cover
Contact Name
Witono Hardi
Contact Email
witono@unkhair.ac.id
Phone
+6281235234218
Journal Mail Official
witono@unkhair.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Unkhair Jl. Pertamina, Gambesi, Ternate, Maluku Utara, Indonesia
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Dinamika : Jurnal Teknik Mesin
Published by Universitas Khairun
ISSN : 23548584     EISSN : 27209520     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Journal of Mechanical Engineering, Material, Manufacturing, otomotif and other related to the Mechanical Engineering.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA" : 8 Documents clear
DINAMIKA Program Studi Teknik Mesin
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v6i1.3451

Abstract

program studi teknik mesin
Perancangan Turbin Air Kapasitas 3KW di Desa Yeisowo, Kecamatan Patani Kabupaten Halmahera Tengah Sandi Rais; muhammad taufan; ishak usman
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v6i1.3456

Abstract

Perancangan turbin air dalam penelitian ini menggunakan besi plat dengan ketebalan plat sebesar 3mm. Adapun diameter kincir bagian luar sebesar 120 mm dan diameter dalam sebesar 70mm. Jumlah jari-jari pada kincir adalah sebanyak 6 jari-jari. Terdapat 6 buah pillow blok bearing ASB yang digunakan untuk merancang kincir air pada penelitian ini yaitu antara lain; 2 buah pillow blok bearing ASB tipe UCF 210 as 50mm, 2 Buah pillow blok bearing ASB tipe UCP as 50mm dan 2 buah pillow blok Bearing ASB tipe UCP as 25mm. Sudu kincir air dirancang dengan lebar sudu 25 cm dan panjang sudu panjang 28 cm dengan bahan besi plat eser dengan tebal 3mm dan kemiringan sudu sebesar 40o. Hasil perhitungan jumlah sudu turbin air diperoleh 16 sudu dengan putaran turbin sebesar 55 rpm. Berdasarkan perhitungan system transmisi pully dan sabuk (van belt) dengan efisiensi mekanik sebesar 70% maka besarnya jumlah rotasi yang di distribusikan ke generator adalah sebesar 1100 rpm.
PENGURUS JURNAL DINAMIKA Program Studi Teknik Mesin
DINAMIKA Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA
Publisher : DINAMIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v6i1.3452

Abstract

program studi teknik mesin
Pengaruh Penggunaan Cdi Standar dan Cdi Racing Tipe Juken 5 dengan Menggunakan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Yamaha Mio M3 125 Cc sumadhatim gafar; iwan Gunawan; ishak usman
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v6i1.3458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelit Pengaruh penggunaan CDI standar Dan CDI Racing juken 5 standar pabrikan, terhadap unjuk kerja motor bakar Yamaha Mio M3 125 cc. Dengan parameter : Daya poros efektif (Ne), konsunsi bahan bakar spesifik (SFCe),dan efisiensi thermal efektif (ɳth). Metode yang digunakan yaitu untuk menganalisis dan mengumpulkan data dari hasil penelitian. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen dimana penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari perlakuan (treatment) yang dilakukan pada objek penelitian, yakni penggunaan CDI standar dan CDI racing juken 5, pada motor Yamaha mio m3 125 cc. Hasil penelitia menunjukan. Daya poros efektif (Ne) yang dihasilkan untuk penggunaan kedua CDI standar maupun racing juken 5 standar pabrikan (tanpa penyetingan), dengan pembukaan throttle konstan 30° dengan beban pengereman yang diberikan 1, 2 dan 3 kg, terus mengalami peningkatan daya poros efektif. Dengan daya poros efektif yang dihasilkan oleh penggunaan CDI standar lebih besar dibandingkan denga penggunaan CDI racing juken 5 standar pabrikan. Namun pemakaian bahan bakar spesifik yang dihasilkan oleh penggunaan CDI standar terbilang lebih banyak dibanding dengan penggunaan CDI racing juken 5 standar pabrikan. Hal ini dipengaruhi oleh daya poros efektif yang dihasilkan. Sehingga evisiensi thermal yang dihasilkan oleh penggunaan CDI racing juken 5 standar pabrikan lebih baik dibandingkan dengan penggunaan CDI satandar pada motor Yamaha mio m3 125 cc.
DAFTAR ISI JURNAL DINAMIKA Program Studi Teknik Mesin
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v6i1.3453

Abstract

program studi teknik mesin
Pengaruh Ketebalan EPS Styrofoam terhadap Distribusi Tegangan, Gaya Reaksi dan Energi Terserap pada Helm Witono Hardi; Lita Asyriati Latif; arief hidayat
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v6i1.3459

Abstract

Helm merupakan perangkat keselamatan yang sangat penting bagi pengendara motor. Helm menyerap energi akibat benturan pada kepala sehingga pemakai akan selamat. Salah satu kunci keselamatan pada helm adalah lapisan gabus EPS Styrofoam yang berada di sebelah dalam helm. EPS Styrofoam menyerap energi kinetik menjadi energi deformasi yang terjadi padanya. Pada penelitian ini dilakukan uji helm secara numerik untuk mendapatkan nilai energi yang diserap, distribusi tegangan, deformasi maksimum akibat pembebanan impak. Helm dimodelkan pada ukuran sebenarnya. Terdapat dua lapisan pada helm yang diteliti yaitu lapisan luar yang keras dan lapisan dalam yang merupakan gabus styrofoam. Pemodelan dilakukan dengan kondisi helm tanpa lapisan gabus kemudian diberi lapisan secara bervariasi semakin tebal. Digunakan FEM sebagai sarana pengujian pada bentuk obyek yang tidak teratur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa lapisan gabus styrofoam sangat berperanan dalam keselamatan pengendara. Ada kenaikan yang significan dalam berbagai faktor dibandingkan helm yang tidak terdapat styrofoam. Kenaikan ketebalan styrofoam berpengaruh pada distribusi tegangan pada permukaan helm. Semakin tebal semakin baik. Penyerapan energi juga semakin baik. Namun terhadap gaya reaksi dan deformasi maaaaksimum kurang sinificant. Oleh karena iu untuk alasan efisiensi dan estetika bagi pengendaranya diambil ketebalan optimum agar dimensi helm tidak terlalu besar dan terlalu berat. Ini merupakan rekomendasi bagi user dalam melakukan desain helmnya.
Pengaruh Nosel Konvergen sebagai Pengarah Aliran Masuk pada Turbin Angin Terhadap Daya yang Dibangkitkan ishak usman; iwan Gunawan
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v6i1.3454

Abstract

Pada umumnya energi angin yang menghasilkan energi listerik, sebelumnya diproses dalam sebuah mesin yang dikenal dengan nama turbin angin (wind turbine), dimana turbine ini terdiri dari beberapa jenis yakni, turbin angin sumbu horizontal TASH) dan turbin angin sumbu vertikal (TASV). Semua jenis turbin ini mengubah energi gerak angin yang bertiup langsung ke sudu-sudu turbin tanpa adanya sebuah perlakuan khusus, atau dengan kata lain turbin bergerak sesuai dengan kecepatan angin secara alami.Kecepatan aliran suatu fluida secara teori dapat ditingkatkan dengan menempatkan sebuah saluran yang penampangnya mengecil (nosel konvergen) saat dilalui fluida. Kipas angin digunakan untuk menggantikan aliran angin (udara) dimana ada tiga variasi kecepatan (tiga posisi transmisi putaran kipas angin). Dari tiga variasi kecepatan ini diperoleh data kecepatan angin keluar nosel pengarah dan tegangan serta kuat arus listrik yang dibangkitkan generator yang digunakan untuk menghitung daya dan efisiensi yang dibangkitkan turbin.Hasil penelitian ini diperoleh bahwa daya dan efisiensi yang dibangkitkan dengan pemasangan nosel pengarah naik dibandingkan dengan tanpa pemasangan nosel pengarah, yakni pada posisi variasi kecepatan III (posisi transmisi putaran kipas pada angka 3) diperoleh; tanpa nosel pengarah daya dan efisiensi berturut-turut 0,034 Watt dan 23,91% sedangkan dengan pemasangan nosel pengarah daya dan efisiensi yang dihasilkan adalah 0,280 Watt dan 28,81%.
Ekstrak Daun Jarak Sebagai Inhibitor (Penghambat) Korosi pada Baja Karbon Rudi Hartono; Witono Hardi; iwan Gunawan
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 6, No 1 (2021): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v6i1.3455

Abstract

Pada penelitian ini dipilih menggunakan ekstrak daun jarak untuk dijadikan obyek penelitian sebagai inhibitor, dengan dugaan bahwa kandungan pada daun jarak yang banyak mengandung unsur-unsur C, H, N dan asam rinocelat sehingga dapat di gunakan sebagai inhibitor korosi karena mampu mencegah oksidasi. Metode penelitian menggunakan pengamatan secara makro pada permukaan logam yang terkorosi dengan weight loss calculation metode standar ASTM G102. Specimen uji menggunakan baja karbon ASTM 36, pengujian korosi dilakukan setelah dilakukan perlakuan pelapisan dengan ekstrak daun jarak pada spesimen uji baja karbon. Lingkungan yang korosif berupa kelembaban yang tinggi digunakan sebagai media yang dapat mengakibatkan korosi terjadi, dimana baja yang telah dilapisi dengan ekstrak daun jarak ditempatkan pada media yaitu air tawar dan air laut. Hasil pada penelitian ini telah menunjukkan bahwa ada pengaruh ekstrak daun jarak sebagai inhibitor, yaitu dapat menurunkan laju korosi pada baja karbon plat ASTM A36 baik pada media air tawar maupun media air laut, yaitu menurunnya kehilangan berat (lost weight) pada material dibandingkan tanpa inhibitor. Menurunnya kehilangan berat ini terlihat dapat dilihat pada nilai efisiensi inhibitor dari ekstrak daun jarak pada baja karbon semakin meningkat dengan bertambahnya waktu perendaman, pada media air tawar yaitu 12,5% ( hari ke-5), 66,67% (hari ke-10), dan 76,92% (hari ke-15). Sedangkan pada media air laut efisiensi yang tercapai yaitu : 66,67% (hari ke-5), 76,47% (hari ke-10) , 87,50% (hari ke-15).

Page 1 of 1 | Total Record : 8