dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan.
Memperkuat Kelembagaan Pemerintah Desa Untuk Menjamin Keberlangsungan Ekosistem Wilayah Sigit Wibawanto
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.76

Abstract

The regional ecosystem has now reached a stage that is prone to damage. This is caused by the growth of development and changes in people's lifestyles who do not care about environmental sustainability. Environmental health is now seen as a result of changing civilizations and is no longer something that needs to be controlled. This thinking now does not only occur in urban communities, but also occurs in rural communities. Involving the government as the controller and person in charge of change requires improvement from the institutional aspect, including the lowest government, namely the government. By having the ability to manage the government, it is hoped that they will be able to repair the damage to the ecosystem that has been happening in their respective regions. Strongly managed institutions regarding environmental sustainability will ensure that the regional ecosystem will be well maintained.
Pemberdayaan masyarakat desa Bendiljati Wetan dalam menggunakan pillbox untuk meningkatkan kepatuhan penggunaan obat antidiabetes Dhanang Prawira Nugraha; Ana Amalia; Eki Wulan Oktafiona; Almana Rizki Alifa; Eli Ernawati; Ikfa Oktaviana M
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.79

Abstract

Diabetes adalah salah satu penyakit tidak menular dan bersifat kronis serta prevalensinya cukup tinggi di Indonesia bahkan Dunia. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah acak ≥ 200 mg/dl. Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai komplikasi sepert gagal, ginjal, stroke, neuropati dan lain sebagainya. Salah satu strategi dalam kontrol gula darah selain mengontrol asupan makanan adalah juga dengan mengkonsumsi obat antidiabetes secara rutin sesuai dosis. Salah satu masalah dari penggunaan obat adalah pengetahuan yang rendah serta “lupa” yang sering menjadi faktor yang mengurangi kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat antidiabetes. Untuk meningkatkan pengetahuan maka salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan penyuluhan dan mengurangi faktor lupa dapat menggunakan pillbox. Pengabdian ini terbagi menjadi 4 tahapan. Tahap pertama adalah melakukan pengukuran pengetahuan dan kepatuhan warga, tahap ke empat juga melakukan pengukuran pengetahuan dan kepatuhan warga setelah adanya pengabdian dengan menggunakan kuesioner. Setelah akhir pengabdian, data dianalisis dengan Shapiro-Wilk dilanjutkan uji Willcoxon karena data tidak terdistribusi normal untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan kepatuhan sebelum dan sesudah pengabdian ini. Dari hasil pengabdian ini tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai pengetahuan sebelum 79,78 ± 3,90 sesudah 80,38 ± 4,63 dengan p-value > 0,05, akan tetapi terjadi peningkatan nilai kepatuhan sebelum 22,90 ± 4,01 dan sesudah 15,98 ± 2,84 dengan p-value < 0,05.
Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Agus Supriyanto
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.80

Abstract

Penggunaan digital marketing bisa dijadikan alternatif dalam penerapan strategi pemasaran produk maupun jasa untuk memudahkan pelaku usaha dalam memantau dan menyediakan kebutuhan dan keinginan konsumen. Namun penggunaannya belum dianggap penting oleh pelaku, kondisi tersebut karena dibutuhkan keterampilan khusus berkaitan dengan penguasaan penggunaan teknologi informasi dalam upaya mewujudkan pangsa pasar yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan memberikan penjelasan digital marketing, membuatkan akun social media, memberikan tutorial dan cara mengoperasionalkan sosial media, serta mengajarkan membuat konten yang menarik untuk digunakan sebagai media pemasaran produk dari UMKM. Media sosial banyak peranannya dalam pemasaran sebuah produk, harapannya setelah dilaksanakan program pengabdian ini UMKM memiliki jangkauan pasar luas dan daya saingnya meningkat.
Program Edukasi Literasi Digital Dan Pendampingan Masyarakat Dalam Mengatasi Dampak Pandemi Di Desa Manisharjo, Kabupaten Sukoharjo Agustyarum Pradiska Budi
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.82

Abstract

KKN Tematik merupakan wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk mengabdikan ilmu dan teknologi yang telah diperoleh di kampus untuk diterapkan di masyarakat. Tujuan utama merespon pemulihan sosial dari dampak pandemi Covid-19 yang melanda Desa Manisharjo. Program yang dilaksanakan berfokus pada pemulihan psikologis anak, pemahaman tentang kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Hasil dari pelaksanaan kegiatan utama adalah Sosialisasi Mengatasi Kecanduan Gadget dan Bijak Menggunakan Media Sosial untuk Orang Tua, Literasi Digital Bijak dalam Penggunaan Media Sosial untuk Anak, Bimbingan Belajar “wajib belajar 1 jam”, mendongeng, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Puskesmas Terpadu Lansia dan Balita, Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Sosialisasi Stunting, Pemulihan Kegiatan Keagamaan melalui Pengajaran Al-Quran. Selain kegiatan utama, banyak kegiatan lain yang juga didukung yang mampu mendorong pemulihan kondisi pasca-Covid-19. Tindak lanjut kegiatan KKN Tematik dapat disarankan untuk fokus pada pemberdayaan masyarakat desa Manisharjo fokus pada Usaha Kecil Menengah (UKM).
Strategi Reliationship Marketing Selama Krisis Guna Mengembangkan Produk dan Jasa Berdasarkan Kebutuhan Pelanggan Ika Susilowati
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 1 (2022): JCSE April 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i1.83

