cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengajaran MIPA
ISSN : 14120917     EISSN : 24433616     DOI : -
Core Subject :
Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education Universitas Pendidikan Indonesia (FPMIPA-UPI) in association with Indonesian Society for Science Educators (JPII), twice a year in April and October with 16 articles per number or 32 articles per year.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012" : 16 Documents clear
PENGEMBANGAN REPRESENTASI KIMIA SEKOLAH BERBASIS INTERTEKSTUAL PADA SUB-KONSEP KONFIGURASI ELEKTRON MODEL ATOM BOHR YANG DIPERLUAS DALAM BENTUK MULTIMEDIA Budiman Anwar; Rd. r. Srie Ernawati; Rahmat Setiadi; Wiji Wiji
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36108

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian yang menghasilkan representasi kimia berbasis intertekstual berupa multimedia pada sub-konsep konfigurasi elektron berdasarkan model atom Bohr yang diperluas. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dan evaluatif yang merupakan bagian dari Penelitian dan Pengembangan (R D). Prosedur penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan kerja, yaitu: (1) penentuan materi subjek, (2) kajian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat pada standar isi serta contoh silabus BSNP untuk menentukan indikator dan konsep, (3) pengumpulan multimedia existing, (4) analisis multimedia existing berdasarkan kajian aspek konten, pedagogi, dan multimedia, (5) pembuatan script dan storyboard yang divalidasi berdasarkan aspek konten dan pedagogi, (6) revisi script dan storyboard, (7) pembuatan multimedia yang kemudian di validasi pada aspek multimedia. Multimedia ini kemudian ditanggapi oleh guru dan siswa untuk mengetahui kualitas multimedia berdasarkan kriteria/ indikator yang telah ditentukan melalui angket. Hasilnya diolah secara deskriptif persentase. Angket diberikan kepada lima orang guru mata pelajaran Kimia dan 30 orang siswa SMA kelas XI dan XII yang telah mempelajari mengenai sub-konsep konfigurasi elektron berdasarkan model atom Bohr yang diperluas. Berdasarkan data angket guru diperoleh hasil bahwa tingkat persetujuan terhadap: (1) kualitas multimedia adalah 84%, (2) kejelasan penyampaian materi/ konsep adalah 96%, (3) peran multimedia adalah 100%, dan (4) pengembangan multimedia adalah 100%. Secara keseluruhan respon guru terhadap multimedia terletak pada daerah positif. Berdasarkan data angket siswa diperoleh hasil bahwa tingkat persetujuan terhadap: (1) motivasi pada multimedia adalah 85.31%, (2) konten pada multimedia adalah 84.7%, (3) navigasi pada multimedia adalah 86%, (4) multimedia dan interaktivitasnya adalah 90.84%, dan (5) tampilan multimedia adalah 86.77%. Secara keseluruhan respon siswa terhadap multimedia terletak pada daerah setuju. Dengan demikian representasi kimia sekolah berbasis intertekstual pada sub-konsep konfigurasi elektron model atom Bohr yang diperluas dalam bentuk multimedia yang telah dikembangkan dapat digunakan.ABSTRACTHas done research that results in the form of textual representations of chemical-based multimedia sub-concept of electron configurations based on the extended Bohr model of the atom. This study used a descriptive and evaluative methods that are part of the Research and Development (R D). Procedure of the research work carried out in several stages, namely: (1) determination of the subject matter, (2) a standard assessment and basic competencies contained in content standards and sample syllabi BSNP to define indicators and concepts, (3) existing multimedia collection, (4 ) analysis of existing multimedia based study aspects of content, pedagogy, and multimedia, (5) creation scripts and storyboards are validated based on aspects of content and pedagogy, (6) the revised script and storyboard, (7) multimedia creation later in the validation of the multimedia aspect. Multimedia is then taken up by teachers and students to determine the quality of multimedia based on the criteria / indicators that have been determined through a questionnaire. The results are processed by descriptive percentages. Questionnaires given to five teachers of Chemistry subjects and 30 high school students of class XI and XII who have studied the concept of sub-electron configuration by the extended Bohr model of the atom. Based on data from the teacher questionnaire obtained results that the level of agreement to: (1) multimedia quality is 84%, (2) clarity of delivery of materials / concepts was 96%, (3) the role of multimedia is 100%, and (4) development of multimedia is 100% . Overall the response of teachers to the multimedia lies in the positive region. Based on data from student questionnaires obtained results that the level of agreement to: (1) multimedia motivation is 85.31%, (2) the contents of multimedia is 84.7%, (3) navigation in multimedia is 86%, (4) multimedia and interaktivitasnya is 90.84% and (5) multimedia display is 86.77%. Overall the students' response to the multimedia lies in the area agreed. Thus the textual representation of chemical-based schools in the sub-concepts of the Bohr model of the atom the electron configurations are expanded in the form of multimedia that has been developed can be used.
PEMBELAJARAN FISIKA BERORIENTASI PHYSICS AND EVERYDAY THINKING (PET) DAN EMOTIONAL INTELLIGENCE (EI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP Irma Nurmalasari; Asep Sutiadi
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36103

Abstract

ABSTRAKPenelitian dilatarbelakangi fakta bahwa rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan terdapatnya anggapan negatif siswa terhadap mata pelajaran Fisika. Di lain pihak, pemahaman konsep dan perilaku positif merupakan tuntutan yang harus dimiliki oleh siswa SMP. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan merancang suatu pembelajaran berorientasi kurikulum Physics and Everyday Thinking (PET) dan kompetensi kecerdasan emosional atau Emotional Intelligence (EI). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan mengetahui profil EI. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran adalah observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, untuk pemahaman konsep digunakan pilihan ganda beralasan, serta untuk profil EI digunakan observasi dan angket. Peningkatan pemahaman konsep siswa ditunjukkan melalui N-gain, sedangkan untuk profil EI dan keterlaksanaan pembelajaran ditunjukkan melalui interpretasi skor ke dalam tabel kategori. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian One group pre-test and Post-test Design. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sample dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di SMP Negeri kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa setelah pembelajaran dengan N-gain untuk masing-masing aspek adalah 0,70 untuk translasi dengan kategori tinggi; 0,48 untuk interpretasi dengan kategori sedang; dan 0,47 untuk ekstrapolasi dengan kategori sedang. Sementara itu untuk profil kecerdasan emosional siswa diperoleh hasil dengan kategori tinggi dengan rata-rata observasi 79% dan skor angket 78. Profil ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki potensi kecerdasan emosional yang baik untuk mendukung kemampuannya dalam bidang akademik.ABSTRACTThe background of this study is that there is the fact that the low ability of understanding the concept and the presence of a negative perception of students toward the subjects of Physics. On the other hand, understanding the concept and positive attitude is a requirement that must be owned by the junior high students. One of the efforts made to overcome this problem is to design a curriculum oriented learning Physics and Everyday Thinking (PET) and emotional intelligence competencies or Emotional Intelligence (EI). The purpose of this study was to improve understanding of the concepts and know the profile of EI. The instrument used to measure learning keterlaksanaan are observations of the activities of teachers and students, to the understanding of the concept of reasonable use of multiple choice, as well as for EI profiles used observation and questionnaires. Increasing students' understanding of concepts shown by N-gain, whereas for EI profiles and learning keterlaksanaan demonstrated through the interpretation of scores into the category table. The method used in the study was quasi-experimental research design One group pre-test and post-test design. Sampling technique used is purposive sample with research subjects eighth grade students in the Junior High School Bandung. The results showed an increase in students' understanding of the concept after learning with the N-gain for each aspect is 0.70 for the translation with the high category; 0.48 to interpretation by category, and 0.47 to extrapolate the medium category. Meanwhile, students' emotional intelligence profiles obtained results with high category with an average of 79% observation and questionnaire scores 78. This profile shows that most students have a good potential for emotional intelligence in support of academic ability in the field.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WHOLE GROUP JIGSAW DALAM PERKULIAHAN EMBRIOLOGI TUMBUHAN Sariwulan Diana
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36077

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran whole group jigsaw dalam perkuliahan Embriologi Tumbuhan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar dan mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap model pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2011 di Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Topik perkuliahannya adalah mikrosporangium Angiospermae dan Gymnospermae untuk siklus I, dan struktur serta perkembangan mikrogametofit Angiospermae dan Gymnospermae untuk siklus II. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda dan isian tentang struktur mofologi bunga sebagai pengetahuan dasar embriologi tumbuhan dan digunakan untuk menjaring skor awal, soal isian tentang mikrosporangium Angiospermae dan Gymnospermae untuk menjaring skor akhir siklus I, soal isian tentang struktur serta perkembangan mikrogametofit Angiospermae dan Gymnospermae untuk menjaring skor akhir siklus II, dan lembar observasi presentasi kelompok mahasiswa, serta kuisioner untuk mengetahui respon mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran berupa presentasi makalah yang ditugaskan sama baiknya sejak siklus I. Hasil kuis akhir rata-rata meningkat dari 40,86 pada siklus I menjadi 57,24 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata kelompok terjadi kenaikan dari -12 pada siklus I menjadi 4,13 pada siklus II. Akibatnya dari siklus I hanya ada satu kelompok yang menjadi tim baik dan satu tim yang termasuk sangat baik, meningkat menjadi empat kelompok menjadi tim baik dan tiga kelompok termasuk tim sangat baik pada siklus II. Umumnya mahasiswa menanggapi dengan baik model pembelajaran ini.ABSTRACTA study concerning the application of whole-group instructional model lecture jigsaw in Plant Embryology has been carried out, which aims to improve the quality of learning, learning outcomes and student responses to determine the model lesson. The research was conducted in semester one of academic year 2011 in the Department of Biology Education FPMIPA UPI Bandung in the form of action research. Lecture topic is mikrosporangium Angiospermae and gymnosperms for the first cycle, and the structure and development of mikrogametofit Angiospermae and gymnosperms for the second cycle. The research instrument in the form of multiple choice questions about the structure and contents mofologi as basic knowledge of embryology flowers and plants are used to capture the initial score, a matter of stuffing about mikrosporangium Angiospermae and gymnosperms to capture the final score of the first cycle, about the contents of the structure and development of mikrogametofit Angiospermae and gymnosperms to solicit final score of the second cycle, and the observation sheet student group presentations, as well as questionnaires to study the response of students. The data collected was analyzed using descriptive statistics. The results showed that the quality of learning in the form of presentation of papers commissioned as good since the cycle I. The results of the final quiz average increased from 40.86 to 57.24 in the first cycle to the second cycle. The increase in the average score of the group there was an increase from -12 in the first cycle to 4.13 in the second cycle. As a result of the first cycle there is only one group who is a good team and a team that included a very good, up to four group into teams and three groups included both very good teams in the second cycle. Generally, students respond well to this learning model.
MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY AND DISPOSITION (EXPERIMENT WITH GRADE-11 STUDENTS USING CONTEXTUAL TEACHING WITH COMPUTER ASSISSTED) Yonandi Yonandi; Utari Sumarmo
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36069

Abstract

ABSTRAKMakalah ini melaporkan temuan suatu eksperimen dengan disain tes awal-tes akhir dan kelompok kontrol yang dilaksanakan dengan mengimplementasikan pendekatan kontekstual berbantuan komputer untuk menemukan kemampuan komunikasi, dan disposisi matematik siswa. Studi ini melibatkan 244 siswa kelas-11 dari tiga SMA dari level rendah, medium, dan tinggi. Instrumen studi ini terdiri dari tes komunikasi matematik, dan skala disposisi matematik. Studi menemukan bahwa pendekatan kontekstual berbantuan komputer memberikan peran terbesar dibandingkan level sekolah dan kemampuan awal matematika siswa terhadap pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi dan pencapaian disposisi matematik. Kemampuan komunikasi matematik siswa tergolong cukup baik. Studi juga menemukan bahwa peran kemampuan awal matematika siswa tidak konsisten terhadap pencapaian kemampuan komunikasi dan disposisi matematik. Selain itu, studi menemukan tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika dan antara pendekatan pembelajaran dan level sekolah terhadap kemampuan komunikasi, dan disposisi matematik siswa. Selama pembelajaran siswa menunjukkan disposisi matematik yang positif, seperti belajar dengan semangat, bersikap terbuka, jujur, tidak takut menyakatan pendapatnya, dan saling menghargai satu terhadap lainnya. Terdapat asosiasi antara kemampuan komunikasi, dan diposisi matematik.ABSTRACTThis paper presents the findings from an experiment with a pre test- post test experimental control group design conducted by using contextual teaching approach with computer assissted to investigate students’ mathematical communication, and disposition. The study involved 244 grade-XI students of high, medium, and low school level in Tasikmalaya. The instruments of the study are mathematical communication test, and disposition scale. The study found that contexstual teaching approach with computer assissted tended to be more important factor than school level and previous mathematics ability on achieving mathematical comunication ability, and disposition, Besides that, the study found that the role of previous mathematics ability tended inconsistent on achieving the ability and disposition. The grade of students’ mathematical communication ability was classified as fairly good. Likewise, the study found that there were no interaction between teaching approach and school level, and between teaching approach and previous mathematics ability on mathematical comunication and on mathematical disposition. During the lesson students performed positive mathematical disposition, such as enthusiastic in learning, open minded, honest, unafraid to express their ideas, and respect to each other. There was medium assosiation between mathematical comunication, and mathematical disposition
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTTEAMS-ACHIEVMENT-DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA Saeful Karim; Setiya Utari; Fipit Riana Utami
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36104

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan hasil studi pendahuluan dan observasi di salah satu SMP di kota Bandung, ditemukan beberapa fakta. Pertama, prestasi belajar siswa rendah. Kedua, siswa cenderung pasif dan kerjasama yang dilakukan belum melibatkan seluruh anggota kelompok. Dari temuan fakta ini, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu memfasilitasi peningkatan prestasi belajar dan membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu solusinya adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Karena pembelajaran kooperatif tipe STAD menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran sehingga kerjasama yang terjadi akan melibatkan semua anggota kelompok, disamping itu juga dari beberapa penelitian membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest - posttest design dengan sampel penelitian 25 siswa kelas VIII-8 di salah satu SMP Kota Bandung. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes tertulis objektif jenis pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dari hasil uji signifikansi pada skor pretest dan posttest prestasi belajar dengan menggunakan uji wilcoxon pada taraf signifikansi 95%, diperoleh bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 77,44%. Peningkatan kerjasama siswa dapat diketahui dari data hasil observasi pada saat model pembelajaran kooperatif tipe STAD diterapkan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kerjasama siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya pada kategori sedang. ABSTRACTBased on the results of preliminary studies and observations in one junior high school in Bandung, found a few facts. First, low student achievement. Second, students tend to be passive and cooperation do not involve all members of the group. From the findings of this fact, we need a learning model that can facilitate the improvement of learning achievement and keep students more actively in learning activities. One solution is the implementation of cooperative learning model type STAD. Because type STAD cooperative learning emphasizes on activities and interaction among students to motivate each other and help each other to master the subject matter so that the cooperation that occurs will involve all members of the group, but it is also of some studies have shown that the use of type STAD cooperative learning can improve learning achievement students. The method used is the method of quasi-experimental research design with one group pretest - posttest design with a sample of 25 study-8 eighth grade students in one junior high school in Bandung. Data retrieval is done using an instrument written test objective type multiple choice and student activity sheets and teacher observation. Increased student achievement can be seen from the results of tests of significance on the pretest and posttest scores of learning achievement using Wilcoxon test at a significance level of 95%, found that there is an increase in student achievement significantly after application type STAD cooperative learning model by 77.44%. Improved cooperation of students can be seen from the data during the observation type STAD cooperative learning model applied. The survey results revealed that the cooperation of students has increased at every meeting in the middle category.
PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PADA KEGIATAN FIELD TRIP MATA KULIAH EKOLOGI UMUM BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI Amprasto Amprasto; Nuryani Y. Rustaman; Hertien K. Surtikanti; Saefudin Saefudin
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36078

Abstract

ABSTRACTPenelitian pendahuluan menunjukkan bahwa kuliah lapangan Ekologi Umum belum memiliki model penilaian yang dapat secara optimal menilai semua kegiatan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan "model penilaian" dan untuk mengetahui efektivitas dengan mencoba model dalam kegiatan perjalanan ekologi bidang umum Metode penelitian untuk penelitian kami adalah metode penelitian campuran dengan desain eksploratif. Penilaian dilakukan dari tahap persiapan, selama perjalanan Ekologi Umum lapangan, dan pasca-field trip. kinerja siswa ditentukan oleh diri sendiri dan peer-assessment dengan skor kisaran 0-4. Setelah kunjungan lapangan selesai, pendapat siswa yang terjaring oleh kuesioner dan wawancara. mayoritas siswa ( 90%) menyatakan bahwa "model penilaian" yang berusaha optimal adalah untuk menilai kinerja siswa dan kemampuan kerja ilmiah, meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran; mempengaruhi rasa tanggung jawab, interaksi sosial , kepercayaan siswa lain, dan komitmen untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik siswa mengaku. memahami kriteria penilaian, tetapi ada beberapa siswa yang tidak suka dengan cara ini dan diasumsikan rekan-rekan mereka tidak cukup kompeten untuk menilai, selain masalah "keadilan ", kritik mengurangi rasa percaya diri, dan merasa buruk menilai teman sendiri. Singkatnya, model penilaian cukup efektif dalam menilai kinerja siswa dalam bidang ekologi umum berbasis inkuiri. Hal ini masih perlu dimodifikasi dalam rubrik penilaian dan strategi penilaian.ABSTRACTPreliminary research indicates that General Ecology field trip does not have a model of assessment that can be optimally assess all student activities. The purpose of this study was to develop a "model of assessment" and to try to determine the effectiveness of the models in ecology field trip activities common research method for our research is mixed research methods to the design of exploratory. Assessment was carried out from the preparation stage, during General Ecology field trip, and postfield trip. student's performance is determined by self-and peer-assessment with a score range of 0-4. After the site visit was completed, students' opinions were netted by questionnaires and interviews. majority of students ( 90%) stated that "assessment model" which seeks optimal is to assess student performance and scientific work ability, improve student engagement in the learning process; affect sense of responsibility, social interaction, trust other students, and a commitment to do the job the better students admitted. understand the assessment criteria, but there are some students who do not like this way and assumed their colleagues are not competent enough to judge, in addition to the problem of "fairness", criticism reduces confidence, and feel bad judge his own friends. In short, the assessment model is quite effective in assessing student performance in the areas of general ecology-based inquiry. It still needs to be modified in the assessment rubrics and assessment strategies.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW Yelli Oktavien; Yaya S. Kusumah; Jarnawi Afgani Dahlan
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36071

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, serta sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen antara lain; tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala sikap siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas dengan level tinggi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Rengat Propinsi Riau dengan responden penelitiannya adalah siswa kelas X sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak kelas dari delapan yang ada. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS 16 uji normalitas dan uji beda dua rerata (uji-t') menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe Jigsaw secara signifikan dapat lebih meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.ABSTRACTThe purpose of this study is examining differences in mathematical problem-solving skills among students who get the Jigsaw cooperative learning and the types of students who received conventional teaching and students' attitudes toward cooperative learning Jigsaw type. The design study is a pretest-posttest control group design. The experimental group gained Jigsaw type of cooperative learning and conventional learning gain control group. To obtain research data used instruments among others; tests of mathematical problem solving ability and scale of attitudes. The research was carried out in high school with a high level. The population of this study were students of SMAN 1 Rengat Riau province with research respondents are students of class X as much as two randomly selected classes from eighth grade there. From the results of processing the data using SPSS 16 normality test and two different test mean (t-test ') indicates that there are differences in mathematical problem-solving skills enhancement students getting Jigsaw type of cooperative learning and students who received conventional learning. It can be concluded that the type of cooperative learning jigsaw model could significantly further enhance mathematical problem solving ability of high school students as compared to conventional learning.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN COMPACT DISK (CD) ANIMASI PERKULIAHAN BIOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KECAKAPAN GENERIK BIOKIMIA TILIKAN RUANG Rafiuddin Rafiuddin; F. M. Titin Supriyanti; Zeily Nurrachman; Liliasari Liliasari
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36105

Abstract

ABSTRAKInteraksi biomolekul yang melibatkan enzim umumnya terjadi dalam biokimia terutama dalam metabolisme protein yang untuk memahaminya memerlukan kecakapan generik biokimia (KGB) tilikan ruang. Penggunaan CD animasi dalam perkuliahan biokimia dapat membantu mahasiswa menguasai KGB tilikan ruang. Namun, belum ada publikasi tentang jenis KGB yang dibutuhkan bagi mahasiswa yang dapat membantu menguasai materi biokimia. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas penggunaan CD animasi perkuliahan biokimia pada materi metabolisme protin untuk meningkatkan penguasaan KGB tilikan ruang bagi mahasiswa. Penelitian ini divalidasi dengan metode eksperimen pretest-postest one group design pada 52 orang mahasiswa calon guru kimia. Data penelitian terdiri atas data pretes, postes, dan %N-gain. Hasil analisis % N-gain untuk seluruh mahasiswa menunjukkan bahwa rata-rata % N-gain KGB tilikan ruang sebesar 93,20 % lebih tinggi dari rata-rata % N-gain KGB pemodelan sebesar 42,98 %. Padahal, jika dilihat dari perolehan skor rata-rata pretes KGB pemodelan lebih tinggi dari skor rata-rata pretes KGB tilikan ruang. Analisis %N-gain pada kelompok kemampuan mahasiswa juga dilakukan yakni pada kemampuan tinggi (8 orang), kemampuan sedang (32 orang), dan kemampuan rendah (12 orang). Hasilnya, menunjukkan bahwa peningkatan %N-gain penguasaan label KGB tilikan ruang yakni kelompok tinggi (99,8%), kelompok sedang (97,06%), dan kelompok rendah (82,55) lebih tinggi dari peningkatan %N-gain label KGB pemodelan yakni kelompok tinggi (46,98%), kelompok sedang (41,05%), kelompok rendah (40,91%). Uniknya, perolehan rata-rata pretes KGB tilikan ruang lebih rendah dari rata-rata pretes KGB pemodelan, tapi justru peningkatan %-N-gainnya lebih tinggi dari KGB pemodelan untuk semua kelompok kemampuan. Dengan demikian, dapat disimpukan bahwa penggunaan media CD animasi yang dikembangkan dalam perkuliahan biokimia efektif meningkatkan pengusaaan KGB tilikan ruang bagi mahasiswa calon guru kimia.ABSTRACTBiomolecular interaction involving enzyme in biochemistry especially protein metabolism need space insight biochemistry generic skills (KGB) to understand. Aplication of animation compact disk (CD) in biochemistry lecture can help student to master the space insight KGB. However, there has been no study on KGB tipe needed by student to  facilitate the mastery in biochemistry matter. This research was aimed to investigate the effectivity of animation CD aplication in biochemistry lecture to improve the mastery of Space Insight KGB. The research was validated by experimental method of pretest-postest one group design on fivety two chemistry preservice teachers.  The research data consisted of pretest-postest and %N-gain. The result of %N-gain analysis for all student showed that  the average of %N-gain space insight KGB was 93,20%; higher than average %N-gain of modelling KGB of 42,98%. Whereas pre-test score of modelling KGB was higher than pre-test average score of space insight KGB. Analysis of %N-gain in student group ability was also carried out namely at high ability (8 students); medium ability (32 students); and low ability (12 students). The result showed the increase of %N-gain of space insight KGB label mastery namely hight group (99,8%), medium group (97,06%), and low group (82,55%) was higher  than the increase of %N-gain of modelling KGB label, namely high group (46,98%), medium group (41,05%), and low group (40,91%). Uniquely, achivement of the pre-test average of space insight KGB was lower than the average of modelling KGB pre-test, and the increase of %N-gain was higher than modelling KGB for all groups. Thus, it could be concluded that application of animation CD in bichemistry lecture effectively improved space insight KGB for chemistry preservice teacher.
PENGARUH PENUGASAN FENETIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BIJI Topik Hidayat; Nono Sutarno; Rini Nuroni Awaliyah
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36079

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa MA kelas X setelah digunakannya penugasan fenetik melalui lembar kerja siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah weak experiment dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Data peningkatan penguasaan konsep siswa diperoleh melalui selisih atau gain skor posstest dan pretest, yang kemudian dihitung gain ternormalisasinya. Respon siswa dan guru tentang penggunaan penugasan fenetik melalui LKS dijaring melalui angket siswa dan wawancara guru. Sampel penelitian adalah kelas X-A di Madrasah Aliyah Darul Arqam Garut tahun pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penugasan fenetik melalui LKS terhadap penguasaan konsep pada keanekaragaman hayati yang diketahui dengan adanya peningkatan penguasaan konsep dengan nilai gain ternormalisasi 0,306 yang berkategori sedang.ABSTRACTThis study aims to determine the increase in students' mastery of concepts MA class X after using phenetic assignment through student worksheets. The research method used was weak study design experiment with OneGroup Pretest-Posttest Design. Data of the increasing students' mastery of concepts was obtained by difference or gain scores posstest and pretest, which was further calculated its normalized-gain. The response of students and teachers on phenetic assignment through worksheets were captured through student questionnaire and teacher interviews. The research sample was XA classes at Madrasah Aliyah Garut Darul Arqam school year 2009/2010. The results showed that there is an influence phenetic assignment through the mastery of concepts worksheets on biodiversity of seed plant as the increasing of concept’s mastery with normalized-gain value 0.306 , which is categorized as moderate.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMP DI KOTA BANDA ACEH M. Ikhsan
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v17i2.36072

Abstract

ABSTRAKPenguasaan siswa terhadap materi geometri hingga saat ini masih rendah sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar geometri. Salah satu faktor penyebab rendahnya penguasaan siswa adalah faktor pembelajaran. Pembelajaran geometri secara konvensional tidak mempertimbangkan perbedaan kemampuan siswa dalam geometri. Oleh karena itu, untuk memandu pengajaran geometri, perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran berbasis teori van Hiele yang dapat melayani kebutuhan semua siswa yang bervariasi dalam kemampuan geometrinya. Pengembangan model pembelajaran pada penelitian ini mengacu pada pada model umum masalah pendidikan dari Plomp, yang meliputi: fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi, dan fase implementasi. Pada penelitian ini, pengembangan hanya sampai pada fase keempat. Berdasarkan hasil pengembangan, diperoleh model pembelajaran berbasis teori van Hiele beserta perangkatnya yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan, efektif, sehingga model ini merupakan model pembelajaran yang memiliki kualitas baik. Sintak model pembelajaran ini meliputi: orientasi pembelajaran, diskusi kelompok, diskusi kelas, integrasi, dan evaluasi.ABSTRACTNowadays, students’ proficiency in geometry is still not sufficient; therefore, many students experience difficulties in learning geometry. One of factors that contribute to the students’ low proficiency is learning factor. A conventional learning of geometry does not take the differences of students’ ability in geometry into account. Thus, to conduct geometry lessons, it is essential to develop a van Hiele-based learning model that can serve different ranges of students’ need for their geometry competence. The development of learning model in this research refers to the general model of education matters by Plomp, which include several phases: initial investigation, designing, realization, testing, evaluation and revision, and implementation. In this research, the development was only until the fourth phase. According to the results, a valid, practical and effective van Hielebased learning model and its instruments has been developed; therefore, this model is considered as having a good quality. The steps of the learning model consist of: learning orientation, group discussion, integration, and evaluation.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 27, No 2 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 2, 2022 Vol 27, No 1 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 1, 2022 Vol 26, No 2 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 2, 2021 Vol 26, No 1 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 1, 2021 Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012 Vol 25, No 2 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 2, 2020 Vol 25, No 1 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 1, 2020 Vol 25, No 2 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2020 Vol 25, No 1 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2020 Vol 24, No 2 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 2, 2019 Vol 24, No 1 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 1, 2019 Vol 24, No 1 (2019): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2019 Vol 23, No 2 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 2, 2018 Vol 23, No 1 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 1, 2018 Vol 23, No 2 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2018 Vol 23, No 1 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2018 Vol 22, No 2 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 2, 2017 Vol 22, No 1 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 1, 2017 Vol 22, No 2 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2017 Vol 22, No 1 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2017 Vol 21, No 2 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 2, 2016 Vol 21, No 1 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 1, 2016 Vol 20, No 2 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 2, 2015 Vol 20, No 1 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 1, 2015 Vol 19, No 2 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 2, 2014 Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014 Vol 18, No 2 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 2, 2013 Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013 Vol 17, No 1 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 1, 2012 Vol 16, No 2 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 2, 2011 Vol 16, No 1 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 1, 2011 Vol 15, No 2 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 2, 2010 Vol 15, No 1 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 1, 2010 Vol 14, No 2 (2009): JPMIPA: Volume 14, Issue 2, 2009 Vol 13, No 1 (2009): JPMIPA: Volume 13, Issue 1, 2009 Vol 12, No 2 (2008): JPMIPA: Volume 12, Issue 2, 2008 Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008 Vol 9, No 2 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 2, 2007 Vol 9, No 1 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 1, 2007 Vol 8, No 2 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 2, 2006 Vol 8, No 1 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 1, 2006 Vol 6, No 2 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 2, 2005 Vol 6, No 1 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 1, 2005 Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004 Vol 5, No 1 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 1, 2004 Vol 4, No 2 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 2, 2003 Vol 4, No 1 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 1, 2003 Vol 3, No 1 (2002): JPMIPA: Volume 3, Issue 1, 2002 Vol 2, No 2 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 2, 2001 Vol 2, No 1 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 1, 2001 Vol 1, No 1 (1993): JPMIPA: Volume 1, 1993 More Issue