cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2008)" : 27 Documents clear
KORELASI ANTARA KEAKTIFAN DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN   DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA   Aziz, Abdul; Sunyoto, -; Widodo, Rahmad Doni
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan, mengetahui  korelasi  antara  keaktifan  dalam  organisasi  kemahasiswaan  dengan  prestasi  belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin,  Jurusan Teknik Mesin, Fakultas  Teknik  Universitas  Negeri  Semarang  angkatan  2005,  2006,  dan  2007.  Sampel  penelitian  sebanyak  81 mahasiswa.  Data  dianalisis  menggunakan  korelasi  sederhana.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  keaktifan mahasiswa  dalam  organisasi  kemahasiswaan  tergolong  sedang.  Hasil  penelitian  ini  juga menunjukkan adanya hubungan yang positif antara keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan dengan prestasi belajar mahasiswa. Dari penelitian  ini  disarankan  agar mahasiswa  lebih dapat memanfaatkan organisasi  kemahasiswaan  sebagai  sarana pengembangan diri. Kata kunci : keaktifan, organisasi kemahasiswaan, prestasi belajar. The objectives of this research are to identify the activeness of students in student affairs organization, to find out the correlation between the activeness of students in the organization and their achievement of study in academic life. Population of the research was the students of Mechanical Engineering Education program, Mechanical  Engineering  department,  Faculty  of  Engineering,  Semarang  State University  year  2005,  2006,  and 2007. The sample of the research was 81 students. The data was analyzed using simple correlation. The result of it shows that the level of student activeness in student affairs organization is medium. It also shows that there is positive correlation between the activeness of students in student affairs organization and their achievement in study. It is sug‐gested to students for using student affairs organization as a self‐development medium.   Keywords: activeness, student affairs organization, the achievement of study  
PENGARUH LATAR BELAKANG ORANG TUA SEBAGAI GURU   TERHADAP MINAT MENGAJAR PADA MAHASISWA   Fajar K, Andy   Rudiyanto; Karsono , -; Yudiono , Heri
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini mengungkapkan permasalahan pengaruh  latar belakang orang tua sebagai guru terhadap minat mengajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang angkatan 2007  dan  2008.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  latar  belakang  orang  tua  sebagai  guru mempengaruhi minat mengajar mahasiswa sebesar 38,24%. Tetapi variabel latar belakang orang tua sebagai guru bukan merupakan satu‐satunya faktor yang mempengaruhi minat mengajar pada mahasiswa. Kata kunci : Latar Belakang Orang Tua Sebagai Guru, Minat Mengajar This research reveals the problem in which the parents’ social background as teacher affects students’ interest in teaching. The students were from Mechanical Engineering Education program Semarang State University year 2007 and 2008. According to the result of the research, the parents’ social background as teacher affects students’  interest  in  teaching about 38,24%. However,  this  factor  is not the only factor affecting students’ interest in teaching. It is just one of many factors.   Keywords: parents’ social background as teacher, teaching interest
MINAT MAHASISWA UNTUK BEKERJA DI BIDANG INDUSTRI   SETELAH MELAKSANAKAN PRAKTIK INDUSTRI     Utomo , Arief Pujo ; Boenasir , -; Eko , Budiarso 
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya Program Studi Pendidikan Teknik Mesin UNNES adalah program studi untuk mencetak guru SMK khususnya Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif, namun  dengan  berbagai  alasan  diantaranya karena terbatasnya lapangan pekerjaan menjadi guru akan mempengaruhi minat  bekerja di bidang  lain termasuk bekerja  di  bidang  industri. Bidang Industri di sini adalah industri  otomotif dan industri produksi karena kedua bidang itu konsentrasi yang ada di Jurusan Teknik Mesi-n UNNES. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa (53%) memiliki minat bekerja di bidang industri yang tinggi bahkan 41% tergolong sangat tinggi dan selebihnya 6% memiliki minat bekerja di bidang industri yang rendah. Kata kunci : praktik industri, minat bekerja bidang industri     Basically, Mechanical Engineering Education Program  Semarang  State University  is  a program  to bear vocational school teachers especially Mechanical Engineering and automotive engineering teachers. Yet because of some reasons, in this case because of limited job vacancy to be teachers, working interest in industrial field or other ones are affected. Here industrial field includes automotive and production  industry because  these  two  fields are programs Mechanical  Engineering department  Semarang  State  University focuses. The result of research shows mainly students (53%) have high working interest in industrial  field.   Even about 41% of students have very high working interest and the leftovers, about 6% of student, have low working interest in this field.   Keywords: industrial practice, working interest in industrial field
PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN PRESTASI PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN  TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI GURU   Yulirtanto, Bibit ;  Burhan , M.; Hadromi, -
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) prestasi belajar, prestasi PPL dan minat mahasiswa menjadi guru;  (2)  Pengaruh  prestasi  belajar  dan  PPL  terhadap  minat  mahasiswa  menjadi  guru;  (3)  Pengaruh  prestasi belajar  terhadap  minat  mahasiswa  menjadi  guru;  dan  (4)  Pengaruh  prestasi  PPL  terhadap  minat  mahasiswa menjadi  guru  SMK. Populasi  penelitian  adalah 80  orang mahasiswa PTM 2005 dengan  jumlah  sampel  45 orang. Pengambilan  sampel  menggunakan  teknik  random  sampling.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan  adalah deskriptif,  regresi ganda dan parsial. Analisis  deskriptif menunjukkan  bahwa  prestasi  belajar,  prestasi  PPL  dan minat menjadi  guru  SMK mahasiswa Pendidikan  Teknik Mesin  Unnes  berturut‐turut memenuhi  kriteria  sangat memuaskan,  sangat  tinggi  dan  tinggi. Analisis  regresi  ganda menunjukkan  pengaruh  prestasi  belajar  dan  prestasi  PPL  terhadap minat menjadi  guru sebesar 79,60%.   Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru SMK The aims of this research are to discover: (1) the study achievement, field experience practice, and students’ interest to be teachers; (2) the effect of study achievement and field experience practice toward students’ interest to be teachers; (3) the effect of study achievement toward students’ interest to be teachers; (4) the effect of field experience practice toward students’ interest to be vocational high school teachers. The population of this research was 80 students of Mechanical Engineering Education year 2005 with 45 students as sample. The sample taking used random sampling technique. The data collected used documentation, observation, and questionnaire. The  analysis  techniques  used  were  descriptive,  double  regression,  and  partial  technique.  Descriptive  analysis shows that the study achievement, field experience practice, and Mechanical Engineering Education students’ interest to be vocational high school teachers successfully fulfill  very  satisfactory  criteria,  very  high,  and  high. Double regression analysis shows the percentage of the effect of study achievement and field xperience practice achievement toward students’ interest to be teachers is 79,60%.   Keywords: Field Experience Practice (ppl), interest to be vocational high school teachers  
PENINGKATAN PEMAHAMAN PROSES PENYEARAHAN ARUS PADA SISTEM PENGISIAN  DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SISTEM PENGISIAN  Wahid, Fathu Rahman ; Widjanarko , Dwi ; Rusiyanto , -
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk meningkatkan  pemahaman mahasiswa  tentang  penyearahan arus  pada sistem pengisian otomotif dengan menggunakan alata peraga sistem pengisian. Populasi penelitian adalah mahasiswa teknik mesin yang mengambil mata kuliah sistem kelistrikan otomotif dengan sampel berjumlah 30 orang.Desain penelitian adalah quasi experiment dengan perlakuan tambahan pada aktifitas belajar. Data diperoleh dengan pretes (sebelum penerapan alat peraga sistem pengisian) dan pos  tes (setelah penerapan alat peraga sistem pengisian). Data  selanjutnya  dibandingkan. Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  pemehaman mahasiswa  dalam penyearahan arus pada sistem pengisian otomotif meningkat secara signifikan dengan penggunaan alat peraga sistem pengisian.   Kata kunci: alat peraga penyearahan arus, sistem pengisian  This research was conducted to improve students’ understanding on directing the current in automotive charging system by applying its teaching aid. The population was mechanical engineering students programming automotive electrical system subject and 30 students participated as sample. This research was a time series design quasi experiment research carried out by giving additional treatmen in  learning activities. Data was collected by pretest (before applying charging system teaching aid) and post‐test (after applying charging system teaching aid). The data was then compared. The result indicated that the students’  understanding  on  directing  the  current  in automotive charging system significantly increased due to applying charging system teaching aid.   Keywords: direct current, teaching aid, charging system
PENGARUH INFORMASI KEWIRASWASTAAN   TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERWIRASWASTA    Muslih , Muhamad; Khumaedi  , M. ; Al Janan , Dony Hidayat 
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat informasi kewiraswastaan, mengukur minat mahasiswa dalam berwiraswasta, menguji pengaruh  informasi kewiraswastaan terhadap minat berwiraswasta, serta mengetahui  pengaruh  informasi  kewiraswastaan  terhadap  minat  berwiraswasta  pada  mahasiswa  Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang angkatan 2006. Penelitian ini mengunakan metode survai, dengan populasi 80 orang mahasiswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat mahasiswa untuk berwiraswasta  tergolong  baik. Tingkat  informasi  kewiraswastaan  yang  diterima mahasiswa  juga  tergolong  baik. Hasil analisis regresi menunjukkan besarnya pengaruh  informasi kewiraswastaan  terhadap minat berwiraswasta sebesar  49,28%. Hendaknya  semua  pihak  dapat memberikan  informasi  kewiraswastaan  kepada mahasiswa  dan mahasiswa juga aktif mencari informasi tersebut sehingga dapat menumbuhkan  jiwa entrepreneurship pada diri setiap mahasiswa.   Kata kunci: informasi kewiraswastaan, minat berwiraswastaThe objectives of  this research are  to know the entrepreneurial  information  level, to measure students’ interest  in being entrepreneurs,  to  test  the effect of entrepreneurial  information  toward students’  interest  to be entrepreneurs, and to identify the effect of entrepreneurial information toward students at echanical Engineering  Education  Faculty  of  Engineering  Semarang  State University  year  2006. This  research  used  survey method with population consisting of 80 students. The descriptive result shows that students’interest to be entrepreneurs is in good quality. The regressive analysis result shows that the percentage of entrepreneurial information effect toward students’ interest in being entrepreneurs is 49,28%. It is suggested that all people could explain entrepreneurial information to students. In turn, the students themselves should be active in grasping the information so their motivation and spirit to be entrepreneurs will grow. Keywords: entrepreneurial information, interest in being entrepreneurs   
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW  TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN     Utomo , Prasetyo; Winarno, -; Suwahyo , -
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar kompetensi perbaikan sistem pengapian  yang  pembelajarannya  disampaikan  dengan menggunakan model  pembelajaran  konvensional  dan model kooperatif  tipe  Jigsaw.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  108  orang  siswa  kelas  X  Teknik Mekanik  Otomotif (TMO) SMK Negeri 4 Semarang tahun Ajaran 2008/2009 yang terdiri atas 36 siswa kelas X TMO 1, 36 siswa kelas X TMO 2, dan 36 siswa kelas X TMO 3. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Control group pre­test­post­test. Hasil belajar pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami pe‐ningkatan dari perolehan rata‐rata awal sebesar 68,49 menjadi 83,17 setelah pembelajaran.  Peningkatan ini men‐capai 56,11%. Peningkatan hasil belajar kelompok kontrol hanya mencapai 24,73%; yaitu dari kemampuan awal sebesar 68,57 menjadi 78,81. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingan dengan model konvensional.   Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, konvensional dan hasil belajar.The objective of this research is to compare between the study  result with  repair  ignition system competence  in which  the  learning  is presented using conventional and  jigsaw cooperative  learning model. The population of  the research was 108 students of tenth grade in Automotive Mechanical Engineering (TMO) at SMK Negeri 4 Semarang year 2008/2009  that could be divided  into 36  tenth graders of TMO 1, 36 tenth graders of TMO 2, and 36 tenth graders of TMO 3. This research is experimental one with Control Group Pre­Test­Post­Test design. The student re‐sult  using  cooperative  learning model  jigsaw  type  gets  improvement  from  first  average  gaining  about  68,49  to 83,17  after  learning.  This  improvement  percentage  achieves  56,11%. Meanwhile,  the  study  result improvement percentage in controlled‐group only achieves 24,73%. It is from first ability about 68,57 to 78,81. It shows that the study result using jigsaw cooperative learning model is better that the conventional one.   Keywords: jigsaw cooperative model, conventional and study result
PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTIK DAN PENERAPAN KESELAMATAN   DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN KOPLING     Ami, Ridwan; Masugino, -; Pramono , -
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelengkapan peralatan praktik dan penerapan  keselamatan  dan  kesehatan  kerja  terhadap  hasil  belajar  kompetensi  perbaikan  kopling  di  SMK  N  1 Adiwerna Kabupaten Tegal menurut persepsi siswa. Sampel dalam penelitian  ini sebanyak 70 siswa yang diambil menggunakan  teknik  total  sampling.  Metode  pengambilan  data  menggunakan  angket  yang  telah  diuji  validitas reliabilitasnya. Metode  analisis  data  dan  hipotesis menggunakan  analisis  regresi  dua  prediktor. Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  kelengkapan  peralatan  praktik  dan  penerapan  keselamatan  dan  kesehatan  kerja  secara bersama‐sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kompetensi perbaikan kopling di SMKN 1 Adiwerna Kabupaten  Tegal.  Disarankan  kepada  sekolah  untuk meningkatkan  kelengkapan  peralatan  praktiknya  dan  guru untuk  selalu mengawasi  siswa pada  saat pembelajaran praktik berlangsung agar  siswa  terkontrol  jika ada  siswa yang tidak menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja.   Kata kunci: Kelengkapan peralatan praktik, keselamatan dan kesehatan kerja, hasil belajar  The aim of the research is to discover how much the effect of practice tool completeness, working health and safety application toward competence study result of clutch repair is at SMK N 1 Adiwerna in Tegal Regency ac‐cording  to  students’ perceptions. The  sample of  the  research was about 70  students  chosen using  total  sampling technique. Data was got using questionnaire having been tested in validity of its reliability. Meanwhile, the data and hypothesis were analyzed using two‐predictor regression analysis. The result of the research indicates that practice tool completeness, working health and safety application simultaneously  contribute  impact  toward  competence study result of clutch repair at SMK N 1 Adiwerna in Tegal Regency. It is suggested to hadmaster to afford the practice tool completeness and to teachers to keep their eyes on students when a learning practice lasts so that the students are in control and always concern with working health and safety.   Keywords: practice tool completeness, working health and safety, study result
PEMBELAJARAN KOMPETENSI PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM BAHAN BAKAR  MENGGUNAKAN MEDIA MEJA DAN WIRING DIAGRAM Tarjuni , -; Anis , Samsudin; Budiyono , Aris 
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  perbedaan  kompetensi  pemeliharaan  dan  perbaikan sistem  bahan  bakar  mesin  diesel  pada  siswa  tingkat  XI  SMK  Islam  Pemalang  tahun  diklat  2008/2009  dengan menggunakan  dua media  pembelajaran  berbeda  yaitu media meja  dan wiring  diagram  sistem  pemanasan  awal. Populasi dan sampel pada penelitian  ini adalah siswa tingkat XI TMO 1 dan siswa tingkat XI TMO 2 tahun diklat 2008/2009. Data diambil dari  tes  kemampuan  awal  siswa untuk mengetahui bahwa  kedua sampel berdistribusi normal. Data diuji normalitas, homogenitas dan uji t (uji hipotesis). Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan. Rata‐rata prestasi siswa tingkat XI TMO2 sebesar 78,81 dan lebih ting daripada siswa ting‐kat XI TMO1 dengan rata‐rata 74,83.  Kata kunci: wiring diagram, meja, sistem pemanasan awal  The aim of this research is to find out the difference between maintenance and  repair competence of diesel engine fuel system in eleventh graders at SMK Islam Pemalang training year 2008/2009 using two different learning mediums.  They  are  table  and wiring  diagram  of preheating system. The population and sample of the reserach were eleventh graders of TMO 1 and TMO 2 training year 2008/2009. Data was taken from student’ first ability  to  identify  that  both  samples  had  normal  distributions.  The  data was  then  tested  in  accordance with  its normality, homogeneity, and t‐test (hypothesis test). The statistical analysis result indicates that there is significant difference. The average students’ achievement of eleventh graders of TMO 2 is 78,81 and it is higher than eleventh graders of TMO 1 with the average 74,83.   Keywords: wiring diagram, table, preheating system
PENGARUH KELENGKAPAN PERALATAN PRAKTIK DAN PENERAPAN KESELAMATAN   DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN KOPLING     Ami, Ridwan; Masugino, -; Pramono , -
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 8, No 1 (2008)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelengkapan peralatan praktik dan penerapan  keselamatan  dan  kesehatan  kerja  terhadap  hasil  belajar  kompetensi  perbaikan  kopling  di  SMK  N  1 Adiwerna Kabupaten Tegal menurut persepsi siswa. Sampel dalam penelitian  ini sebanyak 70 siswa yang diambil menggunakan  teknik  total  sampling.  Metode  pengambilan  data  menggunakan  angket  yang  telah  diuji  validitas reliabilitasnya. Metode  analisis  data  dan  hipotesis menggunakan  analisis  regresi  dua  prediktor. Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  kelengkapan  peralatan  praktik  dan  penerapan  keselamatan  dan  kesehatan  kerja  secara bersama‐sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kompetensi perbaikan kopling di SMKN 1 Adiwerna Kabupaten  Tegal.  Disarankan  kepada  sekolah  untuk meningkatkan  kelengkapan  peralatan  praktiknya  dan  guru untuk  selalu mengawasi  siswa pada  saat pembelajaran praktik berlangsung agar  siswa  terkontrol  jika ada  siswa yang tidak menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja.   Kata kunci: Kelengkapan peralatan praktik, keselamatan dan kesehatan kerja, hasil belajar  The aim of the research is to discover how much the effect of practice tool completeness, working health and safety application toward competence study result of clutch repair is at SMK N 1 Adiwerna in Tegal Regency ac‐cording  to  students’ perceptions. The  sample of  the  research was about 70  students  chosen using  total  sampling technique. Data was got using questionnaire having been tested in validity of its reliability. Meanwhile, the data and hypothesis were analyzed using two‐predictor regression analysis. The result of the research indicates that practice tool completeness, working health and safety application simultaneously  contribute  impact  toward  competence study result of clutch repair at SMK N 1 Adiwerna in Tegal Regency. It is suggested to hadmaster to afford the practice tool completeness and to teachers to keep their eyes on students when a learning practice lasts so that the students are in control and always concern with working health and safety.   Keywords: practice tool completeness, working health and safety, study result

Page 1 of 3 | Total Record : 27