cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
ISSN : 23388544     EISSN : 24772046     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021" : 20 Documents clear
Perjuangan Kesetaraan Gender dalam Film Hidden Figures Huda, Riza Nuzulul; Qodarsasi, Umi; Zuma, Umaroh Anisa
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11175

Abstract

Gender construction that is formed in society raises the existence of injustice and inequality of gender roles, especially for women. Forms of injustice experienced by women include marginalization, subordination, negative labeling, violence, and multiple burdens. Hidden figures film is a film that tells about discrimination against African-American women who work at NASA. The purpose of this paper is to identify the form of African-American women's struggle against discrimination, both in the work environment and society in general. This study used a Qualitative Approach. Meanwhile, the analytical method used in this research is the semiotic analysis method. Data collection techniques in this study used primary and secondary data sources. Primary data is obtained through direct observation of the Hidden Figures film and documenting it by capturing or cutting several scenes that show the struggle for gender equality carried out by the three African-American female figures in the film. The secondary data, researchers conducted a literature review by collecting data from books, literature, documents, articles, scientific journals and various sources related to this research.
Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru Zaini, Ahmad; Rahmawati, Dwy
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11238

Abstract

Sesungguhnya dakwah merupakan tanggung jawab setiap orang, apapun itu pekerjaannya harus bisa menyampaikan pesan dakwah agar bisa diterima oleh khalayak atau masyarakat. Tentu dalam menyampaikan pesan dakwah harus ada cara yang efektif. Efektivitas dakwah melalui media sosial saat ini menjadi penelitian utama yang banyak dipelajari oleh para kalangan karena hal tersebut sangat penting untuk diketahui, supaya kita dapat mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan kegiatan dakwah melalui media sosial. Penggunaan media sosial sebagai media atau sarana dakwah di era baru saat ini memang menjadi alternatif bagi para penceramah/dai/ustadz dalam melaksanakan aktivitas dakwahnya. Berbagai platform media baru pun digunakan untuk mendukung proses dakwah, menjadi sebuah bukti bahwa internet berperan penting dalam proses kegiatan dakwah. Oleh karena itu, peluang dakwah menjadi besar karena IPTEK saat ini berkembang pesat. Dakwah melalui internet akan menjadi alat yang akan berperan penting dalam proses meningkatkan, menyeimbangkan, dan memberikan arah hidup yang lebih baik. Maka dari itu dalam jural artikel ini penulis mencoba mengkaji tentang bagaimana tingkat efektivitas dakwah yang dilakukan melalui media sosial di era baru saat ini.
The Role of Youtube in Promoting Indonesian Local Wisdom in Industrial Revolution 4.0 Era Wahyuningsih, Sri; Wijayanti, Dina Novita
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.8878

Abstract

There are some Indonesian local wisdom that have not been promoted yet. Consequently, some people will not access them due to less promotion. Hence, Indonesian should keep all of the local wisdoms in appropriate ways. One of the ways is by using promotion the local wisdom through youtube. This paper explores the promotion of Indonesian local wisdom through social media particularly YouTube and the values of local wisdom. It used a qualitative method. Data were primarily collected through documentation of eight videos created and uploaded into YouTube by the students in the department of Islamic broadcasting and communication from the fifth semester at state Islamic Institute of Kudus. The result reveals that social media have been beneficial for promoting the local wisdom especially in Central Java. Indeed, social media offers flexibility and mobility for people in uploading the videos of Indonesian local wisdom into YouTube, it offers an opportunity to expand the Indonesian local wisdom through widespread social networking around the world and fostering their innovation of making amazing videos and contents. The values of local wisdom include beliefs and religion, Indonesian local culture and traditions, local food promotion and business production, Indonesian architecture and heritage, nature and environment preservation.
Da’i Akademisi Dalam Kontestasi Dakwah Digital : Analisis Media Siber Channel Youtube Transformasi Iswahyudi Marwantika, Asna Istya; Novitasari, Evi
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.9364

Abstract

Tulisan ini membahas tentang bagaimana channel youtube Transformasi Iswahyudi selaku da’i akademisi dari Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Ponorogo di tengah kontestasi dakwah digital. Video pertamanya sejak 27 Maret 2019, dan tercatat sudah memiliki 28 ribu subscriber, dengan jumlah video sebanyak 438 video, dan ditonton sebanyak 2 juta per tanggal 02 Januari 2021. Tulisan ini menggunakan metode Etnografi Virtual dan dianalisis menggunakan Analisis Media Siber yang terdiri dari level ruang media, dokumen media, objek media dan pengalaman. Hasil dari penelitian ini di level pertama, ruang media ada tiga alasan yang melatarbelakangi Iswahyudi untuk berdakwah di youtube, yaitu alasan (1) Agama, (2) Etis, dan (3) Metodis. Level kedua, objek media dari 438 video terdapat 10 video popular yang berisi narasi keislaman yang sedang trending dan juga kontra narasi dari yang terjadi dari tokoh-tokoh dakwah digital yang sedang popular seperti Ustadz Abdul Somad, Gus Baha’, Ustadz Adi Hidayat, Gus Miftah maupun isu kontroversial seperti Maaher Atthuwailibi dan Disertasi Dr. Abdul Aziz. Level ketiga, Obyek yaitu Media channel youtube berisi interaksi antar pengguna di kolom komentar yang berisi komentar positif dan negatif. Level keempat, berupa experimental stories yang menjadikan channel ini bisa merambah ke dakwah digital dan juga ada manfaat dikenal masyarakat luas.
Bikers Subuhan Karanganyar: Dakwah Komunitas dalam Kegiatan Keagamaan Mujaahidah, Dhiya Ulhaq; Hadziq, Abdulloh
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.10307

Abstract

The problems raised in this study are still many youth who are less able to take advantage of his youth by following activities positive ones such as studying Islam and following a community that is has a positive impact in the form of spiritual change and behavior. Existence a motorcycle community has a bad impression in the community. Other the case with the Subangan Karanganyar Bikers community is a place for its members to be able to study Islam. This type of research is a qualitative descriptive study. The objectives to be achieved in This research is to find out how religious activities are carried out  in the Subangan Karanganyar Bikers community. The results showed that the implementation of religious activities were  found in the Subuhan Karanganyar bikers community are as follows: 1) Religious activities that use the experience approach that is activity  Sinabung Kopi which is held every Friday night. 2) Activities that are use a habituation approach which includes dawn bikers in the congregation held every Sunday morning, birmizone which is held every Sunday night, and mass activities that are carried out every Tuesday night. 3) Approach emotional, rational, functional, and exemplary approaches used in each religious activities carried out at subuhan Karanganyar bikers.
Strategi Komunikasi di Masa Krisis: Pemerintah, Publik dan Covid-19 Shofiyanah, Siti; Hidayat, Mansur
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11180

Abstract

Krisis merupakan suatu kejadian yang tidak bisa dihindarkan dan tidak dapat dengan pasti diprediksi kemunculannya. Strategi komunikasi pemimpin di masa krisis menentukan ketahanan dan keamanan suatu Negara. Riset menggunakan studi kasus dengan pendekatan komunikasi krisis. Objek kajian terhadap karakteristik pemimpin yang aktual di Indonesia, dalam hal ini Terawan Agus Putranto. Hasil menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemerintah di masa krisis amat diperlukan guna menampilkan informasi yang valid dan transparan kepada publik. Peran pemimpin yang berkarakter kuat dibutuhkan dalam menanggulangi krisis yang terjadi, terutama pada krisis yang tejadi secara global dan berpotensi mengganggu ketahanan Nasional seperti halnya dalam penanganan Covid-19.
Komunikasi Dialogis Berbasis Budaya Lokal Sekaten (Studi terhadap Abdi Dalem Keraton Yogyakarta) Rahmawati, Alfiana Yuniar
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.9703

Abstract

ABSTRAKSebagai negara yang kaya akan keragaman budaya, suku, maupun agama, Indonesia memiliki tantangan dan masalah pluralitas sebagai dampak dari pengalaman religius masyarakat yang multiagama. Hal ini ditandai dengan banyaknya konflik dan kekerasan di berbagai daerah yang diakibatkan oleh minimnya komunikasi dialogis antarumat beragama. Hadirnya komunikasi dialogis sejatinya dapat menjadi penengah segala permasalahan dan konflik keagamaan. Komunikasi dialogis juga dapat menjadi perekat kerukunan sekaligus sebagai media untuk menumbuhkan pluralitas di tengah masyarakat multiagama. Artikel ini menemukan bahwa adanya tradisi lokal sekaten dapat menjadi media komunikasi dialogis untuk menciptakan persatuan dan kerukunan di tengah masyarakat abdi dalem keraton yang dikenal dengan masyarakat multiagama. Selain itu, hadirnya tradisi sekaten juga mampu mewujudkan masyarakat abdi dalem menjadi masyarakat yang inklusif pluralis terhadap segala perbedaan yang ada di lingkungan keraton baik perbedaan suku, agama, maupun tingkatan jabatan yang dimiliki oleh abdi dalem keraton Yogyakarta Hadiningrat. Kata Kunci: Komunikasi dialogis, Sekaten, Abdi Dalem Keraton  
Pemberitaan Umat Islam Melalui Kantor Berita Internasional Pada Surat Kabar Terbitan Medan Setiawan, Daryanto
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberitaan umat Islam melalui kantor berita internasional pada surat kabar terbitan Medan. Metode yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dalam bentuk analisis statistik yang bersifat deskriptif dan tabulasi silang­. Surat kabar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Surat Kabar Waspada dan Sinar Indonesia Baru yang diakses melalui situs online surat kabar Waspada dan Sinar Indonesia Baru. Hasil penelitian menujukkan bahwa bahwa 1) Frekuensi berita tentang umat Islam yang diliput oleh saluran berita internasional yang disiarkan secara online melalui surat kabar Waspada dan Sinar Indonesia Baru rata-rata satu sampai dua judul setiap hari, 2) Mayoritas berita tentang umat Islam adalah hasil dari saluran detikcom (CNN) asal negara Amerika Serikat yang menjadi saluran berita utama surat kabar Waspada dan BBC asal negara Inggris yang menjadi saluran berita utama surat kabar Sinar Indonesia Baru, 3) Negara yang paling banyak diberitakan adalah Arab Saudi, Palestina, Malaysia, Pakistan dan Indonesia, dan 4) Kategori berita yang paling banyak adalah peperangan, kematian, dan kerusuhan sehingga orientasi berita pada umumnya adalah bersifat negatif yang dapat membanguan pandangan negatif tentang umat Islam.
Pesan Dakwah Inklusif Rubrik Preaching of Peace (Fridaypope) dalam Media Online peacenews.yipci.org Yakub, M.
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.10712

Abstract

ABSTRAKMedia Online sudah menjadi wadah yang dibutuhkan bagi masyarakat dalam mencari informasi. Masyarakat yang majemuk membutuhkan pesan dakwah yang lebih inklusif untuk menumbuhkan semangat dalam beragama. Penelitian ini berkaitan dengan analisis pesan dakwah Inklusif Rubrik Preaching of Peace (Fridaypope) dalam media online peacenews.yipc.org yang dimiliki oleh komunitas lintas iman Young Interfaith Peacemaker. Teknik analisis dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis) dengan melihat konstuksi sosial dalam media massa. Konstruksi masyarakat sosial perlu dilihat dikarenakan peacenews adalah media online yang menyampaikan pesan-pesan perdamaian secara universal dan plural. Setelah melihat teori konstruksi sosial, maka di dalam tulisan di rubrik Fridaypope pada bulan juni hingga juli tahun 2020 terdapatlah tujuh artikel yang isinya menyampaikan pesan-pesan dakwah yang inklusif. YIPC sendiri adalah komunitas lintas iman yang di dalamnya ada pemuda-pemuda Islam yang bertujuan menyampaikan perdamaian melalui kreativitas dan inovasi, dan media online Peacenews adalah hasil dari pikiran konstruktif member YIPC untuk menyampaikan “dakwah”nya bagi manusia. AbstractOnline media has become a forum needed for people to find information. A pluralistic society needs a more inclusive da'wah message to foster enthusiasm in religion. This research is related to the.analysis.of.the Inclusive da'wah.message.in.the Preaching of Peace Rubric (Fridaypope) in the online media peacenews.yipc.org which is owned by the Young Interfaith Peacemaker Community. The analysis technique in this research is to use content analysis techniques by looking at social construction in the mass media. The construction of social society needs to be seen because peacenews is an online media that delivers messages of peace universally and plurally. After seeing the social construction theory, in the writing in the Fridaypope rubric from June to July 2020 there are seven articles which convey inclusive messages of da'wah. YIPC itself is an interfaith community in which there are Muslim youths who aim to convey peace through creativity and innovation, and the online media Peacenews is the result of the constructive thoughts of YIPC members to convey their "da'wah" to humans.
Dakwah Kultural Nilai-Nilai Kearifan Lokal: Ajaran Sunan Muria Di Kampung Budaya Dawe Kudus Ahmad, Nur; Nafis, Umi Zakiatun
AT-TABSYIR Vol 8, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/at-tabsyir.v8i1.11176

Abstract

Dakwah kultural sebagaimana yang dipraktikan oleh para ulama di Jawa pada masa lampau menjadi menarik untuk dikaji bahkan diimplementasikan dalam dakwah di era sekarang. Dakwah kultural Sunan Muria pun senantiasa direpresentasikan oleh Komunitas Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW). Komunitas yang terletak di Desa Lau Dawe Kudus ini kembali membumikan ajaran dan nilai filosofi dari Sunan Muria yang kemudian dikemas secara bagus agar menarik minat masyarakat untuk kembali melirik kebudayaan Islam yang nyatanya telah hilang dari peradaban masyarakat. Hasil menunjukkan bahwa: pertama, agenda dakwah kultural di Kampung Budaya Piji Wetan yang mengadopsi ajaran Sunan Muria terbagi menjadi tiga bidang yakni: a) bidang seni dan budaya yaitu dengan program jagong tapa ngeli, tonilan, dan pager mangkuk; b) bidang pendidikan yakni menghadirkan agenda guru pagi dan taman dolanan; c) bidang ekonomi yakni dengan program pasar ampiran dan KBPW Store; 2) strategi dari Kampung Budaya Piji Wetan pula selaras dengan era sekarang yakni memanfaatkan media sosial untuk membumikan agenda KBPW dan ajaran Sunan Muria.

Page 1 of 2 | Total Record : 20