cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 15, No 1 (2015)" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MODUL PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM KEMUDI Setiabudi, Renggi; Yudiono, Heri
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara learning cycle 5E berbantuan modul dan model pembelajaran  ekspositori  pada  kompetensi  memperbaiki  sistem  kemudi.  Penelitian  ini  menggunakan  jenis penelitian  quasy  experiment  dengan  pola  nonequivalent  control  group  design,  menggunakan  tes  sebagai  alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII TKR SMK Texmaco Pemalang tahun ajaran 2013/2014 menempuh kompetensi memperbaiki sistem kemudi yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 70 siswa. Penentuan sampel diambil dengan metode purposive sampling, kelas XII TKR 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas XII TKR 2 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 36 siswa. Rata – rata hasil studi kompetensi memperbaiki sistem kemudi pada kelompok eksperimen yang semula 59,85 menjadi 84,71 atau terjadi peningkatan sebesar 41,52%, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata –rata sebesar 62,86 menjadi 72,97 atau terjadi peningkatan sebesar 16,08%.
EVALUASI HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGAMBAR RODA GIGI LURUS MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Khumaedi, Muhammad
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengevaluasi hasil belajar kompetensi menggambar roda gigi lurus mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang dan mengetahui perbedaan hasil belajar kompetensi menggambar roda gigi lurus mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Atas. Penelitian dilakukan menggunakan survei dengan sampel keseluruhan yang berjumlah 51 mahasiswa, yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan 36 mahasiswa dan yang dari Sekolah Menengah Atas 15 mahasiswa. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan mendapatkan hasil belajar kompetensi menggambar roda  gigi  lurus  mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang adalah dalam kategori  baik  dan  tidak  ada  perbedaan  hasil  belajar  kompetensi  menggambar  roda  gigi  lurus  mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Atas.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KOMPETENSI MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN Wardhana, Riendy; ., Murdani; Sumbodo, Wirawan
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain model Make a Match pada mata pelajaran memahami dasar-dasar mesin, serta membuktikan adanya peningkatan prestasi belajar memahami dasar-dasar mesin setelah diterapkan model pembelajaran Make a Match. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan setiap siklusnya meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal dari pre-test, siklus I, dan siklus II. Pada kegiatan pre-test, siswa yang tuntas hanya 17 siswa atau 53,125%. Selanjutnya pada siklus I, siswa yang termasuk dalam kategori tuntas meningkat menjadi 23 siswa atau 71,875%. Hal ini berarti  mengalami peningkatan sebesar 18,75% dari pre-test. Kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 84,375% atau 27 siswa tuntas KKM. Berarti dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Dari penjelasan di atas bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match efektif untuk meningkatkan kompetensi memahami dasar-dasar mesin.
DESAIN DAN PENERAPAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI MEMELIHARA/SERVIS SISTEM AC Arifin, Achmad; ., Ramelan; Rubai Wijaya, M. Burhan
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan media berbasis adobe flash professional cs5 untuk meningkatan nilai siswa pada pembelajaran kompetensi memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Demak yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 103 siswa. Sampel diambil dengan metode purposive sample, kemudian diperoleh 2 kelas, 1 kelas sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 34 siswa dan 1 kelas sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa antara  sebelum  menerapkan  dan  setelah  menerapkan  media  berbasis  adobe  flash  professional  cs5.  Kelas eksperimen memiliki rata-rata pre test sebesar 56,07 dan kelas kontrol 57,54. Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan awal dari masing-masing kelas terlihat sama. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dicari melalui post test dan didapatkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,13 dan kelas kontrol sebesar 69,80.
PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR PROYEKSI EROPA Al Khadik, M. Nur; Eko, Budiarso; Widayat, Widi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan LKS bergambar melalui model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar membaca gambar proyeksi Eropa, serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi dengan menggunakan LKS bergambar melalui model pembelajaran langsung bergambar disertai teks dibandingkan dengan menggunakan media konkret. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group pre test-post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Negeri 3 Semarang. Sampel diambil secara acak dan didapat siswa kelas X TKR3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar membaca gambar proyeksi yang dipe- roleh kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 22,47, yang mulanya 53,2 menjadi 75,67. Sedangkan rata- rata nilai kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 11,67, yang mulanya 53,5 menjadi 65,17. Dari hasil uji ana- lisis juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi Eropa setelah menggunakan LKS bergambar melalui model pembelajaran langsung sebesar 10,8.
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENDINGIN Sochibul Hilal, Achmad; ., Soesanto; ., Wahyudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui hasil belajar sistem pendingin dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta keefektifannya terhadap peningkatan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N Jambu tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 4 kelas, dan sampel yang digunakan adalah kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI TKR 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKR 3 sebagai kelas uji coba. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan  pendekatan  static  group  comparison,  menggunakan  tes  sebagai  alat  pengumpul  data.  Hasil  analisis deskriptif diketahui bahwa hasil pre-test dan post-test pada kedua kelompok penelitian mengalami peningkatan. Selisih   peningkatan   hasil   belajar   pada   model   pembelajaran   kooperatif   tipe   STAD   lebih   besar   daripada pembelajaran langsung (21,86 > 14,01), maka hasil belajar sistem pendingin siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N Jambu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.
RELEVANSI SARANA LABORATORIUM OTOMOTIF DI SMK DENGAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI DI KOTA SEMARANG Hendi Topang, Muhammad; ., Sunyoto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  ketersediaan  sarana  laboratorium  otomotif  di  SMK, ketersediaan  sarana  yang berada  di  DUDI (Dunia usaha dan industri),  dantingkat  ketersediaan sarana  di SMK dengan sarana di DUDI khususnya pada teknik kendaraan ringan atau mobil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Tahap analisis data meli- puti reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keter- sediaan sarana laboratorium otomotif SMK di Kota Semarang yang mampu mendekati dengan DUDI hanya perleng- kapan lain, tetapi secara umum ketersediaan sarana laboratorium/bengkel otomotif di DUDI memiliki persentase yang jauh lebih tinggi dibandingkan SMK yaitu 92,44%, sedangkan sarana yang ada di SMK memiliki persentase72,30% dengan selisih 20,14%.
IMPLEMENTASI KURIKUKULUM 2013 PADA PAKET KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK N SE KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/ 2015 Prasetyo, Bagus; Dwi Rahardjo, Winarno
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi Kurikulum 2013 untuk komponen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil belajar pada Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Sasaran penelitian ini adalah seluruh guru Paket Keahlian Teknik Pemesinan, Waka. Kurikulum, dan beberapa siswa Paket Keahlian Teknik Pemesinan di SMK N se Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/ 2015 yang menggunakan Kurikulum 2013. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas korelasi produk moment  dan  uji  reliabilitas  alpha  cronbach.  Untuk  analisis  data  menggunakan  deskriptif  persentase.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk komponen perencanaan, semua guru sudah membuat perencanaan dengan sangat baik. Untuk komponen pelaksanaan pembelajaran diketahui bahwa guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik, dan menerapkan pendekatan saintifik dengan baik. Untuk komponen evaluasi hasil belajar guru sudah melakukannya dengan sangat baik
PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PENGELASAN Dwija Permana, Prastian; ., Basyirun
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menerapkan kuri- kulum 2013 dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan rancangan Purposive Control Group Pre test-Post test Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMK N 1 Sedan Rembang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X TKR 1 pembelajarannya menggunakan kurikulum 2013 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 4 sebanyak 31 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional sebagai  kelas kontrol.  Data  hasil belajar kemudian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji t (independent samples test) diperoleh nilai t hitung pada data post-test kelas eksperimen dan kelas control dengan uji t diperoleh nilai t hitung =3,21 >t tabel = 2,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada kedua kelas dan penerapan kurikulum 2013 lebih baik dari pada dengan model konvensional, serta hasil belajar siswa pada materi pengelasan yang menggunakan kurikulum 2013 lebihbaik dari pada pembelajaran konvensional pada kelas Teknik Kendaraan Ringan.
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EDUCATION GAME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMELIHARA TRANSMISI OTOMATIS DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA Budi Rahayu, M. Eko; ., Masugino
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 15, No 1 (2015)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media berbasis education game pada kompetensi memelihara transmisi otomatis dan komponen-komponennya dibandingkan dengan siswa yang tidak diajar menggunakan media education game. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian quasi- experimental dan pendekatan non-randomized control group pre test-post test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pekalongan. Sampel penelitian di peroleh dengan cluster sampling yaitu siswa kelas XI TKR 1 dan 2 yang berjumlah 65 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis education game hasil belajarnya tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang diajarkan tanpa media berbasis education game.

Page 1 of 1 | Total Record : 10