cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. klaten,
Jawa tengah
INDONESIA
MAGISTRA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Majalah Ilmiah Universitas Widya Dharma Klate
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni" : 10 Documents clear
Edge Detection For Medical Images Using Threshold Based on Genetic Algorithm Saleh, Kawther Thabt
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.643 KB)

Abstract

In computer vision applications it is essential to detect object’s edges specialty in medicalimage applications. In this proposed paper threshold is used based on genetic algorithm to detect the object edgefor medical images. In the proposed algorithm, there are principles for generating useful solutions to theoptimization and the look for objects. Furthermore, the results of sobel, canny filters and genetic algorithm arecompared with the results of the proposed approach to detect objects for medical images.Keywords: threshold, genetic algorithm, edge detection, medical image
PENGUATAN INTERNAL ORGANISASI PEMUDA DI KALIWARU YOGYAKARTA Setianingtyas, Anna Febrianty; Murjito, Winarno Heru
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.014 KB)

Abstract

Pembangunan  tidak  hanya  membangun  secara  fisik  semata,  tetapi  juga  non  fisik  berupapeningkatan kualitas sumber daya manusia yang bisa berfikir untuk maju, cerdas, inovatif dan mampu berkaryadengan semangat tinggi dalam menghadapi kemajuan jaman. Kita menyadari banyaknya tantangan yang harusdihadapi dan rintangan yang harus diatasi, baik yang berasal dari luar maupun dari dalam, untuk mewujudkankemajuan yang kita dambakan itu. Namun dengan komitmen yang kuat, disiplin, dan kerja keras, ada harapankita  untuk  mencapainya.  Di  sinilah  terletak  peran  pemuda.    Dimana  pemuda  diharapkan  mampu  berperansecara alamiah, yakni dalam kepeloporan dan kepemimpinan dalam menggerakkan potensi dan sumber dayayang ada dalam organisasi-organisasi kemasyarakatan, termasuk organisasi-organisasi kepemudaan. Penelitianini bertujuan mendapatkan suatu intervensi yang terkait dengan penguatan internal organisasi. Metode yangdilaksanakan dalam intervensi berbasis experience learning dan learning by doing dengan pendekatan aksi,diskusi,  refleksi,  perencanaan  perbaikan  (continous improvement).  Hasil  penelitian  mencapai  perbaikanpengetahuan keorganisasian yang sehat serta cara untuk menumbuhkan suatu tim yang solid (team building).Katakunci : internal, organisasi, pembangunan
REKONSTRUKSI FONOLOGI BAHASA MELAYU DI KABUPATEN MEMPAWAH DAN SAMBAS ., Patriantoro
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2047.779 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) merekonstruksi fonem bahasa Melayu Dialek Mempawah secarainduktif untuk mencari bahasa melayu Dialek Mempawah Prabahasa; (2) merekontruksi fonem bahasa MelayuDialek Mempawah secara deduktif untuk mendapatkan fonem Proto Austronesia (PAN) direfleksikan menjadirelik atau inovasi. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan metode cakap denganteknik menunjuk gambar, benda, aktivitas, dan peragaan. Metode analisis data digunakan untuk rekontruksiinduktif dengan teknik bottom up reconstruktion dan reconstruksi deduktif dengan teknik top down reconstruktion.Rekonstruksi induktif bahasa Melayu di Kabupaten Mempawah dan Sambas Prabahasa ‘BMDKMSP’ditemukan 6 fonem prabahasa meliputi: *a, *u, *i, *e, *o, *Y dan 21 fonem konsonan prabahasa *b, *c, *d, *f,Rekonstruksi deduktif ditemukan refleksi relik fonem konsonan PAN fonem konsonan b, p, t, k, g, d, h, s, m,n, K, r, l, r, €, dan y. Relik Fonem konsonan PAN yang tidak ada pada BMDKMS yaitu fonem konsonan j, c, C,D, z, Z, q, ƒ , w.Rekonstruksi deduktif inovasi eksternal masing-masing fonem vokal PAN > fonem vokal BMDKMSP >fonem vokal DBMDKMS dapat dikaidahkan sebagai berikut: *i > *e > e, Y; *u > *o > o; *e > *Y > Y, a; *e> *a > a; *e > *i > i; *a > *Y > Y; *a > *Y > Y, e; *é/*Y >*a > a. Rekonstruksi deduktif inovasi eksternalfonem konsonan PAN Dyen, Demwolf, Blust (dalam Wurm, 1975 > fonem konsonan BMDKMSP > fonemkonsonan DBMDKMS dapat dikaidahkan sebagai berikut: *b > *w > w; *p > *m > m; *t > *A > A; *j > *d >d; *j > *t > t; *C > *t > t; *k > *A > A; *d > *t > t; *D > *d > d; *z > *j > j; *Z > *j > j; *A > *ø > ø; *A > *m> m; *q > *ø > ø; *q > *h > h; *h > *ø > ø; *ƒ > *ø > ø; *m > *n > n; *n > *t > t; *€ > *r > r; *€ > *A > A, r;*r > *€ > €; *w > *h > h, ø; *w > *ø > ø; *w > *u > u; *y > *i > i.Kata Kunci : rekonstruksi, refleksi, relik, dan inovasi
ERNEST HEMINGWAY’S A CLEAN, WELL-LIGHTED PLACE : AN ANALYSIS ON ITS STRUCTURE AS A MEANS OF COMMUNICATION WITH THE READER ., Kustinah
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.698 KB)

Abstract

This writing aims at finding the mental evidences from a short story written by ErnestHemingway entitled A Clean, Well-Lighted Place. The writer of this paper wants to show readers thatreading a literary work means a communication process between the text and its readers. Reading is anactivity that is guided by the text, this must be processed by the reader, who is then, in turn, affected by whathe has processed.The interpretation as the result of one reading-act; arises from the structure of interpersonal experience.Theoretically speaking, literary works are believed as a portrait of human’s experience. So, in the discussion,the writer of this article will guide readers how the short story communicates the values as our mirror to viewourselves and conclude the universality of the text.A successful relationship between the text and the reader can only come about through changes in thereader’s projections. Thus the text provokes continually changing views in the reader. The imbalance betwentext and reader, however, is undefined, and it is this very indeterminacy that increases the variety of communicationpossible. If this possibility is fulfilled, and if the communication betwen text and reader is to be successful,clearly, the reader’s activity must be controlled in some way by the text.The conclusion of this writing will sum up the previous analysis of the short story; and yet showreaders that the asymmetry between text and reader stimulates a constitutive activity on the part of the reader.This is given a specific structure by the blanks and the negations arising out of the text, and the structurecontrols the process of interaction.Key-words : literary text, comunication process
UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH DASAR DABIN I UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN TAHUN 2015 ., Suripto
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.997 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di SekolahDasar Dabin 1 UPTD Pendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten saat ini dan untuk mengetahui upayapeningkatan kinerja guru dalam pembelajaran melalui supervisi akademik berkelanjutan di dabin 1 UPTDPendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten KlatenDengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS ). Hasil supervisi akademik menunjukkaan ada peningkatan kinerja guru dari prasiklus nilai rata-rata 70,78diperbaiki siklus I menjadi 76,88 disempurnakan lagi pada siklus II dari 35 orang guru sudah mencapai peningkatankinerja yang baik yaitu mencapai 85,17. Sudah mencapai peningkatan kerja yang baik dalam pelaksanaan PBMmasih ditambah dengan langkah-langkah yaitu KKG ( Kelompok Kerja Guru ), Peningkatan kualifikasi Pendidikan,mengikuti seminar, workshop, dan pelatihan.Kata kunci : upaya, kinerja guru, supervisi akademik.
PENERAPAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN KALIMAT UTAMA BAGI SISWA KELAS IXB SMP NEGERI 2 WEDI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Sudarsih, Endang
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.314 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Ingin meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materimenentukan kalimat utama pada teks tanggapan kritis pada siswa kelas IXG SMP Negeri 2 Wedi, Klatentahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan strategi student facilitator and explaining berbantuankartu. Jumlah subjek penelitian adalah kelas IXG SMP Negeri 2 Wedi, Klaten tahun pelajaran 2015/2016yang berjumlah 35 anak. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Teknikanalisis data dengan deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai hasil tes dari kondisi siklus I dan nilaihasil tes setelah tindakan perbaikan 2 (siklus II), kemudian direfleksikan, perbandingan juga terhadap hasilobservasi. Hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran studentfacilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “menentukan kalimat utamapada teks tanggapan kritis” pada siswa kelas IXG SMP Negeri 2 Wedi, Klaten tahun pelajaran 2015/2016.Hal ini dapat dilihat dengan adanya kenaikan ketuntasan siswa secara klasikal dari kondisi siklus I sebesar54,3% siklus II meningkat sebesar 45,7% sehingga menjadi 100%, dan adanya kenaikan nilai rata-rata,dimana pada siklus I menjadi 74,37 dan siklus II menjadi 87,8.Kata kunci: Strategi Student Facilitator and Explaining, Kartu, Kalimat Utama
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN METODE EXAMPLE BERBASIS KARAKTER TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TUGU UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN ., Hartini
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.801 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Subyekpenelitian berjumlah 10 siswa sedangkan obyek penelitian adalah aktivitas belajar mengenai mata pelajaranPendidikan Agama Kristen. Keberhasilan penelitian menggunakan indikator keberhasilan adalah 80% atau diatasatau sama 75%.Hasil penelitian menunjukkan keefektifan metode Exsample yang berbasis karakter dalam prosespembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas V SD Negeri 1 Tugu UPTD Pendidikan Kecamatan Cawas.Dengan hasil belajar pada prasiklus menunjukkan 5 siswa mendapatkan nilai diatas / sama 75 denganprosentase 50% sedangkan pada pembelajaran siklus I menunjukkan peningkatan hasil yaitu 7 siswa mendapatnilai 75 atau sama diatas 75 dengan prosentase 70% dengan nilai ketuntasan 70% dilanjutkan pada siklus II nilaiketuntasan mencapai 90%.Sehingga hasil pembelajaran dengan menggunakan metode Exsample berbasis karakter pembelajaranPendidikan Agama Kristen di SD Negeri 1 Tugu Kecamatan Cawas yang berjumlah 10 siswa dengan ketercapaian9 siswa skor ketercapaian baik dan 1 siswa skor ketercapaian cukup baik.Kata Kunci : Allah Mengampuni orang yang Menyesali Dosanya.
AKRONIM BAHASA JAWA DI WILAYAH SOLO Herawati, Nanik
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.001 KB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada abreviasi akronim bahasa Jawa yakni pada bentuk-bentukakronimbahasa Jawa dan pola pembentukan akronim bahasa Jawa di Solo dan sekitarnya. Tujuan penelitianyakni mendeskripsikan bentuk-bentuk akronim bahasa Jawa di wilayah Solo dan mendeskripsikan polapembentukan akronim di wilayah Solo.Jenis penelitian yang digunakan yakni deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode Agih. Alat penentupeneliti sendiri. Teknik dasarnya yakni Bagi Unsur langsung. Bentuk bentuk akronim pada warung hiks Shi JackSolo ada beberapa dan juga dipaparkan pola pembentukan akronim bahasa Jawa di angkringkan Solo.Kata kunci: akronim, warung, Solo
Edge Detection For Medical Images Using Threshold Based on Genetic Algorithm Saleh, Kawther Thabt
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.643 KB)

Abstract

In computer vision applications it is essential to detect object’s edges specialty in medicalimage applications. In this proposed paper threshold is used based on genetic algorithm to detect the object edgefor medical images. In the proposed algorithm, there are principles for generating useful solutions to theoptimization and the look for objects. Furthermore, the results of sobel, canny filters and genetic algorithm arecompared with the results of the proposed approach to detect objects for medical images.Keywords: threshold, genetic algorithm, edge detection, medical image
APRESIASI PUISI APA DAN BAGAIMANA PEMBELAJARANNYA DI PERGURUAN TINGGI ., Sukini
MAGISTRA Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni
Publisher : MAGISTRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.568 KB)

Abstract

Pembelajaran apresiasi puisi di perguruan tinggi masih didominasi oleh penggunaan metodeceramah. Dosen belum menggunakan model-model pembelajaran inovatif yang berpusat pada mahasiswa padahalhal ini sudah diundangkan oleh pemerintah melalui Permenristek Dikti RI Nomor 44 Tahun 2015 pasal 11. Olehkarena itu, perlu digunakan model pembelajaran inovatif yang efektif dan berpusat pada mahasiswa. Tidaksemua model pembelajaran cocok untuk mencapai semua tujuan kurikulum. Oleh karena itu, diperlukan kecermatandosen dalam memilih dan menentukan model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran harus disesuaikandengan karakteristik mahasiswa dan karakteristik materi ajar. Model pembelajaran inkuiri merupakan salah satualternatif model pembelajaran inovatif, berpusat pada mahasiswa yang dapat diterapkan/digunakan dalampembelajaran apresiasi puisi di perguruan tinggi.Kata Kunci : apresiasi puisi, model pembelajaran, berpusat pada mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 30, No 103 (2018): Magistra Maret Vol 29, No 102 (2017): Magistra Desember Vol 29, No 101 (2017): Magistra September Vol 29, No 100 (2017): Magistra Juni Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret Vol 28, No 98 (2016): Magistra Desember Vol 28, No 97 (2016): Magistra September Vol 28, No 96 (2016): Magistra Juni Vol 28, No 95 (2016): Magistra Maret Vol 26, No 91 (2015): Magistra Edisi Maret 2015 Vol 27, No 93 (2015): Magistra September Vol 27, No 92 (2015): Magistra Juni Vol 27, No 91 (2015): Magistra Maret Vol 26, No 94 (2015): Magistra Desember Vol 26, No 93 (2015): Magistra Edisi September Vol 26, No 92 (2015): Magistra Edisi Juni Vol 26, No 90 (2014): Magistra Edisi Desember Vol 26, No 89 (2014): Magistra Edisi September Vol 26, No 88 (2014): Magistra Edisi Juni Vol 26, No 87 (2014): Magistra Edisi Maret Vol 25, No 86 (2013): Magistra Edisi Desember Vol 25, No 85 (2013): Magistra September Vol 25, No 84 (2013): Magistra Edisi Juni Vol 25, No 83 (2013): Magistra Edisi Maret Vol 24, No 82 (2012): Magistra Edisi Desember Vol 24, No 81 (2012): Magistra Edisi September Vol 24, No 80 (2012): Magistra Edisi Juni Vol 24, No 79 (2012): Magistra Edisi Maret Vol 23, No 78 (2011): Magistra Edisi Desember Vol 23, No 76 (2011): Magistra Edisi Juni Vol 23, No 75 (2011): Magistra Edisi Maret No 77 (2011): Magistra Edisi September Vol 22, No 74 (2010): Magistra Edisi Desember Vol 22, No 73 (2010): Magistra Edisi September Vol 22, No 72 (2010): Magistra Edisi Juni Vol 21, No 70 (2009): Magistra Edisi September Vol 21, No 69 (2009): Magistra Edisi Juni Vol 21, No 68 (2009): Magistra Edisi Maret Vol 20, No 67 (2008): Magistra Edisi Desember Vol 19, No 61 (2007): Magistra Edisi Juni Vol 19, No 60 (2007): Magistra Edisi Maret Vol 23, No 58 (2006): Magistra Edisi September Vol 27, No 55 (2005): Magistra Edisi Desember Vol 26, No 50 (2004): Magistra Edisi September Vol 26, No 48 (2004): Magistra Edisi Maret Vol 16, No 51 (2004): Magistra Edisi Desember Vol 16, No 49 (2004): Magistra Edisi Juni Vol 16, No 48 (2004): Magistra Edisi Maret Vol 14, No 40 (2002): Magistra Edisi Maret More Issue