cover
Contact Name
Cucut Susanto
Contact Email
cucut@undipa.ac.id
Phone
+628124150373
Journal Mail Official
cucut@undipa.ac.id
Editorial Address
Jl. Perintis Kemerdekaan Km.9 Makassar , Telp.(0411) 587194
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat (JURDIMAS)
ISSN : 29633788     EISSN : 29633834     DOI : https://doi.org/10.36774/jurdimas.v1i2
JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT membuka akses terhadap semua artikel dengan tujuan pertukaran informasi dan pengetahuan secara global, memberi dampak untuk penelitian berikutnya secara khusus di bidang pendidikan. Hal tersebut bermakna: Semua orang dapat mengakses artikel yang terdapat di dalam JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT; Semua orang dapat mensitasi seluruh altikel yang telah dipublikasikan; Biaya pemrosesan artikel di bebaskan untuk artikel yang di terima.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1" : 10 Documents clear
PELATIHAN ECOMMERCE DAN MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK UKM KERAJINAN DIDESA KARANG TENGAH anggit Dwi Hartanto; Eny Nurnilawati; Anik Sri Widowati; Mulia Sulistiyono
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36774/jurdimas.v1i1.1117

Abstract

Desa karang tengah adalah desa yang sedang berkembang menjadi desa wisata dan terdapat banyak sekali usaha mikro salah satunya adalah usaha kerajinan warang kakeris.Kerajinan keris merupakan kerajinan yang potensial untuk go-international jika promosi dan pemasaran dilakukan denganbaik dan benar. Saat ini proses promosi dengan menggunakan media blog dan facebook yang mempunyaifitur sistem terbatas. Berdasar pada permasalahan yang muncul akan disolusi dengan kegiatan yang dimulaidenganmenganalisis metode pemasaran yang sedang berjalan, membangun sistem informasi promosi danpemasaran, melakukan pelatihan penggunaan dan manajemen sistem pemasaran serta melakukan pelatihanbidangmanajemenkeuangan. Luaran dari kegiatan ini adalah sistem informasi promosi dan pemasaran untuk usaha mikrokerajinan warangka keris di desa karang tengah kecamatan imogiri kabupaten bantul.Luaran lainnyaadalahpeningkatanpemahamandalammenggunakansisteminformasitersebut. Hasil akhir dari kegiatan ini secara umum dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Usaha mikro. Dan secara khusus dapat meningkatkan kesejahteraan dengan penggunaan teknologi informasi dalam pemasaran.
PEMBERDAYAAN KADER POSYANDU DALAM PENGOLAHAN DATA DAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT Irsal Irsal; Annah Annah
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36774/jurdimas.v1i1.1118

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kinerja kader posyandu dalam melayani dan mengolah data peserta posyandu. Aplikasi posyandu ini dapat membantu kader posyandu dalam hal pengolahan data anak, ibu hamil dan nifas, kelahiran dan kematian bayi dan ibu hamil, data wanita usia subur dan pria usia subur, dan data posyandu lainnya. Selain itu dengan adanya database posyandu maka data–data posyandu sudah terorganisir dan terpusat sehingga pelayanan akan kebutuhan data oleh peserta posyandu, pihak puskesmas, bahkan kepada dinas kesehatan dapat ditingkatkan. Aplikasi posyandu ini juga diintegrasikan dengan SMS Gateway sebagai sarana penyampaian informasi kepada peserta posyandu jika akan diadakan kegiatan posyandu sehingga kepedulian ibu terhadap kesehatan bayi dan anak dapat ditingkatkan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan penggunaan aplikasi. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah memberikan keterampilan kepada kader posyandu dalam mengolah data posyandu menggunakan aplikasi posyandu serta pengetahuan akan manfaat penggunaan SMS Gateway sebagai sarana penyebaran informasi.
PELATIHAN WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SMPN9 DALAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0 Delpiah Wahyuningsih; Hamidah Hamidah; Parlia Romadiana
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukanpada SMP Negeri 9 Pangkalpinang yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2019. Pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan kepada Siswa- Siswi bagaimana penggunaan dan membuat website untuk menghadapi era industri 4.0. Sosialisasipelatihan website ini diharapkan kepada Siswa-Siswi SMPN9 untuk menjadi langkah awal untuk memahami bagaimana proses pembuatan website dan penggunaanya. Sebelum melakukan pelatihan website ini kami berkonsultasi dengan Kepala Sekolah dan Guru. Pihak Sekolah sangat mendukung kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada Siswa-Siswi yang mana pengetahuan mereka tentang pembuatan atau penggunaan website masih sangat minim. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara ceramah, latihan (praktek) dan diskusi. Hasil dari pengabdian ini yaitu memberikan pengetahuan dasar website kepadasiswa-siswi SMPN9. Website yang diajarkanyaitu website dinamis sederhana dengan menggunakan css dan penggunaan website untuk menghadapi era industri 4.0..
