cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 4 (2020)" : 25 Documents clear
STUDI MENGENAI KECANDUAN INTERNET DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO FITRIANNISA AYU NINGTYAS, RIZKY; DIBYO WIYONO, BAMBANG
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini internet berhasil menjadi alat komunikasi utama yang sangat diminati oleh semua generasi. Tingginya tingkat penggunaan internet pada siswa dapat menimbulkan masalah baru yaitu Fear Of Missing Out (FoMO). Dengan adanya FoMO dapat menimbulkan sebuah kecanduan terhadap penggunaan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kecanduan internet dan FoMO yang dialami oleh siswa, bagaimana dampak yang ditimbulkan serta peranan guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang diperoleh diambil melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bentuk-bentuk kecanduan yang sering dialami siswa yaitu kesulitan mengontrol penggunaan internet untuk mencari informasi-informasi terbaru. Dampak yang paling banyak ditimbulkan adalah pada aspek akademik, dimana siswa sering mengabaikan tugas serta penuruan nilai pada raport. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa guru bimbingan dan konseling memiliki peran yang cukup penting untuk membantu siswa terhindar dari permasalahan tersebut. Peranan tersebut ialah dengan melakukan konseling individu kepada siswa yang mengalami kecanduan internet dan FoMO agar siswa tersebut dapat merubah perilakunya menjadi lebih baik. Kata Kunci : Kecanduan Internet, FoMO, Siswa
TEKNIK SELF-CONTROL DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU CYBERLOAFING PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 MADIUN AJIDHITO MANUSAKERTI, GIGIH; PURWOKO, BUDI
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku cyberloafing pada peserta didik adalah perilaku yang dilakukan oleh peserta didik dengan menggunakan akses internet yang sudah disediakan sekolah untuk keperluan pribadi yang sama sekali tidak berkaitan dengan tanggung jawab mereka sebagai peserta didik dengan menggunakan perangkat teknologi yang dimiliki saat jam pembelajaran di dalam kelas. Salah satu faktor timbulnya perilaku cyberloafing pada kalangan peserta didik adalah rendahnya tingkat self-control pada diri masing-masing peserta didik.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji teknik Self-control dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku cyberloafing pada peserta didik di SMA Negeri 5 Madiun. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one ?group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 peserta didik kelas XI IPA 4 yang mempunyai tingkat cyberloafing yang tergolong tinggi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah statisti parametric dengan Uji T Sampel Berpasangan. Hasil analasis data pre-test dan post-test, dengan Uji T Sampel Berpasangan dapat diketahui dari hasil nilai signifikansi (2-tailed) yaitu sebesar 0,015 pada tabel. Dengan besaran nilai signifikansi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Hal tersebut dapat diartikan bahwa ada perbedaan tingkat perilaku cyberloafing subyek, antara sebelum dan setelah diberikannya perlakuan konseling kelompok dengan teknik self-control. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik self-control dalam konseling kelompok mampu untuk mengurangi perilaku cyberloafing pada peserta didik kelas XI IPA 4, SMA Negeri 5 Madiun. Kata Kunci: teknik self-control, konseling kelompok, perilaku cyberloafin
PENGARUH KONTROL DIRI PADA TINGKAT KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 TULANGAN SIDOARJO DARMINTO, EKO; MAULUDIYAH, RIZQI
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebiasaan bermain game online merupakan salah satu fenomena yang dapat diamati pada kehidupan peserta didik. Bermain game online (GO) di kalangan peserta didik menjadi begitu tak bisa dihindarkan karena permainan ini didukung oleh penggunaan teknologi maju internet dan menyuguhkan berbagai bentuk permainan yang sangat menarik dan menantang. Permasalahannya adalah apabila bermain GO menjadi kebiasaan yang dilakukan secara berlebihan atau menjadi kecanduan dapat menyebabkan peserta didik menjadi individu yang hanya membuang waktu dan energi yang produktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri pada kebiasaan atau tingkat kecanduan (pecandu dan bukan pecandu) bermain GO pada peserta didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui rancangan kausal komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik di SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian adalah 54 peserta didik yang tergolong pecandu dan 73 perserta didik yang tergolong bukan pecandu. Sampel tersebut dipilih dengan teknik nonprobability, yakni purposive sampling. Data tingkat kecanduan GO dikumpulkan melalaui skala kecanduan GO; sedangkan data kontrol diri dikumpulkan melaui skala kontrol diri yang dimodifikasi dari Tangney, Baumiester, & Boone (2004). Analisis data dilakukan dengan teknik statistik dengan rumus uji t untuk sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kontrol diri pada tingkat kecanduan bermain GO. Kata Kunci : Kontrol diri, game online (GO), peserta didik, kausal komparatif
TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI KORBAN PERUNDUNGAN VERBAL SISWA SEKOLAH DASAR ULTARI LISNANTI, ANISA; CHRISTIANA, ELISABETH
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa SDN 1 Lakarsantri kelas 5, diperoleh permasalahan perundungan verbal antar teman sebayanya. Intensitas perundungan verbal yang diterima menyebabkan timbulnya pikiran yang irasional terhadap diri maupun teman-temannya. Pikiran yang irasional menyebabkan siswa mengalami kurang percaya diri sehingga kesulitan mengembangkan diri secara optimal. Penelitian ini bertujuan meningkatkan percaya diri akibat perundungan verbal siswa kelas 5 SDN 1 Lakarsantri dengan menggunakan teknik cognitive restructuring. Penelitian menggunakan desain one group pre-test and post-test. Subjek penilitian berasal dari 3 siswa kelas 5 SDN 1 Lakarsantri yang berada di kategori rendah pada tingkat percaya diri akibat perundungan verbal. Untuk menganalisis data dalam penelitian menggunakan paired sample t-test, dengan pertimbangan data berdistribusi normal setelah dilakukan uji normalitas saphiro wilk dengan sig. 0,463 dan 1>0.05. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 37,33 dan rata-rata post-test sebesar 50 dengan perbedaan nilai rata-rata pretest dan post-test sebesar 12,67. Perhitungan data menggunakan paired sample t-test menghasilkan sig.(2tailed)=0,001 dengan batas kritis penelitian 0,05 maka 0,001<0,05 sehingga dapat diambil keputusan Ha diterima dengan melihat hasil perbedaan sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa ?Teknik cognitive restructuring dapat meningkatkan percaya diri pada korban perundungan verbal siswa sekolah dasar pada kelas 5 SDN Lakarsantri 1?. Kata Kunci: cognitive restructuring, percaya diri, perundungan verbal.
EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENGELOLA EMOSI MARAH SISWA SD KORBAN PERUNDUNGAN VERBAL SITI AISYAH, SHINTA; CHRISTIANA, ELISABETH
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di Kelas V-B SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya, diketahui 3 siswa yang kurag mampu dalam megelola emosi marah ketika mendapatkan perundungan verbal dari temannya berupa ejekan, julukan tidak pantas, perkataan tidak menyenangkan, celaan, dll. Hal ini didukung hasil wawancara dengan wali kelas dan assessment pada subjek perlakuan, diantaranya yaitu mudahnya tersulut emosi marah, kurang dapat mengendalikan emosi marah, ingin memukul dan mengajak berkelahi teman yang melakukan perundungan verbal terhadapnya. Kurangnya kemampuan dalam mengelola emosi marah yang diakibatkan oleh perundungan verbal dapat membuat siswa berada dalam bahaya fisik , psikologis dan sosial. Sehingga perlu dicegah dengan cara meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah yang dimiliki, yaitu dengan teknik expressive writing. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas V-B SDN Lidah Wetan II/462 dengan menggunakan teknik expressive writing. Berdasakan metodologi penelitian, penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Sedangkan berdasarkan jenis penelitiannya, termasuk dalam penelitian experimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test dan post-testd design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket mengelola emosi mara, subjek penelitian ini adalah 3 siswa kelas 5 dari SDN Lidah Wetan II yang berada dalam kategori ?rendah?. Data dalam penelitian ini diuji menggunakan Uji Uji Shapiro Wilk, sehingga diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan sig. 0,637. Setelah diketahui bahwa data berdistribusi normal, kemudian data dianalisis dengan Uji Paired Sample T Test. Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai rata-rata pre-test 35,333 dan post-test 56,333, sehingga diketahui perbedaan nilai pre-test dan post-test yaitu 21,00. Hasil dari Uji Paired Sample T Test menunjukkan nilai sid. (2-Tailed) 0,001 dengan batas kritis penelitian 0,05, maka diketahui bahwa 0,001<0,05. Sehingga dapat diambil keputusan Ha ditolak dan Ho diterima dengan melihat hasil perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Sehingga dapat diambil kepurtusan bahwa ?Teknik expressive writing dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa Sekolah Dasar korban perundungan berbal pada kelas V-B SDN Lidah Wetan II/462?. Kata Kunci : Expressive writing, Mengelola Emosi Marah
PANDUAN PENGGUNAAN PERANGKAT BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG BELAJAR KELAS VIII YANG BERBASIS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) BERTIANA HEMAS PRATAMA, AYU; PURWOKO, BUDI
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat bimbingan klasikal bidang belajar yang memenuhi kriteria akseptabilitas dan dapat digunakan sebagai buku panduan dalam memberikan layanan bimbingan klasikal bidang belajar kelas VIII oleh guru bimbingan dan konseling. Pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan pada penyebaran angket kebutuhan peserta didik kelas VIII serta wawancara kepada guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitatif dan kualitatif. Hasil validasi dan uji ahli di dapatkan data kuantitatif akseptabilitas produk oleh ahli materi, ahli media serta calon pengguna (Guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 34 Surabaya) hasil uji tersebut ialah penilaian dari ahli materi yaitu 0,58, penilaian dari ahli media yaitu 0,81 ,serta penilaian dari calon pengguna yaitu 0,81. Rata ? rata dari penilaian tersebut adalah 0,73. Maka dapat disimpulkan bahwa produk tersebut sangat baik dan tidak perlu direvisi. Sehingga Perangkat Bimbingan Klasikal Bidang Belajar untuk Kelas VIII SMPN 34 Surabaya Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) telah memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang mencakuo aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan kata kunci : pengembangan, HOTS, bidang belajar
PENERAPAN KONSELING KELOMPOK LATIHAN ASERTIF PADA SISWA KORBAN BULLYING DI SMPN 34 SURABAYA SHINTIA FATMAWATI, DEVI; INDAH PRATIWI, TITIN
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bullying adalah suatu perilaku negative yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk menyakiti orang lain dengan persaan senang dan dilakukan secara berulang ? ulang sehingga korban merasa tertekan dan tidak berdaya. Seseorang yang cenderung menjadi korban bullying salah satunya adalah karena memiliki sikap asertif yang rendah. Fenomena yang terjadi di lapangan yang mengarah pada terjadinya kasus bullying pada siswa perlu adanya peran serta berbagai pihak terutama guru bimbingan dan konseling untuk membantu siswa yang menjadi korban bullying agar dapat berperilaku lebih asertif dengan menggunakan teknik latihan asertif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas konseling kelompok latihan asertif untuk meningkatkan asertivitas siswa korban bullying kelas VIII SMPN 34 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experiment dengan rancangan penelitian yaitu one group pre test ? post test, metode pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis penelitian ini yaitu uji statistic non parametik menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa dari kelas VIII yang menjadi korban bullying dan memperoleh hasil pretest termasuk kategori yang memiliki sikap asertif rendah. Berdasarkan hasil analisis test statistic uji Wilcoxon di ketahui asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,043, karena nilai 0,043 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Artinya terdapat peningkatan asertif siswa korban bullying di SMPN 34 Surabaya setelah diberikan konseling kelompok Latihan Asertif. Kata kunci : Konseling Kelompok, Latihan Asertif, Perilaku Asertif, Bullying
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK ADHI NUGRAHA, SURYA; DARMINTO, EKO
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mencapai prestasi belajar yang tinggi di sekolah selalu menjadi harapan peserta didik. Namun, faktanya, tidak semua peserta didik dapat mencapai prestasi belajar yang tinggi. Inteligensi telah diakui oleh para ahli psikologi dan pendidikan sebagai faktor yang paling kuat mempengaruhi prestasi. Namun kkuatan pengaruhnya bergantung pada faktor-faktor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara faktor lain diluar kecerdasan, yakni motivasi belajar dan dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif serta rancangan korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 4 Sidoarjo. Jumlah seluruh anggota populasi adalah sebanyak 360 orang dan sebanyak 186 orang dijadikan sebagai sampel. Sampel ini ditarik melalui teknik disproportionate stratisfies random sampling. Data motivasi belajar dan dukungan sosial diukur melalui skala motivasi belajar dan skala dukungan sosial. Sedangkan data prestasi belajar diambil dari Buku Nilai Sekolah. Analsis data dilakukan melalui metode statistik dengan rumus korelasi ganda. Hasil analisis membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar, antara dukungan sosial temans ebaya dan prestasi belajar. Besaran koefisien korelasi dari masing-masing hubungan tersebut secara berturut-turut adalah 0,950, 0,951, dan 0,997. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah dapat menjadi perhatian bagi guru bimbingan dan konseling untuk terus membantu peserta didik meningkatkan motivasi belajar dan dukungan sosial teman seabaya. Kata Kunci: motivasi belajar, dukungan sosial teman sebaya, prestasi belajar
HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN SELF-EFFICACY AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 33 SURABAYA DWI AFNI OKTAVIA, IRANDA; DIBYO WIYONO, BAMBANG
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas motivasi berprestasi, self-efficacy akademik dan hasil belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Dalam proses pembelajaran peserta didik sering mengalami hambatan yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal sehingga keberhasilan belajar yang diperoleh belum tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan self-efficacy akademik dengan hasil belajar di SMP Negeri 33 Surabaya. Jenis penelitian yang digun akan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Metode penelitian ini dilakukan hanya sekali dalam meneliti tiap sampel yaitu dengan menggunakan tipe cross sectional design untuk mengukur variabel satu dengan variabel yang lain secara bersama kemudian menganalisis hasil penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan jumlah sampel 188 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 33 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji statistik nonparametrik berupa uji korelasi kendall?s tau-b dan uji korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah hipotesis pertama menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,167, hipotesis kedua menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,225, hipotesis ketiga menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,623, hipotesis keempat menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,324 dengan nilai R square sebesar 0,105. Kata Kunci: motivasi berprestasi, self-efficacy akademik, hasil belajar
KONFORMITAS PERILAKU MEMBOLOS SEKOLAH PADA SISWA SMK ASSA’ADAH BUNGAH GRESIK AISYATUL WIDAD, MAS; DIBYO WIYONO, BAMBANG
Jurnal BK UNESA Vol 11, No 4 (2020)
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan membolos di SMK Assa?adah Bungah Gresik hampir ditemukan pada setiap jenjang kelas. Siswa melakukan pelanggaran membolos secara individu atau berkelompok. Penelitian ini bertujuan menunjukan bentuk-bentuk perilaku membolos, faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi konformitas dalam membolos dan gambaran dari perilaku konformitas dalam membolos pada siswa SMK Assa?adah Bungah Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan yakni subjek melakukan kegitan membolos secara individu dan berkelompok dengan bentuk perilaku membolos sehari penuh dan membolos pada jam pelajaran. Faktor ekternal yang mendorong subjek membolos adalah sekolah dan bekerja. Sekolah cenderung tidak disiplin dan tidak tegas dalam mengawasi siswa, fasiltas sekolah tidak mendukung terciptanya kedisiplinan dalam proses belajar mengajar, guru tidak mempunyai koordinasi untuk mengatur siswanya, faktor lain yakni bekerja ditemukan bahwa subjek bekerja namun hal tersebut tidak terjadi pada salah satu subjek yang di ketahui tidak bekerja. Sedangakn dalam faktor internal yang mendorong siswa membolos subjek tidak mempunyai gangguan baik gangguan secara psikologis atau fisiologis, namun berbeda pada salah satu subjek yang merasa ketakutan dan kecemasan untuk masuk sekolah kembali dan memilih membolos, perasaan takut dan cemas pada subjek meliputi rasa takut dan cemas dimarahi guru dan digunjing teman-temannya. Dalam perilaku konformitas membolos subjek menghindari rasa takut dari penolakan dengan mengikuti kelompoknya untuk melakukan kegiatan membolos, subjek juga mempunyai keinginan untuk disukai dan diterima oleh teman-teman kelompok, subjek akan mengalami perundungan oleh teman-teman kelompoknya apabila menolak ajakan membolos, teman-teman kelompok akan saling memaksa dan meyakinkan subjek untuk ikut membolos, para subjek akan mendorong satu sama lain untuk mengikuti kegiatan membolos. Kata Kunci: membolos, konformitas, siswa

Page 1 of 3 | Total Record : 25