cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
SAINSMAT
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Maret" : 11 Documents clear
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head-Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang Sri Murwanto
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.197 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141872020

Abstract

Hasil observasi di SMP Negeri 4 Alla Kabupaten Enrekang diperoleh fakta yang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran masih banyak permasalahan di dalamnya yang dapat dilihat dari hasil belajarnya. Permasalahan tersebut diantaranya: guru masih mengajar menggunakan metode konvensional dan hasil belajar siswa yang masih rendah.  Sedangkan dari hasil tanya jawab dengan guru mata pelajaran IPA  rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang pada tahun pelajaran 2018/2019 awal semester ganjil masih sangat rendah. Masalah tersebut timbul akibat model mengajar guru yang masih bersifat monoton yaitu, guru lebih aktif dibandingkan siswanya. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kebermaknaan belajar yang berujung pada keberhasilan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan  refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang tahun pelajaran 2018/2019. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes esay setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif  type NHT (Numbered-Head-Together) dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas  IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang.Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, Number-Head-Together, Hasil belajar IPAObservation results at SMP Negeri 4 Alla Enrekang Regency obtained facts that refer to the learning process there are still many problems that can be seen from the results of learning. This issue is issued: the teacher still uses conventional methods and student learning outcomes are still low. While the results of questions and answers with natural science subject teachers the average learning outcomes of students of class IX B of SMP Negeri 4 Alla in the 2018/2019 academic year at the start of the odd semester were still very low. The problem arises because the teacher's teaching model is still monotonous, that is, teachers are more active than their students. This of course will have an impact on meaningful learning that leads to successful learning. This research is a classroom action research (CAR) consisting of planning, implementing, observing, and reflecting. The research subjects were students of class IX B SMP Negeri 4 Alla  Enrekang in the 2018/2019 academic year. Student learning outcomes use essay tests at the end of each cycle. The results showed that the implementation of the NHT (Numbered-Head-Together) type of cooperative learning model could improve the learning outcomes of Science IX Class B students of SMP Negeri 4 Alla Enrekang.Keywords: Cooperative learning model, Number-Head-Together, Science learning outcomes.
Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Inpres Ana Gowa dan SD Negeri Tombolo K R. Rusni; Arsad Bahri; Evi Ristiana
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.236 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141962020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap ilmiah siswa kelas IV SD Inpres Ana Gowa dan SD Negeri Tombolo K. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Ana Gowa dan SD Negeri Tombolo K. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB dan IVC SD Inpres Ana Gowa dan siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri Tombolo K dengan jumlah sampel 124 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa memiliki rerata skor realtif sama.Indikator sikap ilmiah yang memiliki rerata skor tertinggi adalah sikap mendahulukan data atau fakta dengan persentase 63,50% dan skor indikator sikap ilmiah terendah adalah sikap berpikir kritis dengan persentase 62,20%. Hal ini menunjukkan sikap ilmiah siswa masih perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran agar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan utamanya hasil belajar afektif dalam pembelajaran IPA. Kata kunci: Sikap ilimiah, hasil belajar IPA afektif This study aims to determine the description of scientific attitudes of fourth grade students of SD Inpres Ana Gowa and SD Negeri Buttono K. This research is a survey research with data analysis using descriptive statistics. The population in this study were all fourth grade students of Ana Gowa Inpres Elementary School and SD Negeri Buttono K. The sampling technique used was simple random sampling. The sample in this study were students of class IVB and IVC of SD Inpres Ana Gowa and students of class IVA and IVB of SD Negeri Tombolo K with a total sample of 124 students. Data collection techniques using a scientific attitude questionnaire. The results showed that students' scientific attitudes had the same average score. The indicators of scientific attitudes that had the highest average scores were attitudes prioritizing data or facts with a percentage of 63.50% and the lowest scientific attitude indicator scores were critical thinking attitudes with a percentage of 62.20%. This shows that students' scientific attitudes still need to be developed in the learning process so that it affects cognitive learning outcomes and especially affective learning outcomes in science learning. Keywords: Scientific attitudes, affective learning outcomes
Pengaruh Metode Problem Solving Kuantitatif Berstrategi dalam Perhitungan pH terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Palu Harmani M. Potutu
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.155 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141942020

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk membuktikan pengaruh metode problem solving kuantitatif berstrategi dalam perhitungan pH Buffer  dan Hidrolisis terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 2 Palu, (2) untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa setelah dibelajarkan dengan metode Problem Solving berstrategi dalam menyelesaikan soal-soal pH larutan Buffer dan  Hidrolisis dengan  pembelajaran konvensional pada siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan (Desain Randomized Control Group Only), dengan variabel bebas adalah metode Problem Solving Kuantitatif Berstrategi (COAST) dalam  Penyelesaian Soal-Soal pH Buffer dan Hidrolisis, variabel terikat adalah hasil belajar kimia. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas XI IPA RSBI SMA Negeri 2 Palu.  Sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI IPA 1  dan kelas XI IPA 3. Teknik sampling secara purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, siswa  yang  dibelajarkan melalui penerapan metode Problem Solving Kuantitatif  berstrategi dalam perhitungan pH Buffer dan Hidrolisis  yakni diperoleh  thitung -4.586< ttabel 2.000, dengan taraf signifikansi α = 5%, dalam arti bahwa menolak Ho dan menerima Ha maka disimpulkan bahwa, terdapat   perbedaan  hasil  belajar siswa  yang dibelajarkan melalui metode Problem solving kuantitatifberstrategi dalam perhitungan pH dengan siswa yang dibelajarkan melalui penggunaan metode  konvensional.Kata Kunci:  Problem solving, kuantitatif berstrategi, dan hasil belajar.           The objectives of this research were: (1) to prove the influence of strategic quantitative solving problem method in calculating pH of Buffer and Hydrolisis toward the learning outcome of the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Palu, (2) to describe the difference between students’ learning outcome which employed Strategic Solving Problem Method (COAST) in solving Buffer soluble pH exercises and Hydrolisis with conventional learning  to the eleventh grade students (Science Program) of SMA Negeri 2 Palu. This research employed Design Randomized Control Group Only. The population of the research was the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Palu. The sample were classes of Science Program 1 and Science Program 3. The sampling done purposively. The hypothesis examining used t-test statistics test. The research result shows that the students’ learning outcome who employed with COAST method, the average were higher than those who did not. Statistically, there was a significant difference, where tcalculated -4.586 <ttable 2.000, with α significance level = 5% which mean reject Ho and accept Ha. Therefore, it can be concluded that there is a significant difference of the students’ learning outcome employed COAST method in calculating pH and the students’ learning outcome employed conventional one.Keywords: Problem solving, Strategic Quantitative and Learning Outcome, pH Calculation, Buffer Calculation.
Efektivitas Ekstrak Daun Acalypha Indica dan Tanaman Imperata Cylindrica terhadap Kadar Glukosa Mencit (Mus Musculus L) Hiperglikemia A. Mu&#039;nisa; Alimuddin Ali; A. Muflihunna; Balqis Dinarty Jamaluddin; Maulyda Awwaliah P
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.348 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141892020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak Acalypha indica  dan tanaman Imperata cylindrica terhadap kadar glukosa mencit (Mus musculus L) hiperglikemia. Penelitian ini menggunakan mencit jantan strain ICR sebanyak 40 ekor yang dibagi dalam 8 kelompok perlakuan, yaitu kelompok mencit normal, kelompok mencit hiperglikemia, dan kelompok mencit dengan pemberian ekstrak methanol Acalypha indica  dan tanaman Imperata cylindrical pada masing-masing dosis 150 dan 250 mg/Kg bb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun Acalypha indicadan tanaman Imperata cylindrica  menunjukkan penurunan kadar glukosa darah mencit sebesar 47-49%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya efektivitas ekstrak methanol Acalypha indica  dan tanaman Imperata cylindrical berpengaruh terhadap penurunan kadar glukosa darah pada mencit hiperglikemia. Kata Kunci: Acalypha Indica,Imperata Cylindrical,Kadar Glukosa  This study aims to determine the effectiveness of the extract of Acalypha indica and plant Imperata cylindrica on glucose levels of mice (Mus musculus L) hyperglycemia. This study used 40 male ICR strain male mice which were divided into 8 treatment groups, namely normal mice group, hyperglycemia mice group, and mice group by giving methanol extract Acalypha indica and Imperata cylindrical plants at each dose of 150 and 250 mg / Kg bb. The results showed that the extract of the leaves of Acalypha indica and Imperata cylindrica plants showed a decrease in blood glucose levels of mice by 47-49%. The conclusion of this research is the effectiveness of the methanol extract of Acalypha indica and the Imperata cylindrical plant influences the decrease in blood glucose levels in hyperglycemia mice.Keywords: Acalypha Indica, Cylindrical Imperata, Glucose Level
Daging Ayam Broiler Sehat dengan Pengaturan Ransum Rosdiana Ngitung; N. Nurhayati; Arsad Bahri
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.289 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141882020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan daging broiler yang sehat  dikonsumsi, menghasilkan ransum yang ideal untuk ayam broiler, sehingga kadar lemak dan kolesterol daging dapat diturunkan serendah mungkin, dan mengetahui lama pembatasan ransum terhadap persentase karkas, daging, kadar lemak dan kolesterol ayam broiler.  Penelitian ini terdiri dari dua Tahap yang saling berhubungan, hasil dari Tahap I akan dilanjutkan pada Tahap II. Penelitian ini berlangsung di Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin. Tahap I menggunakan rancangan acak lengkap (RAL)  dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan: A0 (kontrol) : Ransum Tanpa Penambahan Tepung Rumput Laut;  A1 : Ransum dengan Penambahan Tepung Rumput Laut 3% ; A2 : Ransum dengan Penambahan Tepung Rumput Laut 5% ;  A3 : ransum dengan penggunaan tepung rumput laut 7%. Data yang diperoleh dianalisis analisis rancangan acak lengkap yang dilanjutkan dengan uji F pada tingkat ketelitian 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan penggunaan tepung rumput laut sampai level 7% secara nyata berpengaruh pada kadar lemak daging, namun tidak berpengaruh terhadap bobot hidup , persentase lemak abdominal, kolesterol, LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein) dan trigliserida. analisis rancangan acak lengkap yang dilanjutkan dengan uji F pada tingkat ketelitian 5%.  Kata kunci:  Broiler, Sehat, Ransum dan Kadar Kolesterol The research aims to produce healthy broiler meat consumed, produce rations that are ideal for broiler chickens, so that the fat and cholesterol levels of meat can be reduced as low as possible, and know the duration of ration restriction on the percentage of carcasses, meats, fat levels and cholesterol of broiler chickens. This research consists of two interrelated phases, the results of Phase I will be continued in Phase II. This research took place at the Faculty of Animal Science, Hasanuddin University. Phase I used a completely randomized design (CRD) with 4 treatments and 6 replications: A0 (control): Ration without addition of seaweed flour; A1: Ration with Addition of Seaweed Flour 3%; A2: Ration with Addition of Seaweed Flour 5%; A3: ration using 7% seaweed flour. The data obtained were analyzed by complete random design analysis followed by the F test at a precision level of 5%. The results showed that the treatment with the use of seaweed flour up to 7% level significantly affected the levels of meat fat, but did not affect the body weight, the percentage of abdominal fat, cholesterol, LDL (Low Density Lipoprotein), HDL (High Density Lipoprotein) and triglyceride. Complete randomized design analysis followed by the F test at a precision level of 5%.Keywords: Broiler, Healthy, Rations and Cholestrol Levels
Kitosan Asetat Cangkang Bekicot (Achatina Fulica) Sebagai Antibakteri Pada Kain Katun R. Rismawati; H. Hasri; S. Sudding
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.911 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141902020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kitosan asetat cangkang bekicot sebagai antibakteri pada kain katun berdasarkan pengaruh variasi waktu perendaman terhadap aktivitas pertumbuhan Staphylococcus aureus. Pembuatan kitosan dilakukan dengan tiga tahap yaitu  demineralisasi, deproteinasi dan deasetilasi, kemudian kitosan asetat dibuat dengan melarutkan kitosan dalam larutan asam asetat 2%. Pelapisan kain katun dengan melalui perendaman menggunakan natrium periodat dilanjutkan pelapisan kitosan asetat dengan variasi waktu perendaman 1 menit, 5 menit dan 10 menit. Uji aktivitas antibakteri menggunakan metode tebar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama waktu perendaman maka pertumbuhan bakteri semakin berkurang. Di simpulkan bahwa kitosan asetat dapat menghambat aktivitas pertumbuhan Staphylococcus aureus. Kata kunci: Kitosan asetat, pelapisan kain, aktivitas antibakteri. This study aims to determine the ability of snail shell chitosan as an antibacterial on cotton fabric based on the effect of variations in soaking time on growth activity of Staphylococcus aureus. Preparation of chitosan be done in three phases demineralization, deproteination and deacetylation, then chitosan acetate is prepared by dissolving chitosan in a 2% acetic acid solution. The coating of cotton fabric through soaking using sodium periodate is followed by the coating of chitosan acetate with a variation of the soaking time of 1 minute, 5 minutes and 10 minutes. Antibacterial activity test using the stocking method. The results showed that the longer the soaking time, the bacterial growth decreases. It was concluded that chitosan acetate can inhibit the growth activity of Staphylococcus aureus. Keywords: Chitosan acetate, fabric coating, antibacterial activity.
