cover
Contact Name
Deni eko saputro
Contact Email
061002218@uii.ac.id
Phone
+62274-881546
Journal Mail Official
editor.jsb@uii.ac.id
Editorial Address
Management Development Centre (MDC) Faculty of Business & Economics, Universitas Islam Indonesia Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Siasat Bisnis
ISSN : 08537666     EISSN : 25287001     DOI : https://doi.org/10.20885/jsb
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is a peer review journal published twice a year (January and July) by Management Development Centre (MDC)-Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia. JSB) addresses the broad area of management science and its applications in industry and business. It is particularly receptive to research relevant to the practice of management within the emerging regions and its effects beyond. It covers studies on how management work is done (descriptive) and/or should be done (normative) in diverse organisational forms, either in profit or non-profit firms, private or public sector institutions, or formal or informal social networks. We welcome qualitative studies with high-quality, rigorous methods, and strong impact on the field. Topics covered include, but not strictly limited to: 1. Business and management strategy 2. Marketing management 3. Operations management 4. Computing and technology management 5. Finance and investment management 6. Innovation and knowledge-based management 7. Entrepreneurship 8. Organisational behaviour and people management 9. Corporate social responsibility 10. Islamic business and management
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 18 No. 2 (2014)" : 10 Documents clear
AGENCY COST PADA PERUSAHAAN KELUARGA DAN NON KELUARGA Layyinaturrobaniyah Layyinaturrobaniyah; Rachmat Sudarsono; Desi Fitriyana
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh agency cost terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan keluarga dan non keluarga. Agency cost dalam penelitian ini diproksikan dengan expense ratio dan asset utilization ratio, sementara itu kinerja perusahaan diproksikan dengan rasio Tobin’s Q. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 perusahaan dengan struktur kepemilikan keluarga dan 22 perusahaan dengan struktur kepemilikan non keluarga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2010. Dengan analisis regresi data panel diperoleh hasil bahwa expense ratio memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sementara itu, untuk asset utilization ratio memiliki pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Lebih lanjut, dengan efek moderasi, kepemilikan keluarga dapat memperlemah pengaruh negatif agency cost yang diproksikan dengan expense ratio dan dapat memperlemah pengaruh positif agency cost yang diproksikan dengan asset utilization ratio terhadap kinerja perusahaan.Kata Kunci: Agency cost, Agency problem, Kepemilikan keluarga, Rasio Tobin’s Q.
DETERMINAN-DETERMINAN MANAJEMEN LABA PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA (KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI) Tatang Ary Gumanti; Sheila Regina Prihandini; Elok Sri Utami
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art9

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh arus kas operasi, perubahan laba, leverage, dan tujuan penggunaan dana hasil IPO pada manajemen laba perusahaan di berbagai sektor industri yang melakukukan penawaran saham perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling di mana ada 15 dari 33 perusahaan pada periode 1990-2012. Data yang digunakan adalah data sekunder dari berbagai sektor industri. Prospektus perusahaan diperoleh dari database Fakultas Ekonomi, Universitas Jember, Direktori Pasar Modal Indonesia (ICMD), dan sumber-sumber lainnya. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah manajemen laba, yang diukur dengan menggunakan rasio Discretionary Akrual yang dikembangkan oleh Friedlan (1994). Variabel independen terdiri dari arus kas operasi, perubahan laba, tujuan penggunaan dana IPO yang berfungsi sebagai variabel dummy, dan rasio leverage diukur dengan rasio hutang terhadap ekuitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya arus kas operasi yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sementara perubahan pendapatan, leverage, dan tujuan penggunaan dana IPO tidak mempengaruhi secara signifikan manajemen laba perusahaan di berbagai sektor industri.Kata kunci: manajemen laba, arus kas operasi, perubahan laba, leverage
ANALISIS PERILAKU PENGHINDARAN IKLAN INTERNET OLEH KONSUMEN Endang Hariningsih; Eni Munarsih
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel persepsi tingkat penghindaran tujuan, persepsi kekacauan dan persepsi pengalaman masa lalu yang negatif terhadap penghindaran iklan internet. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dengan cara teknik purposive sampling, yaitu pelanggan yang telah sering menggunakan internet. Sementara itu, data diambil dengan menggunakan teknik convenience method. Terdapat 190 kuesioner yang disebarkan kepada responden tetapi hanya 184 kuesioner yang digunakan untuk analisis. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model dengan metode PLS aplikasi program Smart PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi tingkat penghindaran tujuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penghindaran iklan internet. Namun persepsi pengalaman masa lalu yang negatif dan persepsi kekacauan tidak signifikan terhadap penghindaran iklan internet.Kata kunci: persepsi tingkat penghindaran tujuan, persepsi kekacauan, persepsi pengalaman masa lalu yang negatif dan penghindaran iklan internet
PENGARUH QUALITY OF WORK LIFE (QWL) TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN DISIPLIN DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Titik Nurbiyati
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art10

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh antara variable Quality of Work Life (QWL) terhadap kinerja karyawan dengan disiplin dan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Data dalam riset ini menggunakan data primer dengan menggunakan alat analisis regresi dan analisis path. Dari analisis data diperoleh hasil secara parsial QWL berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai namun tidak berpengaruh terhadap disiplin kerja. Secara simultan QWL, disiplin kerja dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Selain itu ada pengaruh tidak langsung (QWL terhadap kinerja melalui disiplin kerja ) lebih kecil dibandingkan pengaruh langsung terhadap kinerja. Kemudian ada pengaruh tidak langsung (QWL terhadap kinerja melalui kepuasan kerja) lebih besar dibandingkan pengaruh langsung (QWL terhadap kinerja). Nilai R Square sebesar 0,553 yang artinya variabel QWL, kepuasan kerja dan disiplin kerja mempengaruhi kinerja hanya sebesar 55,30 % sedangkan 44,7% dipengaruhi faktor lain. Rekomendasi dari hasil riset ini variabel QWL kategori pertumbuhan dan perkembangan perlu adanya program Training Need Analysis (TNA) guna memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Sedangkan variabel QWL kategori kompensasi perlu mengadakan salary survey terhadap perguruan tinggi yang dipilih secara sampling yang bertujuan untuk melakukan perbandingan data mengenai kebijakan, praktek dan metode penggajian. Perlu dilakukan riset lanjutan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kinerja selain faktor QWL, disiplin kerja dan kepuasan kerja.Kata Kunci: Quality of Work Life (QWL), Disiplin Kerja, Kepuasan kerja dan Kinerja Karyawan
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING SAHAM PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA Reza Widhar Pahlevi
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art8

Abstract

Penelitian empiris ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Persentase Saham yang ditawarkan ke Publik, Financial Leverage, Profitabilitas (ROA), Profitabilitas (NPM), Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Jenis Industri terhadap Underpricing saham pada penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia tahun 2000-2012. Berdasarkan hasil analisis data, pengujian secara parsial menunjukkan variabelvariabel Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Persentase Saham yang ditawarkan ke Publik, dan Jenis Industri tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Underpricing, Variabel Financial Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Underpricing. Sedangkan Variabel Profitabilitas (ROA), Profitabilitas (NPM), Current Ratio, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Underpricing saham pada penawaran saham perdana di Bursa Efek Indonesia.Kata kunci : Initial Public Offering, Initial Return dan Underpricing
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENDANAAN (PERBANDINGAN ANTAR SUB SEKTOR INDUSTRI MANUFAKTUR) Amanda Ayu Widarti; I Made Sudanandra
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan perbedaan antara keputusan keuangan dan pengaruh karakteristik perusahaan pada keputusan keuangan di setiap sub-sektor pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Teknik analisis menggunakan ANOVA dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa total utang dengan aset dan utang jangka pendek dengan total aset memiliki perbedaan signifikan di antara aneka industri, barang konsumsi dan industri dasar, dan industri kimia. Hasil riset menunjukkan bahwa utang jangka pendek di aneka industri dipengaruhi oleh profitabilitas dan struktur aset, sementara pada industri barang konsumsi dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, dan untuk industri dasar dan kimia dipengaruhi oleh profitabilitas, struktur aset, dan pertumbuhan perusahaan. Utang jangka panjang aneka industri dipengaruhi oleh ukuran dan risiko bisnis, sementara pada barang konsumsi dipengaruhi oleh profitabilitas, dan untuk industri dasar dan kimia dipengaruhi oleh ukuran, profitabilitas, dan struktur aset. Total utang dengan aset di aneka industri dipengaruhi oleh ukuran, profitabilitas, struktur aset, dan risiko bisnis, sementara di industri dasar dan kimia dipengaruhi oleh ukuran perusahaan dan profitabilitas.Kata kunci: karakteristik perusahaan, keputusan keuangan
ANALISIS KINERJA PERBANKAN (Studi Komparasi Antara Perbankan Syariah Dan Konvensional) Dyah Rosna Yustani Toin
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art6

Abstract

Perkembangan terkini perbankan syariah menunjukkan sebuah tren yang sangat menarik bagi pendanaan pihak ketiga, pendanaan yang diberika, dan total aset. Selama krisis ekonomi, perbankan syariah juga menunjukkan kinerja yang lebih baik dibanding dengan bank konvensional. Tujuan riset ini adalah untuk menguji apakah terdapat perbedaan kinerja antara perbankan syariah dan konvensional. Variabel kinerja bank diuji dengan kapital yang diproksikan oleh capital adequacy ratio (CAR), profitabilitas dengan dua proksi yakni return on equity (ROE) dan return on assets (ROA), likuiditas diproksikan oleh loan to deposit ratio (LDR) dan efisiensi dengan proksi BOPO dan non performance loan (NPL). Hasil menunjukkan bahwa kinerja bank yang diukur dengan CAR dan NPL tidak berbeda secara signifikan di antara perbankan syariah dan konvensional. Bila dilihat dari efisiensi dengan proksi BOPO menunjukkan bank konvensional lebih baik daripada bank syariah, begitu juga profitabilitas yang diukur dengan ROA dan ROE. Sedangkan ketika dilihat dari likuiditas (LDR), maka perbankan syariah lebih baik dibandingkan dengan bank konvensional.Kata kunci: bank syariah, bank konvensional, LDR, CAR, NPL, ROA, ROE
THE EFFECT OF THE WORK-FAMILY CONFLICT AND EMPLOYEE’S JOB SATISFACTION TOWARDS THE ORGANIZATION COMMITMENT Harrie Lutfie; Arif Partono Prasetio; Dini Turipanam Alamanda
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art1

Abstract

Perusahaan-perusahaan di Indonesia sedang menghadapi tantangan bisnis yang lebih dan tingginya intensitas kompetitif di antara pelaku bisnis. Untuk mengatasi kompetisi tersebut, perusahaan dipandang perlu untuk menyiapkan sumberdaya yang dimiliki dengan baik. Tingginya permintaan dan sengitnya kompetisi di seluruh industri telah membuat perusahaan kesulitan untuk menemukan kandidat karyawan yang tepat/baik. Kelangkaan sumberdaya ini mengharuskan perusahaan untuk menjaga dan memelihara karyawan yang ada dan telah berkontribusi untuk perusahaan. Di sisi lain, perusahaan menginginkan karyawan mereka berkomitmen kuat terhadap pekerjaan dan organisasi/perusahaan. Penelitian ini mengidentifikasi kepuasan kerja dan konflik kerja-keluarga yang dialami karyawan dan menganalisa apakah kedua variabel tersebut berpengaruh pada komitmen organisasi. Kami mendistribusikan kuesioner dengan metode daring selama dua minggu dan memperoleh 79 responden dari beberapa industri. Analisis deskriptif dan regresi berganda digunakan untuk menganalisa temuan. Hasil menunjukkan bahwa level konflik kerja-keluarga yang dialami karyawan adalah rata-rata, level kepuasan kerjanya tinggi, dan komitmen organisasi pada level rendah. Kami juga menemukan hubungan antara konflik kerjakeluarga dan kepuasan kerja dengan komitmen karyawan relatif lemah (R = 0,412). Demikian pula, kontribusi kedua variabel independen hanya sebesar 0,169 (16,9%). Secara simultan, komitmen organisasi dipengaruhi oleh konflik kerja-keluarga dan kepuasan kerja. Namun, secara parsial, hanya kepuasan kerja yang berpengaruh secara signifikan pada komitmen organisasi.Kata kunci: konflik kerja-keluarga, kepuasan kerja, komitmen karyawan, regresi berganda
ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP EXPERIENTIAL VALUE DI INDUSTRI SMARTPHONE Rydho Styawan; Budi Astuti
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art7

Abstract

Persaingan yang ketat di industri smartphone membuat perusahaan mulai menanamkan konsep experiential marketing dan experiential value dalam memposisikan produk untuk mengalahkan pesaing. Saat ini para produsen smartphone berlomba-lomba untuk menawarkan produk dan jasa bagi konsumen berdasarkan pada perkembangan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produsen dituntut untuk tidak sekedar menjual produk atau jasa saja, tetapi juga berpikir bagaimana menciptakan produk maupun jasa yang dapat memberikan pengalaman berkesan bagi konsumennya. Penelitian dengan judul “Analisis Experiential Marketing terhadap Experiential Value di Industri Smartphone” ini merupakan replikasi penelitian yang dilakukan oleh Maghnati et al (2012), dengan judul “Exploring the Relationship between Experiential Marketing and Experiential Value in the Smartphone Industry“. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh indikator experiential marketing yaitu sense experience, feel experience, act experience, relate experience, think experience terhadap experiential value. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 500 mahasiswa yang diperoleh melalui metode Judgement Sampling dan Quota Sampling yang diambil dari 5 perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil dari Analisis Regresi Linear Berganda dengan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 16: sense experience, feel experience, act experience, relate experience, think experience berpengaruh positif signifikan terhadap experiential value. Variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan dalam mempengaruhi experiential value adalah variable think experience. Dengan demikian hasil penelitian ini mendukung penelitian Maghnati. et al (2012) yang menemukan bahwa experiental marketing berpengaruh positif signifikan terhadap experiental value. Kata kunci: Sense Experience, Feel Experience, Act Experience, Relate Experience, Think Experience, Experiential Value
PENGARUH INSTRUMENTAL DAN EXPRESSIVE NETWORK DENSITY TERHADAP KINERJA TIM: PEMEDIASI KEMAMPUAN INTEGRASI PENGETAHUAN TIM Candra Vionela Merdiana; Amin Wibowo
Jurnal Siasat Bisnis Vol. 18 No. 2 (2014)
Publisher : Management Development Centre (MDC) Department of Management, Faculty of Business and Economics Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/jsb.vol18.iss2.art2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis instrumental network density dan expressive network density terhadap kinerja tim yang dimediasi oleh kemampuan integrasi pengetahuan tim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, sedangkan teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Unit analisis berada pada level tim yang dilakukan pada tim mahasiswa KKN di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah dilakukan agregasi, jumlah tim yang digunakan sebanyak 37 tim dengan jumlah kuesioner sebanyak 341 kuesioner. Pengujian untuk mengetahui adanya pengaruh dari mediasi dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda (Baron dan Kenny, 1986). Berdasarkan pengujian dan analisis data, maka diperoleh hasil sebagai berikut : instrumental network density dan expressive network density berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tim, kemampuan integrasi pengetahuan tim tidak memediasi pengaruh instrumental network density terhadap kinerja tim, kemampuan integrasi pengetahuan tim tidak memediasi expressive network density terhadap kinerja tim.Kata kunci: Instrumental Network Density, Expressive Network Density, Kemampuan Integrasi Pengetahuan Tim dan Kinerja Tim.

Page 1 of 1 | Total Record : 10