cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@uny.ac.id
Phone
+6285292126258
Journal Mail Official
mustofa@uny.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
ISSN : 18298028     EISSN : 26555182     DOI : 10.21831
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau pendidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2008)" : 7 Documents clear
Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi Darwin Bangun
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.427 KB) | DOI: 10.21831/jep.v5i1.604

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar di Rumah dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Presrasi Belajar Ekonomi Siswa kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pagelaran 2007/2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 168 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 118 orang siswa, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Untuk menguji hipotesis 1, 2 dan 3 digunakan statistik t dengan model korelasi Product moment. Sedangkan untuk menguji hipotesis keempat digunakan statistik F dengan model korelasi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: (1) ada hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan prestasi belajar ekonomi siswa, (2) ada hubungan kelengkapan fasilitas belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. (3) ada hubungan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi, dan (4) ada hubungan persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. Hasil perhitungan Fhitung Ftabel yaitu 84,94 3,94 dengan koefisien determinan (R2 ) sebesar 0,6889 yang berarti 68,89% persepsi siswa tentang perhatian orang tua, kelengkapan fasilitas belajar di rumah dan penggunaan waktu belajar di rumah mempengaruhi prestasi belajar ekonomi siswa.
Kesiapan Daerah Dalam Melaksanakan Ujian Nasional - Siskandar
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (51.386 KB) | DOI: 10.21831/jep.v5i1.605

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan daerah dalam pelaksanaan ujian nasional, dilihat dari sumberdaya manusia, dana penyelenggaraan, ketersediaan fasilitas pendukung, sistem manajeman, dan sistem keamanan. Metode yang digunakan adalah survai. Data diambil di sembilan Provinsi. Data diperoleh melalui metode angket dan dianalisis dengan persentase. Penelitian dilaksanakan pada Agustus-November 2007. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) masih banyak ditemukan daerah yang belum atau tidak siap dengan sumberdaya manusia untuk melaksanakan UN, (2) sebagaian besar dana penyelenggaraan UN tahun 2007 di sekolah diperoleh dari bantuan pemerintah daerah tingkat provinsi, (3) sejumlah daerah memiliki tingkat ketersediaan fasilitas pendukung yang relatif baik dan sanggup menyediakan fasilitas dalam jumlah memadai, (4) kesiapan daerah dalam sistem manajeman, mayoritas sudah baik baik, namun ada beberapa daerah yang masih lemah, dan (5) pengadaan sistem keamanan dan tenaga kemanan pada penelitian ini dapat dilakukan daerah dengan baik.
Needs Assessment Pelatihan Pengembangan SDM Pendukung Pariwisata Kabupaten Bantul Y.M.V Mudayen; Alex Kahu Lantum
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (69.808 KB) | DOI: 10.21831/jep.v5i1.600

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebutuhan pengembangan sumber daya manusia pendukung kelompok sadar wisata (POKDARWIS) Kwaru Asri dan Pandansimo, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul terhadap pelatihan pengembangan SDM Pendukung Pariwisata Kabupaten Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif (descriptive research). Sampel yang akan diambil sebanyak 51 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket, Wawancara dan observasi. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Pedoman Acuan Patokan Tipe II.Dekripsi data menujukkan bahwa sebagian besar responden Sangat Membutuhkan Pelatihan Kepariwisataan (82,35%), secara spefisik tentang daya tarik wisata (94%); atraksi wisata (78%); dan sapta pesona (84%). Sebagian besar responden Sangat Membutuhkan Pelatihan Bahasa Asing (76,47%), dalam arti spesifik Bahasa Inggris untuk percakapan dengan turis (92%). Sebagian besar responden Sangat Membutuhkan Pelatihan Sadar Budaya Wisata (92,16%), secara spesifik tentang Peninggalan Sejarah (54%); Budaya Wisata Makanan Khas Yogya (74%); dan Budaya Wisata Kelautan (68%). Sebagian besar responden Sangat Membutuhkan Pelatihan Pengolahan Hasil Laut (96,08%), secara spesifik tentang presto ikan (76%); pengeringan ikan secara praktis (70%); pembuatan abon ikan (72%); cara membuat ikan asin secara praktis (66%); dan cara memasak ikan secara modern (74%). Sebagian besar responden Sangat Membutuhkan Pelatihan Praktik Perkoperasian (80,39%), secara spesifik tentang: Koperasi Konsumsi (54%); Koperasi Simpan Pinjam (84%); dan Koperasi Unit Desa (56%). Sebagian besar responden Sangat Membutuhkan Pelatihan Pengembangan Potensi Kewirausahaan (86,27%), secara spesifik tentang: sikap mental wirausaha (80%); dan cara membuka usaha baru (88%).
Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi Diana Rahmawati
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.03 KB) | DOI: 10.21831/jep.v5i1.606

Abstract

Teknologi informasi meliputi teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang digunakan untuk memproses dan menyebarkan informasi baik bersifat finansial maupun non finansial. Investasi di bidang teknologi informasi membutuhkan dana yang besar dan akan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Besarnya dana yan dikeluarkan tersebut mengharuskan organisasi untuk memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Pemanfaatan teknologi informasi secara efektif dapat dilakukan jika tiap individu dalam organisasi dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik. Artikel ini memberikan penjelasan mengenai faktor-faktor apa sajakah yang berpengaruh terhadap pemanfaatan teknologi informasi dengan melakuakan kajian secara teoritis. Berdasarkan kajian teori dan telaah terhadap hasil-hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi diperoleh enam faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknologi informasi yaitu: faktor social, faktor affect, faktor kompleksitas, kesesuaian tugas, faktor konsekuensi jangka panjang dan faktor kondisi yang memfasilitasi.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Siswa Bimbingan dan Konsultasi Belajar Al Qolam Bandarlampung - Syamsi
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.302 KB) | DOI: 10.21831/jep.v5i1.601

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas jasa dan kepuasan konsumen Progran Pendidikan Jenjang SMA pada siswa Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar Al Qolam Bandarlampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini berjumlah 390 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan regresi. Berdasarkah hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) kualitas jasa pendidikan belum memuaskan, (b) ada pengaruh tangible, empathy, reliability, responsiveness, assurance terhadap kepuasan konsumen pada Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar Al Qolam Bandar Lampung, yang ditunjukkan oleh uji statistic regresi linier multiple diperoleh R2 = 0,262 dan berdasarkan signifikansi 0,05 dengan uji coba t diperoleh t hitung = 10,220 ttabel = 2,135. Ini berarti semakin baik pelaksanaan dimensi kualitas jasa pendidikan tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy maka akan semakin tinggi pula kepuasan konsumen/siswa, begitu juga sebaliknya.
Perception of Direct and Indirect Compensations Fulfillment on Hazardous Work Environment Chun-Hsi Vivian Chen; Setyabudi Indartono
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.469 KB) | DOI: 10.21831/jep.v5i1.602

Abstract

This paper investigates how ages, tenure, employees rank and work status related to perception of direct and indirect compensations fulfillment in a hazardous work environment. This study found that age, tenure, employees rank and work status are positively related to perception of direct and indirect compensations fulfillment. Implication for research and practice are discussed.
Teaching English to Young Learners and Factors to Consider in DesigningThe Materials - Sukarno
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2008)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v5i1.603

Abstract

Teaching English to young learners at elementary school is different from that to adults. The English teachers to young learners in elementary school, therefore, need to comprehend and to apply the theories of language teaching-learning to young learners and language classroom management. Besides, the English teachers are not only required to be able to teach well but also to be able to design materials so that they can apply approaches, methods, and techniques of teaching-learning English appropriately.This article discusses teaching English to young learners, the theories of teaching English to young learners at elementary school, English classroom management at elementary school, and what to consider in designing teaching-learning materials.To reach the goal of the teaching and learning of English at elementary school, the English teachers at elementary school should know and apply the theories of teaching English to young learners. Besides, they should also know what to consider in designing teaching-learning materials in order that the materials given to the students are appropriate for the students development in relation to languages.

Page 1 of 1 | Total Record : 7