DIGITAL BASED LEARNING: VLOG SALURAN MENUJU GENERASI MILENIAL PRODUKTIF Gat Gat
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembaga pendidikan harus memiliki kemampuan untuk membekali para siswa dengan kecakapan- kecakapan yang memadai dalam menghadapi pendidikan di era digital. Peran pembelajaran berbasis digital sangat membantu para siswa dan guru untuk bisa lebih kreatif dan inovatif. Salah satu contoh pembelajaran berbasis digital adalah pemanfaatan vlog. Namun kenyataan yang sedang terjadi masih belum terlihat upaya pihak sekolah terutama SMK Keling Kumang dalam memanfaatkan vlog untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Tujuan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk seminar dengan metode ceramah adalah memberikan pemahaman kepada siswa dan guru untuk memanfaatkan vlog sebagai media pembelajaran yang inovatif. Dengan menambahkan vlog dalam sebuah materi pelajaran, diharapkan siswa dapat memahami materi pelajaran secara efektif. Kegiatan seminar ini telah berhasil menumbuhkan semangat dan keinginan dari pihak guru dan siswa untuk menghasilkan materi pelajaran berbasis digital yaitu vlog. Namun ada kendala yang dihadapi oleh siswa yaitu kurangnya pemahaman terhadap aplikasi untuk mengedit video yang merupakan salah satu dari kegiatan membangun vlog. Kedepannya perlu memberikan pelatihan secara teknis tahapan-tahapan membuat vlog termasuk pelatihan dalam menggunakan aplikasi editing video.
PEMBUATANPRESENTASIBAHANAJARDIGITALDENGANMENGGUNAKAN APLIKASIKOMPUTERDI MISAL– IKHLASIAH MEDAN Helmi Kurniawan; Yusfrizal Yusfrizal; Abdul Meizar
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses belajar mengajar dalam kelas, tugas guruya itu memberikan materi pelajaran ke siswanya dengan kondisi belajar yang optimal, untuk mengupayakan situasi yang dapat meningkatkan perhatian siswa,membangkitkan dan memelihara serta mendorong aktifitas siswa,maka upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menciptakan situasi tersebut dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih efektif dan kreaktif. Salah satu metode pembelajaran yang efektif dan kreatif adalah pembuatan presentasi bahan ajar digital dengan program Microsoft Power Point. Penerapan Microsoft Power point untuk pembuatan presentasi bahan ajar digital sesuai dengan cara dan prinsip yang tepat, dalam proses belajar mengajar tersebut, seperti meningkatkan minat belajar sehingga menjadikan peserta didik berprestasi dengan baik. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari beberapa guru di MISAl–Ikhlasiah Medan bahwa selama ini dalam kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode belajar konvensional yaitu metode ceramah, latihan soal, diskusi,dan tanya jawab .Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dilakukan pelatihan untuk penguasaan Microsoft Powerpoint sebagai aplikasi untuk membuat presentasi bahan ajar digital dikelas bagi guru–guru. Dengan adanya pelatihan pembuatan presentasi bahan ajar digital ini kepada guru-guru menjadikan materi ajar yang disampaikan guru lebih efektif dan kreatif sehingga meningkatkan minat belajar siswa dikelas.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam meningkatkan Kinerja Guru dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 pada SD Inpres Tello Baru Makassar. Indra Samsie; Abdul Ibrahim; Baharuddin Rahman
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana pemanfaatan teknologi informasi khususnya pada penggunaan Microsoft Office Word dalam menghadapi Era Revolusi Industri4.0. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru SD Inpres Tello Baru Makassar yang berjumlah 10 orang dan dilaksanakan disalah satu ruangan SD Tello baru. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan dengan beberapa tahap, mulai dari tahap kunjungan kesekolah,tahap observasi, kemudian lanjut dengan tahap persiapan dan pemantapan dan terakhir adalah tahap pendampingan dalam pembelajaran yang dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi dan latihan yang disertai Tanya jawab. Materi yang diberikan adalah pemanfaatan Microsoft Office Word untuk menangani dokumen termasuk naskah yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Hasil pencapaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakatini,terlihat jelas kepuasan para guru dari SD Tello baru dengan bertambahnya tingkat pemahaman mereka akan penggunaan Microsoft Office Word dalam melakukan tugasnya.Dengan adanya kegiatan ini,kinerja guru SD Tello Baru lebih meningkat dan mampu bersaing diEra Revolusi Industri4.0.
PENDEKATAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL MELALUI PELATIHAN MS WORD DAN MS EXCEL BAGI GURU Kasmawaru Kasmawaru; Rudy Donny Liklikwatil; Annah Annah
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penghitungan nilai dan absensi siswa sering terjadi kekeliruan. Proses pembuatan dokumen yang sama masih dikerjakan secara berulang-ulang. Pengetahuan guru-guru tentang fitur-fitur Microsoft word dan Microsoft excel masih minim. Dalam rangka memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi mitra maka tim pelaksana pengabdian masyarakat menyiapkan aplikasi Microsoft excel dan Microsoft word dan berbagai referensi. Aplikasi yang telah disiapkan diperkenalkan kepada guru-guru dalam bentuk pelatihan. Hasil dari pelatihan diperoleh adanya peningkatan keterampilan guru-guru dalam mengolah data siswa dan sekolah menggunakan aplikasi Microsoft word dan Microsoft excel. Waktu yang digunakan untuk mengolah data siswa dan sekolah lebih singkat dengan data lebih terstruktur dan jika pencarian data dilakukan dapat dilakukan dengan cepat. Penggunaan kertas dapat diminimalkan sehingga penumpukan kertas dirak dapat pula diminimalkan.
