cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 8 Documents clear
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI BRUNER Vera Dewi Susanti
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori Bruner. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua responden dengan kategori tinggi memiliki kecenderungan profil berpikir yang baik dalam memecahkan masalah bangun ruang limas. Lebih dari itu, kedua subjek mampu mendeskripsikan bangun limas, menyebutkan lima ciri-ciri limas, menyebutkan tiga unsur limas dan mampu menghitung luas permukaan limas serta mampu menggunakan rumus rumus dalam limas. Selain itu, kedua responden dengan kategori sedang menunjukkan bahwa mereka memiliki kecenderungan berpikir yang cukup dalam memecahkan masalah bangun ruang limas. Keduanya mampu mendeskripsikan bangun ruang limas, menyebutkan empat ciri-ciri limas, dua unsur limas, dan mampu menghitung luas permukaan limas meskipun hasil akhir belum benar serta mampu menggunakan rumus untuk menghitung. Sementara itu, kedua responden dengan kategori rendah menunjukkan bahwa mereka memiliki kecenderungan berpikir yang kurang dalam memecahkan masalah bangun ruang limas. Keduanya hanya mampu mendeskripsikan bangun ruang limas, tetapi mampu menyebutkan dua ciri-ciri limas, satu unsur limas, dan tidak mampu menghitung luas permukaan limas serta tidak mampu menggunakan rumus untuk menghitung.
THE TEACHING AND LEARNING ON SPEAKING SKILL: A CASE STUDY AT SEVENTH GRADE VII F STUDENTS OF SMPN 1 KEBONAGUNG PACITAN Samsul Hadi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This qualitative research was carried out in the classroom VII F of SMPN 1 Kebonagung Pacitan, on JLS Street Kebonagung Pacitan. The research was carried out at the first semester of the academic year of 2012/2013. Further, the techniques used to collect the data were: (1) observation; (2) in-dept interview; (3) recording documents; (4) and then the data were documented. The data analysis was through seven steps those were: (1) observation; (2) textualisation; (3) multicolumn text; (4) segmentization; (5) thematization; (6) proposisionalization; (7) and reduction. The units of main data were analyzed by researcher through five steps which consisted of: being analyzed, being interpreted, being summarized, being concluded, and being recommended. Based on the result on the observation in the activity of the teaching and learning speaking skill, it was obtained 112 statements of data identities. In relation with the topic, some of the statements of data identities were relevant but some others were not, the irrelevant data were not discussed in this chapter (they were reduced), while the relevant data became units of main data analyzed based on the underlying theories and the result of interviews, as well as the related documents. The results and discussions include: (1) aspects of learning done by the teachers including: methods were more atractive teacher-centered and students-centered, teaching and giving instruction, teachers stood in front, the material presented was appropiate to the topic; (2) aspect of the students, among others were enthusiastic but tended to be crowded.
MODEL PEMBERDAYAAN PENANGGULANGAN PERSEPSI POSITIF SEBELUM MENIKAH PADA REMAJA DI PACITAN Sri Iriyanti; Muhammad Fashihullisan
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pergeseran persepsi seks sebelum menikah pada remaja. Pengembangan model tersebut harus mampu diterapkan secara nyata dengan cara mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong pembentukan persepsi tersebut. Model tersebut diharapkan akan efektif menggeser persepsi remaja menuju arah yang diharapkan. Model pembentukan persepsi untuk merubah persepsi positif pada seks sebelum menikah di kalangan remaja dikembangkan dalam tiga tahap yaitu sosialisasi, tahap perubahan sikap dan tahap perubahan faktor-faktor yang pengaruhi persepsi pada remaja. Model ini dikembangkan untuk diaplikasikan oleh empat otoritas yaitu orang tua, sekolah, masyarkaat dan pemerintah. Model ini harus secara bersamasama dilakukan oleh oleh otoritas tersebut agar terjadi penguatan efektivitas model.
PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI DENGAN METODE PERMAINAN BEREGU PADA SISWA KELAS V SDM CONDONGCATUR YOGYAKARTA Ari Iswanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed at determining whether the Team Game method can increase physical ftness on the ffth grade students of Yogyakarta Muhammadiyah elementary school Condongcatur. The research was carried out in Yogyakarta Muhammadiyah elementary school Condongcatur from July to October 2014. Further, the subject of this research was the ffth grade students of Yogyakarta Muhammadiyah elementary school Condongcatur schooling year 2014-2015 consisting of 40 students who are 21 male and 19 female students. This research implemented Classroom Action Research (CAR) within the analysis by comparing the precondition of students, test results after the frst cycle and test results after the second cycle. Based on the research fndings, it could be concluded that the team game method could be used as an attempt to increase the physical ftness of students on the ffth grade elementary school children Condongcatur Yogyakarta Muhammadiyah schooling year 2014/2015 which was proved from the study that has been carried out in the frst cycle and the second cycle. Almost all students experienced the signifcant increase in physical ftness. This was also proved that after the frst cycle test, there is only one student whose physical ftness test is less. After the second cycle was then carried out, there is no longer student of whose physical ftness test is low
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KECEMASAN ANAK (SISWA) MENJELANG UJIAN NASIONAL Suparmi .
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak (siswa) terhadap dukungan orangtua dengan kecemasan anak (siswa) menjelang Ujian Nasional (UN) pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara persepsi anak (siswa) terhadap dukungan orangtua dengan tingkat kecemasan anak (siswa) menjelang UN. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 2 Depok Sleman, Yogyakarta, berjumlah 116 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan anak (siswa) menjelang UN berjumlah 25 aitem diterima, α = 0,853, dan skala persepsi anak (siswa) terhadap dukungan orangtua berjumlah 27 aitem diterima, α = 0,905, yang telah diujicobakan pada 105 siswa kelas IX SMP Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta. Analisis korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi -0,408 (p< 0,01). Artinya terdapat hubungan negatif yang signifikan antara persepsi anak (siswa) terhadap dukungan orangtua dengan tingkat kecemasan anak (siswa) menjelang UN. Hal ini menunjukkan bahwa, semakin tinggi dukungan orangtua yang dipersepsikan anak (siswa), maka kecemasan anak (siswa) menjelang UN cenderung rendah. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah dukungan orangtua yang dipersepsikan anak (siswa), maka kecemasan anak (siswa) menjelang UN cenderung tinggi.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 UNTUK MEMPERMUDAH PENILAIAN INDIVIDU Budi Sasomo
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.451 KB)

Abstract

This research had attempted to fnd out a solution for teacher in assessing individual learners authentically. The method used in the preparation of this article is derived from the literature review to obtain formulation of the problem, data collection, discussion, conclusion and suggestion. Based on the hypothesis testing using t test, it was concluded that Role Play method combined with a Scientifc approach obtained better learning achievement than those taught using Lecture method or Direct Learning. It provided a new alternative for the implementation of the learning curriculum in 2013 using the Role Play combined with the Scientifc Approach. In the process of learning, the teachers or lecturers were both greatly helped by the application of this method. That was because the learners were required to demonstrate their abilities individually in front of the class when learning activities took place.
PENILAIAN YANG EFEKTIF BIDANG STUDI MATEMATIKA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013 Taufik Hidayat
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.747 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kurikulum 2013 dan bagaimana penilaian yang tepat pada kurikulum 2013. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan (Library Research) yaitu dengan mengumpulkan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini kurikulum 2013. Sedangkan sumber data sekudernya berbagai macam buku yang relevan dengan pembahasan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah dengan diskriptif analisis, yaitu konsentrasi terhadap solusi atau pemecahan masalah yang ada, kemudian data yang sudah ada disusun untuk dianalisa. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Kurikulum 2013 tidak hanya menitikberatkan pada proses penanaman nilai saja, namun juga kompetensi spiritual dan sosial anak melalui pendekatan saitifik, holistik integratif berdasarkan masing-masing kecerdasan peserta didik oleh karena itu maka memerlukan penilaian yang mendorong perkembangan peserta didik dengan cara yang etis dan tepat sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin diraih sehingga mendorong kreativitas guru dan kemampuan perkembangan peserta didik agar lebih baik dalam melakanakan implementasi kurikulum 2013.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Marsini .; Ita Afri Lusiana
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada siswa hendaknya selalu diterapkan pada setiap proses belajar mengajar. Pada setiap prosesnya, diperlukan kreativitas, keaktifan maupun inovasi oleh seorang guru agar hasil akhir dari suatu proses pembelajaran menuai hasil yang maksimal. Indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran, salah satunya adalah hasil belajar siswa yang meningkat. Salah satu penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah penerapan Problem Based Learning dengan materi permasalahan sosial di sekitar lingkungan siswa. Problem Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang autentik dimana siswa diberikan masalah-masalah sosial yang ada dilingkunagan sehingga siswa membuat hubungan-hubungan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Nglames 01 Kabupaten Madiun Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Analisis statistik signifikansi perbedaan pretest-posttest dengan Uji-t berpasangan untuk mengetahui signifikansi pengaruh peningkatan hasil belajar antara pretest dengan posttest. Dari analisis statistik Uji-t diperoleh hasil bahwa taraf signifikasi dengan sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Jadi pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning sangat berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi masalah sosial siswa kelas IV SDN Nglames 01 Kabupaten Madiun.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue