cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Biologi Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
ISSN : 20856725     EISSN : 25021532     DOI : -
Jurnal Biologi Edukasi (J.BioEd) contains the results of biology and biology education research from many educational institutions in Indonesia. It published twice a year in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi" : 8 Documents clear
Pengaruh Aktivitas Manusia terhadap Distribusi Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus) di Hutan Kemuning, Kabupaten Temanggung Astri Maolani; Wanda Khairina; Ade Suryanda
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jbe.v13i1.19523

Abstract

Kukang Jawa (NycticebusJavanicus) termasuk ke dalam primata yang termasuk family Lorisidae. Saat ini kukang dikategorikan sebagai satwa langka dan dilindungi karena terancam punah yang diakibatkan oleh aktivitas manusia seperti perburuan liar dan gangguan terhadap habitatnya.Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh aktivitas manusia terhadap distribusi Kukang Jawa di Hutan Kemuning, kabupaten Temanggung. Penelitian ini dilakukan dengan teknik kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya bentuk aktivitas manusia disekitar habitat kukang Jawa karena terdapat jalan utama yang menghubungkan desa - desa di sekitar hutan Kemuning yang digunakan sehari – hari oleh penduduk lokal untuk mendukung kegiatan ekonomi mereka. Distribusi kukang Jawa di hutan Kemuning terkonsentrasi di wilayah timur (Kleter) mengindikasikan bahwa satwa ini cenderung mendekati lokasi pohon tidur dan mencari tempat berlindung dari predator/pemangsa.
Uji Organoleptik dan Kandungan Nutrisi pada Mie Kuning dengan Campuran Labu Tanah (Cucurbita moschata) dan Ubi Rambat (Ipomoea batatas Cut Rosa Faradila; Elfrida Elfrida; Mawardi Mawardi
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jbe.v13i1.21840

Abstract

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk keberlangsungan hidup dan sebagai sumber energi untuk menjalankan aktifitas fisik maupun biologis dalam kehidupan sehari-hari. Labu kuning dan ubi rambat diolah menjadi tepung, karena memiliki kandungan air yang rendah serta dapat digunakan dalam berbagai pembuatan produk makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui uji organoleptik dan kandungan nutrisi pada mie kuning berbahan dasar labu tanah (Curcubita Moschata) dan berbahan dasar ubi rambat (Ipomea Batatas). Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil uji organoleptik mie kuning dengan campuran labu tanah dari 150 pertanyaan bahwa sebanyak 40% mengatakan sangat suka. Untuk mie kuning dengan campuran ubi rambat sebanyak 46,6% mengatakan sangat suka. Hasil uji kadar nutrisi ditemukan kandungan lemak tertinggi terdapat pada campuran labu dan tepung (50%: 50%) yaitu sebanyak 2,02% dan terendah terdapat pada campuran tepung dan ubi rambat (60%: 40%) yaitu sebanyak 0,61%. Sedangkan kadar karbohidrat tertinggi ditemukan pada campuran ubi rambat dan tepung (50% : 50%) yaitu 32,16% dan terendah terdapat pada campuran tepung 60% dan 40% ubi rambat yaitu 22,95%.
Konstruksi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (ADI) disertai Socioscientific Issues (SSI) Afandi Afandi; Andi Besse Tenriawaru; Anita Anita
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jbe.v13i1.19920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan keterampilan argumentasi siswa di SMAN 1 Sungai Pinyuh materi struktur dan fungsi sel pada sistem reproduksi, mengetahui proses pengembangan perangkat dengan model Argument Driven Inquiry disertai Socioscientific Issues, dan mengetahui validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model Four-D. Pada penelitian ini direduksi menjadi model pengembangan Three-D meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan) sampai pada langkah expert appraisal (penilaian ahli). Hasil keterampilan argumentasi siswa berada pada kategori cukup dan berada pada level 1, 2 dan 3. Desain perangkat pembelajaran mengikuti tahapan dari Thiagarajan, dkk dan tidak ditemukan kesulitan yang signifikan dalam mengikuti tahapan tersebut. Perangkat pembelajaran model ADI disertai SSI yaitu RPP dan handout dari segi validitas dan reliabilitas telah memenuhi kriteria yang baik.
Gambaran Pola Hidup Mahasiswa Perantauan terhadap Kejadian Gastritis di Universitas Samudra, Aceh Cut Shaviatul Bayti; Indah Indah; Jubaidah Jubaidah; Nurul Kholiza Priani; Sri Jayanthi
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jbe.v13i1.21841

Abstract

Gastritis merupakan peradangan dari mukosa lambung yang terjadi akibat iritasi dan infeksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Pola Hidup Mahasiswa Perantauan Terhadap Kejadian Gastritis Di Universitas Samudra, Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan desain deskripstif korelasi dengan pendekatan sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa perantauan di Universitas Samudra dengan sampel 40 mahasiswa dan dilaksanan pada bulan April tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distribusi pola hidup mahasiswa perantauan yang mengalami gastritis di Universitas Samudra disebabkan karena mahasiswa yang jarang makan sehari 3x (62%), diantaranya terdapat 60% mahasiswa yang jarang sarapan pagi. Kemudian, banyaknya mahasiswa mengalami pola tidur yang tidak teratur yaitu sebanyak 22 (55%) mahasiswa hampir selalu tidur larut malam. Pada pola stress sekitar 52,5% dikarenakan mahasiswa hampir selalu memiliki tugas kuliah yang sangat banyak. Pada pola aktivitas mahasiswa hampir selalu memiliki jadwal yang padat dalam perkuliahan sebanyak 40%, dan jarangnya mahasiswa melakukan aktifitas olahraga sebanyak 62,5%.
Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Invertebrata Kelas X Novia Dwi Andhani; Kurnia Ningsih; Andi Besse Tenriawaru
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jbe.v13i1.20389

Abstract

Pendidikan dengan Kurikulum 2013 saat ini mengacu pada pembelajaran abad ke-21 yang mengembangkan kemampuan higher of thinking skill (HOTS) peserta didik seperti kemampuan berpikir kritis, argumentasi, keterampilan berpikir, pemecahan masalah, menciptakan, memperbarui, literasi. keberhasilan penerapan pembelajaran Kurikulum 2013 dapat didukung dengan penggunaan bahan ajar berupa LKPD. berdasarkan wawancara guru Biologi SMAN 1 Sunga Pinyuh, dalam pembelajaran bahan ajar yang guru gunakan adalah buku paket kemendikbud sedangkan peserta didik menggunakan buku penunjang Biologi dari penerbit yang di dalamnya juga terdapat LKPD yang digunakan untuk kegiatan diskusi. guru dibantu dengan media power point, menurut guru dapat membantu peserta didik memahami materi. namun, berdasarkan data hasil belajar peserta didik masih dalam kategori rendah dan yang terendah adalah submateri Invertebrata. berdasarkan wawancara dengan peserta didik, peserta didik merasa kesulitan memahami materi dengan buku yang digunakan berisi sajian materi yang banyak dengan gambar yang tidak berwarna sehingga tidak menarik minat baca peserta didik. berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa LKPD dengan model pembelajaran yang diterapkan pada Kurikulum 2013.
Studi Analisis Tumbuhan Obat Suku Manggarai di Nusa Tenggara Timur Dila Cahya Wardani; Amelia Putri Nariya; Siti Aulia Muzdalifah; Diana Vivanti Sigit
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jbe.v13i1.21842

