cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 12 Documents clear
EVALUASI USABILITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL (Studi Kasus: SIAKAD STKIP PGRI Pacitan) Dimuksa, Wira; Kusrini, Kusrini; Fatta, Hanif Al
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.379 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usabilitas layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STKIP PGRI Pacitan menggunakan metode WebQual 4.0. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kualitas layanan SIAKAD terhadap kepuasan pengguna penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, sedangkan untuk mengetahui kesenjangan antara harapan pengguna dan kinerja sistem digunakan metode Importance Performance Analysis. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan stratified sampling dan teknik solvin untuk penarikan sampel hingga diperoleh 208 responden yang terdiri dari perwakilan tiap prodi. Dari hasil analisis regresi linier berganda, masing-masing variabel independen ditemukan memiliki nilai dan nilai sebesar 0,000 yang bernilai 0,05 maka bisa dikatakan variabel Usability, Information Quality, dan Interaction Quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna SIAKAD. Sedangkan pada Importance Performance Analysis didapatkan indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 berada pada kuadran satu, dengan gap masing-masing -1,16, -0,87, dan -2,58. Dari variabel kualitas layanan yang terdapat pada WebQual 4.0 masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap User Satisfaction SIAKAD di STKIP PGRI Pacitan, ini berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan SIAKAD yang diberikan oleh STKIP PGRI Pacitan kepada mahasiswa, maka akan meningkatkan citra lembaga di mata mahasiswa. Perlu adanya perbaikan pada indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 agar kinerja dari SIAKAD dapat memenuhi harapan dari pengguna, terutama pada variabel Interaction karena memiliki nilai gap terbesar yakni -0,89.
GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING ONLINE PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN Famukhit, Muga Linggar
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.685 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring online pada Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengukur kemudahan dan kendala pembelajaran menggunakan Google Classroom sebagai pengganti tatapmuka pada perkuliahan “Testing dan Implementasi Sistem”, “Pembelajaran Micro” dan “Strategi Belajar Mengajar Kejuruan”. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan semester 4 dan 6 tahun akademik 2019/2020. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi study literatur, observasi, pembuatan media dan angket. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring menggunakan Google Classroom belum sepenuhnya dapat mengganti pertemuan langsung pada perkuliahan, tetapi untuk pengumpulan tugas menjadi lebih cepat dan mudah. Google Classroom memiliki menu dan tampilan yang mudah digunakan dalam pembelajaran daring. Kendala yang didapatkan dalam pembelajaran daring adalah kuota dan jaringan internet.
PEMBINAAN MENTAL TERHADAP PESILAT PUTRA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE RANTING PACITAN TAHUN 2019 Wibowo, Nofa Arief
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.685 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana hasil peranan pembinaan mental terhadap Pesilat Putra Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Pacitan Tahun 2019 yang dilaksanakan di organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Pacitan terhadap para pesilatnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian diskriptif, penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang obyek yang diteliti atau berusaha menjawab pertanyaan, dan dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan jawaban tentang bagaimana hasil pembinaan mental yang telah dilaksanakan di UKM Pencak silat terhadap para anggotanya (pesilatnya). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pembinaan mental terhadap Pesilat Putra Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Pacitan Tahun 2019 secara mayoritas adalah cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase jawaban responden melalui angket sebagai berikut : aspek peningkatan kemauan 52% menyatakan baik, aspek peningkatan stabilitas emosi 42% menyatakan cukup baik, aspek pengembangan pemikiran dan penalaran 99% menyatakan cukup baik, aspek pengembangan motivasi 40% menyatakan kurang baik, aspek pengembangan sikap dan tingkah laku 44% menyatakan baik, aspek peningkatan keyakinan 44,3% menyatakan cukup baik, aspek peningkatan kinerja fisik 93% menyatakan cukup baik, dan aspek peningkatan kinerja kejiwaan 59% menyatakan cukup baik.
MODEL PENGUATAN NASIONALISME DAN ISLAM DI PESANTREN DAN LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Mukodi, Mukodi; Sugiyono, Sugiyono; Fashihullisan, M
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.685 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model penguatan nasionalisme dan Islam di pondok pesantren, serta lembaga-lembaga pendidikan Islam. Jenis penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan terpilah menjadi dua, yakni sumber data primer dan skunder. Sumber data primer meliputi, beragam pandangan terkait dengan nasionalisme, Islam, pesantren dan pendidikan Islam, yang berasal dari jurnal, buku dan artikel ilmiah. Sumber data skunder, meliputi semua data dan pandangan yang terkait dengan masionalisme dan Islam dari pelbagai referensi. Analisisnya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa model penguatan nasionalisme dan Islam dapat terpraktikkan secara subtansial dan nyata di berbagai pondok pesantren, serta lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Model penguatan nasionalisme dan Islam di pondok pesantren dibagun melalui tiga tahapan secara simultan dan keberlanjutan, melalui penguatan input, penguatan proses, dan penguatan output. Selain itu, penguatan nasionalisme dan Islam di lembaga pendidikan dapat dibagun melalui lembaga pendidikan formal, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.
GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING ONLINE PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN INFORMATIKA STKIP PGRI PACITAN Muga Linggar Famukhit
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.771 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring online pada Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengukur kemudahan dan kendala pembelajaran menggunakan Google Classroom sebagai pengganti tatapmuka pada perkuliahan “Testing dan Implementasi Sistem”, “Pembelajaran Micro” dan “Strategi Belajar Mengajar Kejuruan”. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan semester 4 dan 6 tahun akademik 2019/2020. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi study literatur, observasi, pembuatan media dan angket. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring menggunakan Google Classroom belum sepenuhnya dapat mengganti pertemuan langsung pada perkuliahan, tetapi untuk pengumpulan tugas menjadi lebih cepat dan mudah. Google Classroom memiliki menu dan tampilan yang mudah digunakan dalam pembelajaran daring. Kendala yang didapatkan dalam pembelajaran daring adalah kuota dan jaringan internet.
IDENTIFIKASI KESIAPAN PEMBENTUKAN SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN DI SEKOLAH DASAR WILAYAH KECAMATAN PRINGKUKU Widiono ahmad fajri; Afid Burhanudin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.02 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan identifikasi kesiapan pembentukan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) pada sekolah dasar di wiayah Kecamatan Pringkuku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Wali Kelas dan Kepala Sekolah pada 4 (empat) Sekolah di wiayah Kecamatan Pringkuku. Teknik pengumpulan data meliputi observasi wawancara dan dokumentasi, keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik, dan analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) Sumber Daya Manusia di SDN 3 Pringkuku tidak siap dengan alasan tenaga SDM yang kurang jumlahnya. Kemudian SDM di yaitu SDN 1 Pringkuku juga mengalami hal yang sama, kekurangan SDM karena SDM yang dimiliki akan segera pensiun. Sedangkan di SDN 1 Ngadirjan dan SDN 2 Glinggangan tidak memiliki hambatan terkait SDM. 2. a) SDN 1 Pringkuku siap dari kondisi fisik sekolah maupun SDM yang dimiliki sebagai pengelolaan adminitrasi. b) SDN Ngadirejan siap kondisi fisik maupun SDM dalam pengelolaan administrasi. c) SDN 2 Glinggangan siap dari kondisi fisik sekolah maupun SDM dalam pengelolaan administrasi. d) SDN 3 Pringkuku siap secara kondisi fisik namun belum siap secara SDM dalam pengelolaan administrasi pelaksanaan program. 3. a) SDN 1 Pringkuku memiliki hambatan SDM yang rata-rata hampir pensiun sehingga perlu adanya tenaga baru, namun hambatan ini bisa diatasi dengan adanya penambahan tenaga kependididkan. b) SDN 3 Pringkuku memiliki hambatan dalam pelaksanaan progaram yaitu kurangnya sarana prasarana, kurangnya tenaga pendidikan, dan kemampuan SDM dalam pengelolaan administrasi. c) Sedangkan SDN Ngadirejan dan SDN 2 Glinggangan tidak memiliki hambatan dan siap melaksanakan program SSK.
PEMBINAAN MENTAL TERHADAP PESILAT PUTRA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATERANTING PACITAN TAHUN 2019 Nofa Arief Wibowo
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.61 KB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana hasil peranan pembinaan mental terhadap Pesilat Putra Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Pacitan Tahun 2019 yang dilaksanakan di organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Pacitan terhadap para pesilatnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian diskriptif, penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang obyek yang diteliti atau berusaha menjawab pertanyaan, dan dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan jawaban tentang bagaimana hasil pembinaan mental yang telah dilaksanakan di UKM Pencak silat terhadap para anggotanya (pesilatnya). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pembinaan mental terhadap Pesilat Putra Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Pacitan Tahun 2019 secara mayoritas adalah cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase jawaban responden melalui angket sebagai berikut : aspek peningkatan kemauan 52% menyatakan baik, aspek peningkatan stabilitas emosi 42% menyatakan cukup baik, aspek pengembangan pemikiran dan penalaran 99% menyatakan cukup baik, aspek pengembangan motivasi 40% menyatakan kurang baik, aspek pengembangan sikap dan tingkah laku 44% menyatakan baik, aspek peningkatan keyakinan 44,3% menyatakan cukup baik, aspek peningkatan kinerja fisik 93% menyatakan cukup baik, dan aspek peningkatan kinerja kejiwaan 59% menyatakan cukup baik.
EVALUASI USABILITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL (Studi Kasus: SIAKAD STKIP PGRI Pacitan) Wira Dimuksa; Kusrini Kusrini; Hanif Al Fatta
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.673 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usabilitas layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STKIP PGRI Pacitan menggunakan metode WebQual 4.0. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kualitas layanan SIAKAD terhadap kepuasan pengguna penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, sedangkan untuk mengetahui kesenjangan antara harapan pengguna dan kinerja sistem digunakan metode Importance Performance Analysis. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan stratified sampling dan teknik solvin untuk penarikan sampel hingga diperoleh 208 responden yang terdiri dari perwakilan tiap prodi. Dari hasil analisis regresi linier berganda, masing-masing variabel independen dite- mukan memiliki nilai dan nilai sebesar 0,000 yang bernilai 0,05 maka bisa dikatakan variabel Usability, Information Quality, dan Interaction Quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna SIAKAD. Sedangkan pada Importance Performance Analysis didapatkan indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 berada pada kuadran satu, dengan gap masing- masing -1,16, -0,87, dan -2,58. Dari variabel kualitas layanan yang terdapat pada WebQual 4.0 masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap User Satisfaction SIAKAD di STKIP PGRI Pacitan, ini berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan SIAKAD yang diberikan oleh STKIP PGRI Pacitan kepada mahasiswa, maka akan meningkatkan citra lembaga di mata mahasiswa. Perlu adanya perbaikan pada indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 agar kinerja dari SIAKAD dapat memenuhi harapan dari pengguna, terutama pada variabel Interaction karena memiliki nilai gap terbesar yakni -0,89.
HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERASI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Siti Alfiah; Mulyadi Mulyadi; Dwi Cahyani Nur Apriyani
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.181 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara antara literasi numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes literasi numerasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Uji syarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multokolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas serta pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara literasi numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa,
MODEL PENGUATAN NASIONALISME DAN ISLAM DI PESANTREN DAN LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Mukodi Mukodi; Sugiyono Sugiyono; Fashihullisan M.
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.631 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model penguatan nasionalisme dan Islam di pondok pesantren, serta lembaga-lembaga pendidikan Islam. Jenis penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan terpilah menjadi dua, yakni sumber data primer dan skunder. Sumber data primer meliputi, beragam pandangan terkait dengan nasionalisme, Islam, pesantren dan pendidikan Islam, yang berasal dari jurnal, buku dan artikel ilmiah. Sumber data skunder, meliputi semua data dan pandangan yang terkait dengan masionalisme dan Islam dari pelbagai referensi. Analisisnya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa model penguatan nasionalisme dan Islam dapat terpraktikkan secara subtansial dan nyata di berbagai pondok pesantren, serta lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Model penguatan nasionalisme dan Islam di pondok pesantren dibagun melalui tiga tahapan secara simultan dan keberlanjutan, melalui penguatan input, penguatan proses, dan penguatan output. Selain itu, penguatan nasionalisme dan Islam di lembaga pendidikan dapat dibagun melalui lembaga pendidikan formal, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue