cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV" : 11 Documents clear
PENDEKATAN PRAGMATIK DALAM PENGAJARAN APRESIASI CERPEN JAWA Suwardi Suwardi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.627 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9134

Abstract

PEmgajaran cerpen Jawa dewasa ini masih bersifatteoretis. Pengajaran semacam ini diduga kurang mengakrab,kan siswa terhadap karya sastra. Bahkan suatu saat siswaakan terbebani· ole~ hapalan yang bersifat informatif. Makapengajaran cerpen Jawa yang masih bersifat :teoretis perlupembenahan, yakni ke arab' pengajaran yang bersifat apresiatif.Pengajaran yang bersifat apresiatif juga pedu diarahkanagar siswa menyerap fungsi cerpen. Oleh karena itu,. pengajaran yang bersifat apresiatif perlu menerapkan.pendekatan pragmatik.Pendekatan pragmatik dalam pengajaran cerpen Jawaadalah sajia'rt yang meriekankan fungsi cerpen bagi anak didik.Di antara lungsi cerpen tersebut adalah memberikan ajaran, .kenikmatan, kesenangan, hiburan, 'dan manfaat dalamkehidupannya. lfungsi tersebut dapat diltetahui melalui kesan,tanggapan, dan penerimaan anak ,didik terhadap pesan karyaitli. Dengan demikian, melalui pendekatan pragmatik. anak ;.:didik dapat memperoleh manfaat cerpen sebagai konsumsibatin, renungan jiwa, dan cermin dalam kehidupannya.Pendekatan pragmaUk dalam pengajaran cerpen' Jawadcipat berhasil jika tujuan.metode, pemilihan. bahan, penyajian,dan evaluasi terarah pada sajian yang bersilat apresiatifpragmatis.Tujuan diarahkan pada apresiasi dan fungsi cerpen..Metode hendaknya bervariasi dan mengaktifkan siswa.Pemiliban bahan cerpen hendaknya memperhatikan karyay~mg berni1ai sastra. Peny~ji'an harus mengikuti tahap-tahaptertentu. Demikian juga 'evaluasi harus selalu memperhatikan:aspek fungsi cerpen.•
PENGARUH GIZI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK Endang Rini Sukamti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.031 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9154

Abstract

Anak merupakan generasi penerus dan merupakan tumpuanmasa depan bagi bangsa dan negara. Dengan digalakkannyasumber' daya manusia saat ini, maka anak pun merupakansalah satu sasaran dari 8DM.Agar anak dapat tumbuh dan kembang dengan normal,maka peranan gizi sangatlah diperlukan dan harus diperhatikan.Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi, seperti karbohidratsebagai sumber energi (tenaga), protein sebagai zat pembangundan vitamin/mineral sebagai zat pengatur. akan membantumencegah terjadinya penyakit. yang berakibatmenghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.Susunan gizi yang tepat akan memacu pertumbuhan danperkembangan, makanan yang baik adalah makanan yangdisesuaikan dengan tingkat umur dan jenis aktivitasnya.Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi, maka diharapkan unsurpemeliharaan, pertumbuhan, perbaikan tubuh yang rusak/ausatau hilang, reproduksi" kerja fisik dan Spesific DynamicAction (SDA) akan baik pula.
BELAJAR BERBANTUAN KOMPUTER SUATU T1NJAUAN PADA STRATEGI MENGAJAR DALAM MODUL PEMBANTU PENDIDIKAN Maratun Nafiah; Muhammad Fauzan
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.013 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9147

Abstract

Modul pembantu pendidikan merupakan produk pedagogikyang siap pakai pada suatu sistem belajar: berbantuankomputer untuk mencapai pedagogik tertentu secara persis.Keberhasilan mencapai sasaran belajar yang tepat, sangatbergantung pada strategi mengajar yang digunakan dalammodul pembantu pendidikan.Terdapat beberapa strategi mengajar yaI;lg dapatdigunakan dalam modul pembantu pendidikan. Permasalahannyaadalah strategi mengajar apa saja. yang dapaf digunakilOdalam modul pembantu pendidikan agar pengalihan inlormasidapat berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh siswa?Dengan mengetahui ~t~?-tegi mengajar' dalam modulpembantu pendidikan, dapat disusun suatu modul pembantupendidikan menggunakan strategi mengajar yang sesuaisehingga pengaIihan informasi dapat berlangsung dengan baikdan diterima baik oleh siswa. Modul pembantu pendidikanyang disusun dengan baik dapat. digunakan sebagai upayauntuk meningkatkan kualitas dan efisiensi p~ndidikan.
MENSTRUASI DAN KUNYIT Nugroho, Nurfina Aznam
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.892 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9155

Abstract

Hampir f:emua or-ang Indonesia mengenal dan per-nahmakan kunyit (Curcuma longa L). Para remaja putr-i yangsedang menstruasi sering dianjurkan untuk minum kunyit olehibl,1 .ataupun neneknya. Tetapi, .~.khir-akhir ini kebiasaan baiktersebut jarang dilakukan lagi.Kunyit mengandung kurkumin, demetoksikurkumin danbisdemetoksikurkumin. Kurkumin dan bisdemetoksikur-kuminterbukti mempllnyai aktivitas sebagai anti-inflamasi, yaitudengan menghambat oedema pada telapak jari kaki tikus yangdisuntik karagenin dan me.nghambat enzim siklooksigenase.?rostaglandin merllpakan senyawa yang dihasilkan dari asamarakidonat dengan adanya enzim siklooksigenase. Prostaglandinmerupakan salah satu penyebab timbulnya rasa nyeri padawaktu menstruasi. Senyawa yang dapat menghambat aktivitassiklooksigenase berar-ti dapat menghambat terbentuknyaprostaglandin yang berarti juga menghambat timbulnya rasanyeri. Deogan demikian, kebiasaan minum kunyit pada waktumenstruasi perlu diteruskan karena dapat untuk menghilangkanrasa nyed pada waktu menstruasi.
PENGARUH BUDAYA DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BANGUNAN TERHADAP PERKEMBANGAN ARSITEKTUR TRADISIONAL JAWA Pangat Pangat
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.065 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9130

Abstract

Bangsa Indonesia memiliki corak aristektur yang beranekaragam dan bercirikan kedaerahan. Arsitektur bangunanmasyarakat Jawa dikenal ada beberapa macam, dad bentukyang sangat seder-hana, seperti panggang-pe sampai yangpaling sempurna, yaitu bentuk joglo.Istilah arsitektur yang digunakan untuk bangurtan Jawasebenarnya tidak tepat benar bila dibanding dengan pengertianarsitektur yang dipakai di negara barat. Arsitekturmenurut pengertian barat semata-mata menekankan padaaspek fisik semata. Sedangkan pada bangunan tradisionalJawa tidak hanya aspek fisik semata, melainkan menuntutkeabsahan terhadap alam nyata maupun alam yang lebihtinggi.Ciri fisik arsitektur tradisional Jawa antara lain memilikiidentitas kedaerahan yang kuat, bahan mudah didapat,mudah - dipindahkan, ruang mudah dimodiIikasi, berc'irikanbangunan tropis, akrab dengan lingkungan dan be.r.kesanramah. Ciri yang lain, sulit mendapatkan ruang yang. Juastanpa tiang di dalamnya. jika menggunakan kayu yang· berkualitasbaik bangunan menjadi mahal, banyak ruang· yangkurang fungsional, membutuhkan tanah yang relatif luas,menghadapnya bangunan tidak mesti teratur mengikutikeyakinan pemiliknya.Arsitektur tradisional ini sebenarnya masih banyakdibanggakan. terbukti masih banyaknya bangunan baru yangungkapa·n fisiknya (terutama bentuk atap) bercirikan arsitekturtradisional. Namun. jarang atau bahkan hampir tidak adabangunan baru di kota yang menggunakan arsitektur tradisionalJawa sepenuhnya. Berbagai pe~timbangan yang menyebabkanarsitektur tradisional Jawa ~ni banyak mengalami perubahandip~rkirakan adanya kece~derungan perubahan tatanilai· dan sos~al budaya masnyaraICat; keterba"tasan lahan,perkembangan teknologi bangunanl·p~ertimbanganefisiensi danpengaruh arsitektur luar
PERUBAHAN REPERTOIRE DALAM TATA KRAMA BAHASA JAWA Susilo Supardo
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.698 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9137

Abstract

Bahasa sebagai fenamen sosial yang merupakanhubungan segitiga (trimatra) bahasa-masyarakat-kebudayaanakan berubah selama ia masih berfungsi. Apalagi sepertibahasa Jawa yang berada bersama bahasa Indonesia akansaling mempengaruhi dan menimbulkan perubahan.Tingkat tutur bahasa Jawa yang semula berlabel ngokomadya-krama menjadi berubah sistemnya karena kehadiranarus perubahan. baik dari atas maupun dari bawah. Madyamenjadi tingkat tutur yang populer dan kolokial karena tidakrumit sehingga mUdah dikuasai oleh orang banyak dan tidakdigunakan dalam situasi formal.Analisis tingkat ini merupakan kajian sosiolinguistikyang berupaya membuat deskt"ipsi singkat tentang perubahantata krama bahasa Jawa lewat repertoirenya. Salah satukesimpulan adalah adanya penguasaan yang kurang atastingkat tutur krama standar dan makin lemahnya perhatiandan penguasaan varian ini aleh generasi muda (priyayi danlainnya) menyebabkan perubahan varian ini makin berlanjut.
TRANSFORMASI SOSIAL MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF STRUKTURALISME - FUNGSIONALISME SUATU TINJAUAN SOSIOLOGIS S. Wisni Septiarti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9153

Abstract

Tak perlu diingkari bahwa sampai saat ini kemajuandunia ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengalami perkembangandengan pesat. Perkembangan ilmu pengetahuantersebut dialami oleh hampir semua masyarakat di muka. bumi ini, meskipun dalam kenyataannya perkembangantersebut memerlukan proses waktu yang berbeda-beda antarasatu masyarakat dengan masyarakat yang lain•.Bahkan untukmasyarakat tertentu perkembangan tersebut 'tetasa sangatlambat.Tampaknya selain kemajuan ilmu pengetahuan danteknologi tersebut dapat mempermudah aktivitas manusiadalam mencapai tujuannya juga memiliki dampak negatifyang kadang-kadang sangat mempengaruhi situasi masyarakattersebut. Satu hal yang dapat cliketahui akibat kemajuanteknologi ini adalah terjadinya suatu transformasi sosialdalam masyarakat yang seringkali menimbulkan pula polatingkah laku manusia yang menyimpang dari norma-normamasyarakat serta terjadinya perubahan pola atau gaya hidupmasyarakat pada umumnya.
SENI TRADISIONAL DALAM ARUS GLOBALISASI EKONOMI Sutiyono, Sutiyono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9132

Abstract

Tujuan semula seni tradisional diciptakan adalah untukmenghambakan did pada siklus kehidupan, serta-' memberikandaya keseimbangan kosmos yang spiritualistik. Realitasnya,seni tradisional digunakan untuk upacara ritual, persembahankepada Tuhan, dan keselamatan atau kesejahteraan masyarakat.Seni yang nonmaterialistik itu harus menghadapigelombang besar pada era sekarang ini, yaitu arus globalisasiekonomi. Akibatnya, seni tradisional dapat menjadi barangekonomis, barang industri, barang konsumsi, atau barangpraktis. Jika seni itu sudah materialistik, tentu intensitasnilai-nilai yang terkandung di dalamnya akan semakin pudar.Oleh karena itu, pengaruh globalisasi ekonomi yangmencemaskan masa depan prospek kehidupan seni tradisional.perlu diantisipasi secara teguh agar nilai-nilai luhur yangterdapat di dalamnya tidak luntur dimakan arus tersebut.
MENGEMBANGKAN KOPERASI UNTUK MENGENTASKAN KEMISKINAN Nurhadi Nurhadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9151

Abstract

Dengan pembangunan, kita bertekad untuk dapat.mengentaskan kemiskinan yang masih dialami oleh sekitar25.9 juta jiwa pen.duduk Indonesia. Banyak cara telah dilakukanuntuk arah terse but, dan salah satu di antaranya denganmengembangkan koperasi. Keharusan untuk mengembangkarikoperasi, selain karena ia sesuai (secara ekonomis) dengankondisi masyarakat kita juga karena telah diamanatkan oIehpasa! 33 UUD 1945.Sebenarnya. usaha pengenalan dan pengembangankoperasi sudah mulai dirintis sejak zaman penjajahan. Dansetelab Indonesia merdeka. pemerintah menaruh perhatiansecara intens terhadap kehidupan koperasi. Banyak pembinaan,bimbingan, dan permodalan diberikan kepada koperasi.Selain itu. juga banyak diterbitkan berbagai bentuk peraturanperundang-undangan untuk memberikan iklim yang kondusifterhadap perkembangan koperasi supaya koperasi bisa tumhuhsubur dan berperan sebagai urat nadi dan soko guru perekonomiannasional. Namun, hasilnya masih belum sesuai denganyang diharapkan karena menghadapi banyak kendala dilapangan.Untuk mengembangkan koperasi di tanah air, kiranyajuga bermanfaat kalau kita meneropong kehidupan dan mengambilpelajaran dari koperasi di India yang jalan hidupnyaseriJ::tg mengalami hambatan. Kegagalan yang kita alami. bisapula diatasi kalau ada "political will" yang menggerakkannyasecara pantas, di samping peningkatan keterampilan teknisberkoperasi secara sepadan,. sembari beJajar dari kegagalan dimasa lalu dan bercermin dari pengalaman negara lain.
ALTERNATIF PENGGUNAAN STRATEGI DAN METODE MENGAJAR PADA PERKULIAHAN SEJARAH OLAHRAGA Margono Margono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9149

Abstract

Keberhasilan suatu Proses Belajat" ,Mengajar dipenga:uhibanyak faktor yang seca-ra um"um dibedakan menjadi faktorenclogen dan eksogen. Apabila" kedua faktor tersebut yangdapat dideskdpsikan menjadi lebih banyak lagi. saling mendukung.maka tujuan untuk mengadakan perubahan perilakupada peserta didik (bersilat kognitiI, afektif. maupun psikomotor)sesuai dengan yang dikehendaki dapat tercapai.Dosen sebagai salah satu kornponen penting dalamproses pembelajaran. tepat apabila senantiasa berupayameningkatkan kualitas perkuliahannya. Banyak cara dapatdilakukan. Salah" satu c~ra yang dapat ditempuh adalahdengan menerapkan strategi dan rnetode mengajar yangtepat. .Dengan memahami pengertian. peranan serta macamstrategi dan metode mengajar. juga pengelompokan rna terikuliah Sejarah 01aht"aga; tentunya pemilihan strqtegi danmetode mengajar dapat dilakukan dengan tepat. Model gat"is.besar kronologis. tematis, garis perkembangan khu5us danregresif; merupakan strategi yang lazim digunakail dalamrnengajar sejarah. Sedangkan metode yang sering dig-unakandalam mengajar sejarah adalah metode reseptif." diskusi,discovery/inquiry. dan pengajaran di luar kelas.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

1994 1994


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue