cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019" : 10 Documents clear
PENERAPAN E-OFFICE DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA BISNIS PERUSAHAAN Izzati, Nada Nur
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.1436

Abstract

Administrasi perkantoran memiliki peranan yang sangat penting. Sebagian besar kegiatan perkantoran telah menggunakan aplikasi e-office. E-office kini menjadi tren yang sulit dipisahkan dari kegiatan perkantoran. Tren tersebut akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja bisnis perusahaan yang berjalan secara efektif dan efisien. Penulisan ini membahas mengenai penerapan e-office dalam perusahaan. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui gambaran dan menganalisa penerapan e-office dalam upaya peningkatan kinerja bisnis perusahaan.
PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL TERHADAP READINESS TO CHANGE PADA KARYAWAN PENJAGA GARDU TOL DI JABODETABEK almizan gani, ahadian; y. soeharso, silverius; a. wicaksana, seta; asrunputri, aisyah pia
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.1992

Abstract

The government of Indonesia has started to create a policy to enact Gerakan Nasional Non- Tunai (GNNT) which was inaugurated since last 2014 and this movement started from the implementation of transaction at Jabodetabek toll road. The main purpose of this research is to evaluate the influence of psychological capital on readiness for change among toll gate guards in Jabodetabek. This research used Readiness for change scale to measure the individual readiness in facing organizational change and psychological capital questionnaire is used to measure the level of psychological capital among the respondent of the research. The respondent of this research focuses on 103 toll gate guards in Jabodetabek area. The result shows that there is a significant impact of psychological capital on readiness for change and resilience is the dimension that most significantly influences the readiness for change among the toll gate guards in Jabodetabek.Key words: Readiness for change, psychological capital, toll gate guards 
ANALISIS PENERAPAN TAX PLANNING PPH PASAL 21 TERHADAP EFISIENSI PAJAK TERUTANG PADA PT. KEMUNING LESTARI Sudjana, Krisna; Nurhayati, Ika; Nurhayati, Ika
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.2395

Abstract

Dalam menjalankan usaha bisnisnya, tentu perusahaan akan melakukan upaya untuk memaksimalkan laba usahanya. Dengan laba yang tinggi, perusahaan akan mendapat kepercayaan dari investor dan juga kreditur, sehingga perusahaan mendapat modal untuk melakukan kegiatan operasional perusahaan, untuk dapat mengurangi laba perusahaan tersebut maka diperlukan perencanaan pajak yang legal dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode yang saat ini digunakan yaitu metode Gross perusahaan dapat menghasilkan laba sebesar Rp 2.364.329.617,-, dengan menggunakan metode Gross maka untuk saat ini perusahaan tepat dalam upaya meminimalkan pajak terutangnya hal ini dilihat dari besarnya laba rugi perusahaan sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Gross perusahaan sudah efisien dan setelah dilakukan perencanaan pajak penghasilan pasal 21 terhadap efisiensi pajak terutang badan dapat dilihat dari besarnya penghematan pajak dengan menggunakan metode Net sebesar Rp 24.447.652,200 dan dengan menggunakan metode Gross Up sebesar Rp 29.071.324,- dapat disimpulkan bahwa besarnya penghematan tersebut belum signifikan karena dari 166 orang karyawan hanya 72 orang yang penghasilannya diatas PTKP hal ini hanya berpengaruh terhadap pajak terutang badannya saja akan tetapi tidak berpengaruh terhadap laba bersih perusahaan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN ONLINE DI MARKETPLACE Novitasari, Novitasari; Sari, Mia Andika
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.2490

Abstract

Terjadinya pergeseran  minat dari pembelian offline (konvensional) beralih ke pembelian online (daring) membuat pertumbuhan perusahaan-perusahaan startup di bidang jual beli berkonsep marketplace di Indonesia semakin berkembang dan semakin kompetitif. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen online di marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen online di marketplace serta untuk mengetahui marketplace apa yang paling di minati oleh konsumen online untuk berbelanja. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasilnya adalah faktor harga, keamanan dan kemudahan transaksi berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen online di marketplace. Sementara faktor kualitas produk, promosi, kepercayaan, kualitas website dan reputasi vendor tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen online di marketplace. Tetapi faktor kualitas produk, harga, promosi, kepercayaan, kualitas website, keamanan, reputasi vendor dan kemudahan transaksi berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap minat beli konsumen online di marketplace sebesar 63,7%, sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain. Dan marketplace yang paling diminati konsumen online untuk berbelanja adalah Shopee dengan persentase pemilih sebesar 70,3%. 
PENGARUH INDEPENDENSI KOMITE AUDIT, AUDIT TENURE DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERDAGANGAN ECERAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2011-2018 Aridi, Kartika Aprilia; Agustina, Yumniati
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.2491

Abstract

This study aims to analyze the effect of the independence of the audit committee, audit tenure and auditor's reputation on audit quality in retail trading companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2011-2018. This research is an associative research with quantitative methods. In this study obtained 7 sample companies that meet the criteria. Data analysis and hypothesis testing techniques in this study used logistic regression analysis. Nagelkerke R Square test results of 0.225, which shows that audit quality can be explained by the independence of the audit committee, audit tenure and auditor's reputation of 22.5%. The independence of the audit committee obtained a significance value of 1,000, audit tenure obtained a significance value of 0.710 did not affect the audit quality, the auditor's reputation gained a significance value of 0.021 so that it significantly affected the audit quality. The independence of the audit committee, audit tenure and auditor reputation in the Omnibus Test of Model Coefficients table obtained a Chi-square value of 9,048 with a significance level of 0.029 <0.05 indicating that jointly (simultaneously) influences the audit quality
KONTRIBUSI MEDIA SOSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN GENERASI MILENIAL PT PERKEBUNAN NUSANTARA VI KAYU ARO Witro, Doli; Putri, Luqyana Azmiya; Oviensy, Vegia
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.2492

Abstract

Dewasa ini, banyak aspek mengalami perubahan dengan berkembangnya teknologi dan infomasi di era globalisasi. Sebut saja media sosial yang banyak digunakan oleh populasi manusia di bumi. Menurut Caleb T. Carr dan Rebecca T. Hayes, media sosial adalah media berbasis internet yang memungkinkan pengguna berkesempatan untuk berinteraksi dan mempresentasikan diri, baik secara seketika ataupun tertunda, dengan khalayak luas maupun tidak yang mendorong nilai dari user-generated content dan persepsi interaksi dengan orang lain. Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2018 tercatat pengguna internet di Indonesia sebanyak 171,17 juta jiwa dari penduduk 264 juta jiwa atau sekitar 64,8 % dari seluruh penduduk Indonesia. Banyak perusahan sudah mulai menggunakan media sosial dalam hal marketing dan promosi ke khalayak luas. Pihak perusahaan menugas karyawan yang melek teknologi atau istilah zaman sekarang dikenal dengan generasi milenial. Generasi milenial dikenal kedekatannya dengan teknologi. Tercatat penetrasi pengguna internet generasi milenial 79,6%. Perusahaan membutuhkan sumber daya manusia atau karyawan yang mampu bekerja secara maksimal sehingga dapat mengimbangi standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif yang bersifat lapangan (field research). Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang bersifat deskriptif yakni berupa pemikiran, pendapat dan argumentasi dari karyawan PT Perkebunan Nusantara VI Kayu Aro, serta dilengkapi dengan data-data buku, jurnal, dan artikel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang penulis gunakan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa karyawan generasi milenial PT Perkebunan Nusantara VI Kayu Aro mampu memanfaatkan media sosial dalam bekerja, dengan media sosial produktivitas generasi milenial bisa menjadi meningkat.
ANALISA PENGARUH DAYA TARIK PROMOSI, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-WALLET Sari, Mia Andika; Listiawati, Rodiana; Novitasari, Novitasari; Vidyasari, Rahmanita
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.2493

