cover
Contact Name
Choiria Anggraini
Contact Email
choiriaanggraini@telkomuniversity.ac.id
Phone
+6231-5678478
Journal Mail Official
nangkris@ukwms.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
KOMUNIKATIF
ISSN : 25976699     EISSN : 25976699     DOI : https://doi.org/10.33508/jk
Core Subject : Education, Social,
Komunikatif publishes article from selected topics in communication studies; those are media studies, public relation, and human communication.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2013)" : 6 Documents clear
Pemaknaan Pasangan Suami lstri yang Baru Menikah (Early Married) terhadap Keluarga Sejahtera lndonesia pada N C KB BKKBN Versi Shireen Sungkar dan Tengku Wisnu Anastasia Yuni W; Theresia Intan HP
KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jk.v2i2.1686

Abstract

Tujuan produksi media dan pemaknaan masyarakat seringkali tidak menemukan titik temu. Dalam kaitan inilah, penelitian "Pemaknaan Pasangan Suami lstri Yang Baru Menikah (Early Married) Terhadap Keluarga Sejahtera lndonesia pada TVC KB BKKBN Versi Shireen Sungkar dan Tengku Wisnu" dilaksanakan. Berusaha untuk mengetahui bagaimana pasangan suami istri dalam memaknai keluarga sejahtera. Menggunakan reception analysis sebagai metode yang digunakan penelitian ini menghasilkan data bahwa masyarakat masih belum mendapatkan pesan utama dari TVC tersebut Masyarakat masih memaknai WC tersebut sebagai bentuk iklan biasa seperti iklan yang lainnya. Tujuan utama untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat masih belum tercermin dari diskusi selama FGD. TVC tersebut masih berkutat soal symbol dan mitos mengenai sejahtera dari kacamata masyarakat yang berkecukupan secara ekonomi. Pemaknaan simbol masih berkutat pada kelas sosial.
Demokrasi dan Pertumbuhan Budaya Etnik Tionghoa di Kota Surabaya Pasca Orde baru Garry Renata Indrakusuma; Putra Aditya Lapalelo; Nathanael Chandra Agust
KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jk.v2i2.1687

Abstract

lnstruksi Presiden (Inpres) No. 1411967 yang dikeluarkan oleh Presiden Soeharto pada masa Orde Baru menyatakan larangan bagi masyarakat Tionghoa di lndonesia menjalankan acara-acara keagamaan, kepercayaan dan adat-istiadat, dan menggunakan aksara Tionghoa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam atmosfir politik seperti itu, budaya etnik Tionghoa mengalami kemandekan. lbarat bibit tanaman, budaya etnik Tionghoa tidak dapat tumbuh. Kebijakan politik seperti itu bukan hanya membuat masyarakat Tionghoa menjadi takut menggunakan dan menunjukkan identitas ke-Tionghoaannya. Lebih dari itu banyak di antara mereka tumbuh menjadi manusia-manusia hipokrit yang mengingkari kodrat dan takdirnya dilahirkan sebagai orang Tionghoa. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 612000, lnpres No. 1411967 itu dicabut oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). lnilah tonggak dari perubahan politik kebudayaan, pemerintah mengakui eksistensi budaya etnik Tionghoa dan menetapkan Hari Raya lmlek sebagai hari libur nasional. Penelitian ini akan memaparkan hasil wawancara dengan beberapa nara sumber kunci tokoh Tong Hoa di Surabaya terkait pertumbuhan dan perkembangan budaya etnik Tonghoa pasca pencabutan lnpres No. 141 1967. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, kami akan melakukan wawancara mendalam (depth interview) terhadap sejumlah tokoh dari kelompok pengamat maupun pelaku budaya, khususnya pelaku budaya etnik Tionghoa dengan menggunakan struktur pertanyaan terbuka (open questioner).
Website lnstitusi Pendidikan sebagai Sumber lnformasi dalam Menentukan Keputusan Orang Tua untuk Memilih Pendidikan di Jenjang Perguruan Tinggi Finsensius Yuli Purnama; Yuli Nugraheni
KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jk.v2i2.1683

Abstract

Penggunaan website oleh Perguruan Tinggi telah menjadi salah satu media informasi yang banyak digunakan di berbagai institusi. Salah satu perguruan Tinggi yang rnenggunakannya adalah Universitas Katolik Widya Mandala dengan alamat web www.wima.ac.id. Penelitian ini ingin melihat bagaimana peran dari media website tersebut dalam proses penentuan keputusan calon mahasiswa dengan menggunakan kerangaka BIWAM. Dengan menggunakan metode FGD, peneliti melakukan diskusi terkait penggunaan website tersebut dengan para orang tua mahasiwa yang asumsinya berperan penting bagi pengambilan keputusan anak. Hasilnya menunjukkan bahwa website bagi orang tua lebih bersifat melengkapi sarana promosi yang konvensional. Selain itu, beberapa masukan dan kritik juga dapat dijadikan masukan bagi pengembangan website
Framing Media atas Pemberitaan Anas Urbaningrum dan Politik Para Sengkuni Muhammad Fadeli
KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jk.v2i2.1688

Abstract

Penyebaran berita melalui media massa merupakan proses awal dari pembentukan pendapat umum. Ketepatan dalam penyampaian berita dan informasi akan membentuk "konsensus" khalayak. Selanjutnya bagaimana peran media massa dalam penyampaian pemberitaan yang berkaitan dengan adanya kasus Anas Urbaningrum sehingga media massa memiliki andil dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap pemberitaan tersebut. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa media massa berperan penting dalam ha1 membentuk opini. Media massa mempunyai peran membentuk pengertian khalayak. Berkaitan dengan isi berita tersebut penulis mencoba melihat bagaimana media membingkai (framing) dalam memberitakan kasus "Anas Urbaningrum dan politik para sengkuni". Penulis meneliti pemberitaan pada halaman pertama surat kabar Jawa Pos dan Kompas. Pandangan ini didasarkan pada anggapan bahwa pada umumnya ketika akan membaca atau membeli sebuah surat kabar, yang pertama dilihat adalah headline atau bagian halaman depan. Pada penelitian ini. Metode analisa data yang digunakan penulis adalah konsep framing Pan dan Kosicki. Pan dan Kosicki membagi perangkat framing menjadi empaf struktur besar. Yaitu, sintaksis (cara wartawan menyusun fakta), struktur skrip (cara wartawan mengisahkan fakta), struktur tematik (cara wartawan menulis fakta), dan struktur retoris (cara wartawan menekankan fakta).
Pengaruh Slogan, Model, dan Repetisi lklan terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor pada Ibu dalam Keluarga Maria Yuliastuti; Anastasia Yuni W.
KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jk.v2i2.1684

Abstract

Pertumbuhan penjualan sepeda motor di lndonesia menurut data terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Disisi lain, kebutuhan rumah tangga akan kendaraan bermotor juga semakin tak terhindarkan lag;. Berbagai factor menjadi pemicu kenaikan ini diantaranya adalah adalah pengaruh iklan dan ibu sebagai pengambil keputusan dalam rumah fangga. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk memberikan jawaban mengenai pertanyaan penelitian yaitu bagaimana pengaruh slogan, model dan repefisi iklan terhadap keputusan pembelian kendaraan berrnotor pada ibu dalam keluarga. Untuk menjawab permasalahan penelitian ini digunakan program SPSS dengan teknik analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda, koefisian determinasi berganda, koefisian korelasi berganda dan koefisian korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa slogan memiliki pengaruh yang sangat kuat dan signifikan dalam keputusan pembelian yang ditunjukkan 80% dari sample setuju dan sangat setuju. Sedangkan model iklan menempati urutan kedua sebesar 70% sebagai factor pengaruh. Berikutnya 60% setuju dan sangat setuju bahwa repetisi iklan mempunyai pengaruh dalam keputusan pembelian. Mengenai peran ibu dalam pengambilan keputusan menunjukkan bahwa 80% setuju bahwa ibu mempunyai pengaruh yang sangat signifikan dan kuat dalam pengambilan keputusan pembelian sepeda motor dan rnobil dalam keluarga.
Kampanye Safety Riding dalam Meningkatkan Tertib Berlalu Lintas Bagi Komunitas Bikers di Surabaya Fitria Widiyani Roosinda
KOMUNIKATIF : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33508/jk.v2i2.1685

Abstract

Pertumbuhan pengguna sepeda motor dari waktu ke waktu semakin meningkat, sedangkan disatu sisi kesadaran pengendara motor untuk tertib berkendara belum sepenuhnya baik sehingga tidak mengherankan ketika angka kecelakaan dijalan raya yang terbanyak justru adalah pengendara sepeda motor. Unfuk mengurangi terjadinya kecelakaan sepeda motor, dibuatlah program safety riding yang tujuannya menyadarkan para pengendara motor supaya tertib berkendara. Sasaran utama kampanye ini adalah para pengendara roda dua dan pada penelitian ini difokuskan pada komunitas pengendara roda dua yang saat ini banyak di Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Surabaya karena selain Surabaya digunakan sebagai sample city pelaksanaan safety riding juga karena Surabaya merupakan kota dengan angka kecelakaan lalu lintas tertinggi. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan Focus Group Discussion dan wawancara mendalam terhadap komunitas bikers di Surabaya lalu kemudian data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif

Page 1 of 1 | Total Record : 6