cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL KARYA TEKNIK SIPIL
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 592 Documents
PENGENDALIAN BANJIR SUNGAI LANGSUR KABUPATEN SUKOHARJO, JAWA TENGAH Romi nugroho; muhammad Sigit F.I; Pranoto S.A; Sugiyanto Sugiyanto
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 7, Nomor 4, Tahun 2018
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Terjadinya banjir di beberapa daerah aliran Sungai Langsur diakibatkan kemiringan datar, lebar sungai sempit dan dangkal, dan elevasi muka air Sungai Langsur di muara lebih rendah dibandingkan Sungai Samin, sehingga diperlukan penanganan lebih lanjut dengan menormalisasi penampang sungai, merencanakan kolam tampungan sementara, dan perencanaan sistem pompa.Tahap awal yang dilakukan dalam perencanaan adalah analisis hidrologi yaitu untuk analisis debit banjir yang terjadi di Sungai Langsur. Perencanaan dilakukan untuk memperbesar kapasitas tampungan sungai sehingga debit banjir yang terjadi tidak melimpas dan menggenangi daerah pengaliran Sungai Langsur. Perhitungan debit banjir rencana diolah menggunakan data awal yaitu data curah hujan. Metode yang digunakan diantaranya adalah menggunakan aplikasi HEC-HMS, metode passing capacity dan metode flood mark. Hasil perhitungan yang dipilih adalah menggunakan aplikasi HEC-HMS dengan Q25 sebesar 80,6 m3/detik.Normalisasi dibagi menjadi 4 segmen dengan dimensi yang berbeda-beda dengan tujuan optimalisasi. Karena debit banjir tidak mengalir ke Sungai Samin maka direncanakan 2 kolam yaitu kolam tampungan sementara dan kolam pompa, kemudian dianalisis kebutuhan pompa dan diperoleh jumlah pompa sebanyak 5 buah dengan kapasitas masing-masing pompa sebesar 8 m3/detik.
PENERAPAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN BRIGJEND SUDIARTO SEMARANG Anang Sudarmawan; Rahma Khoirina; Wahyudi Kushardjoko; Yohanes Inigo Wicaksono
Jurnal Karya Teknik Sipil volume 1, Nomer 1, tahun 2012
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.75 KB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan sepeda motor di Jalan Brigjend Sudiarto Semarang sangat tinggi berkisar 2,8 % pertahun serta proporsi sepeda motor di jalan tersebut mencapai lebih dari 50% dalam komposisi lalu lintas. Kondisi tersebut berdampak pada menurunnya kinerja lalu lintas, terjadinya kecelakaan serta berkurangnya kecepatan ruang. Tingkat kecelakaan pada ruas tersebut selalu meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan kinerja lalu lintas salah satunya dengan strategi penggunaan lajur sepeda motor. Hasil analisis nilai Q/C eksisting penggal 1 mencapai 0,87 dan penggal 2 mencapai 1,14. Penerapan lajur sepeda motor dilakukan dengan melakukan pelebaran jalan sebesar 1 meter pada penggal 1 dan 2 meter pada penggal 2. Selain itu pada waktu pagi dan sore hari diberlakukan sistem tidal flow. Berdasarkan hasil analisis dengan penerapan lajur sepeda motor tersebut kinerja jalan meningkat ditunjukkan dengan nilai derajat kejenuhan pada penggal 1 untuk lajur sepeda motor < 0,53 dan untuk lajur kendaraan lain < 0,63 sedangkan pada penggal 2 untuk lajur sepeda motor < 0,54 dan untuk lajur kendaraan lain < 0,72. Disimpulkan bahwa penerapan lajur sepeda motor menghasilkan kinerja jalan yang lebih baik dari kondisi eksisting dan dapat digunakan untuk penanganan jangka pendek. Untuk mengakomodasi angkutan umum, lajur sepeda motor tersebut dilengkapi bus bay. Kata Kunci : Lajur Khusus Sepeda Motor, Proporsi Sepeda Motor, Tidal Flow, Bus Bay.   ABSTRACT The high growth of motorcycle on Brigjend Sudiarto Street reaches 2,8% per year and also the proportion of motorcycles that reach more than 50% in the composition of traffic on that street. These conditions decrease the traffic performance, causing accidents and reducing velocity space. The accident rate on these sections is increasing from year to year. One of many strategies to improve traffic performance is by motorcycle lane application. The results of the Q/C analysis on the existing segment one reaches 0.87 and 1.14 for segment 2. Application of motorcycle lane done by widening the road by 1 meter at segment 1 and 2 meters for segment 2. Beside that, in the morning and evening are enforced tidal flow system. Based on the analysis of the motorcycle lane implementation, road performance is improved, shown by the degree of saturation of segment 1 for motorcycle lane is less than 0.53 and for other vehicle lane is less than 0.63, while for segment 2,  the Q/C value is less than 0.54 and for other vehicle lane is less than 0.72. It was concluded that the application of the motorcycle lane produce a better performance than the existing condition and can be used for short-term treatment. Motorcycle lane are equipped with bus bay to accommodate public transit. Keywords : Motorcycle Lane, The Proportion of Motorcycles, Tidal Flow, Bus Bay.
ANALISIS KINERJA RUAS-RUAS JALAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PEMBEBANAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN EMME 3.4.1 (STUDI KASUS : KABUPATEN SUKAMARA, KALIMANTAN TENGAH) Ahmad Haris Januar Syahidan; Reza Maulana; Bambang Riyanto; Kami Hari Basuki
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.843 KB)