Abstract

Tema Pengabdian kali ini adalah strategi marketing reliationship marketing selama krisis yang bertujuan untuk mengembangkan produk dan jasa berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Metode pelaksanaan dilakukan melalui sosialisasi yang dilaksanakan pada hari Minggu 12 Desember 2021 di Hotel Surya Yudha Banjarnegara. Kegiatan sosialisasi reliationship marketing ini tak lain untuk membentuk, mempertahankan, dan meningkatkan relasi yang kuat, yang penuh nilai dengan para pelanggan dan para pemercara (stakeholders) lain. Target luaran pengabdian untuk menarik para pelanggan baru dan menciptakan transaksi dengan mereka, perusahaan terus-menerus sedang berjuang mati-matian untuk   mempertahankan para pelanggan yang ada dan membangun relasi jangka panjang yang mampu mendatangkan laba dengan mereka. Harapan pengabdi semoga dengan terlaksananaya acara tersebut masyarakat dapat membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan untuk pihak-pihak terkait seperti pelanggan, pemasok, dan pengalur guna mempertahankan preferensi dan bisnis dalam jangka panjang.
Diversifikasi Dan Inovasi Produk Berbahan Dasar Kolang-Kaling Di Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang William Ben Gunawan; Monica Sofchah Febriyanti; Auliana Nashera; Dyah Kartika Sari
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 2 (2022): JCSE Oktober 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i2.84

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat perlu didasari oleh rasa tulus dan ikhlas, karena sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dengan membantu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu fungsi Tri Dharma yang perlu dicapai oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Universitas Diponegoro tergerak untuk melakukan kegiatan pengabdian dengan topik “Diversifikasi Produk Hasil Olahan Kolang-Kaling di Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Semarang”. Diversifikasi pemanfaatan kolang-kaling bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang ada di Kelurahan Jatirejo sebagai desa wisata yang dikenal akan hasil produksi kolang-kaling. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada bulan Juni 2021 – Agustus 2021, selama 45 hari pelaksanaan aktif. Lokasi pengabdian berada di Kelurahan Jatirejo dan Kelurahan Kandri yang berlokasi di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Pengabdian dilaksanakan secara hybrid, yaitu secara daring dan luring. Pelaksanaan pengabdian terbagi menjadi 2 tahap, yaitu Tahap Persiapan dan Tahap Pelaksanaan. Hasil utama dari kegiatan pengabdian ini adalah pembuatan diversifikasi produk berbahan dasar kolang-kaling seperti Makanan Tambahan KOLAKA, GELALING, BOBALING, Sabun Kolang-Kaling, dan Briket dari Limbah Kulit Kolang-Kaling. Berdasarkan hasil dari pelaksanaan kegiatan, pihak mitra menyambut baik ide diversifikasi produk kolang-kaling di luar produk makanan. Hal tersebut diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat Jatirejo agar dapat memaksimalkan potensi desa sebagai penghasil kolang-kaling sekaligus penghasil berbagai produk berbahan dasar kolang-kaling, sehingga kegiatan perekonomian di Unit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jatirejo diharapkan dapat meningkat, terutama setelah masa pandemi Covid-19 berlalu.
Pengembangan Desa Wisata Purwojati Berbasis Lembaga Masyarakat Desa Hutan Di Lewok Mbulu Desa Purwojati Kabupaten Banyumas Karma Iswasta Eka; Suwarno; Juanita; Tatik Ariyati
JCSE: Journal of Community Service and Empowerment Vol. 3 No. 2 (2022): JCSE Oktober 2022
Publisher : LP3M Universitas Putra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32639/jcse.v3i2.86

Abstract

One of the community activities that can increase residents' income is the development of local tourist destinations. Tourism activities, especially local tourism such as tourist villages, can generate significant economic growth. Utilization of local potential as a tourist village will create new jobs initiated by the community, increase the standard of living of the surrounding community, and increase the level of productivity of the local community. One of the local potentials developed into a tourist destination is Purwojati Village, Banyumas Regency. Purwojati village is an area in the southern mountain range, part of the middle bending line, and part of the southern Serayu mountain range. The condition of Purwojati Village is an undulating hilly area occupied by folded sedimentary rocks that extend from 30 m to more than 250 m above sea level. The potential of this village can be developed into a forest-based tourist destination. However, due to poor conditions in terms of tourism carrying capacity, it needs to be equipped with facilities that can attract tourists with the help of outside parties. LPPM UMP as a partner, allocates a budget from the MBKM Grant Program of the Directorate General of Higher Education, RESEARCH, and TECHNOLOGY to develop this tourist village. The service program includes supporting maps, gazebos, and photo spots using hammocks and camping tents. The service team also conducts land conservation and beautifies the area by planting grass and ornamental plants. Meanwhile, for physical facilities, the service team also trains managers in marketing their tourist destinations through the internet and social media by creating websites. The outputs that have been produced from this activity are news in 9 online mass media, IPR location maps, videos on Youtube, Lewok mBulu website page.