cover
Contact Name
Ni Putu Widhia Rahayu
Contact Email
niputu@ubl.ac.id
Phone
+6281927740007
Journal Mail Official
manbis@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Z.A Pagar Alam No. 26 Labuhan Ratu, Bandar Lampung, 35142
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 20870701     EISSN : 27748898     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v13i1.2831
Bisnis Internasional, Ekonomis Bisnis, Etika Bisnis, Kewirausahaan, Manajemen Administrasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan, Manajemen Produksi, Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pasar Modal, Perilaku Organisasi, Sistem Informasi Manajemen
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021): APRIL" : 6 Documents clear
Peranan Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Di Sekolah Setiyo Setiyo
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.076 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v11i2.1953

Abstract

Penjaminan mutu pendidikan dilakukan guna meningkatkan kualitas/ mutu pendidikan di lembaga satuan pendidikan sekolah/madrasah. Selain itu dengan sistem penjaminan mutu pendidikan, maka para stekeholders merasa puas dengan adanya sistem penjaminan mutu tersebut, sehingga dapat mengetahui kualitas lembaga pendidikan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat yang disesuaikan dengan Standar Pendidikan Nasional.Penjaminan mutu pendidikan  diharapkan  dapat  terus  dilaksanakan  oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah sebagai lembaga independen.  Lembaga ini perlunya kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah sebagai pemegang kepentingan. Sebagai pelaksana akreditasi yang dilakukan oleh asesor guna melaksanakan verifikasi terhadap kelayakan sekolah baik negeri dan swasta, untuk kesesuaian dengan standar nasional pendidikan.Sebagai asesor pendidikan perlunya diklat khusus mengenai etika profesionalisme pendidikan dan kompetensi asesor tersebut, guna mendapatkan hasil yang akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan kelayakannya terhadap  satuan pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan akan sulit terwujud bila tidak dilakukan secara professional dan perlunya hubungan yang baik antara internal satuan pendidikan dengan lembaga eksternal pendidikan dan  tim  penjamin  mutu serta hubungan baik antara pemerintah dengan lembaga pendidikan tersebut.
PENGARUH PROMOSI VIDEO MARKETING DAN KESADARAN MEREK DALAM MEMPENGARUI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN YAMAHA Evi Maidasari; Vonny Tiara Narundana; Rina Lolyana
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.989 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v11i2.1962

Abstract

This research aims to find out the influence of video marketing promotion and brand awareness in influencing consumer purchasing decisions of Yamaha Motor Samples used by 60 respondents who are yamaha motor consumers working in PT. Yamaha taken using purposive sampling or judgement sampling techniques. The data used is primary data in the form of the dissemination of questionnaires in 60 respondents who are as consumers in PT. Yamaha. The analysis tool uses data quality test analysis tool in the form of validity test and reliability test, Classic Assumption Test, Determination Coefficient Test (R2), multiple linear regression, simultaneous test (F test) and partial test (t test). The results showed that the X1 variable (Video Marketing) and the X2 variable (Brand Awaseness) all statements or polls were declared valid and reliable, and passed the classic assumption test and all variables were declared to have a partial or simultaneous effect on variabl Y (Purchasing Decision).
Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Bina Marga Dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Habiburrahman Habiburrahman; Ferghina Zhavira
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.853 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v11i2.1954

