cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PAUD Teratai
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016" : 34 Documents clear
MENINGKATKAN KREATIVITAS MENCIPTAKAN BERBAGAI BENTUK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK KELOMPOK A Riski, Finna Kurnia; Widayati, Sri
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendiskripsikan keberhasilan proses pembelajaran melalui penggunaan media playdough sebagai upaya peningkatan kemampuan kreativitas menciptakan berbagai macam bentuk pada anak kelompok A di TK Aisyiyah 17 Surabaya. Subyek penelitian adalah anak kelompok A sebanyak 20 anak yang terdiri 11 anak usia dini  perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, dimana peneliti ikut serta mengamati aktivitas anak usia dini selama proses kegiatan berlangsung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dan hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata ketuntasan pada siklus I yang semula mencapai persentase 71% atau 14 anak, setelah dilakukan pengulangan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 87% atau 17 anak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media playdough dapat meningkatkan kreativitas menciptakan berbagai macam bentuk pada anak kelompok A di TK Aisyiyah 17 Surabaya. Kata kunci: kreativitas menciptakan berbagai macam bentuk, media playdough Abstract Action Research by treatment two (2) cycles, which is supported by the use of playdough media, which aim  describe the success of the learning process through the use of media pladPgh an effort to improve the ability of creativity create various forms for childe in group A Kindergarten Aisyiyah 17 Surabaya. Results of the research wif e I collected by observation techniques, shows the average mastery in the jAr cycle that originally reached the percentage of 71% or 14 children, cqte the repetition of the second cycle, completeness increased to 87% or 17 children. And f the average percentage gain is translated using scoring guidelines, it can be said to be able to achieve the success of the set. It can be concludt1tlearning with the use of playdough media can enhance the creativity of creating various shapes children in group A in Kindergarten Aisyiyah 17 Surabaya. Keywords: creativity create various shapes, media playdough
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA VISUAL(PINSET) PADA ANAK USIA 3 - 4 TAHUN Bisyaroh, Onik Zakiyatul; Komalasari, Dewi
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan anak serta  mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus melalui media visual (pinset). Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Bustanul Ulum Beweh MegaluhJombang dengan jumlah 12 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan kemampuan motorik halus melalui media visual (pinset) sebesar16% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas,maka dapat disimpulkan bahwa melalui media visual (pinset) dapat meningkatkan kemampuan motorik halus padaanak usia 3-4 tahun di KB Bustanul Ulum Beweh MegaluhJombang. Kata Kunci : Motorik halus, Kegiatan menjepit dengan pinset, Anak usia dini.  Abstract This classroom action research aims to determine the activities of teachers and children as well as through to describe the material used to improve the ability to improve fine motor skills of the media visual (tweezers). Subjects were children aged 3-4 years in KBBustanul Ulum Beweh Megaluh Jombang with the number of 12 children consisted of 5 boys and 7 girls . Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process . Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis . The results showed an increased ability to improve fine motor skills by 16 % . Based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle, it can be concluded that through the media visual (tweezers) to in children aged 3-4 years in KBBustanul Ulum Beweh Megaluh Jombang . Keywords : Fine motor skills, Activity clamping with tweezers, Early childhood.
PENGARUH MEDIA SMART FUN ALPHABET TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK KELOMPOK A Maulidah, Elyana; Julianto, Julianto
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media smart fun alphabet terhadap kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Wonocolo Sepanjang Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dan jenis penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Subyek penelitian berjumlah 19 anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Wonocolo Sepanjang Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel dan uji n-gain. Hasil perhitungan diperoleh Thitung -18 dan Ttabel 46 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Selain itu, uji n-gain yang dihasilkan termasuk dalam kategori rendah dengan nilai sebesar 0,22. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media smart fun alphabet terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Wonocolo Sepanjang Sidoarjo. Kata Kunci: Media smart fun alphabet, Kemampuan mengenal huruf.  Abstract This quantitative research was aimed to find the effect of media smart fun alphabet toward the ability of recognize the alphabet at Dharma Wanita Persatuan Kindergarten Wonocolo Sepanjang. This research was using a quantitative approach of research with the design of research is Pre Experimental Design and type research is One Group Pre-Test Post-Test Design. The subjects of research are 19 children in group A at Dharma Wanita Persatuan Kindergarten Wonocolo Sepanjang Sidoarjo. Data collection of techniques was using the observation methods of nonparticipant with the instrument of assessment such as the observation sheets and the documentation methods. Data analysis of techniques was using the formula of Wilcoxon Match Pairs Test, with the formula of Tcount < Ttable and n-gain test. The results of calculations is obtained Tcount was -18 and Ttable was 46 with the significants degree of 5%, therefore it can be concluded that Ho is rejected and Ha is not rejected. Beside that, the n-gain test is  resultant to be included into the law category with the value of 0,22. So, it can be concluded that is the effect that significant of the using media smart fun alphabet toward the ability of recognize the alphabet for children of group A at Dharma Wanita Persatuan Kindergarten Wonocolo Sepanjang Sidoarjo. Keywords: Media smart fun alphabet, The  Ability of  recognize the alphabet.
PENGARUH MEDIA BAKAR SATE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK A Umah, Rischa Rofiatul; Julianto, Julianto
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bakar sate terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Sidoarjo yang berjumlah 37 anak yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas A1 18 anak dan kelas A2 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian uji Mann-Whitney U-Test menunjukkan bahwa Uhitung =63 lebih kecil dari Utabel =94, dengan demikian Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media bakar sate terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Sidoarjo. Kata Kunci: Kemampuan mengenal lambang bilangan, media bakar sate   Abstract This quantitative research aims to determine the effect of media bakar sate toward the ability to know the symbol of number  in group A in TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul, Sidoarjo. The sample in this study is children in group A TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul Sidoarjo totaling 37 children were divided into two classes, that is 18 children class A1 and 19 children class A2. Data collection technique used observation by instrument observation sheets and documentation. Data analysis techniques using the formula Mann-Whitney U-Test. The result of research with Mann-Whitney U-Test showed that Uhitung = 63 is smaller than Utabel = 94, so Ho is rejected. It can be concluded that there is significant influence of using media bakar sate toward ability to know the symbol of number in group A in TK Dharma Wanita Persatuan Bluru Kidul, Sidoarjo. Keywords: Ability to know symbol of number, media bakar sate
PENGARUH METODE RESITASI BERMEDIA KOKORU TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENTUK GEOMETRI ANAK KELOMPOK B Sufyana, Aulia Humaimah; Widajati, Wiwik
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode resitasi bermedia kokoru terhadap kemampuan mengenal konsep bentuk geometri anak kelompok B1 di TK Al-Iman Surabaya yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian pre-experimental design dengan jenis one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji wilcoxon dengan software SPSS for windows v.23.0. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji Wilcoxon, dapat diketahui bahwa =0,000 menyatakan bahwa <  (0,000<0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan terbukti bahwa metode resitasi bermedia kokoru berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bentuk geometri anak kelompok B1 di TK Al-Iman Surabaya. Kata Kunci: Metode resitasi media kokoru, konsep bentuk geometri.   Abstract This quantitative research has purpose to prove whether the method of recitation with kokoru media may influences ability of  20 children group B1 at TK Al-Iman Surabaya in recognizing the concept of geometry shapes. This research used pre-experimental design  with  one group pretest-posttest type. Data was collected using observation and documentation. Data analysis technique was by using  wilcoxon test non parametric statistic with SPSS software for windows ver.23.0. Based on the results of the research  with wilcoxon test, it can be known  that p = 0.000 reveals  that p < a (0.000<0.05), therefore Ha to be accepted and H0 to be rejected. Based on the result of the calculation, it is proven that the method of recitation with  kokoru media  has influence on the ability of the children group B1 at TK Al-Iman Surabaya in recognizing  the concept of geometry shapes. Keywords: Method of recitation with kokoru media, concept of geometry shapes.
PENGARUH PERMAINAN KOMIDI PUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A Khoiroh, Tuchfatin; Widajati, Wiwik
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh permainan komidi putar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A. Subyek dalam penelitian ini anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan Sidomukti Bungah Gresik dengan jumlah 10 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre ekperimen dan desain penelitian one group pre test post test design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan alat penilaian berupa lembar observasi. Pengujian instrumen reliabilitasnya menggunakan uji reliabilitas pengamatan dengan rumus yang dikemukakan oleh Fernandes. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel (0<8) dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Jadi, apabila Thitung<Ttabel maka Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa permainan komidi putar terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Sidomukti Bungah Gresik. Kata kunci: Permainan komidi putar,  mengenal konsep bilangan.  Abstract This quantitative study aimed to verify the effect of the influence of carousel game to ability of recognizing concept of numbers for children in group a TK Dharma Wanita Persatuan Sidomukti Bungah Gresik. Subjects in this study were children in group A TK Dharma Wanita Persatuan Sidomukti Bungah Gresik with the number of 10 children. This research uses quantitative research approach with pre experiment and one group test post test design. Data collection uses observation with observation sheets. Reliability of instrument was tested by using observation reliability test with Fernandes? formula.  Wilcoxon match pairs test is used as data analysis technique with Tcalculated < Ttable. Based on result of the research Tcalculated < Ttable 0 < 8 with significance level 5%. Therefore, alternative hypothesis (Ha) is accepted and nul hypothesis (H0) is rejected. This indicates that  carousel game has influence to  ability of recognizing concept of numbers for children in group A TK ?Dharma Wanita Persatuan?Sidomukti Bungah Gresik. Keywords: Carousel game, concept of numbers
PENGARUH PENERAPAN METODE SHOW AND TELL DIIRINGI MUSIK TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK KELOMPOK A ENDAH ROMADHINI, NUR Endah; Julianto, Julianto
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show and tell diiringi musik terhadap kepercayaan diri anak kelompok A di TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dan jenis penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Subyek penelitian berjumlah 25 anak kelompok A2 TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel. Hasil perhitungan diperoleh Thitung -7,5 dan Ttabel 89 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan metode show and tell diiringi musik terhadap kepercayaan diri anak kelompok A di TK Muslimat NU 82 Sambisari Sidoarjo. Kata Kunci: Metode show and tell diiringi musik, Kepercayaan diri.   Abstract This quantitative research was aimed to find the effect of the method show and tell with music on the confidence of children in group A at Muslimat NU 82 kindergarten Sambisari Sidoarjo. This study uses a quantitative approach to research design Pre Experimental Design and research type One Group Pre-Test Post-Test Design. The subjects included twenty-five children in group A2 at Muslimat NU 82 kindergarten Sambisari Sidoarjo. Data collection techniques using observational methods with assessment tools such as observation sheets and documentation methods. Data were analyzed using the Wilcoxon Match Pairs Test formula with formula Tcount <Ttable. The calculation result obtained Tcount -7.5 and Ttable 89 with a significance level of 5%, thus it can be concluded that Ho is rejected and Ha is not rejected. It can be concluded that there is significant influence application method of show and tell with music on the confidence of children in group A in Muslimat NU 82 kindergarten Sambisari Sidoarjo. Keywords: Methods of show and tell with music, Confidence.
PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B APRILIA, SINDI; Kristanto, Andi
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Al-Iman Surabaya. Metode penelitian pada kajian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre-eksperimental design dengan menggunakan desain penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan teknik observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini menggunakan 20 anak usia 5-6 tahun di TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan tabel penolong uji jenjang Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikansi/kesalahan 0,05 atau 5% karena jumlah sampel yang diteliti (n) adalah 20 dapat diperoleh Ttabel=52, maka H1 diterima dan Ho ditolak karena Ho nilainya lebih kecil dari H1/Ho<H1 (0<52). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. Kata Kunci: metode inkuiri, kemampuan sains.   Abstract This quantitative research was aimed to prove whether there was influence of inquiry method toward science ability to group B children in TK Al-Iman Surabaya. This study uses a quantitative approach to research design Pre Experimental Design and research type One Group Pre-Test Post-Test Design.  The data was collected by observation technique non participant and documentation. This research used 20 children of 5-6 years old in TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. The analysis result used  Wilcoxon Match Pairs Test with table for Wilcoxon. The research result indicated that with 5% significant level / error because the total samples observed (n) was 20 so it could be obtained Ttable = 52 so H1 was accepted and Ho was refused because Ho value was smaller than H1 / Ho < H1 (0 < 52). In this way, it could be concluded that the inquiry method influenced toward science ability to group B children in TK Al-Iman Sutorejo Tengah Mulyosari Surabaya. Keywords: Inquiry method, science ability
PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK A KUSPITA SARI, YUNIARINI Kuspita; Rianto, Edy
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok A di TK Rina Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design dan jenis penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design. Subyek penelitian berjumlah 24 anak kelompok A TK Rina Surabaya. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan Thitung adalah 0 dan Ttabel adalah 82 dengan taraf signifikansi 5%. Dimana Thitung < Ttabel yaitu 0 < 82, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak Kata Kunci: Metode fonik, Kemampuan membaca permulaan.   Abstract This quantitative research was aimed to find know the influence of phonic method toward beginning reading ability to gourp A children in TK Rina Surabaya. This research was using a quantitative approach of research with the design of research is Pre Experimental Design and type research is One Group Pre-Test Post-Test Design. The subjects of research are 24 children in group A at TK Rina Surabaya. The data collection techniques were observation and documentation. The data analysis used statistic non parametric with Wilcoxon’s match pair test. The result of Wilcoxon’s match pair test indicated Tcount was 0 and Ttable was 82 with significant level 5%. Tcount < Ttable i.e. 0 < 82, so ho was refused and Ha was accepted. The research conclusion indicated that there was significant influence among phonic method toward children’s beginning reading ability. Keywords: Phonic method, the ability to read the beginning.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI KEGIATAN MENANAM BIJI PADA ANAK KELOMPOK A SETIYANING TIYAS, PURWATI Setiyaning; Komalasari, Dewi
PAUD Teratai Vol 5, No 2 (2016): Volume 5 No. 2 Edisi Yudisium Juni 2016
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan konsep bilangan 1-10 melalui kegiatan  menanam biji kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Mojowarno. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatam Mojowarno Jombang sejumlah 12 anak, yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh teman sejawat dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan anak dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui kegiatan menanam biji sebesar 32% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II. Dari uraian di atas,maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menanam biji dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Mojowarno Jombang. Kata Kunci : Konsep bilangan, Kegiatan menanam biji, Anak usia dini   Abstract This classroom action research aims to describe the increase in the concept of numbers 1-10 through the planting of seeds of groups A kindergarten Mojowarno Pembina State. The subjects were a group of children in kindergarten Pembina State Mojowarno Jombang number of 12 children, consisting of 7 girls and 5 boys. Data collection techniques used in this study was the observation made by peers and documentation activities in the form of photos of children in the learning process. Data analysis techniques in this study using descriptive statistical analysis. The results showed an increased ability to recognize the concept of numbers 1-10 through the planting of seeds of 32% based on the evaluation of the results of the first cycle and the second cycle. From the above description, it can be concluded that through the planting of seeds can enhance the ability to know the concept of numbers 1-10 in group A kindergarten child Pembina State Mojowarno Jombang. Keywords : Concepts of Numbers, Events Planting Seeds, Early Childhood

Page 1 of 4 | Total Record : 34