cover
Contact Name
Ridwan Zulpi Agha
Contact Email
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Phone
+628999111770
Journal Mail Official
ridwan.zulfiagha@akuntansi.pnj.ac.id
Editorial Address
UP2M - Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Gedung Q lantai 2 Politeknik Negeri Jakarta Jl Prof. Dr. G. A. Siwabessy Kampus UI, Depok Kodepos 16425
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi & Bisnis PNJ (JEKBIS PNJ)
ISSN : 14122774     EISSN : 24079081     DOI : https://doi.org/10.32722/eb.v19i2
Core Subject : Economy,
urnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang sudah terindeks sinta 5 yang mempublikasikan bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi & bisnis, terbit secara berkala dua kali setahun (Juni dan Desember). Jurnal Ekonomi dan Bisnis mempublikasikan artikel hasil penelitian yang orisinal berkaitan dengan: ekonomi ,bisnis , manajemen, akuntansi, auditing, perpajakan ,kewirausahaan, serta ilmu yang berkaitan dengan perbankan konvensional maupun syariah.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020" : 10 Documents clear
PENAWARAN UANG DALAM KEGIATAN PEREKONOMIAN DAN ORIENTASI BISNIS DALAM ISLAM Toni Ferdian, Toni Ferdian
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3257

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penawaran uang, kegiatan perekonomian, dan orientasi bisnis dalam islam. Dalam transaksi jual beli terdapat suatu permintaan dan penawara, yang mana permintaan dan penawaran akan bertemu pada satu titik. Dan akan selalu ada permintaan dan penawaran disetiap kegiatan perekonomian. Dalam bisnis islam maupun konvensional sangat dibutuhkan uang untuk alat tukar menukar dalam kegiatan perekonomian. Hanya saja dalam bisnis islam setiap tindakan perekonomian diatur sesuai syariat islam. Sehingga orientasi bisnis dalam islam tidaklah hanya mencari keuntungan saja, namun juga memperhatikan keberkahan dan manfaatnya.Kata Kunci : Penawaran uang, kegiatan perekonomian, bisnis dalam islam.
OPTIMALISASI PEMBIAYAAN PADA SEKTOR PRODUKTIF MIKRO DI BANK BTPN SYARIAH Trimulato, Trimulato
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3399

Abstract

Perbankan syariah memiliki peran sebagai lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan. Pangsa pasar bank syariah menembus 5 persen. Pertumbuhan dialami bank syariah. Pembiayaan kegiatan konsumtif masih menjadi dominasi di bank syariah sebesar 42,80 persen atau sebesar 123.178.000.000.000. Pembiayaan konsumtif lebih besar jika dibandingkan pembiayaan untuk modal kerja dan investasi. Bank BTPN Syariah merupakan bank syariah yang fokus hanya menyalurkan pembiayaan untuk kegiatan produktif sektor mikro. Penelitian ini bersifat kualitatif, tujuan untuk mengetahui pertumbuhan penyaluran pembiayaan di Bank BTPN Syariah serta pola pembiayaan sektor produktif mikro yang dilakukannya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan penyaluran pembiayaan di Bank BTPN Syariah pada periode Juni 207 dan Juni 2018 tumbuh sebesar 18,128 persen. Model penyaluran pembiayaan yang diberikan bank BTPN Syariah hanya untuk kegiatan produktif mikro. Pembiayaan itu disebut Paket Masa Depan (PMD), hanya diperuntuhkan untuk kalangan peremuan prasejahterah, serta tidak memberikan kewajiban untuk penyertaan jaminan.
PERAN PENDAPATAN DESA UNTUK BELANJA DESA DI KABUPATEN LAHAT Martini, Rita; Zulkifli, Zulkifli; Hartati, Sukmini; Widyastuti, Endah
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3442

Abstract

Penelitian ini mengkaji  pengaruh pendapatan desa terhadap belanja desa bidang pembangunan. Data bersumber dari Laporan Realisasi APBDes di Kabupaten Lahat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Penelitian menghasilkan  PADes, DD, ADD dan BHPR secara simultan berpengaruh terhadap belanja desa. Secara parsial, DD dan ADD berpengaruh signifikan terhadap belanja desa. Mayoritas desa di Kabupaten Lahat menggunakan dana transfer untuk dialokasikan ke dalam belanja desa. PADes tidak memungkinkan untuk dialokasikan ke dalam belanja desa karena jumlahnya yang kecil. Tumpang tindihnya peraturan pusat dan daerah, juga mengakibatkan BHPR sulit untuk dialokasikan untuk belanja desa.
PENGARUH INFRASTRUKTUR DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN LANGKAT 2010-2019 SIREGAR, DWI RAYANA; TANJUNG, AHMAD ALBAR
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3450

Abstract

Langkat Regency is one of the regencies in North Sumatra Province. Langkat Regency consists of 23 Districts, 37 Sub-Districts and 240 Villages with an area of 6,262.00 km² and has a population of approximately 1,028,309 people. With the large number of residents in Langkat district, it can increase demand for goods and services that can increase economic growth. In the 2010-2019 period, Langkat economic growth continued to increase. This study aims to determine the effect of Road Infrastructure and Human Development Index on Economic Growth in Langkat Regency, especially in the 2010-2019 period. This type of research is literature research with descriptive methods with secondary data. The results showed that a good road infrastructure variable (X1) had no significant effect on Economic Growth in Langkat Regency (Y). Meanwhile, the Variable Human Development Index (X2) has a significant effect on Economic Growth in Langkat Regency (Y).
PREFERENSI GENERASI MILLENIAL DALAM MEMILIH PEMBAYARAN DIGITAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI JAKARTA DEPOK) Sari, Mia Andika; Aminah, Indianik; Redyanita, Hastuti
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3601

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi yang cukup pesat membawa dampak terhadap dunia keuangan khususnya transaksi pembayaran. Perkembangan ini ditandai dengan jumlah transaksi electronic money atau uang elektronik di Indonesia menunjukan data yang terus meningkat berdasarkan hasil statistik yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dengan periode 2013 hingga 2019. Banyaknya perusahaan pembayaran digital ini memberi banyak pilihan kepada masyarakat dalam menentukkan alat pembayaran digital mana yang akan mereka gunakan. Dalam hal ini, milenial menjadikan pembayaran digital sebagai tren. Peneliti tertarik menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat khususnya generasi milenial dalam memilih pembayaran digital untuk digunakan. Penelitian terdahulu yang sudah dilakukan, belum pernah meneliti pemilihan penggunaan pembayaran digital dengan objek mahasiswa sebagai kelompok milenial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yaitu social influence, hedonic motivation, promotional Benefit, financial technology knowledge, perceived risk, dan perceived usefulness terhadap minat menggunakan pembayaran digital pada mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia. Metode penelitian dalam riset ini adalah kuantitatif dengan teknik analisa data menggunakan deskriptif analitis. Hasil Penelitian dengan menggunakan sampel sebanyak 196 responden menjelaskan bahwa variabel social influence, promotional benefit, dan perceived usefulness berpengaruh signifikan Mia Andika Sari, Indianik Aminah, dan Hastuti Redyanita, Preferensi Generasi Milenial dalam Memilih Pembayaran Digital… 98 terhadap minat penggunaan pembayaran digital, sedangkan variabel hedonic motivation, fintech knowledge, perceived risk tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan pembayaran digital. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi khususnya perusahaan penerbit dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan kajian untuk mengembangkan bisnisnya, karena kelompok milenial ini memiliki potensi pasar yang besar dan tanggap akan tekhnologi dibandingkan kelompok umur yang lain dan kecenderungan mengikuti tren. Secara umum pula penelitian ini diharapkan mampu memberikan saran perbaikan untuk pemerintah terkait aturan dalam bisnis pembayaran digital di masa yang akan datang.
KOMPETENSI PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENDUKUNG PELAYANAN KEPADA KONSUMEN Rahadi, Dedi Rianto; Majid, Alda Amelia
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3602

Abstract

Abstrak Persaingan dalam dunia bisnis semakin meningkat, maka dari itu perusahaan harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam perusahaan setiap karyawan harus memiliki standar kompetensi yang bertujuan untuk menentukan kualitas pelayanan dimata konsumen dalam menetapkan strategi nya dibutuhkan customer service. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kompetensi pada peran customer service dalam meningkatkan pelayanan. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yaitu penelitian dengan menggunakan deskriptif dengan menerapkan review dari beberapa metode studi kasus dan berdasarkan literatur review sebelumnya oleh para ahli. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan literatur terdahulu dan pendapat beberapa ahli yang diolah peneliti, hasilnya bahwa kompetensi memiliki peran yang sangat penting bagi customer service dalam meningkatkan pelayanan
PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, FINTECH KNOWLEDGE, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEAMANAN, DAN BRAND IMAGE PERUSAHAAN TERHADAP PENGGUNAAN MARKETPLACE OLEH UMKM DI JABODETABEK Novitasari, Novitasari; Sari, Mia Andika
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3603

Abstract

Pada revolusi digital saat ini menyebabkan terjadinya pergeseran dari model kegiatan konvensional menjadi model kegiatan online. Hal ini melahirkan bisnis marketplace sebagai bentuk pasar digital. Perkembangan ini ditandai dengan jumlah transaksi di marketplace di Indonesia menunjukan data yang terus meningkat. Pertumbuhan perusahaan-perusahaan startup di bidang bisnis di Indonesia dan didukung kecanggihan dunia telekomunikasi internet, membuat platform e-commerce yang berkonsep marketplace semakin berkembang. Hal ini mengakibatkan perluasan lahan bisnis baru dengan konsep lebih modern bagi UMKM untuk menjalankan usahanya. Melihat fenomena ini, penulis akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi UMKM dalam memilih penggunaan marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yaitu Social influence, Fintech Knowledge, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Brand Image Perusahaan Terhadap Penggunaan Marketplace oleh UMKM di Jabodetabek.. Diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi bagi penggiat usaha ekonomi digital maupun pengguna langsung pada khususnya. Secara umum pula mampu memberikan saran perbaikan untuk para pembuat kebijakan. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis regresi multiplier (berganda). Hasilnya adalah hanya faktor kemudahan transaksi yang berpengaruh secara parsial terhadap minat penggunaan marketplace oleh UMKM di Jabodetabek. Sementara faktor lainnya tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat marketplace oleh UMKM di Jabodetabek. Tetapi faktor social influence, fintech knowledge, kemudahan, keamanan, dan brand image perusahaan berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap minat penggunaan marketplace oleh UMKM sebesar 35,2%, sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain.
ANALISA SISTEM INFORMASI PENJUALAN SISTEM DRIVETHRU PADA SALAH SATU RESTORAN CEPAT SAJI DI BOGOR Hasanudin, Hasanudin
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3604

Abstract

Abstrak Sistem penjualan Drive Thru sudah cukup terkenal di Indonesia dan digunakan oleh beberapa restoran siap saji seperti : McDonald’s, Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut dan lain-lain. Sistem ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan memuaskan pelanggannya, dimana saat konsumen membeli makanan seperi nasi ayam, kentang goring, hamburger dan lain-lain tidak perlu turun dari kendaraannya. Mereka cukup bertransaksi dan membayar langsung di tempat yang telah disediakan. Sistem ini tentu sangat menarik perhatian untuk dijadikan percontohan untuk usaha-usaha lainnya. Oleh karena itu, penulis mencoba menganalisa sistem penjualan Drive Thru tersebut. Setelah dianalisa diketahui bahwa sistem terebut masih memiliki beberapa permasalahan yang perlu jadi perhatian, diantaranya yaitu adanya keluhan konsumen karena kru restoran lambat respons. Selain itu terdapat masalah kurangnya efisien waktu karena pada saat crew tersebut melakukan proses payment tidak bisa melakukan order product dalam waktu bersamaan, akibatnya customer antrian selanjutnya harus menunggu hingga customer pertama selesai melakukan payment dan otomatis antrian kebelakang akan lebih panjang ketika sedang ramai pengunjung.
ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN : MODEL FRAUD DIAMOND Ramdany, Ramdany; Musfita, Risha; Darwis, Hidayat
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan laporan keuangan dengan model fraud diamond. Variabel independen adalah pressure, opportunity, rationalization, capability dan variabel dependen adalah kecurangan laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018 dengan purposive sampel sebanyak 100 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa pressure dengan proksi personal financial need berpengaruh negatif terhadap kecurangan laporan keuangan. Opportunity dengan proksi nature of industry berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan. Namun pressure dengan proksi external pressure, opportunity dengan proksi ineffective monitoring, rationalization dan capability tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.
PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN PERILAKU MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI ATAS IMPLEMENTASI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Suhartati, Titi; Fatimah, Hayati
Ekonomi & Bisnis Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020
Publisher : Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/eb.v19i2.3606

Abstract

Many literatures stated that the implementation of Industrial Revolution (IR) 4.0 have a significant impact on the development of accounting and challenging for the accountant’s task in the future. This study aims to explore of knowledge, perceptions and behavior of accounting students on the implementation of IR 4.0. The students as a prospective accountants should have competencies on the implementation of IR 4.0. This study uses a qualitative descriptive approach with data collection method by using questionnaires which are categorized into knowledge, perception and behavior statements. We have distributed 105 questionnaires to the students who are currently pursuing the last semester of Diploma (D3) and Bachelor (D4) of accounting program of Politeknik Negeri Jakarta. There are 87 accounting students had participated in the study. Our findings show that 93% of respondents have knowledge of the latest developments regarding IR 4.0 with their implications for the development of accounting science. It is proven statistically and significantly that accounting students (D3 and D4) have different perceptions regarding IR 4.0 while it is not proven of behavior. The result have a consistent number of mean (by SPSS) for variables perception and behavior. Show that students have adequate perception and behavior related to the development of IR 4.0.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2020 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 22 No 1 (2023): Jurnal Ekonomi & Bisnis Juni 2023 Vol 21 No 2 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 2 Desember 2022 Vol 21 No 1 (2022): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 21 No 1 Juni 2022 Vol. 20 No. 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 20 No 1 (2021): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 20 NO 1 JUNI 2021 Vol 19 No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19, No 2 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 2 DESEMBER 2020 Vol 19 No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 19, No 1 (2020): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 19 NO 1 JUNI 2020 Vol 18 No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18, No 2 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 2 DESEMBER 2019 Vol 18 No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 18, No 1 (2019): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 18 NO 1 JUNI 2019 Vol 17 No 2 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 17 NO 2 DESEMBER 2018 Vol 17 No 1 (2018): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 17 NO.1 JUNI 2018 Vol 17, No 1 (2018): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS VOL. 17 No.1 JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2018): EKONOMI BISNIS VOLUME 17 No 2 Vol 16, No 2 (2017): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, VOL 16 NO 2 DESEMBER 2017 Vol 16 No 2 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL. 16 NO.2 DESEMBER 2017 Vol 16, No 1 (2017): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 16 No 1 (2017): JURNAL EKONOMI & BISNIS VOL 16 NO 1 JUNI 2017 Vol 15 No 1 (2016): JURNAL EKONOMI BISNIS VOL 15 No.1 Juni 2016 Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 14 No 1 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 14 No 1 2015 Vol 12 No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 12, No 1 (2013): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 2 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11, No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 11 No 1 (2012): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 2 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 10 No 1 (2011): Jurnal Ekonomi dan Bisnis More Issue