cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Elementary: Islamic Teacher Journal
ISSN : 23550155     EISSN : 25030256     DOI : -
Core Subject : Education,
ELEMENTARY Journal (Print ISSN: 2355-0155; Online ISSN: 2503-0256) is an Islamic teacher journal published by Islamic Elementary School Teacher Education Study Program (PGMI), Islamic Education (Tarbiyah) Department, State College on Islamic Studies (STAIN) Kudus. Elementary is published twice a year (every six months, i.e. January and July) as scientific communication means of academic people in the study of Islamic Elementary School Teacher Education. Editorial Board receives the articles from the educators, observers, researchers on Islamic Elementary School Teacher Education to be published after having tight selection, peer review, and serious editting.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY" : 20 Documents clear
MANAJEMEN KELAS INKLUSIF DI SD N KETINTANG II SURABAYA Jannah, Ida Miftakhul
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4387

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa bagaimana manajemen kelasinklusif di SDN Ketintang II Surabaya ditinjau dari manajemen lingkungankelas secara fisik. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi danwawancara. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDNKetintang II Surabaya. Sedangkan analisis dimulai dengan reduksi data,display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa manajemen kelas inklusif dilihat dari manajemen lingkungan fisiksudah baik. Hal ini dapat dilihat dari furnitur kelas yang diatur sesuaitempatnya, ventilasi dan pencahayaan kelas cukup baik, serta pengaturantempat duduk berbentuk lajur, 2 lajur untuk reguler dan 2 lajur untuk ABK,dan ketika pembelajaran klasik berbentuk U. Namun dari segi manajemenkursi siswa, tidak ada pengelompokan berdasarkan kompetensi ABK.Dengan kata lain, semua ABK diajarkan oleh GPK (Guru PendampingKelas). Manajemen siswa ABK harus diklasifikasikan berdasarkankompetensi mereka sehingga akan memudahkan guru dalam mengajar.
FUNGSI RPJMDES DALAM MENGATASI MASALAH ANAK PUTUS SEKOLAH PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR Rahmawati, Ana
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4394

Abstract

PEMBELAJARAN TEMATIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK Badriah, Laelatul
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4388

Abstract

KOMPETENSI DAN DAYA SAING LULUSAN SEKOLAH DASAR DI LEMBAGA JENJANG LANJUTAN Laila, Azzah Nor; Al-Mufti, Alex Yusron; Sukarman, Sukarman
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4397

Abstract

MENGEMBANGKAN LITERASI INFORMASI MELALUI BELAJAR BERBASIS KEHIDUPAN TERINTEGRASI PBL UNTUK MENYIAPKAN CALON PENDIDIK DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Mintasih, Diyah
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4390

Abstract

PERANAN GERAKAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus Di MIN Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018) Taubah, Mufatihatut; Chasanah, Uswatun
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4398

Abstract

MODEL BERPIKIR KONVERGEN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN WAKTU Rosyid, Moh Zaiful; Thoha, Mohammad
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4391

Abstract

URGENSI PENDIDIKAN REPRODUKSI PADA ANAK SEJAK DINI Rosyid, Moh
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4399

Abstract

PENGEMBANGAN LITERASI BERBICARA BAHASA ARAB (MAHÄ€RAT AL-KALÄ€M) DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) Hanifah, Umi
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4383

Abstract

KOLABORASI GURU KELAS DAN TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS ATAS PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SDIT BAIK Hidayat, Nur
ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 6, No 2 (2018): ELEMENTARY
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/elementary.v6i2.4393

Abstract

Page 1 of 2 | Total Record : 20