Abstract

Kabupaten Sukamara is a currently growing Kabupaten, especially Kecamatan Balai Riam and Kecamatan Permata Kecubung, but the location is difficult to reach and can be said isolated. One of the aspect that can improve and develop Kabupaten Sukamara is transportation, because the transportation facilities and infrastructure that exist currently is very low in Kabupaten Sukamara, in this case, especially the road which connects the villages because the lack of road development as a rural access. The methodology used for analyze the performance of the road is by calculate the number of trip generation based on the population of study area based on method developed by the Ministry of Public Works for planning transportation of urban road which belong to the small town category. The next step is to analyze the amount of trip that generates Origin Destination Matrice (OD) by using Double Constrain Gravity method (DCGR), assign OD matrice to the road network by using EMME 3.4.1 and calculate the road capacity,then calculate and analyze volume capacity ratio (VCR) based on the assignment result and the road capacity calculation. By determining the 20 year plan, the prediction of trip generation of Kabupaten Sukamara is 235.023 people/day. Based on OD matrice, can be known that the closer the distance trip, the greater the trip that occur and vice versa. From the calculation, the capacity of the collector road is 1.197 smp/hour, local road is 856 smp/hour and small road is 838 smp/hour. From the assignment result, the largest trip volume is 314 smp/hour and the smallest is 1 smp/hour, so the largest VCR value is 0,279 which means VCR < 0,8 for every road that connects the villages. Therefore, the performance condition of the entire road that connects the villages can be concluded stable/safe.
PERENCANAAN BENDUNGAN SALAK KABUPATEN KULON PROGO, YOGYAKARTA Aprilia Cheni Hermawati; Arinda Puspitaningtyas; Suseno Darsono; Sugiyanto Sugiyanto
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 2, Nomor 1, Tahun 2013
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.978 KB)

Abstract

Increasement of water demand that caused from the population increasement and land use change over at Progo Basin, inversely with water supply to that area. So that, the solution to conquer the problem is to build a water reservoir. One of the alternative is Salak Dam which located at Kalibawang District, Kulon Progo Regency, Yogyakarta. Salak Dam is a vertical core earthfill dam, which built on Salak River with 9.4 km2 of catchment area. This dam aims to fulfill public water supply and watering three fields area and designed with 100 years of return period with inflow discharge valued 46.9 m3/second. Salak Dam designed 48.5 meters of height, with 18.5 million cubic meters of capacity. This dam equipped with 2.2 meters of diameter outlet pipe, Ogee type of spillway with 20 meters of width, and USBR III of stilling basin. Construction of Salak Dam costs around 450 billion Rupiahs and scheduled for 39 weeks.
PERENCANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG BETA COORPORATION SEMARANG Aldi Andrian Saputra; Dimas Kusuma Brata; Himawan Indarto; Rudi Yuniarto Adi
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.439 KB)