PELATIHAN PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN UNTUK PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DI PUSTEKKOM KEMENDIKBUD Mulia Sulistiyono
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan Augmented Reality (AR) untuk membuat alternatif pengajaran dalam pendidikan semakin meningkat. PUSTEKKOM (Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan unit kerja pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki fungsi salah satunya mengembangkan media pembelajaran untuk pendidikan dan kebudayaan berbasis radio, televisi, film, multimedia, dan web. Untuk mendukung fungsi tersebut diadakan pelatihan penggunaan Augmented Reality untuk mengembangkan media pembelajaran untuk pendidikan dan kebudayaan. Dalam Pelatihan ini para peserta diajarkan mengenal Teknologi Augmented Reality, membuat Object 3 Dimensi (3D), membuat Desain Marker, dan membuat Aplikasi Augmented Reality. Materi yang diberikan diharapkan mampu membantu untuk mensimulasikan pembelajaran menjadi sangat mudah serta Augmented Reality dapat digunakan sebagai solusi alternatif media untuk pengembangan teknologi pembelajaran untuk pendidikan dan kebudayaan.
PELATIHAN TEKNOLOGI KEMASAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN BULELENG Evi Triandini; I Gusti Ngurah Satria Wijaya; I Ketut Suniantara; Ni Wayan Ni Wayan; Cahya Ayuu Pertami; Riza Wulandari; Sugiarto Sugiarto
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dampak ekonomi akibat pandemi Covid 19 dan perubahan era digital juga dirasakan disektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Buleleng. Adapun dampak yang ditimbulkan oleh adanya pandemi ini meliputi yakni penurunan penjualan rata-rata UMKM, penurunan laba usaha rata-rata dan UMKM melakukan pengurangan jumlah karyawan. Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan tentang teknologi pengemasan produk untuk peningkatan penjualan dan kemampuanbersaingdari UMKM di Kabupaten Buleleng. Dengan peserta diambil dari UMKM binaan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagperinkopukm) kabupaten Buleleng. Metode pelaksanaan pengabdian ini terdiri dari tiga tahap yaitu sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Pelaksanaan pelatihan teknologi pengemasan telah berlangsung lancar dan baik, sertaberhasil. Kesimpulan inidiperoleh berdasarkan output penilaian evaluasi yang menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang pengemasan produk. Hal ini ditampilkan pada indikator nilai pretest dan postest yang meningkat serta respon peserta pelatihan sangat tertarik dan puas selama pelaksanaan pelatihan.
Sosialisasi Awareness Siswa Normal Dengan Adanya Teman Berkebutuhan Khusus Di SD Pancabudi Medan Rodia Afriza; Athalla Fallah Navra
JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2022-1
Publisher : JURDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyrakat Universitas DIPA Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan ialah suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Berbagai sekolah didirikan untuk tempat pendidikan bagi anak, baik sekolah formal maupun sekolah non formal tanpa memandang anak normal maupun anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kekurangan baik cacat fisik, mental maupun sosial. Anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama layaknya anak-anak normal dalam aspek kehidupan. Begitu pula dalam aspek pendidikan, anak berkebutuhan khusus memiliki juga hak untuk bersekolah guna mendapatkan pengajaran dan pembelajaran. Proses sosialisasi merupakan suatu proses yang mempunyai dampak amat signifikan dalam kelangsungan ketertiban siswa. Artinya, hanya lewat sosialisasi inilah norma-norma dan nilai-nilai sosial yang menjadi cerminan suatu keadaan tertib sosial dapat diteruskan dan diwariskan ke generasi seterusnya. Narwoko dan Suyanto (2004: 76) menambahkan bahwa hanya lewat proses-proses sosialisasi ini sajalah generasi-generasi muda akan dapat belajar bagaimana seharusnya bertingkah pekerti di dalam kondisi-kondisi dan situasi-situasi tertentu. Keberadaan individu atau anak-anak berkebutuhan khusus, secara riil ada di sekolah umum tidak hanya ada di sekolah luar biasa. Dalam kenyataannya, begitu banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang dapat kita temui di sekolah reguler terutama di sekolah-sekolah tingkat rendah seperti di sekolah dasar. Anak berkebutuhan khusus (ABK) sering kali mendapat perlakuan yang berbeda dalam hal layanan pendidikan, karena mereka dipandang memiliki hambatan dalam beberapa dimensi kehidupan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10