cover
Contact Name
Witono Hardi
Contact Email
witono@unkhair.ac.id
Phone
+6281235234218
Journal Mail Official
witono@unkhair.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Unkhair Jl. Pertamina, Gambesi, Ternate, Maluku Utara, Indonesia
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Dinamika : Jurnal Teknik Mesin
Published by Universitas Khairun
ISSN : 23548584     EISSN : 27209520     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Journal of Mechanical Engineering, Material, Manufacturing, otomotif and other related to the Mechanical Engineering.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin" : 5 Documents clear
Studi Potensi Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro Di Desa Yeisowo Kecamatan Patani Kabupaten Halmahera Tengah Sandi Rais; Ishak Usman; Muhammad Taufan
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2020): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v5i1.2937

Abstract

Solusi Energi Terbarukan menjadi jawaban terhadap permintaan kebutuhan pembangunan desa di Indonesia, serta mempromosikan solusi praktis dan berkelanjutan yang bisa langsung diadopsi oleh masyarakat pedesaan yang menjadi prioritas bagi bangsa Indonesia. Desa Yeisowo  salah satu desa di Kecamatan Patani terdapat beberapa air terjun yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listik tenaga air. Dengan jumlah penduduk desa yang cukup banyak yakni 3000 jiwa dimana daerah itu merupakan wilayah dengan konsentrasi penduduk tinggi yang membutuhkan ketersediaan infrastuktur, sarana dan prasarana pedesaan dalam jumlah dan kualitas yang baik..        Di Daerah  Kecamatan Patani tepatnya di desa  Wailegi belum terdapat pemanfaatan air dalam bentuk energi sehingga memanfaatkan potensi yang ada sebagai sumber energi listrik di daerah aliran air terjun tersebut itu sangat diperlukan. Selain itu penggunaan Kincir Air sebagai sumber energi listrik dapat meringankan biaya pajak yang dikeluarkan oleh warga sekitar untuk penerangan jalan.Pengukuran laju atau kecapatan air yang dilakukan dengan metode bucket. Metode diperoleh jumlah debit air sebesar  (v) 0,01215 m3/detik. Untuk pengukuran tinggi jatuh air (head) yang dimulai dari bagian atas perkiraan tinggi permukaan air pada posisi bak pengatur yang ditentukan maka besarnya tinggi jatuh air (head) adalah  43 meter  Adapun besarnya daya hidrolik (Ph) Pembangkit Listrik Tenaga Kincir Air Desa Yeisowo yang direncanakan sesuai dengan hasil pengukuran debet air, head dan laju kecepatan air maka diperoleh daya hidrolik sebesar 5,063  kW. Dengan melihat kondisi aliran air di Desa ini maka  jenis kincir air yang digunakan adalah jenis over-shot yang memiliki efisiensi maksimum sebesar 60–80% dan tidak lagi memerlukan pipa pesat.  Pada perhitungan ini diasumsikan efisiensinya adalah 60%, sehingga diperoleh:  0,6 . 5,063  kW =  3,037  kW . Berdasarkan hasil analisa teknik pada bahasan sebelumnya biaya investasi yang dibutuhkan diperkirakan sebesar adalah Rp. 21.500.000,- (Dua Puluh Satu Juta lima ratus ribu rupiah) dengan kapasitas listrik yang dihasilkan sebesar 5 Kilo Volt (5000 Watt).
Laju Korosi Pada Baja Karbon Medium Plat A36 Direndam Dalam Media Air Laut Dan Air Tawar Rudi Hartono; Didi Subigyar
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2020): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v5i1.2938

Abstract

Peneltian korosi ini membicarakan mengenai laju korosi pada plat baja karbon medium dengan media air tawar dan air laut, dimana korosi ini akan menguraikan logam sehingga menjadi oksida logam,maka  menjadi suatu yang penting untuk mengetahui kecepatan dalam penguraian ini atau disebut juga laju korosi. Dalam penelitian ini menggunakan sampel dari plat baja karbon medium yang banyak digunakan aplikasinya, yang disiapkan sampelnya ukuran 30 mm x 23 mm x 3 mm, metode penelitian menggunakan  metode weight loss analisis, persiapan sampel  dengan menggunakan pembersihan permukaan dengan poleshing dan pickling larutan asam sulfat, dilakukan penimbangan berkurangnya berat sampel  dengan waktu bertahap  yaitu 2 , 4 , 6 , 8 dan 10 minggu.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar CR  pada media air tawar 0.104-0.115 mpy lebih rendah dibandingkan pada media air laut   0.125-0.135 mpy.  Hal ini Menunjukkan bahwa air laut bersifat lebih korosif, dengan diketahuinya angka CR tersebut maka kita dapat memperkirakan nilai korosif media atau lingkungan dan memperkirakan umur komponen yang terendam dalam media tersebut. Namun nilai CR tidak sama pada semua material karena CR tergantung kepada kandungan kimia , struktur mikro dan kehomogenan material walaupun medianya perendaman yang sama.
Pengaruh Panjang Tabung Aluminum dengan Deformasi Maksimum, Gaya Reaksi Maksimum dan Energi Plastis pada Pembebanan Impact Kecepatan Tinggi Witono Hardi
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2020): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v5i1.2939

Abstract

Penggunaan tabung tipis sebagai piranti penyerap energi impak telah dikenal sangat luas dalam berbagai aplikasi. Banyak peneliti yang mengungkap berbagai keuntungan dari bentuk tabung tipis ini. Pada penelitian ini akan dibahas masalah pengaruh panjang tabung dalam hubungannya dengan deformasi maksimum, gaya reaksi maksimum dan energi plastis yang diserap saat mengalami  gaya impak dalam kecepatan tinggi.Sebuah tabung dengan diameter 50 mm tebal 1 mm dan panjang bervariasi ditumbuk dengan sebuah baja berbentuk balok berat 0.38 kg dengan kecepatan 75 m/s. Pemodelan dilakukan dengan ANSYS WORKBENCH Explicit Dynamic. Dilakukan pencatatan data hasil simulasi yaitu deformasi maksimum setelah impak, gaya reaksi maksimum dan penyerapan energi plastis yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan semakin panjang specimen maka deformasi yang terjadi semakin kecil. Gaya reaksi juga semakin kecil. Energi akibat deformasi plastis tidak mengalami perubahan yang signifikan.
ANALISA CACAT CORAN PEMBUATAN PROPELLER DENGAN METODE SAND CASTING Ivan Junaidy Abdul Karim; Kifli Umar; Saiful Asri
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2020): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v5i1.2940

Abstract

Propeller merupakan salah satu komponen mesin yang memegang penting dalam konstruksi transportasi laut. Propeller mempunyai fungsi yang sangat besar, karena kecepatan kapal ditentukan oleh kondisi propeller. Ketangguhan propeller dibutuhkan untuk meminimalkan atau mengurangi terjadinya kerusakan (patah). Cacat pada saat proses pengecoran dapat mempengaruhi ketangguhan dari propoler tersebut.Pembuatan propeller dengan cara dicor dengan bahan aluminium velk bekas dan menggunakan cetakan pasir abu vulkanik dengan variasi suhu penuangan 660oC, 700oC dan 740oC. Pengujian dilakukan secara visual untuk melihat cacat rongga udara dan pengujian porositas.Temperature pengecoran yang rendah mempecepat proses pembekuan sehingga cacat gas terperangkap terlihat kecil, sedangkan pembekuan yang lama gas yang terperangkap membentuk rongga udara terlihat semakain besar. Porositas tertinggi diperoleh pada temperature rendah 6% sedangkan porositas tekecil diperoleh pada temperature tinggi 1,6%.
Analisis Pemakaian Bahan Bakar Solar (HSD) dan Biosolar (B20) Terhadap Performance Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Kastela Mohammad Almin Wahid; Iwan Gunawan; M. Fadly Hi. Abbas
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 1 (2020): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v5i1.2936

Abstract

Minyak solar adalah suatu produk destilasi minyak bumi yang khusus digunakan untuk bahan bakar mesin Compresion Ignation ( udara yang dikompresi menibulkan tekanan dan panas tinggi sehingga membakar solar yang disemprotkan (injcetor) dan di Indonesia minyak solar ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 978.K/10/DJM.S/2013. Biodiesel atau biosolar adalah jenis bahan bakar alternatif yang terbuat dari minyak nabati yang berasal dari berbagai jenis biji-bijian. Tujuan utama pengembangan biodiesel ini adalah untuk mensubstitusi bahan bakar fosil yang suatu saat akan habis dan menciptakan energi hijau (green fuel) yang ramah lingkungan dan peduli terhadap lingkungan.Penelitian ini menggunakan dua bahan bakar. Yaitu bahan bakar Solar dan biosolar (B20). Proses performance test masing – masing jenis bahan bakar dilakukan selama 2 jam pada beban 7500 kW (75%) selama 1 jam dan 9680 kW (100%)  selama 1 jam setelah itu dilakukan pengambilan data produksi kWh, pemakaian bahan bakar, Pengambilan data emisi gas buang pada sistem pemantauan emisi kontinue (CEMS). Hal ini dilakukan untuk mengetahui tekanan efektif rata-rata (mep), pemakaian bahan bakar spesifik (SFC), efisiensi thermal dan emisi yang dihasilkan. Hasil pengujian performance mesin menunjukkan bahwa tekanan efektif rata-rata tidak berbeda yaitu pada beban 75% selisih 0,132 bar  dan beban 100% selisih 0,132 bar, perbedaan yang cukup signifikan terjadi pada pemakaian bahan bakar spesifik (SFC) menunjukkan perbedaan yaitu pada beban 75% selisih 0,0088   dan pada beban 100% selisih 0,0084  , untuk efisiensi thermal juga menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan yaitu pada beban 75% selisih 2,75 %  dan beban 100% selisih 2,69 %. Sedangkan hasil emisi gas buang yang dihasilkan menunjukkan bahan bakar B20 lebih tinggi dari bahan bakar Solar namun masih masuk dalam nilai parameter baku mutu emisi yang dijinkan sehingga masih dalam parameter aman terhadap lingkungan sekitar. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5