cover
Contact Name
Dian Rahadian
Contact Email
dianrahadian@fh.uncen.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dianrahadian@fh.uncen.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
ISSN : 23383402     EISSN : 2623226X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih. JIPI terbit 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi dan praktisi di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Sains dalam menerbitkan artikel hasil-hasil penelitian
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia" : 6 Documents clear
PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 DUM KOTA SORONG Wahyuntari, Ani; Antoh, Alfred A.
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Publisher : Magister Pendidikan IPA, UNCEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Telah dilakukan Penelitian tentang pengaruh metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik dinamis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dum Kota Sorong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen (X1) terhadap penguasaan konsep (Y), motivasi belajar (X2) terhadap penguasaan konsep (Y) serta secara bersama-sama penggunaan metode eksperimen (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap penguasaan konsep (Y). Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara metode eksperimen, motivasi belajar dan secara bersama-sama metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik dinamis pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dum Kota Sorong. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Motivasi Belajar, Penguasaan Konsep Fisika
PENGARUH PEMBERIAN TUNJANGAN SERTIFIKASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN IPA JURUSAN P.MIPA UNCEN Siregar, Tiurlina; Walukow, Auldry F.
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Publisher : Magister Pendidikan IPA, UNCEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh langsung yang signifikan pemberian tunjangan sertifikasi terhadap kinerja dosen IPA, (2) mengetahui pengaruh langsung yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja dosen IPA , (3) mengetahui pengaruh langsung yang signifikan pemberian tunjangan sertifikasi dan motivasi kerja secara simultan terhadap kinerja dosen IPA, dan (4) Pengaruh tak langsung yang signifikan pemberian tunjangan sertifikasi terhadap kinerja dosen IPA melalui variabel mediator motivasi kerja. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan maksud untuk mengungkapkan korelasi antara variabel yang dilibatkan dalam penelitian sehingga mendapatkan informasi yang lengkap mengenai kaitan antara variabel-variabel. Data penelitian diperoleh dari definisi operasional, pengembangan Instrumen Penelitian dan Uji coba Instrumen Penelitian. Hasil analisis data penelitian yang diolah menggunakan program SPSS release 21.0. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian tunjangan sertifikasi dan motivasi kerja dapat meningkatkan kinerja doesn IPA Jurusan PMIPA di Universitas Cenderawasih. Kata kunci : Sertifikasi, Motivasi, Kinerja Dosen Jurusan P.MIPA Uncen.
PERBEDAAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI I SENTANI Stefanie, Selmi Yohana; Siregar, Tiurlina
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Publisher : Magister Pendidikan IPA, UNCEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui : (1) Perbedaan minat belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) Perbedaan hasil belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 SMA Negeri 1 Sentani dengan jumlah 62 orang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 kelas Kontrol. Pengempulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 16. Hasil uji normalitas hitungnya > 0,05 data normal. Hasil homogenitas menunjukkan sig hitung < 0,05, signifikan maka kedua kelompok memiliki varians yang sama atau homogeny. Hasil uji hipotesis (uji t) sig hit < 0,005, terima Ha dan tolak Ho. Hasil penelitian ini adalah (1) ada perbedaan minat belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (2) ada perbedaan hasil belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Kata Kunci : Tipe Jigsaw, Minat, Hasil Belajar, Kimia
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI FISIKA SISWA KELAS X SMA BINA TARUNA PAPUA Patandean, Usman; Lumbu, Albert
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Publisher : Magister Pendidikan IPA, UNCEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi antara siswa yang mendapatkan pembelajaran fisika dengan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu diungkap pula sikap siswa terhadap pembelajaran fisika dan perkembangan karakter siswa dalam pembelajaran fisika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Bina Taruna Papua Masni. Sesuai dengan desain yang digunakan dipilih 2 kelas sebagai sampel dari 3 kelas yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas pertama sebagai kelas ekperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Kelas ekperimen memperoleh pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah dan kelas control memperoleh Pembelajaran Konvensional. Pengumpulan data hasil penelitian menggunakan instrumen berupa soal-soal tes kemampuan pemahaman dan Berfikir Tingkat Tinggi, angket skala sikap siswa, dan angket perkembangan karakter siswa. Data yang diperoleh dari tes kemampuan pemahaman dan Berfikir Tingkat Tinggi dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil angket skala sikap dan angket perkembangan karakter di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan Berfikir Tingkat Tinggi yang lebih baik dari pada pembelajaran konvensional/biasa. Analisis data angket skala sikap memperlihatkan bahwa siswa bersikap positif terhadap pembelajaran fisika, baik terhadap pelajaran fisika, model Pembelajaran Berbasis Masalah, maupun terhadap soal-soal pemahaman dan Berfikir Tingkat Tinggi. Hasil analisis angket perkembangan karakter menunjukkan bahwa karakter rasa ingin tahu siswa berada pada level Mulai Berkembang, sedangkan perkembangan karakter kejujuran dan kedisiplinan siswa berada pada level Membudaya. Kata kunci :Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemahaman Fisika, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi.
PENGARUH SELF LEADERSHIP MAHASISWA, MOTIASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN DI POLTEKES KEMENKES SORONG Situmorang, Panel
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Publisher : Magister Pendidikan IPA, UNCEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk menguji dan menganalisa pengaruh Pengaruh Self Leadership Mahasiswa, Motiasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan di Poltekes Kemenkes Sorong, Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa 1. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan Self leadership mahasiswa terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan Poltekes Kemenkes Sorong. 2. Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan Poltekes Kemenkes Sorong. 3.Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan Minat belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan Poltekes Kemenkes Sorong. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 31 mahasiswa keperawatan Poltekes Kemenkes Sorong. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 19. Kesimpulan yang dapat dihasilkan dari penelitian ini, yaitu: 1. Variabel leadership, motivasi belajar dan minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong, berdasarkan pada hasil uji F yang menunjukkan bahwa F – hitung (25,313) > F – tabel (2,89). 2. Variabel leadership secara parsial berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong, berdasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan bahwa t – hitung (2,372) > t – tabel (1,706). 3. Variabel motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong, berdasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan bahwa t – hitung (2,410) > t – tabel (1,706). 4. Variabel minat belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong, berdasarkan pada hasil uji t yang menunjukkan bahwa t – hitung (2,896) > t – tabel (1,706). 5. Minat belajar merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap indeks prestasi mahasiswa keperawatan poltekes kemenkes Sorong. Kata Kunci : Self Leadership, Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Indeks Prestasi.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DARI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBANTU MICROSOFT POWER POINT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS XI IPA SMA YPPK ASISI SENTANI Allo, Muliarto Ruben Girik; Kho, Ronaldo
Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Publisher : Magister Pendidikan IPA, UNCEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) dan model pembelajaran berbantu microsoft powerpoint pada materi statistika di kelas XI IPA SMA Asisi Sentani tahun pelajaran 2013/2014, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada materi statistika yang ditinjau dari jenis kelamin di kelas XI IPA SMA Asisi Sentani tahun pelajaran 2013/2014, dan (3) mengetahui ada tidaknya interaksi yang signifikan dari penerapan model pembelajaran dengan jenis kelamin siswa terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IPA SMA YPPK Asisi Sentani tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa yang menjadi sampel penelitian adalah 54 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 26 orang dan kelas XI IPA 2 berjumlah 28 orang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Counterbalace. Sehingga tiap kelas akan mendapatkan perlakuan yang sama yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran berbantu microsoft powerpoint. Data penelitian diperoleh dari hasil tes yang dilakukan setiap akhir pembelajaran dan didukung oleh lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa materi statistika dapat diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran berbantu Microsoft Powerpoint pada siswa kelas XI IPA SMA YPPK Asisi Sentani tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Kooperatif, NHT (Number Head Together), Microsoft Powerpoint.

Page 1 of 1 | Total Record : 6