Abstract

Suku Manggarai yang bermukim di kawasan pegunungan Kecamatan Ndoso merupakan salah satu suku yang masih mempertahankan adat dan tradisi dalam penggunaan sumber daya alam khususnya tumbuhan sebagai obat tradisional. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian pustaka (literature study) dengan data yang digunakan berupa data sekunder mengenai preferensi enam tumbuhan obat khas digunakan suku Manggarai di NTT yaitu tumbuhan, Wengker Wilis, Ndingar, Ngelong, Nipon, dan Haju Lui dan berbagai penelitian relevan sebelumnya. Data tersebut dianalisis dan disimpulkan sehingga mendapatkan hasil studi yang komperhensif. Hasilnya menunjukkan bahwa tumbuhan obat khas Suku Manggarai di Nusa Tenggara Timur (NTT) terbukti memiliki kandungan-kandungan yang dapat menyembuhkan penyakit yang beragam dan tidak diketahui oleh suku tersebut. Tumbuhan Fraxinus griffithii, Cinnamomum burmanii, dan Drymaria cordata memiliki kandungan yang bermanfaat sesuai dengan khasiat yang dipercayai suku Manggarai, dan tumbuhan Crassocephalum crepidioides, Selaginella doederleinii, dan Elatostema elegans tidak sesuai antara kandungan didalamnya dengan khasiat yang dipercayai suku Manggarai.
Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) Alternatif Berbasis HOTS pada Materi Sistem Indera dengan Berbasis HOTS Rival Arief Tyansha; Bambang Supriatno; Sri Anggraeni
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jbe.v13i1.21200

Abstract

Pembelajaran saat ini menuntut siswa memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut adalah dengan kegiatan praktikum, namun kenyataannya 87% desain kegiatan praktikum yang beredar masih belum memfasilitasi peningkatan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis desain kegiatan laboratorium pada materi sistem indera manusia dan melakukan rekonstruksi dengan berbasis HOTS. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan total DKL sebanyak 5 buah. Analisis yang dilakukan terhadap DKL diukur dari segi komponen kompetensi, praktikal, dan konstruksi pengetahuan. Hasil yang didapatkan bahwa pada komponen kompetensi dan konstruksi pengetahuan masih rendah dan komponen praktikal sudah terpenuhi. Hal ini menunjukkan masih banyak DKL pada materi sistem indera tidak dapat menunjang kompetensi dan konstruksi pengetahuan. Hasil rekonstruksi diharapkan sebagai sumber alternatif desain kegiatan laboratorium yang dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai pedoman dalam kegiatan praktikum pada materi sistem indera.
Inventarisasi Burung di Pulau Tuangku, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil Devi Syafrianti; Abdullah Abdullah; Yaumil Istiqlal M. Nur; Sarvina Sulastri
Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jbe.v13i1.17756

Abstract

Burung merupakan satwa liar yang memiliki kemampuan hidup hampir semua tipe habitat, dan mempunyai mobilitas yang tinggi dengan kemampuan adaptasi terhadap berbagai tipe habitat yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi jenis burung yang terdapat di Pulau Tuangku Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi lapangan (field method) menggunakan teknik Line Transect. Lokasi penelitian terbagi menjadi tiga stasiun. Stasiun I (kawasan pemukiman), Stasiun II (kawasan pantai) dan Stasiun III (kawasan hutan) dengan masing-masing stasiun terdapat 5 garis transek. Data dianalisis secara deskriptif yang meliputi deskripsi burung, gambar dan hierarki taksonomi. Pengumpulan data lapangan dilakukan pada tanggal 11 sampai dengan 16 Oktober 2019. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan sebanyak 24 jenis burung yang diklasifikasikan ke dalam 7 ordo dan 18 familia. Jumlah spesies burung yang diamati pada stasiun I (pemukiman) ditemukan 13 jenis burung dengan jumlah total 394 individu, pada stasiun II (pantai) ditemukan 14 jenis burung dengan jumlah total 1170 individu, dan stasiun III (hutan) ditemukan 17 jenis burung dengan jumlah total 432 individu. Jadi, jumlah burung secara keseluruhan yang ditemukan di Pulau Tuangku Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil adalah 1996

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 1 (2023): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 14, No 1 (2022): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 2 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 12, No 2 (2020): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 12, No 1 (2020): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 11, No 2 (2019): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 10, No 2 (2018): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2017): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2015): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 2 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 6, No 1 (2014): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2013): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2013): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 4, No 2 (2012): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 4, No 1 (2012): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 3, No 2 (2011): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 3, No 1 (2011): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 2, No 3 (2010): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 2, No 2 (2010): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 2, No 1 (2010): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 1, No 2 (2009): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol 1, No 1 (2009): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi More Issue