cover
Contact Name
Sari Listyorini
Contact Email
sariadbis96@gmail.com
Phone
+6283848898843
Journal Mail Official
jiabundip@gmail.com
Editorial Address
Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. H. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : 27461297     DOI : 10.14710/jiab
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis diterbitkan oleh Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.
Arjuna Subject : -
Articles 29 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 4 (2020)" : 29 Documents clear
Pengaruh Brand Association Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mustika Ratu (Studi Pada Pengunjung Toko Kosmetik J-C Store Dan Toko Kosmetik Brilliant Kota Semarang) Yuningsih, Resi; Suryoko, Sri
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1977.729 KB)

Abstract

Abstract: Mustika Ratu experienced fluctuations that tended to decline in 2016 and in 2018 decreased by 14.7%. Likewise, the position of Mustika Ratu is vulnerable to being shifted, this can be seen in Mustika Ratu's type of foundation which only survives on the Top Brand Index in 2016. This study aims to determine the effect of brand association, and perceived quality on the purchase decision of Mustika Ratu products for visitors to the J-C Store cosmetics store and the Brilliant cosmetics shop in Semarang. This type of research is explanatory with an unknown population and a sample of 97 respondents. The sampling technique used was purposive sampling. The analysis technique used is the correlation test, determination test, simple linear regression test, multiple linear regression test, t test and F test with the help of the IBM SPSS program version 26.0. Based on the results of the analysis, it can be concluded that there is a positive and significant influence on the brand association and perceived quality variables on purchasing decisions partially or simultaneously. Mustika Ratu should display testimonials from the use of products to consumers, add more specific instructions for product use, follow existing beauty product trends and provide fast information to consumers regarding their products through various kinds of advertisements and discounts.Keywords: Brand Association; Perceived Quality; Purchasing Decisions Abstrak: Tinggi rendahnya keputusan pembelian mengindikasikan keberhasilan suatu perusahaan dalam memasarkan produknya. Mustika Ratu mengalami fluktuasi yang cenderung menurun di tahun 2016 dan tahun 2018 menurun sebesar 14,7%. Begitu pula posisi Mustika Ratu rentan tergeser, hal ini terlihat pada produk Mustika Ratu jenis foundation yang hanya bertahan pada Top Brand Index pada tahun 2016 saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegaruh brand association, dan perceived quality terhadap keputusan pembelian produk Mustika Ratu pada pengunjung toko kosmetik J-C Store dan toko kosmetik Brilliant Kota Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan populasi yang tidak diketahui jumlahnya dan sampel responden sebanyak 97 orang. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling dan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi, uji determinasi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji t dan uji F dengan bantuan program IBM SPSS versi 26.0. Berdasakan hasil analisis, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel brand association dan perceived quality terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Mustika Ratu hendaknya menampilkan testimoni-testimoni hasil pemakaian produk kepada konsumen, menambah instruksi yang lebih spesifik atas pemakaian produk, mengikuti tren produk kecantikan yang ada dan memberikan informasi yang cepat kepada konsumen terkait produknya melalui berbagai macam iklan dan diskonKata Kunci: Brand Association, Perceived Quality, Keputusan Pembelian
Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Holland Bakery Pandanaran Semarang Shabrina, Sekar Ayu; Budiatmo, Agung
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1762.593 KB)

Abstract

Abstract: There are many factors in increasing consumer repurchase interest, such as product quality factors and the price offered by the company.The type of this research is explanatory research. And the sampling using nonprobability samples technique, by accidental sampling with purposive samples methods. Data collection techniques using questionnaires, interviews with 100 respondents who have purchased products at Holland Bakery Pandanaran Semarang. The research make use of qualitative and quantitative analysis by means of validity, reliability, correlation coefficient, determination coefficient, regression analysis, t test with SPSS 22.0 version application and sobel analysis to determine the effect of intervening variables.The result of this study shows that product quality has significant cum significant effect in purchasing decision, the price has an effect with are significant in purchasing decision, there is an influence on product quality on repurchase interest through purchasing decisions, there is an influence on price on repurchase interest through purchasing decision. Based on the sobel test results, there is an influence of product quality on repurchase interest through purchasing decisions and price on repurchase interest through purchasing decisions. According to the results of the mediation test, this purchase decision is a partial intervening variable in mediating the influence of product quality on repurchase intention and purchase decision is partial intervening variables in mediating the influence of price on repurchase intention.   Keywords: Product Quality; Price; Purchase Decision and Repurchase Intention  Abstrak: Salah satu langkah untuk menaikkan penjualan yaitu dengan menaikkan minat beli ulang konsumen. Terdapat banyak faktor untuk faktor kualitas produk maupun harga untuk ditawarkan oleh perusahaan dalam meninggikan minat beli ulang konsumen. Tipe penelitian yang digunakkan dalah explanatory research. Sampel diambil menggunakan teknik nonprobability sampling, menggunakan metode accidental dengan purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dan kuesioner pada 100 responden yang pernah melakukan pembelian produk pada Holland Bakery Pandanaran Semarang. Analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji reliabilitas, validitas, koefisien determinasi, koefisien korelasi, uji t, analisis regresi dengan aplikasi SPSS 22.0 dan analisis sobel untuk mengetahui pengaruh dari variabel intervening digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikan pada keputusan pembelian, harga berpengaruh secara signifikan pada keputusan pembelian, adanya pengaruh kualitas produk pada minat beli ulang melewati keputusan pembelian, adanya pengaruh harga pada minat beli ulang melalui keputusan pembelian. Berlandaskan dari hasil uji sobel, terdapat pengaruh kualitas produk pada minat beli ulang melewati keputusan pembelian dan harga pada minat beli ulang melalui keputusan pembelian. Berlandaskan hasil uji mediasi, keputusan pembelian merupakan intervening parsial dalam memediasi pengaruh kualitas produk pada minat beli ulang dan keputusan pembelian merupakan intervening parsial dalam memediasi pengaruh harga pada minat beli ulang. Kata Kunci: Kualitas Produk; Harga; Minat Beli Ulang dan Keputusan Pembelian
Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Avanza PT. Nasmoco Gombel Semarang Prasetiyo, Dedy; Widiartanto, Widiartanto
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2057.62 KB)

Abstract

Abstract: Toyota became the best-selling car brand in 2018 but sales of the Toyota Avanza have decreased in the last three to four years. This study aims to determine the effect of product quality and price on the decision to purchase a Toyota Avanza PT. Nasmoco Gombel Semarang (Study on Consumers of PT. Nasmoco Gombel Semarang). The type of research used by researchers is explanatory research. The sampling technique used in this study is the nonprobability sampling technique. The sample taken is 100 respondents, who are consumers of the Toyota Avanza brand at PT. Nasmoco gombel in 2016 to 2019. This study aims to determine the effect of product quality and price on purchasing decisions with the help of the IBM SPSS system version 23.0. Data-analysis methods used are validity, reliability, correlation, coefficient of determination, regression. simple, multiple regression, t test and F test. The results showed that the variable product quality had a significant effect on purchasing decisions for a Toyota Avanza by 19.8%. The price variable has a significant influence on the decision to purchase a Toyota Avanza by 10.4%. Price and product quality variables have a joint influence on purchasing decisions by 23.6%. So companies are advised to innovate product quality according to market desires and for PT. Nasmoco Gombel pays attention to the price offered to consumers. Keywords: Price; Product Quality and Purchase Decision Abstrak: Toyota menjadi merk mobil terlaris pada tahun 2018 namun penjualan Toyota Avanza mengalami penurunan dalam tiga sampai empat tahun terakhir.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mobil merek Toyota Avanza PT. Nasmoco Gombel Semarang (Studi pada Konsumen PT. Nasmoco Gombel Semarang). Tipe penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan teknik nonprobability sampling. Adapun sampel yang diambil sebanyak 100 responden, yang merupakan konsumen merek Toyota Avanza di PT. Nasmoco gombel pada tahun 2016 sampai 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dengan bantuan sistem IBM SPSS versi 23.0.Metode-analisis-data yang digunakan-yaitu uji validitas, realibilitas,-korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza sebesar 19,8%. Variabel harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza sebesar 10,4%. Variabel harga dan kualitas produk  memiliki pengaruh secara-bersama-sama terhadap keputusan-pembelian sebesar 23,6%.Maka perusahaan disarankan untuk melakukan inovasi kualitas produk yang  disesuaikan dengan keinginan pasar serta untuk PT. Nasmoco Gombel memperhatikan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Sienta di PT. Nasmoco Gombel Semarang Widyasmoro, Putri Arista; Suryoko, Sri
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2152.439 KB)

Abstract

Abstract: Specifically this study discusses the sale of Toyota Sienta brand cars at PT. Nasmoco Gombel Semarang in 2016 - 2019 continues to decline. Research to determine the effect of price (X1), product quality (X2), and promotion (X3) on purchasing decisions (Y) of Toyota Sienta cars at PT. Nasmoco Gombel Semarang. This type of research is explanatory research. The sample in this study were buyers and users of Toyota Sienta cars at PT. Nasmoco Gombel Semarang with a total sample of 51 respondents. The sampling technique uses simple random sampling. The researcher sent a link containing the questionnaire through the whatsapp application and data relating to PT. Nasmoco Gombel Semarang was obtained from management via e-mail. Data analysis methods used were validity, reliability, correlation, determination coefficient, simple regression, multiple regression, t test and F test using SPSS version 23. The results showed that the price variable has a significant influence on the purchase decision of Toyota Sienta cars. The product quality variable has a significant influence on the purchase decision of Toyota Sienta, and the promotion variable also has a significant influence on the purchase decision of Toyota Sienta. Variable price, product quality and promotion have a joint influence on purchasing decisions.  Keywords: Price; Product Quality; Promotion; Purchase Decision Abstrak: Secara khusus penelitian ini membahas mengenai Penjualan mobil merek Toyota Sienta di PT. Nasmoco Gombel Semarang tahun 2016 – 2019 terus mengalami penurunan. Penelitian untuk mengetahui pengaruh harga (X1), kualitas produk (X2),  dan promosi (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) mobil Toyota Sienta di PT. Nasmoco Gombel Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini yaitu pembeli sekaligus pengguna mobil Toyota Sienta di PT. Nasmoco Gombel Semarang dengan jumlah sampel 51 responden.. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Peneliti mengirimkan link yang berisi kuesioner melalui aplikasi whatsapp dan data yang berkaitan dengan PT. Nasmoco Gombel Semarang diperoleh dari pihak manajemen melalui e-mail.Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, realibilitas, korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, uji t dan uji F dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Sienta. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Sienta dan variabel promosi juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota. Variabel harga, kualitas produk dan promosi memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan. Kata kunci: Harga; Kualitas Produk; Promosi; Keputusan Pembelian
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Maskapai Lion Air (Studi Pada Penumpang Rute Semarang - Jakarta) Crismonita, Raisa; Prihatini, Apriatni Endang
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2465.223 KB)

Abstract

 Abstract: The existance of low-cost airlines or Low Cost Carrier (LCC) is much in demand by the public, one of  airlines as a pioneer of the LCC flights is Lion Air Airlines. However, the results of the Top Brand Index (TBI) in the Airlines category showed that the percentage of TBI had decreased. The results of On Time Performance (OTP), which serves as a benchmark for flight timeliness, show that the percentage is decreasing. This research purpose to determine the influence of service quality and brand image on the decision to use the Lion Air airline. This research using nonprobability sampling and the type of research is explanatory research. The sample used was 100 respondent with quetionaire.This study uses quantitative and qualitative analysis with validity, reliability, normality, correlation coefficient, determination coefficient, simple and multiple regression, significance of t test and F test. The results of this study indicate that correlation coefficient of service quality variables and brand image on using decisions has a strong relationship. However, the two independent variables cannot be said excellent because there are negative perceptions from respondents. Therefore, the Lion Air airline must improve the quality of service with internal company repairs. Then to improve brand image, companies must increase responsibility and communication to strengthen the brand of Lion Air. Keywords: Service Quality; Brand Image; Using Decisions. Abstrak: Hadirnya penerbangan dengan biaya yang terjangkau atau Low Cost Carrier (LCC) banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, maskapai yang menjadi pelopor penerbangan LCC yaitu maskapai Lion Air. Namun, hasil Top Brand Index (TBI) kategori Airlines menunjukkan bahwa persentase TBI mengalami penurunan. Hasil On Time Performance (OTP) yang menjadi tolak ukur ketepatan waktu penerbangan menunjukkan bahwa persentase OTP  semakin menurun. Tujuan dari riset ini adalah untuk melihat hasil dari pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap keputusan penggunaan maskapai Lion Air. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan tipe penenlitian ini termasuk dalam explanatory research.. Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 100 orang dengan kuesioner. Riset ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan uji validitas, reabilitas, uji normalitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana dan berganda, signifikasi uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi variabel kualitas pelayanan dan citra merek terhadap keputusan penggunaan memiliki hubungan yang kuat. Namun, kedua variabel independen tersebut belum dapat dikatakan sangat baik karena terdapat persepsi negatif dari responden. Maskapai Lion Air harus meningkatkan kualitas pelayanan dengan perbaikan internal perusahaan. Kemudian untuk meningkatkan citra merek,  perusahaan harus  meningkatkan tanggung jawab atas permasalahan yang terjadi dan komunikasi untuk memperkuat brand lion air . Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Citra Merek; Keputusan Penggunaan
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Du Cafe Semarang) Alfatiha, Raja Ainaya; Budiatmo, Agung
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1878.322 KB)

Abstract

Abstract: This research is motivated by a decrease in the amount of income of Du Cafe Semarang every year. The purpose of this study was to determine the effect of price and service quality on purchasing decisions through purchase intention as an intervening variable at Du Cafe Semarang. The population is all Du Cafe consumers who live in Semarang, while the sample of this study is 100 consumers of Du Cafe Semarang using accidental sampling techniques and purposive sampling.This type of research is explanatory research. The data analysis method used is significance test (t test) and two-stage analysis test using SPSS 22.0  The results showed that price had a positive effect on purchase intention, service quality had a positive effect on purchase intention, purchase intention had a positive effect on purchasing decisions. In the intervening variable, it is known that there is a positive influence on the price variable on purchasing decisions through purchase intention and there is a positive influence of service quality variables on purchasing decisions through purchase intention. Based on these results, it is recommended that Du Cafe Semarang conduct research & development so that the quality of the product taste is in accordance, besides adjusting the price with competitors and giving discounts to loyal customers. Conducting briefings and making SOPs and increase quality control on product taste. In addition, improving service quality and product quality so that the price paid by consumers is in accordance with the benefits obtained.Keywords: Price; Service Quality; Purchase Decision; Interest Buying  Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan jumlah pendapatan Du Cafe Semarang setiap tahunnya. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening pada Du Cafe Semarang. Populasinya adalah seluruh konsumen Du Cafe yang berdomisili di Semarang, sedangkan sampel penelitian ini adalah 100 konsumen Du Cafe Semarang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental dan purposive sampling. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Metode analisis data yang digunakan adalah uji signifikansi (uji t) serta uji analisis dua tahap dengan menggunakan software SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap minat beli, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat beli, minat beli berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pada variabel intervening diketahui bahwa terdapat pengaruh positif variabel harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli dan terdapat pengaruh positif variabel kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Du Cafe Semarang melakukan research & development, menyesuaikan harga dengan kompetitor serta memberikan discount kepada pelanggan yang loyal. Melakukan briefing dan pembuatan SOP, serta meningkatkan quality control pada cita rasa produk. Meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas produk agar harga yang dibayarkan oleh konsumen sesuai dengan manfaat yang didapatkan. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Pengaruh Ketidakpuasan dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek (Studi pada Pelanggan IM3 Ooredoo di FISIP Undip) Wulandari, Hartika Intan; Widiartanto, Widiartanto
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1796.338 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to decide the effect of dissatisfaction and variety seeking on brand switching of IM3 Ooredoo’s customers. The population used is all IM3 Ooredoo customers at the Faculty of Social and Political Sciences Diponegoro University, while the sample is 100 IM3 Ooredoo customers who switch brands to other brands using non probability sampling techniques. The result of the study show that dissatisfaction and variety seeking affect brand switching both partially and simultaneously, and have a posstive effect on brand switching, where dissatisfaction has a greater influence on brand switching compared to the need to find variation. The correlation coefficient of dissatisfaction variables and variety seeking on brand switching have a significant relationship. Some recommendations added based on those result. It is recommended that IM3 Ooredoo should improve the quality of the products offered, the quality of service in receiving customer complaints so that if there are complaints form customer it resolved quickly, besides that it is necessary to focus on ild and new customer satisfaction which expected to keep up with old and attractive customers and interest form new user. Keywords: Dissatisfaction; Variety Seeking; Brand Switching. Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara ketidakpuasan dan kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek. Populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan IM3 Ooredoo di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Diponegoro, sedangkan sampelnya adalah 100 pelanggan IM3 Ooredoo yang berpindah merek ke merek lain dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketidakpuasan dan kebutuhan mencari variasi berpengaruh positif terhadap perpindahan merek baik secara parsial maupun simultan, dimana ketidakpuasan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perpindahan merek dibandingkan dengan kebutuhan mencari variasi. Koefisien korelasi variabel ketidakpuasan dan kebutuhan mencari variasi terhadap perpindahan merek memiliki hubungan signifikan. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan supaya IM3 Ooredoo meningkat kualitas dari produk yang ditawarkan, kualitas pelayanan dalam menerima pengaduan pelanggan sehingga jika terdapat keluhan dari pelanggan akan teratasi dengan cepat, selain itu perlu memfokuskan terhadap kepuasan pelanggan lama maupun baru yang diharapkan bisa mempertahakan pelanggan lama dan menarik minat dari pengguna baru. Kata Kunci: Ketidakpuasan; Kebutuhan Mencari Variasi; Perpindahan Merek.
Pengaruh Perceived Quality Dan Perceived Value Terhadap Revisit Intention Melalui Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Destinasi Wisata Museum Kretek Kudus) Masithoh, Dewi; Widiartanto, Widiartanto
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1947.237 KB)

Abstract

Abstract: The research.aims that to discover the influence between perceivd quality and perceived value against the revisit intention through satisfaction. The population is all visitors in the Kretek Kudus Museum, and the sampling collection technique uses the purposive .and accidental sampling. The type of ostudy is explanatory research. The data analysis in this research use software SPSS 20.0 for Windows, which is conducted validity, reliability, coefficient correlation, coefficient determination, simple and multiple regression tests, significance ( T-test and F-test) and then Sobel test. The Sobel test result stated that the satisfaction fully mediates between perceivd quality and perceivd value against revisit intention. Based on the coefficient-correlation test's analysis result, the variable of perceived quality and perceived value against the satisfaction has a strong relationship. Based on the result, the writer suggests for Kretek Kudus Museum to improve staff performance and facilities' quality to get good visitor perception related to perceived quality. Besides that, it necessary to focus on visitor satisfaction by giving high service to get visitor satisfaction and interest in visiting Kretek Kudus Museum Keywords: Perceived Quality; Perceived.Value; Satisfaction;, Revisit Intention Abstrak: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh antara perceived quality dan perceived valu terhadap revisit intention melalui satisfaction. Populasinya adalah seluruh pengunjung Museum Kretek Kudus, sedangkan sampelnya adalah 100 orang pengunjung Museum Kretek Kudus dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive dan accidental sampling. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Pengolahan data pada penilitian ini menggunakan software SPSS 20.0 for Windows, dimana dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi sederhana dan berganda, uji signifikansi (uji t dan uji F), kemudian uji sobel. Hasil uji Sobel menunjukkan bahwa satisfaction  mampu memediasi penuh antara perceived quality dan perceived value terhadap revisit intention. Berdasarkan hasil analisis uji Koefisien korelasi variabel perceived quality dan perceived value terhadap satisfaction memilki hubungan yang kuat. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan agar Museum Kretek Kudus dapat meningkatkan kemampuan dalam meningkatkan kinerja staffnya, meningkatkan kualitas fasilitas yang ada sehingga persepsi pengunjung mengenai perceived quality baik, selain itu perlu memfokuskan pada kepuasan pengunjung dengan memberikan pelayanan yang tinggi sehingga akan menimbulkan satisfaction pada pengunjung dan berminat untuk mengunjungi Mueum Kretek Kudus. Kata kunci: Perceived Quality, Perceived Value, Satisfaction, Revisit Intention
Analisis Penyerapan Pengetahuan dan Kemampuan Inovasi (Studi Pada Taksi KOSTI Semarang) Yuliani, Adellia Pramesti; Pradhanawati, Ari
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2451.603 KB)

Abstract

Abstract: The competition in transport tightly and complex have been concerned since the expansion of information technology and therefore this competition company or organization conventional transportation with transport online based. The investigation is to analyze absorption of knowledge and capability innovation on kosti semarang taxi. The subject of study are employees and the taxi kosti semarang. The methodology through interviews and observation with type descriptive used a qualitative approach. The result showed that the taxi kosti deteriorating not because to follow of technological development since restricted the ability of human resources owned by taxi kosti semarang. Knowledge possessed by employees and the driver who limited because education levels. So that we can conclude that the knowledge and capability innovation mutual significant in the company. The suggestion that can be given for a taxi kosti semarang is to make the support system decision / decision support a system based on a computer, make a system of measuring key performance index, increased use of intranets for databases organization, collaborated with the experts maker online application, and improving the use of information technology to manage a database organization.Keywords: ability innovation; knowledge absorption; knowledge management; technology Abstrak: Kondisi persaingan di bidang transportasi cukup ketat dan komplek mulai muncul sejak perluasan teknologi informasi sehingga adanya persaingan perusahaan atau organisasi transportasi konvensional dengan transportasi berbasis online. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis penyerapan pengetahuan dan kemampuan inovasi pada Taksi KOSTI Semarang. Subjek penelitian adalah karyawan dan pengurus Taksi KOSTI Semarang. Metode penelitian melalui wawancara dan observasi dengan tipe deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi Taksi KOSTI yang memburuk bukan karena tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi karena terbatas kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Taksi KOSTI Semarang. Pengetahuan yang dimiliki oleh karyawan dan supir yang terbatas karena tingkat pendidikan yang rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyerapan pengetahuan dan kemampuan inovasi saling berpengaruh signifikan dalam kinerja perusahaan. Adapun saran yang dapat diberikan untuk Taksi KOSTI Semarang adalah membuat sistem pendukung keputusan/Decision support sistem berbasis komputer, membuat sistem pengukuran Key Performance Index, peningkatan penggunaan intranet untuk database organisasi, berkolaborasi dengan pihak expert pembuat aplikasi online, dan peningkatan penggunaan teknologi informasi untuk pengelolaan database organisasi.Kata Kunci : kemampuan inovasi, penyerapan pengatahuan, manajemen pengetahuan, teknologi
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Waroeng Spesial Sambal cabang Banyumanik) Apriliana, Vika; Hidayat, Wahyu
Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9, No 4 (2020)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2561.996 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to know the impact of quality product and quality services on consumer loyalty as the intervening variable of Waroeng Special Sambal Bayumanik. The type of study is explanatory research, the population that used were all consumers of Waroeng Special Sambal Banyumanik and took 100 as sample with accidental sampling method and purposive sampling method. This study use quantitative analysis with validity test, reliability test, simple and multiple regression analysis, significant test (t-test and F test), path analysis with SPSS software version 25, and Sobel test. The result of this study shows that quality products, quality services, and consumer satisfaction have an impact on consumer loyalty and customer satisfaction is the main clout. Indirect value has a low impact compare with direct value. This result shows consumer satisfaction has a significant impact on consumer loyalty. Based on the result, the writer recommends to improve the services such as providing adequate parking lot, speed of service the menu, and providing a comfortable chair and table  Keyword: Customer Loyalty: Customer Satisfaction;  Intervening Variable; Product Quality; Services Quality Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel interevning pada Waroeng Spesial Sambal cabang Banyumanik. Tipe penelitian ini adalah explanatory research, populasi dalam penelitian yaitu seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Waroeng Spesial Sambal cabang Banyumanik dan mengambil sampel sebanyak 100 orang dengan teknik accidental sampling dan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan aplikasi Software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas konsumen dan variabel yang memiliki pengaruh terbesar yaitu kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen.Nilai”pengaruh”yang“secara”tidak”langsung”lebih”besar”daripada”pengaruh”secara ”langsung”menunjukkan”bahwa”secara”tidak”langsungkualitas”produk”dan.kualitas.pelayan melalui kepuasan konsumen mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen.Berdasarkan hasil.penelitian.penulis”menyarankan untuk meningkatkan pelayanan seperti menyediakan lahan parkir yang memadai, kecepatan dalam penyajian menu, dan penyediaan meja kursi yang nyaman. Kata kunci: Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen; Loyalitas Konsumen

Page 1 of 3 | Total Record : 29


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023) Vol 11, No 4 (2022) Vol 11, No 3 (2022) Vol 11, No 2 (2022) Vol 11, No 1 (2022) Vol 10, No 4 (2021) Vol 10, No 3 (2021) Vol 10, No 1 (2021) Vol 9, No 4 (2020) Vol 9, No 3 (2020) Vol 9, No 2 (2020) Vol 9, No 1 (2020) Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 8, No 4 (2019) Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 8, No 3 (2019) Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 8, No 2 (2019) Vol 8, No 1 (2019) Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 7, No 4 (2018) Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 7, No 3 (2018) Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 7, No 2 (2018) Vol 7, No 1 (2018) Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 6, No 4 (2017) Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017 Volume 6, Nomor 3, Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017) Volume 6, Nomor 2, Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017) Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017) Vol 5, No 4 (2016) Volume 5, Nomor 4, Tahun 2016 Vol 5, No 3 (2016) Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016 Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016 Vol 5, No 2 (2016) Volume 5, Nomor 1, Tahun 2016 Vol 5, No 1 (2016) Vol 4, No 4 (2015) Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015 Volume 4, Nomor 3, Tahun 2015 Vol 4, No 3 (2015) Volume 4, Nomor 2, Tahun 2015 Vol 4, No 2 (2015) Volume 4, Nomor 1, Tahun 2015 Vol 4, No 1 (2015) Vol 3, No 4 (2014) Volume 3, Nomor 4, Tahun 2014 Vol 3, No 3 (2014) Volume 3, Nomor 3, Tahun 2014 Vol 3, No 2 (2014) Volume 3, Nomor 2, Tahun 2014 Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014 Vol 3, No 1 (2014) Volume 2, Nomor 4, Tahun 2013 Vol 2, No 4 (2013) Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013 Vol 2, No 3 (2013) Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013 Vol 2, No 2 (2013) Volume 2, Nomor 1, Tahun 2013 Vol 1, No 1 (2013) Vol 1, No 2 (2012) Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012 More Issue