cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 8 Documents clear
Penerapan Model Traditional Flipped Learning Berbantuan LMS (Learning Management System) Edlink Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia (Studi Kasus Di IKIP Budi Utomo Malang) Lis Susilawati; Nurwakhid Muliyono; Luly Zahrotul Lutfiyah
Basastra Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i3.29019

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media LMS (Learning Management System) Edlink terhadap keterlaksanaan model traditional  flipped classroom pada  mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang.  Metode yang Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mempelajari RPS Dosen, mengamati pelaksanaan, dan wawancara dengan Dosen Pengampu dan Ketua Program Studi. Untuk mendapatkan datanya, peneliti menggunakan instrumen seperti RPS Dosen, observasi dan lembar wawancara. Dari penyelidikan, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) dosen mampu mempersiapkan kegiatan belajar mengajarnya, LMS Edlink dalam pelaksanaan flipped-classroom adalah tersirat dalam rencana pembelajaran; 2) kinerja dosen dalam menggunakan LMS Edlink pada penerapan Flipped classroom dapat mengoptimalkan belajar mahasiswa; 3) saran yang diberikan kepada dosen untuk memperbaiki pengajarannya maka, terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diberikan perlakuan dengan model traditional flipped classroom berbantuan pada LMS (learning Management systems) Edlink pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang.
TINDAKAN MENGANCAM MUKA POSITIF KEPADA BARBIE KUMALASARI DALAM GELAR WICARA HOTMAN PARIS SHOW: KAJIAN PRAGMATIK SYIFA UL QALBI
Basastra Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i3.29339

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tuturan-tuturan yang mengandung tindakan mengancam muka positif kepada Barbie Kumalasari yang diucapkan oleh Hotman Paris dan Melaney Ricardo dalam gelar wicara Hotman Paris Show pada episode “Musibah Membawa Berkah”. Metode penelitian ini menggunakan deksripsi kualitatif dengan teknik simak dan catat. Penelitian ini terlebih dahulu disimak melalui video tayangan dalam akun chanel youtube Hotman Paris Show kemudian ditranskripsi menggunakan teknik catat. Hasil penelitian ini adalah terdapat dua belas pernyataan dari Hotman Paris dan Melaney Ricardo yang mengandung tindakan mengancam muka positif kepada Barbie Kumalasari . Dari dua belas pernyataan tersebut terdapat kategori merendahkan, ungkapan yang tidak sopan, ketidaksetujuan atas pernyataan, dan menghinakan. Namun di antara empat kataegori tersebut, kategori merendahkan termasuk yang paling banyak dilakukan oleh Hotman Paris dan Melaney Ricardo kepada Barbie Kumalasari.
KESALAHAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA BERITA KORAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI MEI 2021 Markhathu Yeni Afin; Siti Markhathu Solikhah; Afin Burhan Prapsita
Basastra Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i3.26594

Abstract

AbstrakKesalahan berbahasa Indonesia dalam tataran ejaan sering terjadi pada kolom berita koran. Hal tersebut menjadikan peneliti tertarik untuk menelitinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam tataran ejaan pada koran “Kedaulatan Rakyat edisi Mei 2021”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. subjek yang diangkat dalam penelitian ini merupakan koran Kedaulatan Rakyat edisi Mei 2021. Sedangkan, objek pada penelitian ini yaitu kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada berita koran Kedaulatan Rakyat edisi Mei 2021, yang meliputi kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca dan penulisan unsur kata serapan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat. Sumber data dalam penelitian ini berupa kolom berita yang terdapat pada “Kedaulatan Rakyat edisi Mei 2021”. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan berbahasa Indoneisa dalam tataran ejaan pada koran “Kedaulatan Rakyat edisi Mei 2021” sebanyak 16 data. Jenis kesalahan yang ditemukan meliputi pemakai huruf 9 data, penulisan kata 4 data, dan pemakaian tanda baca 3 data. Kata kunci: Analisis kesalahan,  tatran ejaan,  koran, Kedaulatan Rakyat
ANALISIS SEMANTIK PADA PUISI “MATA AIR” KARYA HERWAN FR Mulda wati; Angga Saputra; Dodi Firmansyah
Basastra Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i3.30155

Abstract

Puisi merupakan ragam sastra yang indah dalam bahasa-bahasanya, keindahannya menggugah jiwa penulis dan pembaca untuk sekadar membaca maupun memproduksi puisi. Bahasa yang tidak sederhana dan penuh makna membuat seseorang sulit memakanai makna sebanarnya di balik bahasa yang indah. Maka dari itu peneliti mengulik makna puisi dengan batasan analisis semantik pada puisi Herwan FR yang berjudul Mata Air. Fokus analisis semantiknya kepada makna-makna dalam semantik seperti leksikal, gramatikal, referensial, dan nonreferensial. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Dapat disimpulkan bahwa puisi Mata Air berkisah tentang ditinggalkan seseorang yang sangat istimewa dan merindukan sosok orang tersebut.Kata kunci: Analisis Semantik, Puisi, Mata Air.
ANALISIS KOMPONEN MAKNA KATA BERMAKNA ‘MELIHAT’ DALAM BAHASA INDONESIA DAN BAHASA JAWA (ANALISIS KONTRASTIF) Kingkin Puput Kinanti; Endang Setiyo Astuti
Basastra Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i3.27015

