cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN" : 11 Documents clear
PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KALENG TAHUN AJARAN 2013/2014 Ferry Hidayah, Dhini
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kaleng Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng; (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat dengan penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng; (3) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus,tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng Tahun Ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Model Quantum Teaching, pembelajaran Matematika, siswa kelas IV.
PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD Fauzan, Ahmad
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penggunaan Metode Guided Note Taking dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD dengan metode Guided Note Taking. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa. Data penelitian ini berasal dari guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Guided Note Taking dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD.
PENGGUNAAN METODE INKUIRI DAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 1 PESUNINGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 ATUN, AFRI
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.167 KB)

Abstract

Abstrak: Penggunaan Metode Inkuiri dan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Pesuningan Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS dengan metode inkuiri dan media visual di kelas IV SDN 1 Pesuningan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus ada empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif dan data kualitatif menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SDN 1 Pesuningan.Kata kunci: Metode Inkuiri, Media Visual, dan Pembelajaran IPS
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA JAWA SISWA SEKOLAH DASAR Mukhlas, Mukhlas
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.358 KB)

Abstract

Abstract : The using of CIRC Learning Models to Improving Reading and Writing Ability in Java Language Elementary School Students. The purpose of this research was to describe the use of CIRC learning model to improved reading and writing ability in Java language and know the increased ability to read and write Java language through the use of CIRC learning model. This research is a classroom action research. The research was conducted in two cycles, and each cycle consisted of three meetings. Data collection techniques are observation, interviews, and tests. The validity of the source data using triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. Analysis of data used role in action research is the analysis of quantitative data and qualitative data analysis. The results of this research indicate that the use of CIRC models can improve ability to read and write Java language elementary school students. Keywords: models, reading, writing, Java language. Abstrak: Penggunaan Model CIRC dalam Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran CIRC dalam peningkatan kemampuan membaca dan menulis Bahasa Jawa dan mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis Bahasa Jawa melalui penggunaan model pembelajaran CIRC. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi pengumpulan data. Analisis data yang dipergunakan dalan penelitian tindakan kelas ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Bahasa Jawa siswa sekolah dasar. Kata Kunci: model, membaca, menulis, Bahasa Jawa.
PENERAPAN PAIKEM MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR Fatimah, Siti
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.534 KB)

Abstract

Abstrak: Penerapan PAIKEM Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan PAIKEM model Quantum Teaching, meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2013/2014, dan mendeskripsikan kendala serta solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam tiga siklus, mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN 3 Dorowati yang berjumlah 24 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan PAIKEM model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: Quantum Teaching, Pembelajaran, IPA
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 PURWOGONDO TAHUN AJARAN 2013/2014 Lestary, Novidha Ratna
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN 1 Purwogondo Tahun Ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD dengan penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dalam tiga siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Purwogondo yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 1 Purwogondo tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci: Think Pair Share, pembelajaran, IPS
PENERAPAN MODEL RESEARCH BASED LEARNING (RBL) DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD Anies, Fera
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:  Penerapan Model Research Based Learning (RBL) dalam Pe-ningkatan motivasi dan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model RBL dan me-ningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas pe-rencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Adikarso yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model RBL dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Kata Kunci: RBL, Motivasi, Hasil Belajar, IPA
PENGGUNANAN METODE QIRA’ATI DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SDN 1 PURWOSARI TAHUN AJARAN 2013/2014 nurrohman, wahid
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.971 KB)

Abstract

Abstract: THE USING OF QIRA?ATI METHODE WITH FLANNEL BOARD MEDIA IN INCREASING OF JAVA CAPITAL READING ABILITY  OF THE 4TH GRADE STUDENT OF STATE ELEMENTARY SCHOOL 1 PURWOSARI  ACADEMIC YEAR 2013/2014. The purpose of this research was: (1) to give a description on  the use of Qira?ati Methode with flannel board media increase the ability of reading the Javanese capital of the 4th grade student of State Elementary School, (2) to see the increase on the ability of reading Javanese (2) to describe the problems and their solutions. This research used Qira?ati methode with flannel board media and implemented in three cycles. The results showed that: the application of Qira?ati methode  can improve ability of reading Javanese 4th Grade Student. Keywords: Qira?ati methode. flannel board  media, reading javanese capital Abstrak: Penggunaan metode Qira?ati dengan media papan flannel dalam peningkatan kemampuan membaca aksara jawa pada siswa kelas IV SDN 1 Purwosari Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode Qira?ati dengan media papan flanel, peningkatan kemampuan membaca aksara jawa dan untuk mendeskripsikan masalah dan solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil menunjukkan bahwa: penggunaan metoe Qira?ati dengan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara jawa siswa kelas IV. Kata Kunci: metode Qira?ati, media papan flanel, membaca aksara jawa
PENERAPAN METODE THE LEARNING CELL DENGAN MEDIA FLANELGRAF DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN 4 PANDANSARI TAHUN AJARAN 2013/2014 wijayanti, titin
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.784 KB)

Abstract

Abstract: Application The Learning Cell Methods with flanelgraf media Improved Learning in Social Studies.The purpose of research is to improve the learning of social studies material struggle fighters in Dutch and Japanese colonial period by using the method of learning cell with media flanelgraf in the fifth grade elementary school students of State 4 Pandansari. This research  is form of action research as much as three cycles. As the subject is fifth grade elementary school students of State 4 Pandansari totaling 26 students. Data collection techniques used were observation, interviews, tests, and documentation. The results showed the  application of the learning  cell with flanelgraf media can improv social studies learning materials fighters during the struggle of the colonial Dutch and JapaneseKeywords: the learning cell, flanelgraf, social studies learning Abstrak: Penerapan Metode The Learning Cell dengan media flanelgraf dalam Peningkatan Pembelajaran IPS. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pembelajaran IPS materi perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang menggunakan metode the learning cell dengan media flanelgraf pada siswa kelas V SDN 4 Pandansari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus. Sebagai subjek adalah siswa kelas V SDN 4 Pandansari berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan the learning cell dengan media flanelgraf dapat meningkatkan pembelajaran IPS materi perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Kata kunci: the learning cell,  flanelgraf, pembelajaran IPS
PENGGUNAAN MODEL BAMBOO DANCING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR marifah, nur
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penggunaan Model Bamboo Dancing dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Bamboo Dancing dan mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS menggunakan Bamboo Dancing. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan model Bamboo Dancing menerapkan langkah-langkah: pengenalan topik, pembagian kelompok, penempatan kelompok, pembagian tugas, pergantian pasangan, presentasi, dan refleksi. Penggunaan model Bamboo Dancing dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan terbukti dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 67,64%, siklus II 70,59% dan siklus III 91,18%.Kata Kunci: Bamboo Dancing, hasil belajar, IPS

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue