cover
Contact Name
Arfan
Contact Email
arfanaziz@uinjambi.ac.id
Phone
+6281374802999
Journal Mail Official
innovatio@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Post Graduate Studies/ Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Jl. Arif Rahman Hakim No.111, Simpang IV Sipin, Telanaipura, Kota Jambi, Kodepos: 36361 | Telepon: (0741) 60731 | email: innovatio@uinjambi.ac.id
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Innovatio : Journal for Religious Innovations Studies
ISSN : 14124378     EISSN : 25412167     DOI : https://doi.org/10.30631/innovatio
INNOVATIO is Journal for Religious Innovations Studies, P-ISSN: 1412-4378 and E-ISSN: 2541-2167, an academic journal published twice a year in June and December by the Post Graduate Studies UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. This journal is open access and publishes Islamic studies research in several academic such as education, Islamic law, shariah, social sciences, and humanities. The journal accepts manuscripts from contributors with a relevant scientific background.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 2 (2017)" : 7 Documents clear
Analisis Kualitas Kerja Guru SMP di Kota Jambi ditinjau dari Supervisi Kepala Sekolah Sumirah Sumirah
INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Postgraduate Studies UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (974.351 KB) | DOI: 10.30631/innovatio.v17i2.53

Abstract

Penelitian ini menguji hubungan antara Supervisi Kepala Sekolah dengan Kualitas Kerja Guru. Pengambilan sampel secara proporsional random sampling sebanyak 284 orang Guru PNS pada SMP Negeri di Kota Jambi, Sementara uji hipotesis pada tingkat signifikansi 0,05, Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sequential explanatory mixed methods yaitu penelitian dengan mendahulukan metode kuantitatif dan dilanjutkan dengan metode kualitatif sehingga diperoleh hasil yang mendalam dan komprehensif. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan (r = 0,4612, p<0,01) antara Supervisi Kepala Sekolah dengan Kualitas Kerja Guru, koefisien determinasi 0,2127 (r2= 21,27%) dengan persamaan regresi Ŷ = 83,539 + 0,450X1,
Penilaian Portofolio: Sikap terhadap Mata Pelajaran Kimia dan Hasil Belajar Darma Putra
INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Postgraduate Studies UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.058 KB) | DOI: 10.30631/innovatio.v17i2.54

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi penilaian portofolio dan sikap terhadap mata pelajaran kimia dengan hasil belajar. Hampir semua jenjang pendidikan formal menggunakan tes tertulis sebagai alat untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik. Padahal dalam kenyataannya tes tertulis tidak selalu dapat diandalkan untuk mengukur kemampuan peserta didik. Portofolio yang mempertimbangkan dokumen tentang kerja peserta didik yang produktif yang menunjukan bukti tentang apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh peserta didik diprediksi memiliki kontribusi dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi diskriptif. Sebagai populasi adalah siswa-siswa Kelas X MAN Model Kota Jambi. Sampel penelitian kelas X Mia 3 yang diambil secara acak Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil penilaian portofolio (X1) dan hasil belajar Kimia (Y), dan angket untuk memperoleh data sikap terhadap mata pelajaran Kimia (X2). Instrumen tes untuk memperoleh data hasil belajar. Instrumen telah divalidasi dan reliabel. Data penelitian yang diperoleh bersifat normal, homogen, dan linear. Kesimpulan dari penelitian ini adalah.(1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara hasil penilaian portofolio dan hasil belajar, (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap terhadap pelajaran Kimia dengan hasil belajar, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara penilaian portofolio dan sikap terhadap pelajaran Kimia secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Konsekuensi logis dari hasil penelitian ini, dalam pembelajaran Kimia, diperlukan metode penilaian yang bervariasi yaitu seyogyanya menggunakan penilaian portofolio, pembelajaran kimia seharusnya dijadikan sebagai wahana dalam menumbuhkan sikap terhadap mata pelajaran kimia.
Penggunaan Media Papan Flanel dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak di TK Mutiara Al-Madani Kota Sungai Penuh Titin Kusayang; Risnita Amin
INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Postgraduate Studies UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.373 KB) | DOI: 10.30631/innovatio.v17i2.55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan media papan flanel dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Mutiara Al-Madani Kota Sungai Penuh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas model rancangan Kemmis dan Taggart dengan menggunakan 3 siklus dan masing-masing siklus menggunakan empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta untuk mendapatkan persentase menggunakan skala likert. Hasil penelitian penggunaan media papan flanel dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak semakin meningkat.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak.
Metode Belajar Interaktif Berbasis Multimedia: Telaah Pembelajaran Ilmu Fiqh di Madrasah Aliyah Laboratorium di Kota Jambi Djisman Aziz
INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Postgraduate Studies UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.154 KB) | DOI: 10.30631/innovatio.v17i2.56

Abstract

Salah satu pendekatan yang dilakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Ilmu Fiqh di MAN Laboratorium adalah metode interaktif berbasis multimedia, hal tersebut telah dikdukung oleh fasilitas yang memadai, namun penerapannya belum sepenuhnya dapat dilaksanakan. Hal ini terjadi karena terbatasnya kemampuan guru, baik dalam memahami metode maupun skill dalam menerapkannya. Meski penerapannya dilakukan seadanya dalam pembelajaran Ilmu Fiqh namun telah berhasil memudahkan dan menyenangkan siswa dalam memahami konten pelajaran tersebut.
Kompetensi Profesional Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa MTsN Tebo Ilir Zaharuddin M; Minnah Elwiddah
INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Postgraduate Studies UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (959.329 KB) | DOI: 10.30631/innovatio.v17i2.59

Abstract

Perkembangan kreativitas belajar siswa tidak terlepas dari peranan kompetensi profesional guru dalam hal ini guru sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui kompetensi profesional Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa; kedua, untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa; dan ketiga, untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa. Metode penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Kesimpulan penelitian yaitu pertama, secara konsep kompetensi profesional guru sejarah kebudayaan islam sudah dimiliki dan dipahami, sedang dalam pelaksanaannya masih belum maksimal dalam mengembangkan kreativitas belajar siswa; kedua langkah-langkah yang dilakukan oleh guru adalah pembelajaran dengan menggunakan media film, mengadakan pentas seni, drama dan studi tour; ketiga, faktor penghambat adalah biaya operasional pendidikan yang masih kurang, serta sarana dan prasarana yang masih belum lengkap, serta belum tersedia guru sertifikasi bidang studi tersebut. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan kompetensi dan fasilitas pendidikan yang maksimal untuk mengembangkan kreativitas belajar siswa MTsN Tebo Ilir.
Manajemen Kepala Sekolah dalam Pemberantasan Buta Aksara Alquran di SMA Nusantara Kota Jambi Ambo Lang; Kasful Anwar Us
INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Postgraduate Studies UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1069.771 KB) | DOI: 10.30631/innovatio.v17i2.60

Abstract

Penelitian berfokus pada manajemen Kepala Sekolah dalam pemberantasan buta aksara Alquran di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nusantara Kota Jambi. Penelitian menganalisa subyektifitas kepala sekolah sebagai manajer dan obyektifitasnya dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen, serta implementasi fungsi-fungsi manajemen tersebut oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam rangka pemberantasan buta aksara Alquran. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru PAI. Informan lainnya adalah Wakil Kepala Sekolah, Guru dan Kepala Tata Usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa tipe kepemimpinan yang diterapkan di SMA Nusantara Kota Jambi terdiri dari tipe kepemimpinan demokratis dan situasional dengan menerapkan model manajemen partisipatif. Kepemimpinan demokratis memberi akses yang cukup luas terhadap kebebasan, persamaan, pembagian kekuasaan dan penghargaan terhadap potensi guru PAI, seperti kebebasan dalam mengemukakan pendapat dan dalam mengembangkan inovasi dalam mengajar Alquran. Hal ini dibuktikan misalnya pada aspek pembelajaran Alquran yang dilaksanakan guru PAI dengan mengikuti program yang ada dengan sedikit inovasi guna memberikan pengayaan kemampuan baca Alquran. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam implementasi fungsi-fungsi manajemen, Kepala Sekolah telah menerapkan beberapa fungsi manajemen yang ada seperti planning, organizing, actuating, dan controlling, namun belum memaksimalkan peran evaluating dalam kegiatan manajerial, sehingga ditemukan gambaran pasti yang dapat merefleksikan perkembangan dan kemajuan dari kegiatan pemberantasan buta aksara Alquran di SMA Nusantara Kota Jambi.
Kegiatan Bermain dan Bernyanyi dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Sapat Kecamatan Kuala Indragiri Risnita Risnita; Indra Bangsawan
INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies Vol 17 No 2 (2017)
Publisher : Postgraduate Studies UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/innovatio.v17i2.62

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain dan bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahun. Fokus penelitian adalah kegiatan bermain dan benyanyi dalam mengembangkan bahasa anak di taman kanak-kanak atau TK Negeri Pembina Sapat Kecamatan Kuala Indragiri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian menemukan bahwa kegiatan bermain dan bernyanyi telah mengembangkan bahasa anak usia dini di TK Negeri Pembina Sapat Kecamatan Kuala Indragiri, dan sudah terlaksana namun belum optimal. Ketidakopetimalan disebabkan kehendak orang tua agar kegiatan pembelajaran anak usia dini TK Negeri Pembina Sapat harus menyerupai sistem pembelajaran di Sekolah Dasar seperti harus mampu baca tulis dan berhitung.

Page 1 of 1 | Total Record : 7