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian semantik analisis komponen makna. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan makna kata ‘melihat’ bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa. Data yang diguakan adalah leksikon kata ‘melihat”. Data dikumpulkan dari leksikon-leksikon yang bermakna ‘melihat’ dalam KBBI  untuk leksikon bahasa Indonesia dan Kamus Jawa Bausastra Jawa untuk leksikon bahasa Jawa. Analisis menggunakan analisis kontrastif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa Indonesia dan bahasa Jawa memiliki beragam leksikon yang bermakna ‘melihat’ yaitu 16 leksikon dalam bahasa Indonesia dan pada bahasa Jawa terdapat 19 leksikon. Leksikon bermakna ‘melihat’ dalam bI adalah memandang, menengok, menatap, menengadah, menilik, menonton, mengerling, melirik, mengamati, memperhatikan, melotot, mengintip, menyaksikan, mengincar, meninjau, dan mengintai dan dalam bJ adalah ndeleng, nginguk, mergoki, ndingkik, nginceng, nyimak, nglirik, nonton, nginjen, nyawang, ngamati, ngawasi, mirsani, ngulati, namatake, mentheleng, mriksa, dan niti. Dari analisis komponen makna ternyata satu konsep kata yang bermakna ‘melihat’ ditemukan lebih banyak persamaan dibandingkan dengan perbedaannya. Perbedaan hanya terdapat pada komponen tingkat tutur yang tidak dimiliki oleh bahasa Indonesia 
Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021 Lestari tari; Inayah Hanum
Basastra Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i3.28631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 243 siswa dari jumlah keseluruhan kelas X di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. Maka sampel yang dapat diambil berjumlah 25% dari jumlah siswa kelas X yaitu 60 siswa dari jumlah populasi dalam penelitian ini pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan yaitu pada kelas X-MIA1 dan X-MIA2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes pilihan berganda dan essay. Kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa dapat dikategorikan cukup, kemampuan menulis teks negosiasi siswa dapat dikategorikan cukup baik dan hubungan kemampuan berpikir logis siswa dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa di peroleh 3,634 pada hasil uji t maka dapat di simpulkan bahwa adanya hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021.
KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA DI INSTITUT ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA SAMAWA REA Wiwik Surya Utami
Basastra Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i3.27208

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan berbahasa para mahasiswa dengan dosen dan kesantunan berbahasa antar mahasiswa dan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada program studi sastra Indonesia di fakultas ilmu budaya Institut ilmu sosial dan ilmu budaya samawa rea. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan data deskriptif berdasarkan kenyataan atau fenomena yang ada secara empiris pada penutur dan hasil pemaparan bersifat apa adanya. Hasil penelitian terhadap pematuhan dan pelanggaran terhadap prinsip sopan santun mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan mahasiswa program studi sastra Indonesia di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea menyimpulkan pemakaian maksim kedermawanan sering digunakan karena adanya rasa saling menghormati antara mahasiswa dengan dosen, dan maksim yang sering dilanggar adalah maksim simpati dan maksim kerendahan hati karena banyaknya mahasiswa yang tidak suka dihina dan diejek meskipun ucapan itu mengandung fakta.Kata Kunci: Bahasa, Teori Kesantunan, Pragmatik
STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID 19 DI STIKES RS ANWAR MEDIKA Ahmad suwito Suwito
Basastra Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v10i3.29906

Abstract

The outbreak of the covid-19 virus has changed the life of society, especially in Indonesia. The education sector in Indonesia has also experienced the impact of the covid 19 virus, causing all schools and campuses to use online learning, the government has decided to work at home. As a lecturer, you have to do online learning with a variety of learning methods. The research emphasizes the learning effect of Stikes RS Anwar Medika.Online learning for students who use the internet network in various ways online learning methods with various online media. Overcoming in online learning to students in the form of signals. Learning strategy as a plan that contains a series of activities that are arranged neatly and systematically. This type of research uses a descriptive qualitative approach because this study aims to describe a natural phenomenon. The place of research was carried out at Stikes Rs anwar medika for students in 2020. Data collection techniques were carried out with various methods, namely observation methods, interview methods, documentation methods for data analysis in qualitative research directed to answer the formulation of the problem.The results of the research are 1) Online learning strategies that are applied during the COVID-19 pandemic. 2) there are supporting and inhibiting factors for online learning activities during the covid-19 pandemic, 3) the media used are zoom, whatsapp and Google Classroom. 4) the results of student achievements in online learning during the covid-19 period.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue