cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengajaran MIPA
ISSN : 14120917     EISSN : 24433616     DOI : -
Core Subject :
Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education Universitas Pendidikan Indonesia (FPMIPA-UPI) in association with Indonesian Society for Science Educators (JPII), twice a year in April and October with 16 articles per number or 32 articles per year.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004" : 5 Documents clear
STUDI AWAL PENUMBUHAN LAPISAN TIPIS GAN DENGAN TEKNIK SPIN-COATING Rusdiana, Dadi; Suhandi, Andi; Tayubi, Yuyu R.
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v5i2.35660

Abstract

GaN merupakan material semikonduktor yang memiliki nilai celah pita energi (Eg ) sekitar 3,45 eV pada temperatur ruang dengan struktur transisi langsung. Keadaan ini membuat GaN sangat potensial untuk aplikasi divais optoelektronik yang beroperasi para rentang panjang gelombang UV. Dalam studi ini telah dilakukan uji penumbuhan lapisan (GaN) di atas  substrat Si (100) dan Al2O3 (0001) dengan teknik  sol-gel spin-coating dengan menggunakan kristal gallium-citrate-amine sebagai prekursor Ga. Teknik ini tergolong sederhana, mudah pengoperasiannya dan relative murah. Hasil karakterisasi lapisan GaN yang berhasil ditumbuhkan menunjukkan bahwa baik yang ditumbuhkan di atas substrat  Si (100) maupun  Al2O3 (0001) masih memiliki struktur polikristal.  Kualitas morfologi lapisan GaN masih relatif rendah, dengan ketebalan rata-rata berkisar antara 1-1,5 m. Nilai celah pita energi lapisan GaN yang ditumbuhkan di atas Al2O3 (0001) berdasarkan hasil karakterisasi UV-Vis spectroscopy adalah sekitar 3.20 eV. Nilai ini masih sedikit lebih rendah dari nilai idealnya.
PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBEKALAN KEMAMPUAN CALON GURU KIMIA DALAM BIDANG PENILAIAN PEMBELAJARAN Nahadi, Nahadi
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v5i2.35661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan calon guru kimia di bidang penilaian. Metode penelitian menggunakan desain Research and development yang dilakukan dengan empat tahap, yaitu 1) studi pendahuluan; 2) perancangan program; 3) pengembangan program; dan 4) validasi program. Studi pendahuluan dilakukan pada awal kegiatan penelitian dengan menggunakan berbagai sumber di lapangan dan kajian kepustakaan. Perancangan program dilakukan dengan menyiapkan program pembelajaran berupa silabi mata kuliah, SAP, bahan ajar, media, dan alat evaluasi. Program yang telah dirancang kemudian dikembangkan dengan cara judgment, ujicoba dan revisi. Dari hasil pengembangan kemudian akan diperoleh produk hipotetik program yang diuji efektivitasnya.Hasil Pengembangan program dan perangkatnya menunjukkan bahwa program hipotetik memiliki perangkat tes dengan rata-rata validitas sedang, reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran sedang dan daya beda berfungsi dengan baik.
BEBERAPA HASIL PENELITIAN YANG MENGGUNAKAN TEORI APOS PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR (ALJABAR ABSTRAK) Nurlaelah, Elah
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v5i2.35652

Abstract

Teori APOS adalah suatu teori yang merupakan perluasan dari teori Piaget pada bagian reflektif abstraksi yang diterapkan pada kurikulum matematika Perguruan Tinggi. Kerangka Penelitian berdasarkan Teori APOS telah dikembangkan sebagai suatu mekanisme yang dapat digunakan untuk memeriksa dan menjelaskan berfikir matematika tingkat tinggi mahasiswa. Artikel ini mengupas penelitian-penelitian yang dilakukan oleh RUMEC (Research in Undergraduate Mathematics Education Community) tentang penggunaan Teori APOS dalam pembelajaran Struktur Aljabar. Pembelajaran berdasarkan teori APOS dapat meningkatkan ketertarikan dan semangat mahasiswa pada matematika, yang merupakan hal yang potensial dimana hal ini akan memberikan keuntungan yang baik dalam segi akademik. Disamping itu mahasiswa cenderung memberikan perhatian yang khusus pada pembelajarannya.
PERANAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERJA ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KPS SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM MELALUI KEGIATAN “PILOTING” DI SMA Sriyati, Siti
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v5i2.35653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains (KPS) siswa melalui pembelajaran berbasis kerja ilmiah pada konsep Ekosistem yang dilaksanakan pada kegiatan piloting di SMA. Kegiatan piloting adalah kegiatan kerjasama antara FPMIPA UPI dengan pihak JICA melalui  Project IMSTEP JICA yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran MIPA di sekolah. Penelitian dilaksanakan di dua sekolah yang berlokasi di Kota Bandung dan Lembang masing-masing satu kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Adapun materi Ekosistem yang pilih pada penelitian ini terdiri dari materi Aksi Interaksi dan Pencemaran Air. Instrumen penelitian meliputi: lembar observasi kinerja siswa pada waktu praktikum, soal-soal KPS dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada praktikum aksi interaksi dan pencemaran air kemampuan siswa dalam melaksanakan semua tahapan percobaan secara umum sudah baik, kelemahan masih terjadi pada kemampuan mengendalikan variabel penentu keberhasilan percobaan. Akan tetapi pada percobaan Pencemaran air kemampuan mengendalikan variabel ini mengalami peningkatan. Kemampuan KPS siswa secara umum menunjukkan perbedaan secara signifikan dari pretest ke posttest. Dari angket siswa diketahui bahwa telah terjadi perubahan metode guru mengajar dari yang biasa ceramah dan demonstrasi menjadi sering praktikum pada semester ini. Dan siswa merasa bahwa metode praktikum berpengaruh baik terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa.
PROFIL KEPRIBADIAN KREATIF DAN MOTIVASI SISWA DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI DI SMU Solihat, Rini; Wirjosoemarto, Koesmadji; Sumarno, Unang
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v5i2.35655

Abstract

Praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang memuat semua aspek pembelajaran mulai dari kognitif, afektif dan psikomotor. Kenyataan di lapangan menunjukkan hanya aspek kognitif saja yang selama ini dijadikan sebagai bahan pengkajian pelaksanaan dan penilaian kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap profil kepribadian kreatif dan motivasi siswa yang termasuk aspek non kognitif dalam kegiatan praktikum. Penelitian di lakukan di SMUN 3 Kota Bandung. Penelitian dilakukan dengan metode dskiptif kualitatif dan deskriptif inquiry yang berdasarkan pada analisis interpretasi kualitatif alamiah. Temuan penelitian menunjukkan Derajat profil kepribadian kreatif dan sikap kreatif serta motivasi belajar siswa termasuk kategori sedang. Untuk kepribadian kreatif diperoleh informasi jumlah siswa yang menempati kategori sedang yaitu sebanyak 73,34 %, sikap kreatif sebanyak 68,89 %, dan motivasi belajar siswa sebanyak 71,11 %. Dari hasil penelitian juga diungkapkan bahwa ciri kepribadian kreatif yang cenderung dimiliki siswa adalah rasa ingin tahu (65,78 %), sementara sikap kreatif yang paling sesuai adalah peka terhadap lingkungan (88,86 %) dan motivasi belajar yang paling banyak dimiliki adalah ciri durasi kegiatan (57,78 %).

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2004 2004


Filter By Issues
All Issue Vol 27, No 2 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 2, 2022 Vol 27, No 1 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 1, 2022 Vol 26, No 2 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 2, 2021 Vol 26, No 1 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 1, 2021 Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012 Vol 25, No 2 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 2, 2020 Vol 25, No 1 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 1, 2020 Vol 25, No 2 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2020 Vol 25, No 1 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2020 Vol 24, No 2 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 2, 2019 Vol 24, No 1 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 1, 2019 Vol 24, No 1 (2019): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2019 Vol 23, No 2 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 2, 2018 Vol 23, No 1 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 1, 2018 Vol 23, No 2 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2018 Vol 23, No 1 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2018 Vol 22, No 2 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 2, 2017 Vol 22, No 1 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 1, 2017 Vol 22, No 2 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2017 Vol 22, No 1 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2017 Vol 21, No 2 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 2, 2016 Vol 21, No 1 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 1, 2016 Vol 20, No 2 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 2, 2015 Vol 20, No 1 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 1, 2015 Vol 19, No 2 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 2, 2014 Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014 Vol 18, No 2 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 2, 2013 Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013 Vol 17, No 1 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 1, 2012 Vol 16, No 2 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 2, 2011 Vol 16, No 1 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 1, 2011 Vol 15, No 2 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 2, 2010 Vol 15, No 1 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 1, 2010 Vol 14, No 2 (2009): JPMIPA: Volume 14, Issue 2, 2009 Vol 13, No 1 (2009): JPMIPA: Volume 13, Issue 1, 2009 Vol 12, No 2 (2008): JPMIPA: Volume 12, Issue 2, 2008 Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008 Vol 9, No 2 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 2, 2007 Vol 9, No 1 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 1, 2007 Vol 8, No 2 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 2, 2006 Vol 8, No 1 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 1, 2006 Vol 6, No 2 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 2, 2005 Vol 6, No 1 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 1, 2005 Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004 Vol 5, No 1 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 1, 2004 Vol 4, No 2 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 2, 2003 Vol 4, No 1 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 1, 2003 Vol 3, No 1 (2002): JPMIPA: Volume 3, Issue 1, 2002 Vol 2, No 2 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 2, 2001 Vol 2, No 1 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 1, 2001 Vol 1, No 1 (1993): JPMIPA: Volume 1, 1993 More Issue