Pengaruh Penambahan PVA terhadap Ukuran Nanopartikel Perak Hasil Sintesis Menggunakan Bioreduktor Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L.) Dewi Rahmadani; Sumiati Side; Suriati Eka Putri
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (985.593 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141862020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penambahan Polivinil Alkohol (PVA) terhadap ukuran nanopartikel perak hasil sintesis menggunakan bioreduktor ekstrak daun sirsak (Annona muricata L.). Nanopartikel perak dibuat melalui metode bioreduksi, larutan bioreduktor dicampur dengan prekursor AgNO3, tanpa penambahan PVA dan dengan penambahan PVA dengan variasi konsentrasi yang berbeda yaitu 1%; 1,5%; 2%; dan 2,5%. Berdasarkan hasil analisis gugus fungsi ekstrak daun sirsak menggunakan spektrofotometer FT-IR (Fourier Transform Infrared), menunjukkan serapan pada bilangan gelombang 3443 cm-1 yang menunjukkan adanya gugus –OH. Proses pembentukan nanopartikel perak dilihat dengan mengamati serapan UV-Vis. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa nilai absorbansi meningkat dengan meningkatnya waktu kontak. Proses pembentukan nanopartikel diamati menggunakan Spektrofotometer UV-Vis melalui serapan UV-Vis. Hasil pengukuran serapan maksimun dari sampel hasil sintesis masing-masing konsentrasi menunjukkan λmax 503.0; 463.1; 436.0; 476.1; 503.1 nm selama dua hari dengan variasi konsentrasi PVA berturut-turut tanpa PVA 1%; 1,5%; 2%; dan 2,5%. Ukuran nanopartikel perak ditentukan menggunakan XRD (X-Ray Diffraction), distribusi rata-rata ukuran nanopartikel perak dengan tanpa penambahan PVA yaitu 30,80-50,25 nm dan kisaran ukuran terkecil nanopartikel perak yaitu 9,90-10,20 nm dengan penambahan PVA 1,5%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penambahan PVA mempengaruhi ukuran nanopartikel perak. Hal ini terjadi karena stabilisator berperan untuk mengontrol ukuran nanopartikel perak.Kata Kunci:  Annona muricata Linn, PVA, reduksi, nanopartikel perak This study aims to determine the effect of adding Polyvinyl Alcohol (PVA) to the size of silver nanoparticle synthesized using bioreductor soursop leaf extract (Annona muricata L.). Silver nanoparticle made through method bioreduction, bioreductor solution was mixed with AgNO3 precursor, without addition of PVA and with the addition of PVA. That the variant of concentrations is 1%; 1.5%; 2%; and 2.5%. Based on the analysis of functional groups of soursop leaf extract using a spectrophotometer FT-IR (Fourier Transform Infrared), showed absorption at wave number 3443 cm-1 which indicate a -OH group.The process of formation of silver nanoparticles seen by UV-Vis absorption. The measurement results shows that the absorbance value increased with increasing contact time. The maximum absorbance measurement result of the samples synthesized each concentration showed λmax 503.0; 463.1; 436.0; 476.1; 503.1 nm for two days with various concentrations without PVA, 1%, 1.5%, 2%, and 2.5%. The size of silver nanoparticle were determined using XRD (X-Ray Diffraction), the average size distribution of silver nanoparticle without the addition of PVA is 30.80-50.25 nm and the smallest size range is 9.90-10.20 nm silver nanoparticle with addition PVA 1.5%. Based on research that has been done, it can concluded that addition of PVA have the effect to the size of silver nanoparticle. The stabilizer acts to control the size of silver nanoparticle.Keywords: Annona muricata Linn, PVA, reduction, silver nanoparticle.
Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Media Lipa’ Sa’be Mandar Irfawandi Samad; Herlina Ahmad; F. Febryanti
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1286.424 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141912020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di SMK Mega Link Majenemelalui media pembelajaran lipa’ sa’be Mandar.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi dan evaluasi serta refleksi.Teknik analisis menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan representasi matematis sebesar 82,65 dengan standar nilai KKM sebesar 70. Sedangkan nilai ketuntasan secara klasikal sebesar 84,21% dengan standar 80%. Aktivitas siswa dan keterlaksanaan guru dalam menerapkan pembelajaran melalui media lipa’ sa’be Mandar berada pada kategori terpenuhi.Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan penerapan media pembelajaran lipa’ sa’be Mandar mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMK Mega Link Majene.Kata kunci: Representasi Matematis, Media Pembelajaran, Lipa’ Sa’be Mandar This research aims to improve the ability of mathematical representation of the students in SMK Mega Link Majene through the media learning Lipa ' Sa'be Mandar. This type of research is a class action study conducted during 2 cycles that includes four phases, namely planning, observation and evaluation and reflection. Analytical techniques using descriptive statistical analysis. The results of the study obtained an average value of the mathematical representation capability of 82,65 with a standard KKM value of 70. Meanwhile, the classifications of the classic value of 84,21% with standard 80%. Student activity is in very active category. The implementation of researchers in applying learning through Media lipa ' sa'be Mandar well done. Based on the results of the research, it was concluded the application of learning Media lipa ' sa'be Mandar able to improve the mathematical representation capability of SMK Mega Link Majene.Keywords: Mathematical Representation, Media Learning, Lipa' Sa'be Mandar
Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Media Lipa’ Sa’be Mandar Samad, Irfawandi; Ahmad, Herlina; Febryanti, F.
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1286.424 KB) | DOI: 10.35580/sainsmat91141912020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di SMK Mega Link Majenemelalui media pembelajaran lipa’ sa’be Mandar.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi dan evaluasi serta refleksi.Teknik analisis menggunakan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan representasi matematis sebesar 82,65 dengan standar nilai KKM sebesar 70. Sedangkan nilai ketuntasan secara klasikal sebesar 84,21% dengan standar 80%. Aktivitas siswa dan keterlaksanaan guru dalam menerapkan pembelajaran melalui media lipa’ sa’be Mandar berada pada kategori terpenuhi.Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan penerapan media pembelajaran lipa’ sa’be Mandar mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMK Mega Link Majene.Kata kunci: Representasi Matematis, Media Pembelajaran, Lipa’ Sa’be Mandar This research aims to improve the ability of mathematical representation of the students in SMK Mega Link Majene through the media learning Lipa ' Sa'be Mandar. This type of research is a class action study conducted during 2 cycles that includes four phases, namely planning, observation and evaluation and reflection. Analytical techniques using descriptive statistical analysis. The results of the study obtained an average value of the mathematical representation capability of 82,65 with a standard KKM value of 70. Meanwhile, the classifications of the classic value of 84,21% with standard 80%. Student activity is in very active category. The implementation of researchers in applying learning through Media lipa ' sa'be Mandar well done. Based on the results of the research, it was concluded the application of learning Media lipa ' sa'be Mandar able to improve the mathematical representation capability of SMK Mega Link Majene.Keywords: Mathematical Representation, Media Learning, Lipa' Sa'be Mandar
Peningkatan Kemampuan Matematika Dasar dengan Metode Pembelajaran Langsung dan Tutor Sebaya Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM I. Irwan; Sahlan Sidjara; Said Fachry Assagaf
Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Vol 9, No 1 (2020): Maret
Publisher : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/sainsmat91199052020

Abstract

Kemampuan awal memiliki peran yang sangat penting baik dalam mengkonstruksi pengetahuan yang baru dipelajari, maupun mengelaborasi pengetahuan tersebut dengan yang telah dimiliki sebelumnya. Bagi pengajar, pengetahuan tentang kemampuan awal peserta didik dapat menjadi acuan dalam menetapkan titik awal pembelajaran, pendekatan dan teknik mengajar, serta program-program penunjang pembelajaran. Secara umum, pengetahuan awal mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari latar belakang pendidikan, kondisi ekonomi, lingkungan sosial, hingga kondisi geografis daerah asal. Dalam penerimaan mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM beberapa tahun terakhir, pihak jurusan berusaha merangkul calon mahasiswa dengan latar belakang yang cukup beragam. Proses tersebut dilakukan dengan menerapkan tiga jalur penerimaan yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Tulis Lokal dengan juga memfasilitasi calon mahasiswa yang kurang mampu secara finansial melalui jalur Bidikmisi. Perlu diketahui bahwa ketiga sistem penyeleksian tersebut menilai calon mahasiswa tidak hanya dari kemampuan matematikanya saja, melainkan pada kemampuan dasar mereka secara menyeluruh, serta jejak prestasi baik akademik maupun non-akademik selama di SMA. Kata kunci: kemampuan awal, pendampingan langsung, dan tutor sebaya

Page 1 of 2 | Total Record : 11