cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@uny.ac.id
Phone
+6285292126258
Journal Mail Official
mustofa@uny.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
ISSN : 18298028     EISSN : 26555182     DOI : 10.21831
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau pendidikan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2012)" : 6 Documents clear
MODEL APLIKASI LABORATORIUM EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH Leny Noviani
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 9, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.402 KB) | DOI: 10.21831/jep.v9i1.4156

Abstract

Laboratorium di sekolah merupakan kelengkapan akademik yang menunjang kegiatan pembelajaran. Demikian juga laboratorium ekonomi, sebagai suatu tempat untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmu ekonomi. Saat ini SMA-SMA yang ada belum mempunyai laboratorium ekonomi. Laboratorium ekonomi di sekolah sebenarnya mempunyai peran penting baik sebagai sumber belajar maupun sebagai prasarana pendidikan yang menunjang pembelajaran ekonomi. Konsekuensi  dari pembentukan laboratorium ekonomi di SMA membutuhkan laboran atau pengelola laboratorium. Laboran dapat ditunjuk dari salah satu guru Ekonomi yang ada dengan persyaratan tertentu. Hal ini akan sedikit mengatasi permasalahan kekurangan jam mengajar guru terutama yang sudah tersertifikasi. Pengelola laboratorium perlu merencanakan segala sesuatu yang terkait dengan administrasi, perlengkapan, peralatan dan prosedur pelaksanaannya
Analisis Stres Finansial Pada Gender Peter Garlans Sina; Lidya Theresye Raturomon
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 9, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.455 KB) | DOI: 10.21831/jep.v9i1.4157

Abstract

The aim of this research is to determine the tendency of financial stress as well as the differences between gender categories. The sampling method used is the census with a chi square technique. After the analysis, the results show that both of the hypothesis are accepted, which means that there is a tendency to experience a financial stress and the women tend to experience higher financial stress compared with men. This is due to an mistake in the management of personal finance. Key word : personal finance, financial stress, Gender
MODEL PEMECAHAN MASALAH DAN PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN YANG DI-UN-KAN - Suwarno
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 9, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.908 KB) | DOI: 10.21831/jep.v9i1.4158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memetakan hasil ujian nasional peserta didik pada mata Pelajaran yang Di UN kan, 2) mengidentifikasi faktor penyebab rendahnya daya serap peserta didik, dan 3) mengembangkan model alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh sekolah yang ada di wilayah kabupaten kota (Kota Palangkarya dan Kabupaten Sukarama). Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (Cluster), yaitu sampel dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini ditetapkan 4 sekolah untuk kota palangkaraya yang meliputi 2 sekolah Negeri dan 2 sekolah swasta, dan 3 sekolah Menengah Atas untuk kabupaten sukamara yang meliputi 2 sekolah negeri dan 1 sekolah swasta. Penarikan sampel sekolah swasta dengan pertimbangan agar juga dapat diketahui perkembanagan kemampuan peserta didik yang sekolah di swasta.
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Ahmad Najib; Bety Nur Achadiyah
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 9, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.472 KB) | DOI: 10.21831/jep.v9i1.4148

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan karakter yang terdiri dari disiplin, percaya diri dan mandiri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lawang sebanyak 76 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMIKA MIKRO Daru Wahyuni; Kiromim Baroroh
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 9, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v9i1.4155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa dengan penerapan metode simulasi dalam mata kuliah Ekonomika mikro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian adalah mahasiswa reguler semester II, berjumlah 50 orang mahasiswa yang  mengambil mata kuliah ekonomika mikro. Rancangan penelitian melibatkan dosen sebagai peneliti utama dan sekaligus sebagai pelaku tindakan,  dosen pengamat dan mahasiswa sebagai subyek didik. Cara penelitian dilakukan melalui : 1. perencanaan, 2. implementasi tindakan kelas, 3. pemantauan dan evaluasi, 4. analisis dan refleksi, 5. penyimpulan hasil. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket : Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber.  Penelitian tindakan ini dengan menerapkan metode simulasi dalam pembelajaran ekonomika mikro. Hasil dari penelitian tindakan ini adalah  1) Penerapan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan aktifitas mahasiswa. Terjadi peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III. 2) Penerapan metode pembelajaran simulasi dapat mengoptimalkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari prestasi belajar siklus I ke siklus II, dan dari siklus II ke siklus III.
PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI KELAS TERHADAP KINERJA AKADEMIK MAHASISWA Anggita Langgeng Wijaya
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 9, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v9i1.4154

Abstract

This research tests the influence degree of class participation on academic performance. Population of this research is all of new student at first semester from accounting education department at IKIP PGRI Madiun. In this study, sample consist 109 students from three introduction business class. Hypothesis test of this research uses simple regression analysis. The results show that class participation positively affects on student academic performance.

Page 1 of 1 | Total Record : 6