cover
Contact Name
Dr. Masturin, M.Ag
Contact Email
masturin@stainkudus.ac.id
Phone
+628122532397
Journal Mail Official
konselingreligi@stainkudus.ac.id
Editorial Address
Jl. Conge Ngembalrejo Bae Kudus Po Box. 51
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
KONSELING RELIGI
ISSN : 19077238     EISSN : 24772100     DOI : http://dx.doi.org/10.21043/kr
KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam(ISSN 1907-7238; E-ISSN 2477-2100) accredited B Ministry of Research, Technology and Higher Education No. 36a / E / KPT / 2016 dated 23 May 2016, is an academic journal that emphasizes on actual issues related to Islamic guidance and counseling. Journal of Counseling Religi Journal of Islamic Counseling Guidance is published twice a year (once every six months, issued in June and December) by the Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. SK ISSN was published on July 31, 2006 and is valid since the first Journal of Vol.1, No 1, June 2010. The editors receive contributions from experts to submit their thoughts related to da'wah, guidance, counseling.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI" : 10 Documents clear
KONSTRIBUSI KONSELING ISLAM DALAM PENYEMBUHAN PENYAKIT FISIK Yuliyatun, Yuliyatun
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa seorang penderita penyakit fisik  terutama yang dikategorikan  akut,  tidak hanya membutuhkan pengobatan medis, tetapi juga membutuhkan pengobatan psikis dan religius. Pengobatan psikis-religius ini akan membantu penderita penyakit fisik untuk menguatkan mentalnya menjalani hari-hari dengan kondisi fisiknya yang sakit. Konseling Islam sebagai salah satu kegiatan membantu penderita penyakit fisik dalam mengelola problem psikisnya, akan sangat membantu untuk mempercepat penyembuhan. Kondisi psikis yang stabil, kondisi religi yang baik akan menjadi daya imun bagi seseorang yang sedang sakit fisik  yang pada gilirannya  akan membantu mempercepat proses sembuhnya.kata   kunci:   Konseling   Islam,  Penyakit  Fisik,   Dimensi PsikoreligiusCOUNSELING    CONTRIBUTION    OF ISLAM    IN THE HEALING OF PHYSICAL DISEASE.  This article aims to explain that a physical disease patients especially that categorized acute not only need medical treatment,  but also need psychological treatment and religious. psychological treatment  of this religious will help physical disease patients to strengthen his mental through the days with the physical condition that sick. Counseling Islam as one of the activities help physical disease patients in managing the problem psikisnya, will be very helpful to speed up the healing. Psychological condition of a stable, the condition of the religious aspects of the good will be immune power for someone who is sick physically which in turn will help speed up the process of sembuhnya.Key  Words: Counseling   Islam,   Physical   Disease, Psikoreligius Dimension
DAKWAH TERHADAP PASIEN: TELAAH TERHADAP MODEL DAKWAH MELALUI SISTEM LAYANAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DI RUMAH SAKIT Riyadi, Agus
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu kegiatan dakwah yang perlu mendapat perhatian adalah dakwah terhadap pasien di rumah sakit. Dakwah terhadap pasien di rumah sakit seperti ini tentu memiliki cara (manhâj) dan pendekatan berbeda dengan dakwah kepada mad’u  yang terbilang “normal”. Secara normatif Islam sangat menganjurkan melakukan kunjungan kepada orang sakit. Berdasar hasil beberapa penelitian juga ditunjukkan bahwa 91% pasien mencari bantuan spiritual dan  kerohanian untuk  membantu  menyembuhkan penyakitnya. Penelitian yang lain melaporkan bahwa 70 % pasien percaya kekuatan do’a untuk penyembuhan, lebih dari 64 % pasien menyatakan bahwa para dokter hendaknya juga memberikan terapi psiko religius dan doa. Konseling merupakan pelayanan khusus dan unik yang tidak sama antara satu pasien dengan pasien yang lain. Salah satunya dapat diberikan kepada pasien kronis yang secara umum memiliki  “psychogical strenght” yang lemah. Adapun tahapan layanan konseling tersebut terbagi dalam tiga tahapan, yakni tahap awal, tahap pertengahan, dan tahap akhir. Konselor dituntut untuk dapat menciptakan hubungan yang baik dan memiliki kreativitas yang tinggi agar dapat membawa klien pada proses konseling secara aktif. Tahap awal ini dapat disebut pula sebagai tahap eksplorasi, karena pada tahap ini konselor harus dapat menerapkan berbagai teknik agar klien dapat secara bebas dan terbuka mengemukakan masalah yang sedang dihadapi. Terlihat jelas bahwa pada dasarnya para pasien membutuhkan terapi keagamaan, selain terapi dengan obat-obatan dan terapi medis lainnya. Pentingnya memberikan bantuan spiritual bagi pasien seperti itu mendorong peningkatan dan pengembangan model layanan bimbingan dan konseling bagi pasien di rumah sakit.kata kunci: Dakwah, Bimbingan Rohani Islam, Rumah Sakit.DAWAH    TOWARD    PATIENTS    (EXAMINATION    OF THE  MODEL OF  THE  DAWAH  THROUGH SPIRITUAL GUIDANCE SERVICE SYSTEM ISLAM IN HOSPITAL). One of the activities of dawah attention is the dawah toward patients in hospital. Dawah toward patients  in hospital such  as these  would have way (manhâj)  and  a different   approach   with  dawah to madyan’u  which numbered  “normal”. In normative Islam strongly recommends a visit to the sick. Based on the results of some research also indicated that 91 percent of patients seeking spiritual assistance and spirituality  to help cure disease. Other Research reported that 70 % patients believe the strength of prayer for healing , more  than 64 % patients stated that the doctors should also provide psychosocial therapy  religious  and prayer. Counseling  is a special  and unique service that is not the same between one patient with other patients. One of them can be given to patients with chronic in general have “psychogical strenght”  the weak. Now the  stages of the counselling service is divided into three stages of the early stages of the middle  ages, stage and the final stage. Counselors are required to be able to create a good relationship and have a high level of creativity in order to bring the client on the counseling process actively. This early stage can be called as exploration  step, because at this stage counselors must be able to apply the various techniques that the client can freely and openly expressing their problem which is faced. It is obvious that basically the patients need religious therapy, besides therapy with drugs and other medical therapy. The importance of providing spiritual assistance for patients like that encourage improvement  and development of service model guidance and counseling for patients in the hospital.Keywords: Dawah, Spiritual Guidance of Islam, Hospital.
DAKWAH MELALUI LAYANAN PSIKOTERAPI RUQYAH BAGI PASIEN PENDERITA KESURUPAN Susanto, Dedy
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh terapi ruqyah terhadap perubahan perilaku penderita dapat digolongkan sebagai psikoterapi Islam. Dalam praktiknya, ruqyah menggunakan ayat-ayat al-Qur’an. Dari sini ada asumsi bahwa ayat al-Qur’an memiliki energi yang dapat memberikan efek psikoterapi terhadap penderita yang mengalami gangguan kesehatan mental akibat kesurupan. Psikoterapi diartikan sebagai penerapan teknik khusus pada penyembuhan penyakit mental atau pada kesulitan penyesuaian diri setiap hari, lebih longgar lagi, psikoterapi dapat mencakup pula suatu pembicaraan informal dengan para menteri atau duta, penyembuhan lewat keyakinan agama,  dan diskusi personal dengan para guru atau teman. kegiatan pelayanan terapi ruqyah memiliki peran strategis dalam rangka mendukung upaya penyembuhan. Ini bisa dijelaskan lewat hubungan antara sistem kekebalan  tubuh pada diri seseorang dengan kesehatan psikisnya. Hubungan keduanya dalam dunia kedokteran modern, dapat diterangkan dalam sebuah cabang ilmu ”psiko-neuro-imunologi”kata kunci: Dakwah, Psikoterapi, Ruqyah RUQYAH PREACHING THROUGH PSYCHOTHERAPY SERVICES FOR PATIENTS WITH KESURUPAN. The influence of ruqyah therapy to change the  behavior  of the  patients can be classified  as psychotherapy  Islam.  In practice, ruqyah using  the verses  of the Qur’an. From  here there  is the  assumption  that the verse of the Qur’an has the energy that can provide psychotherapy effects of patients who experience mental health disorders caused by kesurupan. Psychotherapy was interpreted as the implementation of special technique on the healing of mental illness or on the adjustment difficulties themselves every day,  more  loosely again, psychotherapy can also include an informal talks with the ministers or ambassadors, healing through religious beliefs and personal discussion with teachers or friends. Service activities ruqyah therapy has a strategic  role  in order to support the efforts of healing. This can be explained through the relationship between the immune  system on the individual with psikisnya  health.  The  relationship both in the  world  of modern medicine, can be explained in a branch of the science of ”psycho neuro- on immunology have been”Key Words: Dawah, psychotherapy, Ruqyah
KONTRIBUSI KEBERMAKNAAN HIDUP BAGI SIKAP INDIVIDU TERHADAP KEMATIAN Ernawati, Ernawati
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kematian merupakan suatu kepastian yang tidak dapat dihindari oleh setiap individu dalam rentang perjalanan hidupnya. Kesadaran akan datangnya kematian sering diterjemahkan dengan cara yang beragam bagi setiap individu.  Sebagian individu beranggapan bahwa bahwa kematian adalah suatu fase yang amat mengerikan sehingga ada reaksi penolakan, isolasi, kemarahan, bahkan depresi. Sebagian dari mereka bersikap positif dengan beranggapan bahwa kematian menjadi motivasi bagi tiap individu untuk berlomba dalam    memberi makna kehidupan mereka dan  kekuatan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.  Artikel ini ingin mengembangkan teori Logoterapi dari Victor E. Frankl tentang kebermaknaan  hidup dengan mencoba melihat  kontribusinya bagi sikap individu terhadap  kematian, dimana kehidupan dan kematian merupakan satu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Menurut Frankl, individu akan mampu mencapai makna dalam hidupnya apabila ia berhasil merealisasikan tiga nilai yang menjadi sumber makna hidup yakni creative value (nilai-nilai kreatif ), attitudinal value (nilai-nilai  bersikap), dan experiental value (nila-nilai pengalaman).. Artikel ini merupakan pengembangan pada bidang kajian pengembangan kualitas hidup individu dalam perspektif Islam dimana didukung oleh kolaborasi antara teori Logoterapi dengan konsep tentang kematian yang terdapat dalam psikologi Islam.kata kunci: Makna Hidup, Sikap, KematianTHE  CONTRIBUTION OF  KEBERMAKNAAN LIVE FOR THE ATTITUDE OF THE INDIVIDUAL TOWARD DEATH. Death is a certainty that could not be avoided by every individual in the amount  of the journey of his life. awareness of the  coming of death is often translated in a way that vary for each individual. Some of the individual to assume that that death is a phase of the dreadful so that there is a rejection reaction, isolation, anger, even depression. Some of them are positive attitude to assume that the death of a motivation for each individual  to compete in gives the meaning  of their  lives and the power to improve the quality of life for them. This article want to develop the theory Logoterapi from Victor E. Frankl about kebermaknaan live with trying to see his contribution  for the attitude of the individual toward death, where life and death is the one thread that cannot be separated. According to Frankl, individuals will be able to reach the meaning in his life when he succeeded in realizing the three values that became the source of the meaning of life the creative value (value), attitudinal  creative value (value), and experiental attitude value (nila of experience value).  This article is a development in the field of study of the development of the quality of life of the individual in the Islamic perspective where supported by collaboration between Logoterapi theory with the concept of death that was found in the psychology of Islam.Keywords:  The Meaning of Life, Attitudes, Death
KEDUDUKAN PENYULUHAN DAN KONSELOR DALAM KONSELING ISLAM
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persimpangan antara  instruktur  dan  penasihat  adalah  dua studi aspek biasanya muncul dalam studi Dakwah. Label da’i di mubaligh kesatuan Dakwah digunakan untuk menjadi annunciated studi sebagai penasihat ajaib. Kenyataan ini tidak setuju dengan terminologi Dakwah sebagai subyek untuk mengirim pesan dari prinsip-prinsip Islam untuk menciptakan ketenangan bagi pihak- pihak berkuasa. Sementara itu, terminologi ini telah disertakan dalam kesatuan istilah  dari instruktur.  Untuk akibat dari dua paradigma,  semua penentuan adalah menyimpang dari unsur publik. Dalam istilah-istilah itu instruktur dihantui menyebabkan kehilangan trendi dari istilah-istilah penasihat.kata kunci: Instruktur, Penasihat, prinsip-prinsip IslamBASIS  OF   EPISTEMOLOGY DISSEMINATORS ISLAM (SUPERVISE THE DETERMINATION OF CONTRADICTORY BETWEEN ELIMINATION AND  COUNSELORS). The intersection between instructor and counselor is two aspect studies usually appear in Dakwah  study. The label of da’i missionary in the unity of Dakwah study  used to be annunciated  as counselor. The  reality  was disagreed with the terminology of Dakwah  as subject to send the message of Islamic  principles to create the tranquility  for publics. Meanwhile, this terminology was included in the unity term of instructor.  For the consequence of two paradigms, all determination  is deviates from public constituent. The terminology of instructor was shadowed cause lost trendy than terminology of counselor. Key Words: Instructor, Counselor, Islamic Principles
SHALATSEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VERTIKAL TRANSENDENTAL Bachtiar, Edi
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa shalat merupakan media komunikasi vertikal transendetal. Komunikasi transendental ini dapat dilakukan melalui berbagai macam media yang biasa dikenal dengan ritual ibadah, baik itu ibadah wajib maupun sunnah. Salah satu media komunikasi transendental yang terjalin untuk berkomunikasi dengan Allah  adalah shalat. Habsilnya adalah bahwa shalat sebagai tiang agama. Shalat merupakan ibadah rutinitas harian yang akan merugi jika ibadah yang telah rutin dilakukan tapi esensinya terlupakan, yaitu terjalinnya komunikasi yang harmonis antara seorang hamba dan Sang Khalik. Langkah yang paling tepat agar komunikasi transendental melalui shalat ini berhasil adalah dengan shalat secara khusyuk. Khusyuk bermakna kesadaran penuh akan kerendahan kehambaan diri kita sebagai manusia di hadapan keagungan Rububiyyah (Ketuhanan). Sikap khusyuk ini timbul sebagai konsekuensi kecintaan sekaligus ketakutan kita kepada Zat Yang Maha Kasih dan Maha Dahsyat ini. Sebagai implikasinya, orang yang memiliki sikap seperti ini akan berupaya memusatkan seluruh pikiran kepada Kehadiran- Nya dan membersihkannya dari apa saja yang selain Allah.kata kunci: Shalat, Komunikasi Vertikal, TransedentalTHE PRAYER AS COMMUNICATION  MEDIA VERTICALLY TRANSCENDENTAL MEDITATION. This  article aims  to explain that prayer is communication  media vertically transendetal. Communication  transcendental meditation this can be done through various media that used to be known as the ritual of worship, either of worship  and the sunnah.  One  of the  communication  media transcendental  meditation  interwoven  to communicate with God is prayer. Habsilnya  is that the prayer as a pillar of the religion. The prayer is worship of the daily routine will be lost if the acts of worship that has been routinely done but politico-wonder, the establishment of a harmonious communication between a slave and the Khalik. The most appropriate steps to communication transcendental meditation through this prayer is successfully with the prayer in humility. Humility means full awareness of the humility  kehambaan  ourselves as human beings before the  majesty  of Rububiyyah (Godhead). This humble attitude arise as a consequence of love as well as fear us to Substances That Is Full Of Love and the most terrible. As the implication, people who have attitudes like this will attempt  to focus the whole mind to Kehadiran-Nya  and clean them from what other than God.Key Words: Prayer, Vertical Communication, Transcendental
METODE BIMBINGAN ROHANI ISLAM DI RUMAH SAKIT Hidayati, Nurul
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pasien yang diperlukan rawat inap di rumah sakit akan perlu seseorang yang dapat  memberikan dorongan  dan  stimulus untuk mempercepat pemulihan. Selain untuk keluarga sebagai encourager,  tentu  saja,  diperlukan personel terampil  mampu menyediakan panduan, arah, dan saran-saran pasien. Jika hal ini harus terjadi di rumah sakit-terutama rumah sakit Islam-harus memiliki kekuatan rohani yang dapat memberikan petunjuk spiritual untuk bantuan-Nya bahkan ketika diperlukan untuk memperkuat pasien mental dalam proses penyembuhan. Karya ini menjelaskan metode yang bisa digunakan dalam panduan rohani terhadap pasien. Metode-metode  yang harus disesuaikan kebutuhan kondisi pasien fisically dan pshychely.kata kunci: Bimbingan, Rumah Sakit, Rohani Islam.A patient who required hospitalization  at the hospital would need someone who can provide encouragement and stimulus for accelerated recovery. In addition  to the family as the encourager, of course, required highly skilled personnel capable of providing guidance, direction, and advice  for patients. If this should happen  in hospital particularly Islamic hospitals must have a spiritual force that can provide spiritual guidance to his assistance even when needed to strengthen the mental patient  in the healing process. This paper explain  methods  can be used in spiritual guiding to patient. The methods must be appropriated needs of patient condition fisically and pshychelyKeywords:  Guidance, Islamic Spiritual, hospital
KONTRIBUSI PENYULUH AGAMA DALAM MEMINIMALISASI BUNUH DIRI Rosyid, Moh.
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bunuh diri merupakan tindakan (oleh dan pada diri) untuk mengakhiri hidup  dengan berbagai cara, motif, dan  faktor. Naskah ini  bersumber dari  enam pemberitaan koran yang ‘tersadap’ penulis dengan teknik kliping selama tahun 2007. Dari harian Kompas 33 pemberitaan,  Jawa Pos 66, Suara Merdeka 12, Republika 7, Wawasan dan Malang Pos sekali pemberitaan. Pemberitaan terbanyak pada harian JP 66 kali, ditemukan 96 kasus bunuh diri dalam negeri, 9 kasus bunuh diri di luar negeri, dan 13 kasus bom bunuh diri di luar negeri. Jadi total pemberitaan bunuh diri dari dalam dan luar negeri 118 kasus. Hasil temuan berupa bentuk, teknik dan motif, jenis kelamin dan usia, strategi dan piranti, waktu, dan penemu/penolong bunuh diri. Data tersebut, idealnya seorang penyuluh memahami pertama, tiga fungsinya yakni informatif dan edukatif, konsultatif, dan advokatif. Kedua, memahami metode penyuluhan dari aspek enam M yakni man, matter, media, market, money, dan methode. Adapun cara yang dilakukan  penyuluh agama dalam menyumbangkan  karyanya untuk meminimalisasi terjadinya bunuh diri dengan menjaring klien yang mengidap ’penyakit’ agar diluruskan dengan data riil bahwa bunuh diri berdampak buruk,  terutama bagi keluarga atau lingkungan yang ditinggalkannya. Dengan suntikan pesan agamalah usaha menjaring pada klien (yang berinisiatif atau tidak) agar tidak melakukan bunuh diri.kata kunci: Kontribusi, Penyuluh, Bunuh DiriTHE   CONTRIBUTION   OF    THE DISSEMINATORS  IN MINIMIZING SUICIDE. Suicide  is an action (by and on themselves) to end of life in various ways, motif,  and factors.  This script sourced from six  preaching the newspaper  ‘largely untapped resource’ writer with the technique of clippings during the year 2007. From Kompas daily 33 preaching , Jawa Pos 66, Suara Merdeka 12, Republika 7, insights and Malang   Pos once  preaching. The  bulk of the daily news on JP 66 times, found 96 suicide cases in the land, 9 cases suicide abroad, and 13 cases suicide bombing  outside the country. So the total coverage of the suicide bombers from within  and outside the country 118 cases. The results of the form of the technique and motif, gender and age, strategies and tools, time, and inventor/helper suicide. The Data, ideally a elimination  of understanding  the first three functions of informative and educational, cg , and advokatif. Second, understand extension methods from the aspects of the six M i.e. man, matte, media market, money, and methode. Now the way that done disseminators in donate his work to minimise the suicide catches the client gets ‘disease’ so aligned with the real data that suicide impacts, especially for the family or the environment that abandonment. With the injection of religion where the message is a striving after the client (which initiated or not) in order not to conduct a suicide.Keywords: Contribution, Elimination, Suicide
MAKNA TAUBAT DALAM PROSES PENYEMBUHAN PENYAKIT JANTUNG KORONER PERSPEKTIF PSIKOTERAPIS MELALUI MEDIA SURAT AL FATIHAH Ubaidillah, Ubaidillah
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini dari hasil penelitian teks keagamaan berbasis pengkajian Islam yang dikaitkan dengan upaya medis untuk penyembuhan penyakit jantung koroner. Alasan melaporkan penelitian ini dalam bentuk tulisan artikel  ilmiah, karena bertujuan memudahkan tersebarnya secara lebih luas konstribusi bagaimana proses penyembuhan penyakit jantung koroner. Dengan demikian, tulisan ini diharapkan dapat membantu memberikan solusi ‘ikhtiyari’ bagi praktisi bidang kedokteran maupun subjek penderita penyakit jantung koroner. Temuan singkat dari penelitian  ini, ternyata psikoterapi Islam mampu menunjukkan solusi praktis-psikologis untuk penderita jantung koroner. Dalam perspektif psikoterapi Islam, pendekatan yang seharusnya dilakukan  bagi penderita penyakit jantung koroner, adalah dengan cara bertaubat dan kembali sepenuhnya kepada Allah swt.kata kunci: Psikoterapi, Taubat, Jantung Koroner. THE MEANING OF REPENTANCE IN THE PROCESS OF THE HEALING OF CORONARY HEART DISEASE PSIKOTERAPIS PERSPECTIVE  THROUGH THE  MEDIA OF  SURAH AL- FATIHAH. This article from the research result religious text based on the study of Islam that is associated  with the medical efforts to cure coronary heart  disease. The reason for this research reported in the writings of scientific articles, because it aims to facilitate the spread of the broader contribution how the healing  process coronary  heart disease. Thus, this article is expected to help provide solutions ‚ikhtiyari‘ to practitioners in the field of medicine as well as the subject of coronary heart disease patients. The findings of this study short, psychotherapy Islam is able to show the practical solution of psychological for patients with coronary heart disease. In the psychotherapy  perspective of Islam, the approach should be done for patients with coronary heart disease, is with how to repent and return fully to Allah SWT.Keywords: Psychotherapy, Ever-returning , Coronary Heart Disease
DAKWAH PADA SETTING RUMAH SAKIT: (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP SISTEM PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM BAGI PASIEN RAWAT INAP DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG) Hidayanti, Ema
KONSELING RELIGI Vol 5, No 2 (2014): KONSELING RELIGI
Publisher : KONSELING RELIGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini mencoba mendeskripsikan salah satu aktivitas dakwah pada ranah kehidupan manusia yaitu pada setting rumah sakit. Fokus kajian pada sistem pelayanan bimbingan dan konseling Islam yang dilaksanakan  di rumah sakit Islam Sultan Agung Semarang.  Sebuah pelayanan  bimbingan dan konseling  Islam pada dasarnya merupakan sistem yang terdiri dari berbagai unsur yang terlibat dalam pelayanan tersebut. Dalam konteks pelayanan bimbingan dan konseling di rumah sakit, sistem yang dimaksud setidaknya terdiri dari penyelenggara, petugas, pasien, materi, media, metode,  sarana prasarana,  pendokumentasian/ pengarsipan dan evaluasi.  Berdasarkan unsur  dalam sistem pelayanan inilah, akan diurai lebih lanjut berkaitan dengan sistem pelayanan bimbingan dan konseling Islam bagi pasien rawat inap di RSI sultan agung Semarang. Dimana pada realitasnya setiap unsur dalam pelayanan tersebut memegang peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling Islam oleh bagian Bimbingan dan Penyuluhan Islam melalui satu unit yang bernama Bimbingan Kerohanian Islam.kata kunci: Dakwah, Sistem Pelayanan Bimbingan Konseling Islam, Pasien Rawat Inap. DAKWA IN HOSPITAL SETTINGS :(DESCRIPTIVE  STUDY OF   THE  SERVICE SYSTEM  GUIDANCE COUNSELING ISLAM FOR PATIENTS HOSPITALIZED IN  RSI SULTAN AGUNG SEMARANG).   This article attempts to describe one  of the missionary activity in the realms of human  life is in the hospital setting. The assessment focused on the system of Islamic guidance and counseling services are carried out in hospitals Islam Sultan Agung Semarang. A guidance and counseling services Islam  is basically  a system that consists  of various  elements involved  in these services. In the context of guidance and counseling services in hospitals, the system that is at least composed of the organizers, officials, patients, materials, media, methods, infrastructure, documentation / archiving and evaluation. Based on the elements in this service system, will be parsed further relates to a system of Islamic guidance and counseling services  for inpatients in RSI Sultan  Agung Semarang. Where  in reality every element in these services play an important  role in the implementation of guidance and counseling  services by the Islamic Guidance and Counseling section Islam through a unit called Islamic Spiritual Guidance.Keywords: Dakwa, System Services Counseling Islam, Inpatient.

Page 1 of 1 | Total Record : 10