cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2019)" : 22 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN JOB SHEET BERBASIS DEMONSTRASI TERHADAP HASIL MENGASAH PAHAT BUBUT RATA KANAN DAN HASIL PEMBUBUTAN RATA Apriyanto, Rahmat; Yudiono, Heri
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan job sheet berbasis demonstrasi terhadap hasil mengasah pahat bubut rata kanan dan hasil pembubutan rata serta mengetahui hubungan antara hasil mengasah pahat bubut rata kanan dan hasil pembbutan rata. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimental desain dengan desain penelitian Pretest – Postest control grup design dengan subyek penelitian mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang menempuh mata kuliah praktik pemesinan bubut 1 berjumlah 40 mahasiswa kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yang berupa Cluster Sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil mengasah pahat dan tes hasil pembubutan kemudian data dianalisis menggunakan uji hipotesis yakni uji t berupa independen simple t-test dan pearson corelation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan job sheet berbasis demonstrasi memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar praktikum pemesinan bubut 1.  Hasil uji hipotesis posttest menunjukan nilai t hitung mengasah pahat bubut rata kanan sebesar 3,815 dan untuk pembubutan rata sebesar 2,217 sehingga lebih besar dari ttabel (1,686) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan job sheet berbasis demonstrasi memiliki pengaruh yang signifikan.  Peningkatan hasil praktik pada kelas eksperimen untuk kompetensi mengasah pahat bubut rata kanan meningkat sebesar 46,67% dan untuk kompetensi membubut rata sebesar 12,93%. Hasil mengasah pahat bubut rata kanan dan hasil pembubutan rata memiliki hubungan positif sebesar 0,282 atau dikategorikan memiliki hubungan yang rendah.
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DESAIN PRODUK MELALUI METODE DRILL DENGAN STRATEGI MENGGUNAKAN AMPLOP Sumaryati, Sumaryati
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode drill dengan strategi menggunakan amplop dapat meningkatkan minat belajar desain produk bagi peserta didik  kelas X Kriya Tekstil 1 SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dirancang menggunakan 2 siklus. Data diambil dari hasil tes dan observasi. Hasil belajar menunjukkan minat belajar desain produk  dengan metode drill dengan strategi menggunakan amplop mengalami peningkatan, dari kondisi awal prosentase jumlah peserta didik yang tuntas (telah memenuhi KKM) sebesar 57,58 % meningkat pada Siklus I yang tuntas belajar 75,76 % dan pada kondisi akhir siklus II menjadi 84,85  %. Perubahan perilaku siswa lebih aktf dan termotivasi serta terjadi peningkatan minat dalam mengikuti pelajaran.
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR OTOMOTIF KOMPETENSI ENGINE 2 DAN 4 LANGKAH MELALUI MODEL PENGAJARAN TERARAH Sukaryo, Agus
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kenyataan, dimana hasil belajar TDO kelas X TKR 2 dibawah  kriteria  ketuntasan klasikal ideal yang ditetapkan sebesar 80 % diatas KKM sebesar  ≥76 atau daya serap perorangan sebesar 76 %. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskripsi komparatif dengan membandingkan nilai tes awal dan tes antar siklus dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Sedangkan hasil observasi dan refleksi yang dianalisis dengan diskripsi kualitatif dilakukan secara kolaboratif. Hasil analisis data, dinyatakan: 1). Kondisi awal, bahwa daya serap klasikal yang merupakan hasil belajar sebesar 56,76%. 2). Pada Siklus 1, daya serap klasikal sebesar 78,38% yang berarti masih dibawah ketuntasan. 3). Pada Siklus 2, bahwa daya serap klasikal sebesar 89,19% berada diatas ketuntasan kelas yang ditetapkan yaitu 80%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi Engine 2 dan 4 langkah dengan menerapkan model pengajaran terarah pada siswa kelas X TKR 2 SMK Negeri 1 Warureja Tegal.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN WHEEL ALIGNMENT Susilo, Muhammad Aji; Suwahyo, Suwahyo
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMK Negeri 2 Surakarta pada pembelajaran wheel alignment ditunjang oleh media pembelajaran berbasis aplikasi android. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan  Evaluate). Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Hasil penelitian berupa media pembelajaran aplikasi android dibuat dengan software online MIT App Inventor. Media pembelajaran aplikasi android mendapatkan penilaian layak dari ahli materi serta ahli media serta tanggapan sangat positif dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar kognitif secara signifikan pada kelas eksperimen yang terbukti oleh hasil thitung (63,3) > ttabel (2,045) dengan taraf signifikansi 0,5. Hasil penelitian ini juga menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,71 (nilai gain) dengan kriteria tinggi. Nilai gain tersebut lebih besar dibandingkan nilai gain pada kelas kontrol yang sebesar 0,55 dengan kriteria sedang.
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI DAN MEMELIHARA SISTEM REM Samsi, Aji Nur
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami dan memelihara sistem rem siswa kelas XI Teknik Kendararaan Ringan di SMK Negeri 3 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 dan sampel diambil menggunakan teknik random sampling dengan ketentuan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen diberikan. Analisis data menggunakan uji hipotesis (uji-t). Dimana hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,28 sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 82,64. Ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan nilai thitung sebesar 2,47 > nilai ttabel sebesar 2,00. Data tersebut menunjukan adanya pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dibuktikan dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMBUATAN PERHIASAN MATERI PROSES PEMATRIAN LOGAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE Cahyaning Furqon, Muhammad Eko
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XI Logam 1 SMK Negeri 2 Adiwerna yang terpantau cukup rendah, dimana pada kondisi awal terpantau aktivitas peserta didik kurang bergairah dan bersemangat pada saat  mengikuti mata pelajaran Pembuatan Perhiasan. Subyek penelitian adalah peserta didik Kelas XI Logam 1 yang berjumlah 33 peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data meliputi hasil tes tertulis, dan lembar pengamatan. Hasil penerapan model pembelajaran Example Non Example menunjukkan perubahan aktivitas dan hasil belajar yang meningkat pada peserta didik, dimana kondisi awal menunjukkan ketuntasan klasikal hanya 33.3 %, dan hasil Siklus I menjadi 69.69 % dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 93.93 %. Dari data yang dihimpun, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan signifikan
PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGAMBAR 2 DIMENSI GAMBAR HOLDER TUBE MENGGUNAKAN AUTOCAD ANTARA PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL Wicaksono, Axol; Sudarman, Sudarman
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji  perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran AutoCAD kompetensi menggambar Holder Tube, setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media video AutoCAD dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola pre test – post test group design, yaitu adanya pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol yang semula 66,35 meningkat menjadi 77,65 sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar yang semula 65,24 meningkat menjadi 81,00.  Uji perbedaan hasil belajar pada pembelajaran konvensional dan pembelajaran media video diuji menggunakan uji t dengan thitung adalah 4,48568 dengan ttabel = 1,69 (thitung > ttabel) pada α = 5 % dengan dk = 32. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran  media video tutorial berbeda dengan pembelajaran konvensional pada kompetensi menggambar 2 dimensi gambar holder tube pada siswa kelas XI TKKB SMK Negeri 10 Semarang
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROGRAM PRODUKTIF MENGACU KURIKULUM 2013 PADA KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN Rhiskianto, Rhiskianto; Raharjo, Winarno Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran produktif mengacu 2013 yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada paket keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Adiwerna dan SMK Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sasaran pelaksanaan penelitian adalah kepada wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru produktif, dan siswa teknik kendaraan ringan (TKR). Hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah bahwa implementasi pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Adiwerna secara garis besar sudah berjalan dengan baik, tetapi pada perencanaan pembelajaran masih belum dikatakan baik, karena dalam pembuatan RPP masih mengacu pada peraturan yang lama, yaitu Permendikbud No. 81A tahun 2013. Sedangkan di SMK Negeri 3 Tegal pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 sudah baik, namun untuk perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran masih belum optimal
STUDI KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT UJI PERUBAHAN PROPERTIS UAP KERING YANG MELALUI NOZZLE Sugiarto, Dedi; Anis, Samsudin
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat media pembelajaran alat uji perubahan propertis uap kering yang melalui nozzle, dan mengetahui kelayakan dan tanggapan mahasiswa untuk dijadikan media pembelajaran termodinamika. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dirancang dan dibuat media pembelajaran alat uji perubahan propertis uap kering melalui nozzle. Persentase kelayakan dari ahli media diperoleh 81,41% dengan kriteria “sangat baik”. Persentase kelayakan dari ahli materi diperoleh 90,38% dengan kriteria “baik”. Sedangkan persentase kelayakan menurut tanggapan mahasiswa diperoleh 81,42% dan masuk dalam kriteria “baik”. Secara umum dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran alat uji perubahan propertis uap kering melalui nozzle yang telah dikembangkan, layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah termodinamika
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI K3 LAS OXY-ACETYLENE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) Haryadi, Sugeng
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 19, No 2 (2019)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XI KKLP 1 SMK Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal dalam proses pembelajaran materi K3 Las Oxy-Acetylene. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan dua kali siklus. Alat pengumpulan data meliputi butir soal tes dan lembar pengamatan proses kegiatan pembelajaran materi K3 Las Oxy-Acetylene. Hasil penelitian menunjukkan: kondisi awal peserta didik masih banyak yang pasif dan sebagian mengantuk dalam mengikuti pelajaran, jumlah yang tuntas sebesar 41,18% rerata nilai 66,47; siklus I aktivitas peserta didik aktif (64,71%) dengan ketuntasan 61,76% rerata nilai 73,24; dan siklus II aktivitas peserta didik sangat aktif (81,51%) dengan ketuntasan 82,35% rerata nilai 85,00. Sehingga melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar materi K3 Las Oxy-Acetylene

Page 1 of 3 | Total Record : 22