Abstract

Di era indutri 4.0 ini, pentingnya dukungan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualitas professional menjadi kunci utama dalam tumbuh kembang suatu organisasi, sehingga perlu bagi suatu organisasi dalam hal ini instansi pemerintah untuk bekerja sama dengan semua elemen fungsi manajemen untuk mengembangkan kinerja SDM nya secara terus menerus. Setiap organisasi membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi agar dapat memberikan pelayanan yang prima dan bernilai. Dengan kata lain, organisasi tidak hanya mampu memberikan pelayanan yang memuaskan (customer satisfaction), tetapi juga berorientasi pada nilai (customer value) sehingga organisasi tidak semata-mata mengejar pencapaian produktivitas kerja yang tinggi, tetapi lebih pada kinerja dalam proses pencapaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi SDM dan disiplin  terhadap kinerja pegawai pada Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu menggambarkan sifat atau keadaan yang sementara berjalan pada saat penelitian dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Penelitian ini menggunakan 50 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Kompetensi SDM (X1) dan Disiplin kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.   Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Kompetensi SDM (X1) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 33,9% tingkat pengaruh sebesar 30,9%. Terdapat pengaruh Kompetensi SDM(X1), Disiplin kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 38,8%.
PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONALTERHADAP KINERJA KARYAWAN TRAVEL JUWITA LAMPUNG - JAKARTA Defrizal Defrizal; Renta Ulina Sihombing
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.309 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v11i2.1957

Abstract

The objectives of this study are as follows: (1) To analyze the influence of personality on the performance of Travel Employees of Juwita Lampung-Jakarta. (2) To analyze the influence of Emotional Intelligence on the Performance of Travel Employees of Juwita Lampung-Jakarta. (3) To analyze the influence of Personality and Emotional Intelligence on the Performance of Travel Employees of Juwita Lampung-Jakarta. The measuring instrument used in this research is a questionnaire. The population of this study were 30 employees of Travel Juwita Lampung-Jakarta. Based on the results of data analysis (1) Personality has a positive and significant influence on the Performance of Travel Employees of Juwita Lampung-Jakarta. (2) Emotional Intelligence has a positive and significant influence on the Performance of Travel Employees of Juwita Lampung-Jakarta. (3) Personality and Emotional Intelligence have a positive and significant effect together on the Performance of Travel Employees of Juwita Lampung-Jakarta Travel. In order to improve employee performance, Travel Juwita Lampung-Jakarta must pay attention to employees so that they can manage their own work plans properly so that they can maximize their work to be completed on time.
PENGARUH BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP CITRA MERK MINYAK GORENG SANIA PADA PT. SARI AGROTAMA PERSADA Agung Rachmadi; Susi Indriyani; Hasbullah Hasbullah
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.443 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v11i2.1951

Abstract

The relatively low share of the Sania Cooking Oil Brand shows the lack of public desire to use this cooking oil, so that efforts are needed to communicate the strengths and advantages of the brand. The purpose of this study was to determine and analyze the effect of advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing and public relations together on the brand image of Sania cooking oil at PT Sari Agrotama Persada. This study used qualitative and quantitative methods, and then the data in the study were obtained from the results of distributing questionnaires with a total sample of 104 customers. The analytical tool used is in the form of multiple linear regression analysis, t test and F test. Based on the results of the discussion, it can be concluded from the partial hypothesis test that advertising has a significant effect on brand image, sales promotion has a significant effect on brand image, personal selling has a significant effect on brand image, direct marketing has a significant effect on brand image and public relations has a significant effect on brand image. Simultaneous hypothesis testing that advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing and public relations together have a significant effect on the brand image of PT Sari Agrotama Persada.
Pengaruh Penghargaan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Widya Pratama Perkasa David Ahmad Yani
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.539 KB) | DOI: 10.36448/jmb.v11i2.1952

Abstract

Penghargaan adalah insentif yang mengaitkan bayaran atas dasar untuk dapat meningkatkan produktivitas para karyawan guna mencapai keunggulan yang kompetitif. Selain penghargaan budaya organisasi juga mempunya pengaruh yang besar terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penghargaan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Widya Pratama Perkasa. Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory. Penelitian ini menggunakan 39 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana penghargaan (X1) dan budaya organisasi (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja karyawan (Y) sebagai variabel terikat. Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh penghargaan (X1) terhadap kinerja karyawan (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 10,2%. Terdapat pengaruh budaya organisasi (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 46,1%. Terdapat pengaruh penghargaan (X1) dan budaya organisasi (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 57%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6