cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 8 Documents clear
REFORMASI MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU Ahmad Hariyadi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Visi pembangunan pendidikan nasional adalah “terwujudnya manusia Indonesia yang cerdas, produktif dan berakhlak mulia.“ Pasal 8 menyebutkan bahwa”guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional”. Standar Nasional Pendidikan sebagai salah satu quality assurance pendidikan agar dapat terlaksana dengan baik dan tidak hanya sebuah simbul saja. Standar Nasional Pendidikan, mencakup standar isi dan proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pendanaan, penilaian pendidikan, akreditasi dan sebagainya, merupakan suatu kebutuhan utama bagi suatu pemerintahan yang menginginkan standar kompetensi dan mutu pendidikan. Guru merupakan komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar yang sangat berperan dalam mengantarkan pada tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Oleh karena itu mengajar merupakan pekerjaan profesional, karena menggunakan teknik dan prosedur yang berpijak pada landasan intelektual demi kemaslahatan orang lain.
MENGURAI PERKEMBANGAN RANTAI ILMU PENGETAHUAN; SEBUAH TINJAUAN FILSAFAT ILMU Abd. Ghofur
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mencoba untuk mengupas perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa. Bidang garapan dan kajian ilmu pengetahuan yang luas, maka penulis hanya menitik beratkan pada perkembangan ilmu pengetahuan yang telah ditemukan oleh para ilmuan terdahulu dari generasi ke generasi. Dimana para tokoh yang menjadi pioneer dimasanya tersebut berhasil menorehkan tonggak teori yang dijadikan kajian dan menghasilkan beragam ilmu pengetahuan yang berkembangan menjadi teknologi yang semakin canggih pada era ini. Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa ini tidak bisa dilepaskan dari peran filsafat ilmu. Sehingga peneliti menggali data awal dari filsafat ilmu yang telah dikembangkan oleh para filsuf Yunani. Banyak ahli yang memperdebatkan awal terjadinya ilmu pengetahun. Ada yang mengatakan ilmu pengetahuan ada sejak masa pra-sejarah, dimana masa itu menurut para ahli dinyatakan sebagai masa yang belum mengenal tulisan.
AKSELERASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA GONDANG MELALUI OPTIMALISASI PEMANFAATAN POTENSI LOKAL Maryono .
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sasaran utama program Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN-PPM) ini adalah untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan menengah dan tinggi masyarakat di Desa Gondang, yang secara langsung dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Di samping itu, melalui KKN-PPM pula di proyeksikan untuk menciptakan kemandirian masyarakat, dengan mengoptimalkan potensi lokal yang ada di desa. Program KKN pemberdayaan masyarakat menjadi pilihan untuk mengangkat potensi dan mengatasi segala persoalan yang ada di Desa Gondang. Selain itu juga untuk memperkuat komitmen dunia tahun 2000 tentang penetapan tujuan dan sasaran Pembangunan Abad Millenium atau Millenneum Development Goals (MDGs).Pemberdayaan masyarakat ini dibentuk, dibina dan dikembangkan sebagai lembaga masyarakat berupa forum silaturahmi, advokasi, komunikasi, edukasi dan, wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu yang dibentuk dan dilaksanakan dari, oleh dan untuk keluarga dan masyarakatnya. Sehingga, prinsip transfer ilmu pengetahuan dan teknologi dapat terpenuhi. Sebab ada solusi mengalir dari intelektual kampus, dan sebagai imbalannya tantangan mengalir masuk dari masyarakat. Dengan memiliki, KKN pengabdian masyarakat oleh sivitas akademika STKIP PGRI Pacitan merupakan wujud respons terhadap dinamika kehidupan masyarakat yang senantiasa berkorelasi erat dengan berkembangnya persoalan, kebutuhan dan tantangan yang dihadapi.
DIALEKTIKA KEILMUAN PONDOK TREMAS DALAM PERSPEKTIF GENDER Mukodi Mukodi; Afid Burhanuddin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.922 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dialektika keilmuan Pondok Pesantren Tremas dalam perspektif gender. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Tremas, yang berada di Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dialektika keilmuan Pesantren Tremas dalam perspektif gender terlihat dalam: 1) Proses Ijab Qabul antara kiai dengan wali santri, 2) Sistem Pendidikan dan Pengajaran, 3) Kajian dalam kitab-kitab kuning, 4) Wawasan sang kiai atas gender. Keempat aspek ini menunjukkan bahwa dalam pesantren ini terjadi dialektika yang kuat tentang gender. Tidak ada pembedaan dan pelemahan antara di salah satu pihak. Laki-laki tidak diunggulkan di atas perempuan, dan perempuan tidak lebih diistimewakan dari pada laki-laki. Semuanya mendapatkan porsi yang seimbang.
QUA VADIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI ERA OTONOMI DAERAH ANTARA PERSEPSI DAN EKSPEKTASI Bambang Wigiyahseno
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian tentang pelaksanaan Pendidikan dasar dan menengah menjadi sangat urgent di era otonomi daerah mengingat tidak semua daerah bisa men-support kepada sekolahsekolah yang ada di daerah untuk melaksanakan 8 standar pendidikan nasional dengan baik dan tepat. Tulisan ini ingin menunjukkan bagaimana tingkat persepsi dan ekspektasi masyarakat terhadap pelaksanaan program pendidikan dasar dan menengah yang meliputi 8 standar pendidikan nasional di wilayah Kabupaten Ponorogo. Hasil kajian ini dapat memberikan masukan kepada pemerintah daerah bahkan secara khusus kepada sekolahsekolahdi Kabupaten Ponorogo bahwa pelaksanaan pendidikan dasar dan menengah masih harus ditingkatkan kualitasnya. Mengingat jenjang pendidikan ini merupakan dasar yang kokoh bagi pembangunan sumber daya manusia sebelum masuk pada jenjang yang lebih tinggi. Banyak pihak (lebih lagi para orang tua wali murid) berharap terhadap keberhasilan pendidikan anak-anaknya.
RISALAH RELIGIUSITAS REMY SYLADO DALAM KUMPULAN SAJAK KERYGMA & MARTYRIA Zuniar Kamaluddin Mabruri
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan struktur puisi dalam kumpulan sajak Kerygma & Martyria karya Remy Sylado, (2) Mendeskripsikan makna risalah reli giusitas dalam kumpulan sajak Kerygma & Martyria karya Remy Sylado dengan pen dekatan semiotik. Adapun puisi-puisi yang disajikan dalam penelitian ini yaitu: “Zaman Azab”, “Karya Lukisan”, “Menghitung Ufuk”, “Ketika Mata Dipejamkan”, “Kristen-Islam”. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model pembacaan semiotika Riffatere (pembacaan heuristik dan hermeneutik) dan semiotika Pierce (dengan ikon, indeks, dan simbol). Berdasarkan pembacaan semiotika terhadap kumpulan puisi Kerygma & Martyria karya Remy Sylado ditemukan risalah religius penyair yang meliputi (1) Risalah religiusitas terhadap potret kehidupan manusia terlihat dalam puisi “Zaman Azab” (2) Risalah religiusitas untuk mengilhami Kebesaran-Nya terlihat dalam puisi “Karya Lukisan” dan “Menghitung Ufuk” (3) Risalah religiusitas terhadap hakikat manusia terlihat dalam puisi “Ketika Mata Dipejamkan” (4) Risalahreligiusitas terhadap sikap saling menghargai perbedaan beragama (Pluralisme) terlihat dalam puisi “Kristen-Islam”.
A STUDY OF TRANSLATION BASED MEANING VARIATIONS AS REFLECTED IN JOHN STEINBECK’S OF MICE AND MEN AND PRAMOEDYA ANANTA TOER’S TIKUS DAN MANUSIA Chusna Apriyanti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari variasi makna dalam novel berjudul Of Mice and Men karya John Steinbeck dan novel terjamahan berjudul Of Mice and Men karya terjemahan Pramoedya Ananta Toer dan juga mencari kemungkinan penyebab variasi makna diantara kedua novel tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil melalui kegiatan membaca kedua jenis novel, kemudian memasukkan klausa ke dalam tabel analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan makna antara nove asli dan novel terjemahan dikasifikasikan menjadi tujuh tingkatan makna, yaitu perbedaan paling rendah, perbedaan sangat rendah, perbedaan rendah, perbedaan sedang, perbedaan tinggi, perbedaan sangat tinggi, dan perbedaan tertinggi. Perbedaan makna tersebut disebabkan oleh sebelas faktor yaitu: pengurangan kata dan klausa, penambahan kata dan klausa, pergantian kata, perbedaan arti kata, penggunaan kata informal di bahasa sumber dan kata formal di bahasa sasaran, penghilangan penanda hubungan/penghubung antar klausa, penggunaan idiom, penggunaan bentuk kalimat aktif di bahasa sumber dan kalimat pasif di bahasa sasaran, dan perubahan susunan kata atau pergeserak struktur kalimat.
ANALISA KEBUTUHAN PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Fida Chasanatun; Sunardi .; Joko Nurkamto; Asrowi .
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasari oleh penerapan pengajaran membaca permulaan yang diteraapkan di beberapa sekolah se eks karesidenan Madiun. Pengajaran tersebut menerapkan pengajaran yang seharusnya berkarakter sebagai pengenalan menuju kemampuan membaca permulaan. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai alasan. Misalnya, tuntutan orangtua/wali siswa, tuntutan jenjang sekolah selanjutnya, alasan komersial, dan lain sebagainya. Penelitian ini akan menerapkan metode penelitian gabungan. Diawali dengan content validity analysis atau analisa muatan pembelajaran yang telah ada berdasarkan kajian teori efektifitas pembelajaran, kemudian digabungkan dengan observasi dan wawancara sekolah serta Kajian Kepustakaan, mengerucutkan temuan yang memandu konsep baru bagi pembelajaran membaca permulaan di tingkat ini. Sekolah yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 sekolah di lingkungan eks-karesidenan Madiun yang dipilih secara acak. Hasil temuan penelitian ini menggambarkan kondisi kenyataan penerapan pembelajaran membaca permulaan di lapangan. Pada hasil angket dan wawancara ditemukan bahwa pengajaran membaca permulaan disampaikan dalam program pembelajaran tambahan. Hal ini memungkinkan untuk menghindari pelanggaran dari aturan pemerintah tentang tidak diijinkannya pembelajaran tersebut di tingkat tersebut. Pada hasil wawancara dan observasi ditemukan kurangnya beberapa komponen bahasa yang memungkinkan pengenalan dan kesiapan anak dalam mengenal bahasa menjadi tidak sempurna. Hal lain adalah kurangnya keterlibatan lingkungan bermain anak baik di rumah maupun sekolah yang dilibatkan bagi keoptimalan hasil belajar. Akhirnya temuan-temuan tersebut digunakan sebagai acuan untuk membuat sebuah perangkat pembelajaran terpadu di lingkungan bermain anak dalam bentuk panduan guru dan orangtua.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue