cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019" : 8 Documents clear
PENGARUH AMENITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI TAMAN MARGASATWA SEMARANG Sari, Dewi Ratna
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikanantara amenitas dan aksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan di Taman MargasatwaSemarang, serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnyaterhadap kepuasan wisatawan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metodesurvey dengan analisis kuantitatif sedangkan desain penelitiannya adalah regresi dankorelasi yang terdiri dari satu faktor atau lebih. Data yang digunakan ada dua jenis yaitudata primer dan data sekunder. Alat dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, dandokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian merupakan responden sebanyak 100pengunjung Taman Margasatwa Semarang. Berdasarkan hasil SPSS, hipotesis (baiksecara parsial maupun simultan) pada taraf teruji signifikan dan positif berpengaruhdengan persamaan regresi, Y = 0,395 X1 + 0,191 X2 serta terbukti bahwa variabelamenitas berpengaruh paling besar terhadap variabel Y (kepuasan wisatawan) dengankoefisien regresi sebesar 0,395. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari duavariabel Amenitas dan Aksesibilitas, Amenitas yang paling berpengaruh positif terhadapkepuasan wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Jadi apabila amenitas baik, makakepuasan wisatawan meningkat.Kata Kunci: Amenitas, Aksesibilitas, dan Kepuasan Wisatawan
PEMBUATAN PASTA SPAGETTY DENGAN MENGGUNAKAN TEPUNG JAGUNG (Zea Mays Saccharata) LOKAL SEBAGAI SUBTITUSI TEPUNG TERIGU DILIHAT DARI ASPEK KANDUNGAN GIZI VITAMIN B1, B2 & PROTEIN Dewi, Aletta; Mansur, Ahmad; Adhistyo, Tuwuh
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jagung sebagai bahan pangan akan semakin diminati konsumen, terutamabagi yang mementingkan pangan sehat, dengan harga terjangkau bagi semuakalangan. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga merupakan sumberprotein yang penting dalam menu masyarakat di Indonesia. Tujuan penelitian iniadalah : 1) mengetahui kandungan vitamin B1 pada pasta spagetty tepung jagungdengan massa jagung 250 gram, 300 gram dan 350 gram. 2) mengetahuikandungan vitamin B2 pada pasta spagetty tepung jagung dengan massa jagung250 gram, 300 gram dan 350 gram. 3) mengetahui kandungan vitamin proteinpada pasta spagetty tepung jagung dengan massa jagung 250 gram, 300 gram dan350 gram. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian subyektifdengan spektro photo meter (DppH) dalam analisis kandungan B1, B2 dan proteinpada pasta spagetty menggunakan bahan dasar tepung jagung. Analisis destripsiprosentase pada uji kesukaan konsumen. Hasil penelitian pasta spagetty darijagung yaitu 1) sampel A (massa jagung 250 gram) vitamin B1 49, 053 %, protein5, 671 % dan air 52, 865 %. 2) sampel B (massa jagung 300 gram) B1 52, 089 %,protein 5, 391 % dan air 56,897 % 3) sampel C (massa jagung 350 gram) B154,897 %, protein 5, 082 % dan air 60, 482 %. Kesimpulan pada penelitian inibahwa kandungan dari spagetty dari bahan dasar tepung jagung local bisamemiliki kwalitas yang tidak jauh berbeda dengan spagetty pada umumnyasehingga kedepannya dapat di jadikan alternative olahan makanan bahan dasarjagung.Kata kunci : spagetty, jagung, vitamin
STRATEGI PROMOSI BERBASIS SOSIAL MEDIA GUNA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG WISATAWAN DI TUK GONG ADVENTURE KABUPATEN MAGELANG Eko, Andreas Dian
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang selama iniditerapkan di Tuk Gong Adventure, mengetahui kondisi minat kunjung terhadappromosi berbasis sosial media yang diterapkan di Tuk Gong Adventure, dan untukmengetahui strategi promosi berbasis sosial media guna meningkatkan minatkunjung wisata di Tuk Gong Adventure. Lokasi penelitian ini berada di desaKarang Ampel, Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang.Penelitian mengenai strategi promosi berbasis sosial media guna meningkatkatkanminat kunjung wisatawan di Tuk Gong Adventure Kabupaten Magelang,merupakan penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif, penelitiandeskriptif ini dimaksudkan untuk mengetahui keadaan atau status tertentu danberusaha menggambarkan fenomena sosial tertentu. Peneliti dalam hal inimengembangkan konsep dan menghimpun fakta tetapi tidak melakukan pengujianhipotesis. Penelitian ini digunakan untuk memecahkan atau menjawabpermasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang.Kata Kunci: Promosi, Minat Kunjung, Tuk Gong Adventure
GELADI KARYA SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN INTEGRATED HOUSEKEEPER Pranoto, Pranoto
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembaga Pendidikan Profesi Perhotelan sebagai salah satu sumber tenagakerja terampil, dituntut untuk selalu melakukan inovasi penyesuaian programbelajar dan strategi pembelajaran sehingga menghasilkan peserta didik yangsesuai dengan kebutuhan industri perhotelan. Strategi pembelajaran bidanghousekeeping yang diterapkan di LPP Graha Wisata Semarang adalahmenggunakan strategi geladi karya. Strategi pembelajaran Geladi Karya, disusununtuk mengajarkan pengetahuan dan keterampilan di bidang housekeeping,menyiapkan peserta didik dengan pola pikir dan kesiapan mental untuk menjadiseseorang Integrated Housekeeper. Langkah strategis ini adalah berupapembelajaran melalui pembentukan pola pikir sebagai seorang housekeeper,pengembangan product knowledge, dan pembentukan keterampilan melaluipraktikum secara berulang-ulang. Penerapan strategi Geladi Karya menghasilkanpeserta didik yang memiliki integritas terhadap bidang housekeeping, memilikikemampuan penyesuaian diri di lingkungan industri perhotelan dan mampubersaing di bursa tenaga kerja baik yang sifatnya lokal maupun internasional.Kendala yang dihadapi yaitu masih munculnya anggapan bahwa housekeepingadalah pekerjaan yang tidak menjadi favorit dan tidak bergengsi di industriperhotelan, sehingga minat peserta didik tidak maksimal. Adapun faktor yangmendukung penerapan strategi ini adalah adanya kebebasan bagi Instruktur untukmengembangkan bahan ajar dan strategi pembelajaran, serta kesiapan lembagauntuk menyediakan sarana-prasarana pembelajaran. Geladi Karya perluditindaklanjuti sebagai sebuah strategi pembelajaran yang memberikankesempatan lebih bagi peserta didik untuk menguasai pengetahuan danketerampilan yang terintegrasikan dalam diri seorang housekeeper.Kata kunci : geladi karya, strategi pembelajaran, housekeeping, integratedhousekeeper
PENGARUH KUALITAS DAYA TARIK WISATA BUDAYA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA KE KOTAGEDE Harahap, Syariful Anhar; Rahmi, Dwita Hadi
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas daya tarik wisata budayaKotagede, minat kunjungan wisatawan nusantara ke Kotagede dan pengaruh kedua variabel tersebut. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif danhasil akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistikinferensial.Hasil penelitian terhadap pengaruh kualitas daya tarik wisata budayadan minat kunjungan wisatawan nusantara ke Kotagede yaitu: (1) daya tarikwisata budaya Kotagede memiliki nilai yang baik dan yang menjadi daya tarikutama wisata budaya Kotagede adalah keunikan dari bangunan arsitektur dankeunikan kawasan Kotagede, (2) minat kunjungan wisatawan nusantara keKotagede sangat tinggi dan keunikan bangunan arsitektur serta kemudahanmenjangkau Kotagede menjadi faktor utama wisatawan nusantara untukmengujungi Kotagede, (3) berdasar hasil uji person productmomentdan uji t-testmaka diperoleh nilai rhitung 0,540 > rtabel 0,195 dan nilai t-test thitung 6,356 > ttabel1,661 maka dapat dinyatakan bahwa pengaruh antara kualitas daya tarik wisatabudaya terhadap minat kunjungan wisatawan nusantara sebesar 0,540 adalahsignifikan digeneralisasikan untuk populasi di mana diambil (Ho: tidak adahubungan di tolak).Kata kunci: Kualitas, Daya tarik wisata budaya, Minat kunjungan, WisatawanNusantara
STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN WISATA KULINER PADA WARUNG MAKAN AYAM GORENG “BU TOHA” DI DESA LOPAHIT TUNTANG SEMARANG Samtono, Samtono
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menu makanan khas jawa ayam goreng sampai saat ini masih menjadi menufavorit untuk semua usia dan semua lapisan masyarakat jawa, ribuan orang setiapminggu merasakan ayam goreng di Bu Toha yang terletak di Desa LopahitTuntang Semarang. Saat ini pengembangan wisata kuliner merupakan jalurstrategis penyangga ekonomi nasional lewat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM). Penelitian dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif denganmetode pengumpulan data, depth interview, swot analisis dan observasi baiksecara langsung maupun tidak langsung terhadap beberapa informan atau narasumber yang terseleksi atau terpilih khususnya para karyawan, pelanggan, danpemilik warung makan. Hasil penelitian yang diperoleh melalui Analisis SWOTdilakukan berdasarkan teknik EFAS dan IFAS, kemudian dihitung denganperhitungan AFE dan IFE yaitu analisis faktor eksternal dan fakor internalmenunjukkan para konsumen merasa puas akan pelayanan yang diberikan olehwarung makan ayam goreng “Bu Toha”. Posisi warung makan ayam goreng “BuToha”. berdasarkan diagram kortesius SWOT berada di kwadran I, artinya kuatdan berpeluang. Rekomendasinya adalah strategi yang diberikan progresif. Dalamrangka meningkatkan omzet pendapatan usahanya maka dapat menambah variansatau jenis menu yang disajikan konsumen serta mengembangkan usahanya denganmembuka anak perusahaan.Kata Kunci: UMKM, Wisata Kuliner, Menu Varians.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN AMENITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI MUSEUM JAWA TENGAH Yaqin, Ainul
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Museum Jawa Tengah Ranggawarsita yangbertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan danamenitas terhadap kepuasan pengunjung yang mana mengalami kondisi kurangbaik fasilitas umum, sarana prasarana akomodasi yang memadai, serta tangible,reliability, responsiveness, assurance, serta emphaty yang mana dalam kondisipelayanan yang diberikan oleh pelayanan oleh seorang pramuwisata masih kurangbaik dalam meyakinkan wisatawan dalam melakukan kunjungan ulang pada dayatarik wisata. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampelyang digunakan dalam penelitian sebanyak 58 responden. Hasil penelitiandiharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelolamaupun kepuasan pengunjung. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakananalisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatifmenggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabelindependent terhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis, dan namunsebelum dilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang baik sertapeningkatan sarana dan prasarana yang memadai terhadap kepuasan pengunjung.Maka hasil uji analisis regresi berganda menunjukkan nilai F yang signifikan,dengan nilai korelasi determinasi adjusted R2 square sebesar 0,636. Hal inimenunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan amenitas mempengaruhi secara nyataterhadap kepuasan pengunjung secara bersama-sama dengan keeratan hubungansebesar 63,6%. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasanpengunjung pada Museum Jawa Tengah Ranggawarsita perlu adanya peningkatankualitas pelayanan yang baik terhadap wisatawan, serta peningakatan saranaprasarana amenitas.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Amenitas dan Kepuasan Pengunjung
KOMUNITAS KERA JINAK SEBAGAI PENUNJANG KEBERLANJUTAN EKOWISATA GOA KREO, DESA WISATA KANDRI, KECAMATAN GUNUNG PATI, SEMARANG Yuliamir, Henry; Aprilliyani, Renny
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 15, No 2 (2019): GEMAWISATA MEI 2019
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ekowisata adalah salah satu industri wisata yang makin berkembang. Salahsatu kendala dalam manajemen ekowisata adalah bagaimana mencari keuntungandisamping tetap menjaga keaslian lingkungan dan meningkatkan kesadaranmasyarakat lokal. Salah satu keunikan ekowisata adalah bagaimana memberikanpengalaman unik berinteraksi langung dengan satwa Kera asli Indonesia.Penelitian ini menganalisa pengelolaan dan tantangan yang ditemukan di GoaKreo, Desa Kandri, Gunungpati Semarang sebagai salah satu ekowisata yangmengandalkan keberlanjutan komunitas Kera jinak penunggu goa. MetodePenelitian ini Menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus.Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan pengelola Goa Kreo,petugas kebersihan, dan pengunjung. Data dikumpulkan melalui proses in-depthinterview. Hasil temuan di lapangan adalah masih terbatasnya anggaran pakankera dari pengelola Goa Kreo dan lemahnya pengawasan seperti bebasnyapengunjung yang memberi sembarang makananan dan minuman pada Kera yangmenjadi nilai negatif dalam keberlanjutan komunitas Kera. Diharapkan denganmenerapkan strategi ekowisata yang benar, pengelola bisa memanfaatkan peluangyang ada seperti menjual produk pakan khusus kera pada pengunjung, sehinggakesehatan kera bisa lebih terjaga. Perlu dibuat event-event wisata unik untuk lebihmenarik pengunjung.Kata Kunci: Keberlanjutan; Ekowisata; Kera; Pengelolaan; Strategi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8