cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 68 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2019)" : 68 Documents clear
THE DEVELOPMENT OF OBSERVATION STUDENT WORKSHEET IN ENGLISH VERSION OF INVERTEBRATES FOR GRADE X BASED ON SCIENTIFIC APPROACH Kusumawardhani, Ayu; Raharjo, Raharjo
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Animalia Kingdom is one of biology topics in grade X  that use observation activity in its learning. Teaching materials that contain student activities by making observations are needed to create active and effective learning. This research aimed to produce Observation Student Worksheet in English Version Invertebrates Materials for Grade X Based on Scientific Approach as well as describe its validity, practicality, and effectivity. The development of student worksheet was conducted at Biology Department, The Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Surabaya used 4D Model (Define, Design, Develop, Disseminate) and for the Disseminate stage not done. The trial was implemented in SMA Negeri 1 Bojonegoro using one group pretest and postest design.  The data of student worksheet validity, practicality, and effectivity was analyzed descriptive qualitatively. Based on validation result, student worksheet was valid (score 3.79). Based on learning effectiveness, student worksheet was practical (score 94.07%), students also give positive response to the worksheet (90.67%). The student worksheet was effective, based on the study result (80% of students can master the lesson). Based on the data obtained and analyzed, student worksheet was feasible to use in terms of validity, practicality, and effectiveness.   Key word: observation, student worksheet, scientific approach, invertebrates.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAMUR DENGAN APLIKASI PREZI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PENDEKATAN SAINTIFIK SISWA KELAS X Hakim, Muhammad; Faizah, Ulfi
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang didesain agar peserta didik dapat menfokuskan dirinya untuk mencapai kompetensi tertentu. Kompetensi ini menuntut siswa untuk aktif mencari tahu, berpartisipasi secara aktif dan kolaboratif, sehingga diperlukan pendekatan khusus yakni pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dilatihkan lewat pembelajaran dengan menggunakan media. Media pembelajaran dapat membantu penyampaian materi yang abstrak menjadi lebih konkrit, maupun materi yang kompleks menjadi lebih sederhana, salah satu contoh materi yang kompleks adalah materi jamur, materi tersebut dapat disajikan dengan menggunakan aplikasi prezi.  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dengan aplikasi Prezi yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan pada materi jamur. Pengembangan media pembelajaran tersebut menggunakan metode ASSURE. Kegiatan ini diujicobakan secara terbatas kepada 20 siswa kelas X IPA 4 di SMA Negeri 1 Sidayu, Gresik. Hasil penelitian dari pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi prezi pada materi jamur dinyatakan valid oleh ahli media, ahli materi, dan guru biologi dilihat dari format media, format isi, dan komponen keterampilan pendekatan saintifik dengan perolehan nilai sebesar 3,98 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan dilihat dari hasil aktivitas peserta didik yang memperoleh persentase  sebesar 98% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa memperoleh rata – rata sebesar 0,73 dengan kategori tinggi berdasarkan hasil perhitungan gain score, dan respon peserta didik dilihat dari perolehan persentase  respon positif siswa sebesar 96% dengan kategori sangat efektif. Kata Kunci : media pembelajaran, Prezi, keterampilan pendekatan saintifik, materi Jamur.
PENGEMBANGAN KARTU SOLIVER (SOLITAIRE-VERTEBRATA) MATERI VERTEBRATA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA KELAS X SMA Savitri, Wahyu; Faizah, Ulfi
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan kartu SOLIVER untuk melatihkan keterampilan proses sains dasar materi Vertebrata siswa kelas X SMA yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Manfaat penelitian untuk siswa dapat mempermudah dalam memahami dan mempelajari konsep vertebrata, bagi guru dalam menggunakan media kartu yang memudahkan proses pembelajaran di kelas, bagi peneliti pengembangan kartu ini digunakan sebagai penambahan dalam pengalaman membuat media pembelajaran pada materi vertebrata untuk melatihkan keterampilan proses sains dasar pada materi vertebrata kelas X SMA, dan bagi pembaca untuk pengembangan kartu SOLIVER ini digunakan sebagai acuan untuk melakukan penelitian selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D. Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan dalam tiga tahap yakni tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Data skor hasil validasi dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif pada setiap aspeknya. Data yang diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas siswa dari terhadap kartu permainan SOLIVER dengan melatihkan keterampilan proses sains. Data hasil respons siswa diperoleh dari analisis dengan mengacu pada skala Guttman. Kegiatan pengembangan kartu dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA Unesa dan dilakukan uji coba terbatas pada 20 siswa kelas X MIA 2 SMAN 14 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu SOLIVER memperoleh persentase validasi 100% dengan kategori sangat valid. Keterlaksanaan dengan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat praktis dan angket respons memperoleh persentase sebesar 94,26%. Keefektifan dengan hasil observasi Keterampilan Proses Sains Dasar memperoleh presentase sebesar 96,01%, sehingga media tersebut valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains Dasar, SOLIVER, Vertebrata, Pengembangan
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI EKOLOGI KELAS X SMA Wulandari, Iq; Susantini, Endang; Fitrihidajati, Herlina
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum 2013 yang berlaku di Indonesia menggunakan pendekatan scientific approach. Lembar kegiatan siswa merupakan salah satu perangkat yang penting dalam pembelajaran. Dari hasil wawancara terhadap 14 siswa SMA kelas X , lembar kegiatan siswa belum terintegrasi scientific approach, khususnya pada materi ekologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Scientific Approach materi ekologi kelas X SMA yang layak secara teoritis berdasarkan hasil validasi para ahli. Model penelitian yang digunakan adalah 3D yakni design, define, dan develop. Lembar penilaian kelayakan LKS mengacu pada skala Likert. LKS yang yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh dosen ahli materi dan ahli pendidikan menggunakan instrumen lembar validasi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata validitas LKS sebesar 91,03% dengan rincian aspek penyajian sebesar 89,06%, aspek isi sebesar 88,75%, dan aspek kebahasaan sebesar 95,20%. Hal ini mengindikasikan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk dalam kriteria interpretasi sangat valid. Kata kunci: lembar kegiatan siswa, scientific approach, materi ekologi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) BERBASIS MACROMEDIA FLASH MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH As'ari, Sandra; Isnawati, Isnawati; Raharjo, Raharjo
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pertahanan tubuh merupakan materi yang bersifat abstrak serta memiliki banyak konsep dan istilah.Untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep dan istilah secara sederhana dan menyenangkan dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan permainan teka-teki silang (TTS) berbasis macromedia flash. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran teka-teki silang berbasis flash materi sistem pertahanan tubuh yang layak. Model pengembangan yang digunakan adalah ASSURE yang terdiri dari enam tahap pengembangan yaitu Analyze learner, State objective, Select methods, media, and materials, Utilize media and materials, Require learner participation dan Evaluate and revise. Uji coba dilakukan terbatas pada 25 siswa di SMA Wachid Hasjim Sidoarjo. Metode pengumpulan data menggunakan metode validasi dan metode angket. Analisis data hasil validasi menggunakan kriteria skor skala likert dan dinyatakan layak jika rata-rata skor penilaiannya ≥75%. Analisis respons siswa diukur dengan skala guttman, media dikatakan layak jika mendapat skor ≥71%. Hasil validasi masuk dalam kategori valid dengan mendapatkan persentase sebesar 83,4%. Sedangkan respons siswa yang masuk dalam kategori layak dengan mendapatkan persentase kelayakan 78,8%. Berdasarkan hasil validasi dan respons siswa media flash materi sistem pertahanan tubuh untuk kelas XI SMA layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Media Flash, Teka-Teki Silang, Sistem Pertahanan Tubuh, Pengembangan
KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA Khotimah, Khusnul; Kuntjoro, Sunu
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kearifan lokal merupakan budaya dari suatu masyarakat yang dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan alam peserta didik sehingga dapat mengenali dan melestarikan kearifan lokal. Beberapa LKPD yang telah ada sangatlah sedikit yang memuat tentang kearifan lokal. Sehinga, diperlukan pengembangan LKPD yang memuat tentang kearifan lokal dan pengetahuan akan ekosistem. Terdapat model pembelajaran problem based learning yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Tujuan dari kegiatan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) problem based learning berbasis kearifan lokal pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini dikembangakan dengan menggunakan desain penelitian model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan post tes. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan lembar post test dan lembar angket respons peserta didik. LKPD yang dikembangkan diuji cobakan secara terbatas pada 15 peserta didik kelas X SMA 2 Hang Tuah Sidoarjo. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan keefektifan yang ditinjau dari hasil belajar sebesar 93,3% termasuk dalam kategori sangat efektif dan respons peserta didik dengan hasil sebesar 91,3%  termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga, LKPD yang dikembangkan sangat efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : keefektifan LKPD, problem based learning, kearifan lokal, ekosistem, keterampilan proses sains.
ANALISIS PROFIL MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN TEKNIK CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA Dini, Lintang; Raharjo, Raharjo
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini, telah terjadi pergeseran pola belajar siswa. Siswa hanya termotivasi untuk mengerjakan soal-soal dengan cepat, tanpa sepenuhnya memahami konsep yang diujikan sehingga dapat berakibat pada miskonsepsi siswa. Miskonsepsi banyak ditemukan pada sejumlah materi pelajaran Biologi, salah satunya yaitu pada materi Sistem Gerak Manusia. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada materi Sistem Gerak Manusia dan penyebabnya. Subyek yang digunakan merupakan 35 siswa kelas XI MIA 1 dan 32 siswa kelas XI MIA 5 di SMA Negeri 21 Surabaya. Data diperoleh melalui teknik tes pada kedua kelas uji dan wawancara terhadap tiga orang siswa dengan nilai miskonsepsi tertinggi pada masing-masing kelas uji. Penelitian ini menggunakan instrumen tes diagnostik True-False Item yang disertai pilihan alasan dan Certainty of Response Index (CRI) yang dilengkapi dengan panduan pelaksanaan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil miskonsepsi siswa pada materi Sistem Gerak Manusia sebesar 32% pada kelas XI MIA 1 dan 30% pada kelas XI MIA 5. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada pokok bahasan tentang struktur otot (54%) dan mekanisme relaksasi otot (56%). Kesimpulan dari penelitan ini adalah miskonsepsi yang terjadi pada kedua kelas uji termasuk pada kategori rendah. Faktor penyebab miskonsepsi pada siswa adalah faktor yang berasal dari siswa, guru, buku ajar dan cara mengajar. Kata Kunci: Certainty of Response Index,  miskonsepsi, Sistem Gerak Manusia.
PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASI MULTIPLE INTELLIGENCE PADA MATERI SUBSTANSI GENETIKA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMA Wijayanti, Tridewi; Trimulyono, Guntur
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Substansi genetika merupakan materi yang bersifat abstrak, oleh sebab itu dibutuhkan sumber belajar yang mampu memfasilitasi siswa untuk dapat memahami dan juga memberikan informasi-informasi terkait dengan materi dan kaitannya dengan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu sumber belajar yang mampu memfasilitasi siswa untuk memahami materi substansi genetika yaitu flipbook. flipbook mampu menyediakan fasilitas pembelajaran berupa gambar, video, dan juga audio sehingga mampu memberikan kesan menarik dan juga dengan fasilitas yang ada dalam flipbook tersebut siswa dapat lebih memahami materi yang bersifat abstrak dan mampu mengarahkan siswa untuk dapat menganalisis konsep abstrak yang ada dalam materi tersebut sehingga dapat melatihkan siswa untuk dapat berpikir kritis. Selain itu dengan fitur yang terdapat pada flipbook maka siswa dapat belajar berdasarkan berbagai sumber informasi tidak hanya berupa teks sehingga siswa dapat terfasilitasi dalam  melatihkan kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan flipbook berbasis multiple intelligence pada materi substansi genetika yang valid, praktis serta efektif. Flipbook berbasis multiple intelligence dikembangkan pada materi substansi genetika dengan lima kecerdasan yang dikembangkan yaitu visual spasial, interpersonal, intrapersonal, bodily-kinesthetic, dan naturalis. Flipbook dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji coba terbatas dilaksanakan pada 12 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Gedangan, Sidoarjo pada bulan Februari 2019. Hasil validasi menunjukkan bahwa flipbook dinyatakan sangat valid berdasarkan kelayakan isi, penyajian dan kebahasaan dengan skor persentase sebesar 93,52% dikategorikan sangat valid dan berdasarkan kesesuaian dengan multiple intelligence sebesar 100% dikategorikan sangat valid; dinyatakan praktis berdasarkan keterbacaan pada tingkat 12 dan respon siswa sebesar 81,85% serta keterlaksanaan flipbook sebesar 100%; dinyatakan efektif berdasarkan ketuntasan multiple intelligence sebesar 83,33% dan ketuntasan hasil belajar sebesar 100%. Dengan demikian flipbook yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif, sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Flipbook¸Multiple Intelligence, Substansi Genetika, Keterampilan Berpikir Kritis
PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI PLANTAE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA/MA KELAS X Setyawan, Puguh; Ibrahim, Muslimin
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi adalah sebuah daya yang menggerakkan, memelihara dan mengarahkan tindakan menuju suatu tujuan. Pemahaman konsep adalah kompetensi yang ditunjukan siswa dalam memahami konsep yang dapat dilihat dengan peningkatan hasil belajarnya. Motivasi dan pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan menggunakan media flashcard berbasis pictorial riddle.  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flashcard berbasis pictorial riddle untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa kelas X SMA/MA yang layak (valid, praktis, dan efektif). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Pengembangan media diujicobakan terbatas pada 20 siswa kelas X MAN Sidoarjo tanggal 10 Januari 2019. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, pengamatan keterlaksanaan, tes, dan angket motivasi. Adapun analisis data menggunakan analisis hasil validasi, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan motivasi siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan pemahaman konsepnya, sedangkan respons positif siswa menunjukkan motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas flashcard berbasis pictorial riddle berdasarkan hasil validasi memperoleh modus sebesar 4 sehingga dinyatakan sangat valid. Kepraktisan media berdasarkan keterlaksanaan aktivitas siswa diperoleh modus sebesar 4 sehingga media dinyatakan sangat praktis. Selain itu pada kefektifannya, hasil belajar memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 95% dengan gain score 0,64, serta peningkatan motivasi berdasarkan respons positif siswa sebesar 0,43 sehingga media dinyatakan efektif. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifannya. Kata kunci: Media flashcard, pictorial riddle, plantae, motivasi belajar, pemahaman konsep siswa
VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Rahayu, Erna; Isnawati, Isnawati
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tuntutan Kurikulum 2013 serta keterampilan abad 21 adalah pembelajaran yang melatihkan keterampilan berpikir kritis. Keterampilan tersebut dilatihkan kepada peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikemas dalam buku ajar. Buku ajar berbasis inkuiri terbimbing dikembangkan pada materi pertumbuhan dan perkembangan karena materi tersebut memiliki tuntutan kegiatan percobaan ilmiah dan mengaitkan hubungan antara faktor-faktor yang mempengarhi pertumbuhan dan perkembangan. Keterkaitan antara faktor-faktor tersebut memerlukan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan validitas buku ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Sasaran penelitian yaitu  buku ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4-D meliputi define, design, develop, disseminate, akan tetapi disseminate tidak dilaksanakan. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi yang melibatkan dosen ahli pendidikan biologi, dosen ahli materi biologi, dan guru biologi SMAN 1 Gedangan. Kriteria penilaian validitas buku ajar meliputi 3 komponen antara lain isi, penyajian, dan kebahasaan.  Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa validitas ditinjau dari skor 3 validator mendapatkan persentase 88,46% dengan kategori sangat valid. Jadi, buku ajar yang dikembangkan sangat valid untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan. Kata kunci: Buku ajar, inkuiri terbimbing, pertumbuhan, perkembangan, berpikir kritis.