Abstract

Bank Indonesia mencanangkan program bernama Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) agar masyarakat Indonesia menjadi Less Cash Society (LCS). Tercatat pada Bank Indonesia per 4 maret 2019 terdapat 37 lembaga penerbit e-money diantaranya 11 lembaga perbankan dan 26 lembaga financial technology (fintech). Produk e-money sendiri terbagi menjadi dua yaitu kartu prabayar (pre-paid-card) yang berbasis chip berbentuk kartu dan e-wallet yang berbasis server berbentuk aplikasi.Bank mandiri sebagai bank pemerintah memiliki produk e-money  yaitu LinkAja yang dulunya bernama E-cash sebagai e-wallet. Di lain pihak perusahaan fintech juga memiliki peningkatan yang pesat dengan produk e-wallet, salah satunya yaitu Gopay. Hal ini memaksa sektor bisnis perbankan untuk mempunyai solusi agar lebih berinovasi jika ingin bersaing dengan baik terhadap produk yang dikeluarkan oleh fintech.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi keamanan terhadap minat penggunaan e-wallet yaitu Gopay dan LinkAja. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang di kuantitatifkan menggunakan skala Likert. Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengguna aplikasi Gopay atau LinkAja, berdomisili  di Jabodetabek, responden menggunakan aplikasi tersebut lebih dari tiga bulan dan berusia diatas 15 tahun.Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi bagi penggiat usaha ekonomi digital dan mampu memberikan  saran perbaikan untuk para pembuat kebijakan terkait aturan main dalam bisnis e-wallet di masa yang akan datang
PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP ONLINE PURCHASE DECISION PADA PLATFORM BELANJA ONLINE SHOPEE Batu, Reminta Lumban; Situngkir, Tiar Lina; Krisnawati, Indah; Halim, Sherliana
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.2495

Abstract

Pemanfaatan teknologi telah mendorong pertumbuhan bisnis karena berbagai informasi yang dapat disajikan melalui hubungan jarak jauh. E-commerce adalah salah satu kemajuan teknologi informasi, dimana suatu sistem melayani pembeli secara online melalui media jaringan komputer. Banyaknya e-commerce di Indonesia mendorong perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang menarik agar konsumen mengunjungi platform e-commerce yang akhirnya konsumen akan melakukan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing terhadap Online Purchase Decision pada Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Teknik sampling penelitian ini simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data diolah menggunakan menggunakan PLS (Partial Least square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa website, search engine marketing, web banner, social media, affiliate marketing, email marketing dan online purchase decision berpengaruh positif dan signifikan terhadap Online Purchase Decision.
MANAGEMENT PERUBAHAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PERUSAHAAN MENGGUNAKAN ANALISIS BALANCE SCORE CARD Wahyudi, Endang; Hasanudin, Hasanudin; Helling, Lydia Salvina; Ajusta, A.A Gede
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.2496

Abstract

Manajemen Perubahan bertujuan untuk mengontrol resiko dan meminimalisasi efek kerugian yang mungkin terjadi pada perusahaan, perubahan manajemen dengan pendekatan kemanusiaan memberikan efek terbaik. Balance Score Card merupakan suatu alat untuk melihat pandangan / Persfektif terhadap pengukuran kinerja dari perusahaan, terdapat empat perspektif yaitu financial, internal process, Learning & Grow dan Customer, Sasaran Manajemen Perubahan adalah untuk menetapkan prosedur standar pengelolaan permintaan perubahan secara tangkas dan efisien dalam upaya meminimalkan risiko dan dampak perubahan yang dapat terjadi secara drastis terhadap operasi bisnis, faktor pendorong perubahan berdasarkan kepentingan top management atau permasalahan operasional harian dari staf pelaksana system diantaranya permasalahan tentang kesulitan agen untuk closing, tagihan tak terbayarkan dari pengembang, lambatnya pencairan fee menjadi fokus dari strategi change management sehingga menerbitkan strategi upgrading system dan Pengelolaan Training agen melalui Jpi Incubator ( J.inc) serta membentuk selling validator.
JURNAL EKBIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 agha, ridwan zulpi
Ekonomi & Bisnis Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v18i2.2498

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue