cover
Contact Name
Rahmat Fadhli
Contact Email
rahmat.fadhli@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jump@uny.ac.id
Editorial Address
Educational Administration Department, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
ISSN : 19781938     EISSN : 25806491     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure and educational facilities (libraries, laboratories, learning resources, etc.), technology and information. • School leadership preparation and development. • School leadership in different contexts culturally, geographically, economically, etc. The journal enocurages manuscripts that discuss innovations, practices, current issues within the scope above. Studies outside Indonesian contexts are welcome if they have implications for broad audience.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2022): October 2022" : 7 Documents clear
Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan di Sekolah Menengah Kejuruan Alisa Alfina; Lestari Fitria Wulandari
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i2.60503

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) implementasiGerakan Sekolah Menyenangkan; 2) kendala dalam implementasi Gerakan SekolahMenyenangkan; dan 3) upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala dalamimplementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan. Penelitian ini dilakukan di SekolahMenengah Kejuruan Negeri 1 Cangkringan Yogyakarta. Metode penelitian inimenggunakan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri.Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang menggunakan teknik interaktif (Miles Huberman), dengan tahapan kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian menemukan bahwa: 1) implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkanmewujudkan perubahan pada lingkungan sekolah, pembelajaran menjadimenyenangkan, dapat pengembangan karakter siswa, dan menciptakan kerjasamadengan berbagai pihak; 2) kendala dalam implementasi Gerakan SekolahMenyenangkan adalah kurangnya pemahaman guru dan masyarakat terkait GerakanSekolah Menyenangkan sehingga kegiatan pembelajaran monoton dan membosankan,yang membuat beberapa siswa terlihat memiliki karakter bermalas-malasan danminimnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran; 3) upaya yang dilakukanuntuk mengatasi kendala dalam implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan adalahdengan mensosialisasikan Gerakan Sekolah Menyenangkan kepada semua wargasekolah, memberikan guru diklat bagaimana pelaksanaan pembelajaran yangmenyenangkan dan memotivasi siswa agar senang belajar; serta penambahan saranadan prasarana penunjang pembelajaran.
Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Tri Ari Werdiningsih; Ngurah Ayu Nyoman M; Soedjono Soedjono
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i2.52354

Abstract

Kinerja guru dapat diartikan sebagai guru yang dapat menjalankan tugasnya secara profesional, guru harus dapat mengelola proses pembelajaran dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tujuan penelitian: 1) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru, dan 3) mengetahui pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Pendekatan penelitian eksplanatori. Jenis penelitian expost facto. Populasi penelitian 259 guru dan sampel penelitian 157 guru. Pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Analisis regresi menunjukan bahwa kepemimpinan intruksional kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja gurudengan persamaan Ŷ=26,523+0,600X1 dengan pengaruh sebesar 54,1%, (2) analisis regresi menunjukan bahwa kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru dengan persamaan Ŷ=10,581+0,919X2 dengan pengaruh sebesar 75,6%, (3) analisis regresi menunjukan bahwa kepemimpinan intruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional berpengaruh terhadap kinerja guru dengan persamaan Ŷ=10,051+1,346X1+0,358X2 dengan pengaruh sebesar 78,4 %. Simpulan penelitian ini adalah kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan kompetensi profesional mempengaruhi kinerja guru sebesar 78,4%. Penulis menyarankan agar kepala sekolah melakukan pembinaan dan pengarahan, melakukan refleksi dan evaluasi, serta supervisi kepada guru untuk meningkatkan kinerja. Guru dapat mengikuti pelatihan dan seminar agar dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru.
Tingkat Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar Firyal Fatin Oktaviani; Slamet Lestari
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i2.59236

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) tingkat kompetensi manajerial kepala SD negeri se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari, (2) faktor pendukung dan penghambat kepala SD negeri se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari dalam menjalankan tugas manajerial, dan (3) fasilitas yang dibutuhkan oleh kepala SD negeri se- Kecamatan Pandeglang dan Majasari untuk menguatkan kompetensi manajerial. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu kepala SD negeri se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari, Kabupaten Pandeglang sebanyak 40 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Teknik analisis data yang digunakan untuk kuesioner tertutup yaitu statistik deskriptif dengan persentase, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk kuesioner terbuka yaitu metode deskriptif. Validitas data kuesioner tertutup menggunakan teknik Pearson Corelation Product Moment dan reliabilitas data menggunakan teknik Cronbach’s Alpha, sedangkan validitas dan reliabilitas data kuesioner terbuka menggunakan Expert Judgment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi manajerial kepala SD negeri se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 82,56%. (2) faktor yang mendukung kepala sekolah dalam menjalankan tugas manajerial adalah sub aspek man (manusia) seperti stakeholder internal. Sub aspek man (manusia) juga menjadi faktor yang menghambat kepala sekolah dalam menjalankan tugas manajerial. (3) fasilitator yang dibutuhkan oleh kepala sekolah untuk menguatkan kompetensi manajerial dilihat dari aspek sumber daya manusia adalah sub aspek pendidik dan tenaga kependidikan, sedangkan fasilitas yang dibutuhkan oleh kepala sekolah dilihat dari aspek sumber daya non manusia adalah sub aspek prasarana sekolah.
Upaya Optimalisasi Promosi Perpustakaan Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Fikri Wahiddinsyah
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i2.60501

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pustakawan dalam mempromosikan perpustakaan, faktor pendukung keberhasilan promosi perpustakaan, pihak-pihak yang terlibat dalam promosi perpustakaan, dan kendala yang dialami serta solusi mengenai promosi perpustakaan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini memilih lokasi di Perpustakaan Wijaya Kusuma SMA N 1 Gamping, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer yaitu keterangan dari narasumber dan data sekunder yaitu berbagai dokumen perpustakaan yang mendukung penelitian. Sementara itu, teknik pengambilan data yang dipakai adalah teknik wawancara dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan yang berjumlah tiga orang. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data dari Miles, Huberman, Saldana (2014) melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai upaya hubungan antara strategi pustakawan dalam mempromosikan perpustakaan, faktor-faktor pendukung promosi perpustakaan, pihak yang terlibat dalam kegiatan promosi perpustakaan, dan kendala serta solusi permasalahan dari promosi perpustakaan tersebut selama masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada jumlah frekuensi kunjungan siswa. Hasil menunjukkan bahwa Perpustakaan Wijaya Kusuma dapat terus eksis di kalangan siswa meskipun masih dalam masa pandemi.
Manajemen Program Tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Khotim H Najib; Suhayla Nur Afifi
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i2.60497

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program tahfizh Al-Qur’an yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi program yang dilakukan di SMP Negeri 3 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah adalah wakil kepala sekolah, koordinator tahfizh dan tiga siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program tahfizh di SMP Negeri 3 Ampek Angkek berjalan dengan baik, dengan penerapan empat fungsi manajemen, yaitu: Perencanaan program tahfizh dilakukan oleh Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan koordinator tahfizh bersama guru tahfizh menyusun silabus pembelajaran. Pengorganisasian program dengan pembentukan struktur kepengurusan oleh kepala sekolah yang terdiri dari koordinator program dan enam orang anggota. Pelaksanaan program yaitu dilakukan pada pagi, siang, dan sore hari dan metode yang digunakan adalah metode muraja’ah, metode sima’i dan metode jami’i. Evaluasi program yaitu dengan mengadakan wisuda akhir tahun untuk kelas IXdan melihat perkembangan hafalan siswa setiap akhir semester.
Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Guru Tetap Yayasan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Dharmiastuti Dharmiastuti; Ngurah Ayu Nyoman Murniati; Noor Mliyono
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i2.60499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh peran kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, (2) pengaruh iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru, (3) pengaruh peran kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru tetap yayasan pada SMK swasta di Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 152 guru yang tersebar di tiga sekolah dengan sampel sejumlah 110 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas data, dan uji hipotesis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan peran kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 16,8% namun masih terdapat kekurangan pada dimensi motivator, terdapat pengaruh signifikan iklim organisasi terhadap motivasi kerja guru sebesar 34,2% namun masih terdapat kekurangan pada dimensi penghargaan, dan terdapat pengaruh signifikan peran kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru sebesar 42,1%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kedua variabel tersebut yaitu peran kepala sekolah dan iklim organisasi maka akan meningkat motivasi kerja guru.
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Ahmad Hidayat; Mohamad Muspawi; K. A. Rahman; Muhammad Fajar Ronansyah
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 4, No 2 (2022): October 2022
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v4i2.60500

Abstract

Penelitian ini bermaksud melihat peran kepemimpinan di sekolah terhadap kinerja guru di sekolah. Sampel didapat dari semua guru SMA Attaufiq di Kota Jambi sebanyak 16 dari sebanyak koresponden didapat 80 point, snowball sampling dan purposive sampling, didapat sampel sebanyak. Pengumpulan data diambil dengan cara wawancara langsung kepada guru menggunakan skala Likert 5 poin, dari penelitian memperlihatkan gaya kepemimpinan kepala sekolah sudah mengimplementasikan strategi tepat, mudah diaplikasikan, dan akuntable. Pada penelitian ini guru yang memiliki motivasi kerja yang baik, dilihat dari capaian kebutuhan baik bersifat sosial, rasa aman, penghargaan, dan aktualisasi diri. Selain itu melihat guru yang memiliki motivasi kerja yang baik dilihat pada kinerja, kualitas kerja, ketepatan waktu, dan taat aturan. Diperjelas dari hasil penelitian betapa berpengaruhnya gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan kinerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah mampu memotivasi kerja guru akan berdampak pada implementasi strategi pada masa yang akan datang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7