cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Teknik dan Ilmu Komputer
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018" : 10 Documents clear
KOMUNIKASI ANTAR ROBOT SEPAKBOLA BERODA MENGGUNAKAN UDP MULTICAST Santoso, Yonathan Darwinto; Nugroho, Saptadi; Wardana, Hartanto Kusuma
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kontes Robot Indonesia pada tahun 2017 membuka divisi baru, yaitu Kontes Robot Sepakbola Indonesia Beroda atau bisa disebut KRSBI-B. KRSBI-B adalah perlombaan sepakbola antar robot beroda. Untuk memenangkan pertandingan, setiap tim harus menyiapkan hardware, algoritma, dan strategi yang baik. Strategi merupakan aspek yang sangat penting di KRSBI-B. Strategi tidak akan bisa berjalan tanpa adanya komunikasi antar pemainnya. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini akan dibahas mengenai komunikasi dan koordinasi antar robot sepakbola beroda. Setiap tim robot minimal menurunkan tiga robot dalam pertandingan, yaitu Striker, Mid Fielder, dan Goal Keeper. Komunikasi dalam pertandingan ini, selain digunakan untuk mengatur strategi, juga untuk mendengarkan perintah aplikasi wasit dari juri, yaitu Referee Box. Juri mengharuskan ada satu komputer yang digunakan untuk mem-forward pesan Referee Box ke semua robot dan mengatur strategi robot, yaitu Base Station. Base Station akan tersambung dengan Referee Box menggunakan TCP. Tiga robot dan Base Station akan tersambung menggunakan UDP Multicast. Base Station akan mengirimkan status Referee Box dan setiap robot akan mengirimkan status dirinya. Referee Box dan robot akan mengirimkan statusnya masing-masing setiap 100 milidetik ke multicast group. Dengan diketahuinya status pertandingan dan status masing-masing robot, maka strategi dapat dilakukan. Berdasarkan hasil pengujian, semua data Referee Box dan data masing-masing robot berhasil sampai di multicast group. Strategi pun sukses dilakukan, karena komunikasi yang dilakukan berjalan dengan lancar. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi dan strategi antar robot berhasil dilakukan.Kata Kunci: robot, sepak bola, multicast, UDP
ANALISIS KUALITAS WEBSITE UNIVERSITAS DENGAN METODE WEBQUAL (STUDI KASUS WEB UNIVERSITAS KRISTEN KRIDA WACANA) Hariyanto, Yudi; Kristianto, Edy; Cia, Fredi
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini website berkembang pesat dan digunakan dalam berbagai bidang. Salah satunya Ukrida sebagai sebuah institusi pendidikan yang juga menggunakan website sebagai media untuk menyampaikan informasi akademiknya. Untuk itu, perlu bagi para pengembang atau pemilik website untuk menjaga kualitas website mereka. Metode WebQual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan pengguna akhir. WebQual 4.0 disusun berdasarkan tiga dimensi yang mempengaruhi tingkat kualitas website, yaitu Usability, Information Quality, Interaction Quality. Proses analisis terhadap data yang telah diperoleh terdiri dari uji validitas, reabilitas, uji asumsi dasar, uji hipotesis F, dan uji t. Dari hasil analisis diperoleh bahwa ketiga variabel Usability, Information Quality, Interaction Quality memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel mempunyai pengaruh terhadap variabel kepuasan pengguna. Dari uji hipotesis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa variabel Usability, Information Quality, Interaction Quality berpengaruh signifikan secara bersama-sama kepada variabel kepuasan pengguna.Kata kunci: Metode WebQual, uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi dasar, uji hipotesis, uji analisis regresi linear berganda.
ANALISIS KAPASITAS FLY PASS (STUDI KASUS: SIMPANG MERUYA) Paganggi, Wira Rante; Pratama, Ardeneline Larayana; Lopang, Ita; Susanto, Jonathan Geraldin Yolando; Sukarno, Piter Octaviano; Rendih, Rendih; Iwisara, Rizky Fernando; Setyabudi, Setyabudi
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transportasi di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat setiap tahunnya. Adapun masalah yang ada di Simpang Meruya, yaitu derajat kejenuhan di atas 0,75 dan panjang antrian kendaraan yang tinggi. Pada studi kasus ini dilakukan analisis kapasitas fly pass di Simpang Meruya dengan menentukan kapasitas lalu lintas serta lebar efektif yang digunakan untuk perencanaan fly pass. Perencanaan fly pass menggunakan data kapasitas lalu lintas 75% dari kapaitas tertinggi kemudian dilakukan pengecekan kinerja simpang di bawahnya untuk kapasitas lalu lintas 25% menggunakan MKJI 1997. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan fly pass tipe 2/2 D dengan lebar lajur 3,25 m dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di simpang Meruya. Kendaraan terhenti rata-rata sebelum fly pass pada pagi hari, yaitu 3,99 dan 3,94, dan sesudah fly pass pada pagi hari menjadi 3,27, serta pada sore hari menjadi 3,22. Sebelum adanya fly pass tingkat pelayanan simpang pada pelayan D dan sesudah adanya fly pass tingkat pelayanan simpang menjadi pelayan C. Dengan demikian, perencanaan fly pass pada simpang empat bersinyal simpang Meruya layak dilakukan.Kata Kunci: Simpang, Fly pass, kapasitas, MKJI, tingkat pelayanan
PENERAPAN K-MEANS DAN K-MEDOIDS CLUSTERING PADA DATA INTERNET BANKING DI BANK XYZ Aryuni, Mediana; Madyatmadja, E Didik; Miranda, Eka
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan jumlah pengguna Internet Banking berdampak pada semakin banyaknya data transaksi bank. Data tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh bank. Salah satu caranya adalah menerapkan salah satu teknik data mining, yakni metode clustering. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode clustering pada data transaksi Internet Banking untuk segmentasi customer sehingga dapat membantu pihak pemasaran bank. Metode penelitian mengacu pada metode knowledge discovery. Pada penelitian ini, diterapkan metode unsupervised learning, yakni clustering untuk mensegmentasi customer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai k yang paling optimal pada k-means adalah 3 dengan nilai average within centroid distance (W) sebesar 35.241. Sedangkan untuk k-medoids, nilai k yang paling optimal adalah 3 dengan nilai average within centroid distance (W) sebesar 88.849. Algoritme k-means memiliki performa yang lebih baik daripada k-medoids, baik dari sisi nilai average within centroid distance dan kompleksitas waktu.Kata kunci: clustering, data mining, transaksi internet banking
OPTIMALISASI PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA DAYA DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI KOMPUTER Tumbelaka, Hanny H.
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Elektronika daya penting dipelajari oleh mahasiswa Program Studi Teknik Elektro. Namun, seringkali tidak mudah bagi mahasiswa untuk memahami kerja rangkaian elektronika daya dan membayangkan bentuk gelombang tegangan dan arus. Dosen juga seringkali kesulitan menyampaikan materi pembelajaran karena keterbatasan bahan visualisasi. Karena itu, metode alternatif yang tepat untuk pembelajaran mata kuliah Elektronika Daya adalah dengan simulasi komputer. Program simulasi yang digunakan adalah PSIM yang dikhususkan untuk simulasi rangkaian elektronika daya dan penggerak motor. Dengan simulasi komputer (PSIM), proses pembelajaran konverter menjadi lebih mudah. Hal ini terlihat dari hasil kuesioner yang menyatakan bahwa penggunaan PSIM membantu mahasiswa di Program Studi Teknik Elektro, UK Petra, Surabaya, untuk memahami konsep mata kuliah Elektronika Daya. Dari tingkat kelulusan yang tinggi, tampak bahwa penggunaan simulasi komputer mampu mengoptimalkan pembelajaran mata kuliah ini.Kata kunci: Pembelajaran Elektronika Daya, Simulasi Komputer
INTEGRASI MODEL DINESERV-CSI-IPA-DEMATEL DALAM PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN BAR XYZ Sukwadi, Ronald; Susanto, Iwan Daniel
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan yang ketat di industri pariwisata membuat pemilik restoran dan bar memikirkan strategi yang berdampak pada kinerja bisnisnya. Layanan yang prima merupakan salah satu strategi bersaing. Dalam rangka untuk memperbaiki kualitas layanan, penelitian ini menyajikan sebuah studi kasus untuk mengidentifikasi atribut-atribut kualitas yang mempengaruhi kualitas layanan pada sebuah bar. Integrasi model kualitas DINESERV, CSI, IPA, dan DEMATEL digunakan dalam proses evaluasi kualitas layanan serta strategi perbaikan yang sesuai. Kuesioner digunakan untuk memperoleh data dari 110 pelanggan bar XYZ. Dari hasil penelitian didapatkan tiga atribut kualitas layanan kritis yang perlu diperbaiki.Kata kunci: DINESERV, CSI, IPA, DEMATEL, bar
PEMODELAN MEDAN MAGNETIK DUA KAWAT GULUNGAN HELMHOLTZ Rahman, Mohammad Syuhaimi Ab; Ramza, Harry; Fayakun, Kun; Sugianto, Sugianto; Maddu, Akhiruddin; Supian, Latifah Sarah
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemodelan medan magnetik diperlukan sebagai perangkat acuan untuk menentukan nilai dari beberapa variabel pengukuran atau proses pelaksanaan percobaan. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan data simulasi dari data perangkat lunak atau data percobaan. Pemodelan medan magnet digunakan untuk menentukan nilai kuat medan magnet dan nilai kerapatan fluks magnet yang dihasilkan dari dua buah gulungan kawat Helmholtz. Data simulasi diambil menggunakan aplikasi COMSOL 4.2 untuk melihat model medan magnet dan kerapatan fluks magnet dari dua gulungan kawat Helmholtz posisi sejajar. Kedua hasil model medan magnet dan kerapatan fluks magnet diproses menggunakan aplikasi Design Expert 11 untuk mendapatkan persamaan matematika sebagai persamaan pegangan untuk melakukan pengujian atau percobaan yang dilakukan secara berulang-ulang. Penelitian ini merupakan kajian awal untuk mendapatkan persamaan matematika yang berbentuk persamaan kuadratik sebagai kontribusi awal dalam percobaan Medan Magnet pada dua kawat Helmholtz.Kata Kunci: Kawat Helmholtz, medan magnet, kerapatan fluks magnet, pemodelan matematik. COMSOL 4.2, Design Expert.
APLIKASI BERBASIS IOT UNTUK PEMANTAUAN POSISI PADA AREA TERTENTU DENGAN MENGGUNAKAN GPS DAN IP CAMERA Hutabarat, Daniel Patricko
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini dikembangkan aplikasi berbasis IOT untuk pemantauan posisi pada area tertentu dengan menggabungkan GPS dan IP Camera. Sistem dan aplikasi yang dikembangkan pada penelitian ini digunakan untuk pelacakan dan visualisasi dari objek yang dilacak. Untuk visualisasi, aplikasi yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat mengakses IP camera yang paling dekat dengan objek yang dilacak. Sistem dan aplikasi yang dikembangkan dapat memetakan objek pada peta digital dengan perkiraan kesalahan sekitar 3,24 meter dibandingkan dengan posisi yang sebenarnya sedangkan tingkat keberhasilan untuk mengakses IP camera adalah 100%. Dengan demikian aplikasi ini cocok untuk melacak posisi sebuah objek dan memberikan visualisasi kepada penggunanya.Kata Kunci: Sistem Pemantau, GPS, IP Camera
RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP BEBAN PARASITIC UNTUK APLIKASI ISM BAND 2,4 GHz Alam, Syah; Kurniawan, Asep
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengusulkan desain antena mikrostrip dengan bentuk persegi panjang yang dioptimasi menggunakan metode inset dan parasitic untuk aplikasi ISM Band pada frekuensi kerja 2,4 GHz. Metode inset bertujuan untuk memperbaiki nilai return loss dan VSWR dari antena, sedangkan penggunaan beban parasitic bertujuan untuk memperlebar bandwidth dari antena yang diusulkan. Jenis substrat dari antena yang diusulkan adalah FR-4 dengan nilai konstanta dielektrik ( r  ) = 4,3, ketebalan substrat (h) = 1,6 mm, dan loss tangen = 0,0265. Dari hasil simulasi diperoleh nilai return loss sebesar -13,53 dB, VSWR sebesar 1,536 pada frekuensi kerja 2.400 MHz. Bandwidth yang diperoleh dari hasil simulasi antena yang diusulkan adalah 196 MHz. Setelah dilakukan proses pengukuran diperoleh nilai return loss -14,49 dB, VSWR 1,464, dan lebar bandwidth yang dihasilkan sebesar 64 MHz. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari proses pengukuran, antena yang diusulkan sudah memiliki nilai return loss ≤ -10 dB dan VSWR ≤ 2 sehingga dapat digunakan pada frekuensi kerja 2.400 MHz.Kata Kunci: microstrip antenna, inset, ISM Band, parasitic.
PENGUJIAN USABILITY PADA APLIKASI AUGMENTED REALITY STRUKTUR BUNGA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR Tyas, Sari Setyaning
Teknik dan Ilmu Komputer VOL. 7 NO. 27 JULI-SEPTEMBER 2018
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Augmented Reality (AR) Struktur Bunga adalah aplikasi pembelajaran interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa Sekolah Dasar, dimana siswa dapat mengetahui bagian dan bentuk bunga secara lengkap, yang terdiri dari putik, benang sari, mahkota, dan kelopak. Aplikasi AR Stuktur Bunga diuji menggunakan usability untuk mengukur apakah aplikasi yang dibuat tepat guna dan bermanfaat bagi siswa SD. Pengujian usability menggunakan kuesioner, bertujuan untuk menguji kesesuaian aplikasi dengan kebutuhan pengguna. Usability diukur berdasarkan aspek learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pengujian dilakukan dimana responden adalah guru di SDN Kaliangkrik 1 Magelang Jawa Tengah. Hasil uji usability mendapatkan nilai terbaik pada penggunaan aplikasi sebesar 4.10, pengenalan objek aplikasi serta pemahaman simbol aplikasi sebesar 4.10, dan daya ingat aplikasi sebesar 4.50.Kata Kunci: AR Struktur Bunga, pembelajaran interaktif, usability

Page 1 of 1 | Total Record : 10