cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH" : 21 Documents clear
PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TSM B PADA MATERI KOMPETENSI BATERAI DI SMK NEGERI 8 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Ibnu Maulana
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (963.773 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajarpada pembelajaran materi kompetensi baterai kelas X TSM B di SMKN 8Purworejo setelah diterapkan pembelajaran metode Tutor Sebaya.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom actionresearch) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyekpenelitian kelas X TSM B SMKN 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancaradan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalahdeskriptif kuantitatif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwapenerapan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XTSM B SMKN 8 Purworejo dalam kompetensi baterai. Hasil belajar siswameningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkatmenjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81dengan prosentase pencapaian 84%.Kata kunci : Peer Teaching, Metode Tutor Sebaya, Metode Ceramah, HasilBelajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTOR BENSIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Kamal Priyana; Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (970.399 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4309

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan (3) untuk mengetahui seberapa besar efektivitas hasil belajar terhadap media pembelajaran motor bensin untuk meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D(Research and Development).Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 mahasiswa.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisa deskripsi.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1) Prosedur pengembangan media pembelajaran motor bensin yang di kembangkan oleh peneliti meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk sampai uji coba pemakaian. (2) Media pembelajaran motor bensin cukup layak digunakan untuk pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan tahap kelayakan oleh ahli media mendapatkan 75% dengan kategori “cukup valid”, serta ahli materi mendapatkan 80% dengan kategori “valid”.Hasil penelitian uji kelayakan oleh responden atau mahasiswa, media pembelajaran motor bensin ditinjau dari dua kelompok kecil dan besar, pada kelompok kecil mendapatkan persentase skor 81%; pada kelompok besar mendapatkan persentase skor 82,40%; Total penilaian kedua kelompok mendapatkan kategori “valid”. (3) Pada penelitian, pelaksanaan pembelajaran dari pencapaian hasil belajar didapatkan nilai rata-rata mahasiswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran motor bensin sebesar 72,60 dan nilai rata-rata mahasiswa kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran motor bensin sebesar 79,20 dengan selisih rata-rata sebesar 6,60.Kata Kunci : Media pembelajaran, Hasil Belajar, Motor bensin 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TRANSMISI MANUAL SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA FIT Ryan Pyegi Nurshella; Widiyatmoko Widiyatmoko
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (973.383 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran dan alat peraga pada sistem transmisi manual sepeda motor. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan alat peraga pada sistem sistem transmisi manual sepeda motor. dan 3) Untuk mengetahui minat belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran alat peraga pada sistem transmisi manual sepeda motor di Universitas Muhammadiyah Purworejo Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Semester IV.Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D). Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) pengembangan media pembelajaran alat peraga pada mahasiswa semester IV meliputi : pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) Hasil validasi produk oleh ahli materi 3,5 (sangat baik), ahli media 3,16 (baik), uji coba kelompok kecil 3,28 (sangat baik), dan uji coba pemakaian produk 3,15 (baik). Dari hasil penilaian tersebut menunjukkan produk layak (baik) digunakan sebagai media pembelajaran. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media alat peraga dan yang menggunakan media alat peraga. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.117, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1.661 dengan p = 0.253, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.352 dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelaseksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 82.8 dan nilai rata – rata kelas kontrol 78,7. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran alat peraga dapat meningkatkan minat belajar siswa.Kata kunci : Media Pembelajaran, Alat Peraga, Minat Belajar
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG JOB SHEET MATA KULIAH TEKNOLOGI PEMBENTUKAN DASAR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Dinda Purbo Aji; Suyitno Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2016/2017 tentang job sheet pada Mata Kuliah Teknologi Pembentukan Dasar Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Muhammadiyah Purworejo angkatan. Jenis penelitian ini adalah Statistik Kuantitatif, dalam penelitian ini melibatkan 61 orang mahasiswa, kemudian Data dikumpulkan menggunakan angket dengan sekala Likert dan telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Statistik Dekriptif Hasil analisis data yang menggunakan statistik deskriptif yaitu metode perhitungan dalam bentuk persentasi yang disertai narasi, adapun hasil perhitungnnya adalah Persentase pertama 8,19% mahasiswa berpersepsi Sangat Baik dengan adanya job sheet saat pembelajaran praktik, Persentase kedua 88,52% mahasiswa berpersepsi Baik dengan adanya job sheet saat pembelajaran praktik, Persentase ketiga 3,27% mahasiswa berpersepsi Cukup Baik dengan adanya job sheet saat pembelajaran praktik, dan yang terakhir 0% mahasiswa berpersepsi Tidak Baik dengan adanya job sheet saat pembelajaran praktik.Kata kunci: Job sheet, Pembelajaran praktik, Persepsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA SISTEM KOPLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 TaufiqurRahman TaufiqurRahman
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran menggunakan alat peraga pada mata kuliah Sistem PemindahTenaga di Universitas Muhammadiyah Purworejo(2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran alat peraga Sistem Pemindah Tenaga di Universitas Muhammadiyah Purworejo(3)Untuk mengetahui efektifitas motivasi belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran alat peraga.Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran alatperagasistemkoplingmeliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk.2) media pembelajaran alat peraga system kopling yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Sistem Pemindah Tenaga,di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 73,33% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 87,50% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 2.902 dan t tabel = 2.060)mahasiswa semester 4 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini ditunjukkan melalui uji coba kelompok kecil memperoleh 84,00% yang meliputi 5 mahasiswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 81,70% yang meliputi 25 mahasiswa.Melalui uji normalitas diperoleh p = 0186 karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 1.063 dengan p = 0.308, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen. Dengan demikian media pembelajaran alat peraga sistem kopling telah berhasil meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.Kata kunci: Media Pembelajaran, Sistem Kopling, Motivasi Belajar
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DI SMK N 4 PURWOREJO Eko Nur Cahyo; Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4313

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan 2) untuk meningkatkan hasil belajar dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK N 4 Purworejo kelas XII TKR B tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 siswa. Metode pegumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunkan metode pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan 1) metode pembelajaran Think Pair Share (TPS),dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Ditunjukkan pula dari hasil observasi aktifitas belajar siswa pada siklus sebesar 74,84%.Sedangkan pada siklus II hasil persentase aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu telah mencapai 84,89%.2) Metode pembelajaran Think Pair Share (TPS),dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ditunjukkan dengan perolehan hasil tes Pada siklus I sebesar 66,3% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II sebesar 79,1% dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 12,8%.Kata kunci : Aktifitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Think Pair Share
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM REM SEPEDA MOTOR Ongky Nurma Prakoso; Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran Alat Peraga guna meningkatkan pemahaman praktikum mahasiswa pada sistem rem model disc break dan drum brake di Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Alat Peraga bagi mahasiswa pada mata kuliah sistem rem model disc break dan drum brake di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D).Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa : 1) Proses pembuatan media pembelajaran sistemrem model disc break dan drum brake berupa alat peraga dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai. Tahap pengembangan media pembelajaran sistem rem model disc break dan drum brake pada mahasiswa semester 4 pendidikan teknik otomotif Purworejo telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) Hasil validasi produk oleh ahli materi sebesar 87.5% sedangkan ahli media 85,5%, uji coba kelompok kecil 85,5% dari hasil tersebut menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran.Kata kunci : Media Pembelajaran, Sistem Rem.
UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE STAD PADA MATERI SISTEM REM DI SMK N 4 PURWOREJO Rudi Wibowo; Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kuantitatif yang didukung kualitatif.Hasil penelitian pada kemandirian belajar siklus I sebesar 50% siswa masuk kategori baik, kemudian pada siklus II kemandirian belajar menjadi 80% dengan siswa sudah menunjukkan rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Sedangkan dari hasil belajar diperoleh rerata persentase mencapai 70% lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 79% dengan adanya alat peraga dan kumpulan soal dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Sehingga, dapat di simpulkan pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemandirian belajar, dan hasil belajar pada siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan demikian, metode pembelajaran STAD dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.Kata kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, STAD.
PENERAPAN MEDIA ENGINE STAND GL100 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI. Eko nurrahmad
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana penerapan media engine stand GL100 untuk meningkatan minat belajar Sistem Kepala Silinder di SMK Muhammadiyah Purworejo. (2) untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkan media engine stand GL100 dalam proses pembelajaran.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Desain yanng digunakan adalah One Group Pretest-posttest design. Alur penelitian terdiri dari perencanaan- Pemeberian angket (pre-test)- Pemberian Perlakuan (Treatment)-Pemberian angket (Post-Test). Subjek penelitian ini adalah Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Purwodadi tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis independent t test (uji t).Berdasar penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Engne Stand GL100 dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah Purwodadi dalam kompetensi sistem kepaa silinder. Minat belajar siswa meningkat dengan kenaikan skor minat sebesar 5,59, setelah dilaksanakan pre-test dengan hasil rata-rata 60,75 dan rata-rata skor minat seteah di beri perlakuan (Post-Test) adalah 66,68.Kata kunci : Penerapan Media,Engine Stand,Minat Belajar
Penerapan Media Pembelajaran dengan Alat Peraga Stand Sepeda Motor GL-100 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar sistem kopling di SMK Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2017/2018 Yunus Aris Sukamdani
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 11, No 02 (2018): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v11i02.4317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran materi kompetensi Kopling kelas X TSM B di SMK Muhammadiyah Purwodadi setelah penerapan media pembelajaran stand sepeda motor GL-100.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyek penelitian kelas X TSM B SMK Muhamadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TSM B SMK Muhammadiyah Purwodadi dalam kompetensi Kopling. Hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81 dengan prosentase pencapaian 84%.Kata kunci: Kata kunci: Metode Demonstrasi, Penerapan Media, Hasil belajar.

Page 1 of 3 | Total Record : 21