Abstract

Perencanaan Struktur Gedung BETA Coorporation ini dilakukan untuk mengetahui dimensi struktur utama apabila pembangunan gedung dilakukan dengan menggunakan metode konvensional. Gedung BETA Corp direncanakan dapat menjadi struktur tahan gempa. Pada perencanaan struktur tahan gempa diperlukan analisis beban gempa, pada gedung ini digunakan metode respon spektrum yang merupakan analisis dinamik. Berdasarkan Kriteria Desain Seismik (KDS) gedung ini menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK) karena mempunyai tipe B. Analisis struktur dalam redesain gedung ini berdasarkan pada Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung (SNI 1726:2012) dan Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung (SNI 2847:2013) dengan menggunakan program struktur untuk mengetahui periode getar struktur dan gaya-gaya dalam yang bekerja pada struktur tersebut. Material beton yang digunakan mempunyai mutu 25 MPa, sedangkan mutu baja tulangan digunakan 400 MPa untuk Tulangan utama dan 294 MPa untuk tulangan sengkang serta plat. Berdasarkan hasil penyelidikan tanah untuk Gedung BETA Corp ini  pondasi yang digunakan tiang pancang dengan dimensi 500 x 500  mm dan memiliki panjang 10 m dengan menggunakan perhitungan rumus meyerhoff.
PERENCANAAN GEDUNG BEDAH SENTRAL TERPADU (GBST) RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA Nisa Utami; Yayan Iswadena
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.728 KB)

Abstract

Integrated Surgical Operation Centre Building of Bethesda Hospital Yogyakarta designed by using Special Moment Resisting Frame System (SMRFS) while the structure was designed earlier in 2011, and re-designed with earthquake load analysis using equivalent static analysis methods. Seismic forces calculated based on area of the earthquake zone 4 as the region has a fairly large earthquake acceleration, so it must be designed earthquake-resistant structures. To realize earthquake resistant structures used Special Moment Resisting Frame System. Frame system is composed of a framework of beams and columns, where the columns are made stronger than the beam (strong column weak beam). To avoid failure of the structure at the beam-column joint, plastic form joint is planned to occur in the beams and columns only occur at the top of the column foundation. Calculation of seismic analysis refers to SNI latest earthquake in 2012. Structure analysis using program SAP2000 v14 to help modeling the structure and determine the forces acting on the structure. Materials used are concrete f'c 30 MPa, where as for steel reinforcement plates and cross bar 240 MPa fy and longitudinal bar fy 400 MPa.
EVALUASI JALAN LAYANG NON TOL PAKET CASABLANCA KUNINGAN-JAKARTA Alan Elang Filtrana; Ester Melina; Sri Tudjono; Ilham Nurhuda
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 2, Nomor 4, Tahun 2013
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.943 KB)

Abstract

Separated Highway Casablanca Package is located at Kuningan, Jakarta. This separated highways is designed using prestressed concrete box girder construction. The method of execution isused by balance cantilever with precast box girder. The tools is used in the work of box girder is launcher gantry. Total spans on the separated highways are 1175 m, which is divided into 24 spans. This separated highways has seven piers. Design of this package began of planning do the pre-dimension on top of the structure and dimensional on this separated highways have the same dimensions. The next stage is analyzing loads incurred. Load analysis is used, the weight of its own, additional dead load, traffic load, wind load, and earthquake load. From the results of this analysis is then performed structural analysis with the program SAP2000. From the analysis of the structure be able to calculated loss of prestressing force, needs of tendon, and reinforcement of box girder. After that, then do the below structural design by the initial step planning a dimension of the pier. In pier use reinforcement ratio is 1,33 times of minimum reinforcement required by analysis. The final stage in the planning of this package is foundation of pier calculations. Calculation bore pile using Broms method for calculating moments received by the bore pile. Results from these calculations obtained bore pile reinforcement ratio is 0,75%.
Standar Revitalisasi Pasa Tradisional Di Indonesia (Studi Kasus Pasar Tradisional Di Kota Semarang) Gita Anggraini; Dina Amalia; Ferry Hermawan; Ismiyati Ismiyati
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 6 ,Nomor 1, Tahun 2017
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.46 KB)

Abstract

Penurunan minat pengunjung terhadap pasar tradisional menjadi masalah yang harus dihadapi pasar tradisional saat ini. Bentuk upaya pemerintah untuk tetap mempertahankan eksistensi pasar tradisional yaitu dengan melakukan revitalisasi. Tujuan dari penelitian  ini yaitu untuk menganalisa perbandingan pasar tradisional zaman dahulu dan sekarang, dampak yang ditimbulkan oleh revitalisasi, standar penataan pasar tradisional, dan penerapan kebijakan di pasar tradisional. Obyek dari penelitian ini yaitu pasar Rasamala, Bulu, dan Peterongan Semarang dengan metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada dinas pasar, pedagang, pengunjung, dan lurah pasar Rasamala, Bulu, dan Peterongan. Adapun Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara pasar tradisional zaman dahulu dan sekarang mulai dari segi jenis dagangan, peran pasar, bentuk interaksi, dan sistem rotasi pasar. Dampak yang ditimbulkan oleh revitalisasi yaitu dari segi bangunan menjadi lebih bagus, lebih bersih, tidak becek lagi jika hujan, tetapi dari segi pendapatan, tidak semua pasar mengalami peningkatan setelah direvitalisasi. Untuk standar penataan pasar tradisional yang direvitalisasi dari SNI Pasar Rakyat, masih ada beberapa hal yang harus diperbarui dan ditambahkan, karena masih belum sesuai jika diimplementasikan di lapangan dan masih ada beberapa standar yang belum disebutkan di dalam SNI tersebut, yaitu tentang standar lebar lorong di dalam pasar tradisional, tipikal dan jumlah lantai bangunan, penataan dan pengelolaan fasilitas, peningkatan aksesibilitas, penataan pedagang lesehan, dan sistem penarikan retribusi. Untuk itu pada penelitian ini diberikan rekomendasi teknis dan manajemen untuk standar dalam penataan dan pengelolaan pasar tradisional yang direvitalisasi.
STUDI EKSPERIMENTAL BALOK BETON BERTULANG BERSENGKANG TERTUTUP TEGAK DENGAN PENYAMBUNG KAIT DAN LAS Alivia Andica Puteri; Nor Hidayati; Sri Tudjono; Ilham Nurhuda
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.969 KB)

Abstract

The development of green construction with the goal of developing the world of constructions are growing. Production process of making steel reinforcement gives negative impact to the environment, such as air pollution, hazardous chemicals and energy waste. This study examines the effectiveness of using reinforcement stirrups in term of their strength and cost. Vertical stirrups have various connection types, such as hooked stirrups and welding connected stirrups. In this study, 6 beam specimens with 3 stirrups variations were prepared, they are 2 beams with hooked stirrups of 135⁰, 2 beams with stirrups welded at the corner and 2 beams with stirrups welded at the center. Eksperimental results of deep beams without compression reinforcements  show that the maximum load that can be resisted by both the beams with hooked stirrups and corner welded stirrups are comparable. With regard to the cost, replacement of hooked stirrups with corner welded stirrups can save 5-10% of the total steel used for stirrups.
ANALISIS GEOTEKNIK PADA TAXIWAY DI PROYEK PENGEMBANGAN BANDARA AHMAD YANI SEMARANG Puspania Okpatiasari; Lydia Tiara; Sri Prabandiyani; Siti Hardiyati
Jurnal Karya Teknik Sipil Volume 7, Nomor 1, Tahun 2018
Publisher : Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1176.674 KB)

Abstract

Pertumbuhan suatu daerah menyebabkan peningkatan pula suatu kebutuhan tranportasi diiringi dengan fasilitas yang ada, tak terkecuali transportasi udara. Maka dari itu, pemerintah provinsi Jawa Tengah bersama PT Angkasa Pura I memulai proyek pengembangan Bandara Ahmad Yani untuk memenuhi standar internasional dalam pelayanan dan keselamatan penerbangan. Lokasi proyek pengembangan teletak di daerah bekas tambak, dimana elevasi dibawah permukaan air laut dan memiliki muka air tanah yang tinggi. Hal ini berarti proyek dibangun di atas tanah lunak yang memerlukan perbaikan untuk meningkatkan daya dukung tanah terhadap beban rencana.Sebelum dilakukan perbaikan, dilakukan analisis terlebih dahulu terhadap tanah existing sehingga dapat menentukan perbaikan apa yang tepat dan sesuai. Analisis dilakukan dengan data-data hasil investigasi tanah, gambar rencana yang ada dan persamaan-persamaan yang sesuai dengan literatur. Hasil analisis menunjukkan bahwa tanah tidak aman (SF<1,3) untuk menahan beban rencana dan membutuhkan waktu 451 tahun untuk menyelesaikan penurunan primer sebesar 2,58 m, hingga kondisi stabil serta total seluruh penurunan yang terjadi sebesar 3,007 m. Dilihat dari hasil analisis tanah existing, maka diperlukan perbaikan tanah yang sesuai yaitu dengan PVD (Prefabricated Vertical Drain), untuk mempercepat waktu penurunan sehingga waktu penurunan yang dibutuhkan hanya 487 hari dan preloading untuk meningkatkan daya dukung tanah (SF>1,3).  

Page 1 of 60 | Total Record : 592