cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020" : 9 Documents clear
LITERASI KEUANGAN DAN PERTUMBUHAN UMKM: PERAN MEDIASI MANAJEMEN KAS Maharani, Danty Septya; Rita, Maria Rio
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.2729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: a) literasi keuangan terhadap manajemen kas; b) manajemen kas terhadap pertumbuhan UMKM dan; c) literasi keuangan terhadap pertumbuhan UMKM dengan mediasi manajemen kas. Penelitian dilakukan di Desa Kebondowo Kabupaten Semarang. Responden penelitian ini adalah pemilik UMKM sektor makanan yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan jumlah 50 UMKM. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa manajemen kas berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan UMKM. Literasi keuangan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap manajemen kas, selain itu manajemen kas tidak memediasi jalur antara literasi keuangan dan pertumbuhan UMKM. Riset ini merupakan bidang kajian entrepreneurial finance, di mana temuan ini dapat berkontribusi bagi pengembangan UMKM khususnya sektor makanan.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT HU’U KABUPATEN DOMPU mirasantika, mirasantika
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.2741

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Kerja pegawai pada Kantor Camat Hu.u Kabupaten Dompu. Jenis penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah Asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi, wawancara, kuisioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang responden pegawai pada  Kantor Camat Hu.u Kabupaten Dompu. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini  sebanyak 46 orang responden. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tekhnik sampel jenuh. Tehnik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi sederhana, dan uji t dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Koefisien menunjukan tingkat keeratan hubungan antara budaya organisasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja yaitu dalam hubungan yang kuat. Hal ini dibuktikan dengan tabel pedoman interval koefisien korelasi, koefisien  determinasi menunjukan  bahwa kepuasan kerja (Y) dipengaruhi oleh budaya organisasi (X1) dan disiplin kerja (X2) yaitu sebesar 49,1% , sedangkan sisanya sebesar 50,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Secara parsial Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan kerja pegawai. Secara parsial Disiplin Kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan kerja pegawai. Secara simultan Budaya organisasi dan Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasn kerja pegawai pada Kantor Camat Hu.u Kabupaten Dompu.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIKAP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PDAM PT. WATERTECH ESTATE CIKARANG Iswandi, Mei
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.2780

Abstract

Dewasa ini sektor jasa telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Industri dibidang jasa sangat menarik bagi para produsen untuk mengembangkan bisnisnya. Industri jasa instalasi Pengolahan Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM), sangat menjamur di Indonesia. Supaya PDAM dapat berkembang diperlukan upaya untuk memuaskan pelanggannya. Pelanggan yang telah mempunyai sikap positip kepada PDAM, jangan sampai berbalik arah menjadi pelanggan yang bersikap negatip terhadap PDAM. Penelitian ini dilakukan pada PDAM di PT. Watertech Estate Cikarang. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan PDAM di PT. Watertech Estate Cikarang sebanyak 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM di PT. Watertech Estate Cikarang. Secara simultan kualitas pelayanan dan sikap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan PDAM di PT. Watertech Estate Cikarang
PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SYARIAH Nadya, Galuh Raina; Mai, Muhamad Umar; Setiawan, Setiawan
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.2782

Abstract

The purpose of this study is to investigate how the influence of corporate social responsibility towards the corporate performance in general, and the influence of each subject of the corporate social responsibility. Corporate social responsibility is company’s activities in achieving a balance or integrations between the economic, social, and environment development without compromising the expectations of shareholder (obtain profit). In this research corporate performance measured by ROE (return on equity). The samples used in this study are all manufacturing companies enrolled in Indeks Saham Syariah Indonesia listing in 2017 and published the annual report in 2017 by using method of purposive judgement sampling. There are 87 companies that meet the criteria of the study sample. The analysis method used is path analysis. Data collection method used in this research is a method of documentation and literature study method. The results of this study indicate that the disclosure of CSR as in general has a significant effect on the performance of the company with a positive traits. Disclosure of CSR in the economic subject has no significant effect on company performance. Disclosure of CSR in the Environment has a significant effect on the performance of companies with positive traits. Disclosure of CSR in the Social subject has a significant effect on the performance of the company with a positive traits.
ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI PADA PRODUK AVOCADO MANTUL Santoso, Tri Agus; Mardian, Irma
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.2789

Abstract

Persaingan bisnis kuliner semakin pesat baik dari aspek variasi menu  dan merek menjadi daya tarik pelanggan. Minat beli konsumen ditentukan oleh banyak aspek. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand image,dan brand trust terhadap minat beli konsumen pada produk Avocado Mantul. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2019- Februari 2020. Populasi meliputi semua konsumen Avocado Mantul yang jumlahnya tidak terbatas sehingga penggambilan sampel dengan metode unknown population diperoleh sampel sejumlah 96 orang. Metode sampling menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan instrumen kuisioner yang menggunakan skala likert selanjutnya data tabulasi dianalisis menggunakan program SPSS Version 20. Analisis  meliputi analisis validitas dan reliabilitas instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, determinasi, korelasi, uji F dan uji t. Pengujian menunjukkan, instrument penelitian valid dan reliable, data terdistribusi normal, tidak mengalami masalah asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan brand image berpengaruh signifikan terhadap minat beli, brand trust berpengaruh signifikan terhadap minat beli, brand image dan brand trust bersama-sama berpengaruh signifikan pada minat beli. Brand image dan brand trust mempengaruhi sebesar 37,1% terhadap minat beli produk avocado mantul. 
PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN KONTRAK DI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DEPOK JAWA BARAT Mulyanto, Mulyanto; Nawangsari, Lenny C.
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.3007

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, kompensasi terhadap disiplin kerja karyawan kontrak Politeknik Negeri Jakarta.  Dsiplin karyawan adalah  faktor yang sangat penting bagi setiap perusahaan atau lembaga di setiap negara di dunia. Disiplin dapat menentukan kultur organisasi, a yang baik, pencegahan penyimpangan, dan pada akhirnya menghasilkan kinerja organisasi.  Hal ini mendorong ketertarikan untuk meninjau lebih jauh tentang variabel-variabel yang menentukan disiplin karyawan.  Obyek penelitian adalah karyawan kontrak Pokiteknik negri jakarta (PNJ) Depok, Jawa Barat. Latar belakang pemilihan obyek karyawan kontrak karena mereka tidak memiliki jaminan seperti yang dimiliki oleh karyawan tetap seperti asuransi kesehatan, tunjangan cuti melahirkan, dan tentu saja jaminan kepastian pekerjaan.  Kondisi status pekerjaan kontrak seperti tersebut diatas cendrung berdampak negatif terhadap motivasi kerja, kepuasan kerja, yang pada akhirnya berdampak pada disiplin kerja.  Dengan melakukan riset pendahuluan, dengan menggunakan instrumen kuesioner terhadap 40 karyawan kontrak , diperoleh bahwa variabel motivasi kerja, kepuasan kerja, dan kompensasi, merupakan variabel-variabel bebas utama yang mampu mempengaruhi disiplin kerja sebagai variabel terikat, sehingga penelitian ini unyuk menguji pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, dan kompensasi terhadap disiplin kerja karyawan kontrak PNJ.  Setelah melakukan pengolahan dan anlisis data ats kuesioner mengenai percepsi karyawan kontrak PNJ, dengan jumlah sampel 91 responden dari 117 popujasi, terhadap 4 variabel yaitu motivasi kerja, kepuasan kerja, kompensasi, dan disiplin kerja, maka disimpulkan secara komprehensif bahwa secara individual ketiga variabel bebas berkorelasi positif terhadap disiplin kerja.  Demikian pula secara simultan berkorelasi positif terhadap disiplin kerja karyawan kontrak Politeknik Negeri Jakarta.
E-COMMERCE USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA PALEMBANG Meileni, Hetty; Apriyanti, Desi; Pratiwi, Cindy Indah
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.3008

Abstract

The purpose of writing this report is to solve the problem in the city of Palembang, about the sales container of small and medium enterprises (UKM) that do not exist. The solution of the problem is Palembang city requires a system of information on the sale of UKM to support the improvement of the sales system in the Industry ERA 4.0. The benefits of this information system is to facilitate the seller in selling the product through UKM E-Commerce, and this information system can also facilitate the buyer in purchasing UKM products in the city of Palembang without having to come to the store or come to the sales stand. Data is collected based on direct observation of activities related to informatics learning. The result is the information system of small and medium enterprises (UKM) in Palembang city. The conclusion is that the small and medium business information system (UKM) uses PHP and MySQL programming language that can be accessed by the Admin, UKM product vendor, and buyer through a browser that can increase sales and become a container of UKM in Palembang
ANALISA SISTEM INFORMASI PELAPORAN PEREKAMAN FAKTUR PAJAK SECARA ONLINE PADA PT. SEMICRON INTI MUDA Hasanudin, Hasanudin; Wahyudi, Endang; Ajusta, A.A Gede; Helling, Lidya Salvina
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.3009

Abstract

Pelaporan Pajak PPN melalui aplikasi e-Faktur dari Direktoran Jendral Pajak diawali dari pembuatan faktur pajak yang benar. Hal tersebut dapat tercapai apabila seorang accounting staff menguasai dengan baik system aplikasi e-faktur tersebut dan juga diperlukan system informasi pembuatan faktur di perusahaan, agar dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan baik disebabkan oleh human eror ataupun dari kelemahan aplikasi e-faktur tersebut. Banyak masalah dalam pembuatan faktur yang harus diketahui diantaranya aplikasi memerlukan koneksi internet yang baik, tidak menguasai aplikasi efaktur sampai dengan eror di server DJP sendiri. Hal tersebut dapat di minimalisir dengan system informasi yang baik di perusahaan. Dalam jurnal ini kami mempelajari dan menganalisa ssstem informasi perekaman e-faktur untuk mempelajari system pembuatan efaktur dan menganalisa permasalahn yang ada serta memberikan solusi apabila diperlukan. Adapun kesimpulannya adalah bahwa dalam pembuatan faktur pajak di perusahaan ini masih mengalamai beberapa masalah, diantaranya adalah :  Kurang telitinya administrasi dalam menginput pada saat rekam faktur pajak baru, dalam kegiatannya sistem yang digunakan bergantung pada system online resmi Direktorat Jendral Pajak, sehingga dapat memakan waktu yang lama, Pada sistem berupa aplikasi online memerlukan jaringan internet, dimana terkadang jaringan mengalami error, permintaan barang khusus untuk barang yang akan dijadikan stok,  harus IC yang melakukan pemesanan sehingga proses datang ke toko lebih lama, dan kurangnya informasi yang diberikan oleh petugas.
STRATEGI PENGEMBANGAN BMT/KSPPS DI DEPOK DENGAN METODE ANALISIS SWOT Fatah, Dede Abdul; Muchtasib, Ach. Bakhrul; Abdillah, Abdillah
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i1.3011

Abstract

BMT telah banyak bermunculan di Masyarakat. Dari masyarakat kota hingga di pedesaan, seperti halnya. Mereka menyisir hingga pada basis riil masyarakat. Hingga saat ini telah tercatat 900 lebih BMT telah berdiri di Depok. Namun, hanya 52 persen yang aktif. BMT harus memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta turut membangun tatanan perekonomian yang berkeadilan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Namun, belum tercapai visi dan misi tersebut, ternyata banyak BMT yang berguguran tidak dapat menjalankan kegiatannya. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti dan diungkap permasalahannya sehingga dapat memberikan jawaban. Dengan menggunakan metode analisa SWOT akan dapat mengungkap permasalahan BMT yang tumbang dan juga dapat mengungkap faktor kesuksesan BMT yang tetap eksis dan bahkan tumbuh besar

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue