cover
Contact Name
Witono Hardi
Contact Email
witono@unkhair.ac.id
Phone
+6281235234218
Journal Mail Official
witono@unkhair.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Unkhair Jl. Pertamina, Gambesi, Ternate, Maluku Utara, Indonesia
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Dinamika : Jurnal Teknik Mesin
Published by Universitas Khairun
ISSN : 23548584     EISSN : 27209520     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Journal of Mechanical Engineering, Material, Manufacturing, otomotif and other related to the Mechanical Engineering.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA" : 8 Documents clear
Analisis Cacat Coran Metode Sand Casting pada Pembuatan Spacer Roda Mobil Ahmad Seng; Ivan Junaidi Abdul Karim
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v7i1.4601

Abstract

Penggunaan aluminium dari tahun ketahun semakin meningkat, permintaan konsumen terhadap komponen otomotif membuat industri otomotif lebih meningkatkan jumlah produksi barang yang berasal dari aluminium. Pengecoran logam merupakan bagian dari teknik produksi yang telah dikenal manusia dari abad sebelumnya, sehingga tak jarang kita lihat adanya cacat yang terjadi pada hasil pengecoran, hal ini jelas merugikan konsumen akibat cacat tersebut, seperti yg kita ketahui cacat pada produk berpengaruh terhadap umur pemakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperatur tuang terhadap cacat permukaan produk spacer velg dan untuk mengetahui pengaruh temperatur terhadap cacat porositas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengecoran aluminium berpola spacer velg, menggunakan metode sand casting dengan suhu temperatur tuang 660OC, 700OC dan 740OC. Hasil yang di dapat dari penelitian pengecoran spacer velg yaitu menunjukan adanya cacat permukaan pada seluruh spesimen. Hasil perhitungan persentase porositas yang didapat pada spesimen spacer velg dengan temperatur 660°C memiliki nilai persentase porositas tertinggi yaitu 0,433%. sedangkan pada pengecoran spacer velg dengan suhu temperatur 700oC memiliki nilai persentase porositas lebih rendah jika dibanding dengan temperatur 660°C yaitu 0,241% dan temperatur 740oC memiliki nilai persentase porositas terendah dari seluruh temperatur yakni 0,109%.
Pengaruh Konsentrasi Coolant Pada Air Tawar Terhadap Laju Korosi Baja Karbon A36 Rudi Hartono; iwan Gunawan
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v7i1.4600

Abstract

Kerusakan akibat korosi pada sistem pendingin masih banyak menjadi masalah, maka dilakukan upaya dengan penambahan inhibitor pada cairan pendingin (coolant). Bahan pendingin yg ditambahkan dalam cairan pendingin adalah etilen glycol yang bersifat juga sebagai antikarat. Berdasarkan pemikiran tersebut maka penelitian ini adalah untuk mengetahui efek cairan coolant sebagai anti karat, maka dilakukan percobaan dengan menggunakan spesimen uji baja A36 didalam media air tawar dengan variasi konsentrasi coolant yaitu 1%-10 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi berat yang hilang dan laju korosi semakin menurun dengan naiknya penambahan prosentase coolant pada air tawar yaitu kecenderungan penurunan laju korosi mulai stagnan (mendatar) pada kandungan coolant 6% dan didapatkan efisiensi Coolant S sebagai Inhibitor cukup baik dengan nilai 0.5 -0.6 pada prosenatse coolant sebesar antara 6%-10% dalam media air tawar.
DINAMIKA dinamika dinamika
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

dinamika
Mechanical Behavior Of Coronary Stent Untuk Fleksibilitas Ring Berbahan Magnesium Alloy AZ31 Dengan Menggunakan Finite Element Method(FEM) Muhammad Fadly Hi. Abbas; Sukiman B; Lita Asyriati Latif
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v7i1.4598

Abstract

Banyak kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler, salah satu contohnya adalah penyakit jantung koroner. Cara yang paling populer untuk menanganinya adalah dengan pemasangan stent. Telah banyak penelitian yang dilakukan dalam pengembangan stent. Hal tersebut berlanjut pula pada bahan baku yang digunakan salah satunya adalah pengembangan bahan baku yang bersifat biodegradable, sehingga stent akan larut dalam tubuh sering bertambahnya waktu. Selain itu, stent ketika terpasang juga harus memiliki kemampuan untuk menyesuaikan bentuknya terhadap pembuluh darah serta memiliki tegangan yang minimun supaya tidak melukai jaringan di sekitarnya. Kemampuan tersebut ditunjukan oleh tingkat flesibilitas dari suatu stent. Pada penelitian ini, stent yang diteliti adalah bare metal stent berbahan baku magnesium alloy AZ31 dengan desain strut mirror (S). Penelitian dilakukan pada dua kondisi stent, yaitu crimped dan expanded untuk mengetahui kemampuan perubahan sudut dan tegangan maksimum yang dialami oleh keduanya setelah diberikan bending moment. Pengujian bending moment dilakukan melalui simulasi berdasarkan finite elemet method (FED) pada software Abaqus 6.14. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan untuk mendapatkan flesibilitas tertinggi pada kondisi crimped stent, yaitu flesibilitas tertinggi dengan tegangan von mises dalam batas aman dapat diperoleh berdasarkan desain stent dengan beban bending moment sebesar0,011 N.mm dan ketebalan sebesar 50 µm, curvature index sebesar 0,0519 mm. Sementara pada expanded stent, mendapatkan fleksibilitas terbaik dengan tegangan von mises dalam batas aman adalah bending moment sebesar 0,11 N.mm pada ketebalan 50 µm, curvature index sebesar 0,0478 mm.
Pengaruh Variasi Beban Terhadap Kinerja Turbin Pelton pada Tinggi Air Jatuh 5,60 Meter dan Kapasitas Aliran 0,5 Liter Per Detik Ishak Usman; Sandi Rais
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v7i1.4602

Abstract

Air merupakan salah satu energi terbarukan yang tidak terbatas jumlahnya. Air juga memiliki potensi yang sangat besar dan dapat digunakan sebagai sumber energi yang bersih karena tidak menghasilkan polutan. Turbin pelton merupakan suatu alat yang merubah energi kinetik dan energi potensial dari air menjadi energi gerak rotasi pada poros turbin (energi mekanis). Turbin pelton pada dasarnya dapat beroperasi baik pada tinggi air jatuh rendah maupun tinggi air jatuh yang tinggi. Turbin pelton dengan tinggi air jatuh 5,60 meter dan kapasitas aliran 0,5 liter per sekon telah buat. Kinerja dari turbin pelton dapat diketahui dengan melakukan pengujian pada turbin dengan melakukan variasi pembebanan yakni 400 gr, 700 gr, dan 1000 gr pada debit aliran air dan tinggi air jatuh yang konstan. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya dan efisiensi yang dihasilkan turbin naik dari beban 400 gr ke 700 gr dan turun dari beban 700 gr ke beban 1000 gr. Daya dan efisiensi turbin yang dihasilkan turbin pada variasi beban 400 gr, 700 gr dan 1000 gr adalah berturut-turut 1,063 W; 1,084 W; dan 0,578 W, sedangkan untuk efisiensi masing-masing adalah 84,057 %; 85,034 % dan 45,174 %.
Optimasi Internal Geometri Terhadap sifat Mekanik Material ABS Dipreparasi Menggunakan 3D Printing Dengan Metode Response Surface Lita Asyriati Latif; Sukiman B; Muhammad Fadly Hi. Abbas
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v7i1.4597

Abstract

Three dimensional (3D) printing menjadi salah satu mesin yang handal revolusioner pada teknik additive manufacturing (AM) untuk membuat objek 3D dengan struktur yang unik dan bermacammacam. Produk yang dicetak tersebut mempunyai karateristik grometri ideal apabila menpunyai ukuran yang teliti dan bentuk yang sempurna. Salah satu jenis material yang dapat diproses menggunakan 3d printing FDM adalah material flesibel. Dalam hal akurasi dimensi telah banyak dilakukan terhadap material PLA dan ABS. Internal geometri yang divariasikan adalah triangle dan honeycomb. Metode response surface digunakan dalam penelitian ini untuk memodelkan dan memperoleh parameter desain internal geometri yang optimal guna menghasilkan nilai defleksi dari desain link strut segitiga dan lingkaran. Order pertama dinyatakan dengan persamaan linier polinominal dengan derajat satu. Desain order merupakan desain faktorial dengan penambahan centre point diantara level faktornya. Optimasi dilakukan dalam dua konfigurasi internal geometri desain yaitu link strut segita dan link strut lingkaran.Hasil dari penelitian ini adalah parameter internal geometri desain yang optimal yaitu link strut segitiga kecil-besar 9 mm, beban 12,799 MPa, dan defleksi 8,84 mm. Sedangkan parameter internal geometri desain link strut lingkarang kecil-besar 9 mm, beban 11,783 MPa, dan defleksi 5, 169 mm. Hasil penelitian menunjukan bahwa optimasi pada desain link strut segitiga dengan nilai composite desirability yang dihasilkan adalah sebesar 0,4757 dan desain link strut lingkaran dengan nilai composite desirability yang dihasilkan adalh sebesar 0,6086.
Analisis Kemampuan Daya Serap Energi Impak pada Tabung Aluminum Berdinding Tipis Kosong dan Diisi Karet Witono Hardi; Muh Muzni Harbelubun
DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA : Jurnal Teknik Mesin
Publisher : Program Studi Teknik Mesin Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/dinamik.v7i1.4603

Abstract

Penggunaan struktur berdinding tipis sebagai penyerap energi impak telah dilakukan pada berbagai bidang. Diantaranya adalah transportasi yaitu dengan menciptakan struktur kendaraan yang mampu menyerap energi impak. Pada penelitian ini akan analisis kemampuan serap energi impak pada tabung aluminum tipis yang diisi dengan karet di dalamnya. Penelitian dilakukan metode elemen hingga, yaitu simulasi dengan menggunakan ANSYS WORKBENCH explicit. Specimen yang dipakai adalah tabung aluminum berdiameter 50 mm ketebalan 2 mm dengan panjang 200 mm. Pemodelan dengan ANSYS dilakukan dengan memberikan tumbukan pada specimen menggunakan baja pejal 10 kg dengan kecepatan bervariasi sesuai dengan ketinggian jatuhnya. Data yang didapat dari simulasi adalah panjang deformasi, mode deformasi, energi yang terserap maupun tegangan regangan. Pengisian tabung aluminum tipis dengan karet diharapkan akan menambah performa tabung tipis dalam menyerap energi impak yaitu dengan memperbesar area plastic hinge pada dinding tabung. Selain itu keberadaan karet akan membuat kecenderungan pola tekukan membentuk axisymmetric daripada pola non axisymmetric.
PENGURUS JURNAL DINAMIKA dinamika dinamika
DINAMIKA Vol 7, No 1 (2022): DINAMIKA
Publisher : DINAMIKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

daftar pengurus jurnal

Page 1 of 1 | Total Record : 8