cover
Contact Name
Goegoes Dwi Nusantoro
Contact Email
goegoesdn@ub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaleeccis@ub.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal EECCIS
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 19783345     EISSN : 24608122     DOI : -
Core Subject : Engineering,
EECCIS is a scientific journal published every six month by electrical Department faculty of Engineering Brawijaya University. The Journal itself is specialized, i.e. the topics of articles cover electrical power, electronics, control, telecommunication, informatics and system engineering. The languages used in this journal are Bahasa Indonesia and English.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2013)" : 16 Documents clear
Teknologi Natural User Interface Menggunakan Kinect Sebagai Pemicu Kerja Perangkat Keras Berbasis Fuzzy Inference System Achmad Teguh Wibowo; Erni Yudaningtyas; Sunaryo Sunaryo
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.573 KB)

Abstract

Human Computer Interaction (HCI) merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana membuat interaksi antara manusia dan komputer dapat terjadi seramah dan seefisien mungkin. Salah satu penerapan prinsip dari HCI adalah teknologi Natural User Interface (NUI). NUI merupakan payung dari beberapa teknologi seperti speech recognition, multitouch dan kinectic interface seperti kinect. NUI dimaksudkan untuk menghilangkan hambatan mental dan fisik pengguna. Kinect adalah alat yang menerapkan NUI, dengan memanfaatkan kinect, pengguna dapat menangkap data citra berwarna, citra kedalaman, gesture, jarak, posisi dan ketinggian tubuh pengguna. Data yang berasal dari kinect diubah menjadi suatu perintah yang dapat dimengerti oleh perangkat keras. Data tersebut dikombinasikan dengan Fuzzy Inferenece System metode TSK untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin dalam proses memicu kerja perangkat keras sebagai simulasi sistem smart house, sehingga prinsip dari HCI yaitu membuat interaksi antara manusia dan komputer terjadi seramah dan seefisien mungkin dapat tercapai.Kata Kunci—HCI, NUI, Kinect, Fuzzy Inference System metode TSK.
Simulasi Rancangan Gerbang Logika 3 Wide-3 Input AND-Or-Inverter Teknologi ECL Lily M. Sikome; Mochammad Rif’an; Onny Setyawati; Wijono Wijono
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.549 KB)

Abstract

Paper ini berisi simulasi rancangan rangkaian 3Wide - 3 Input AOI teknologi ECL. Melalui simulasi menggunakan PSPICE diperoleh nilai karakteristik tegangan, karakteristik arus, propagation delay time sebesar 11,672 ns dan disipasi daya sebesar 8,405 mW dengan beban 50 pF. Parameter tersebut dapat memenuhi kebutuhan akan IC digital dengan disipasi daya rendah dan memiliki waktu propagasi lebih cepat dibandingkan IC serupa dari keluarga CMOS.Kata Kunci—emitter coupled logic, And-Or-Inverter.
Implementasi Logika Fuzzy Untuk Mengatur Perilaku Musuh dalam Game Bertipe Action-RPG Kristo Radion Purba; Rini Nur Hasanah; M. Aziz Muslim
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.152 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini, dirancang penerapan logika fuzzy Sugeno untuk mengatur perilaku musuh, pada game (permainan) bertipe Action-RPG yang berjudul "Song of Ruination 2". Logika fuzzy adalah cabang dari sistem kecerdasan buatan (artificial intelegent) yang mengemulasi kemampuan manusia dalam berfikir ke dalam bentuk algoritma yang kemudian dijalankan oleh mesin. Setiap musuh dan pemain memiliki status kekuatan, terdiri dari attack (Kekuatan serang), defense (Ketahanan), speed (Kecepatan gerak), agility (Kemampuan menghindar) dan life (Nyawa). Terdapat 3 jenis musuh, yaitu penyerang, pemanah dan boss. Musuh penyerang akan menyerang dari jarak dekat dengan pedang. Musuh ini memiliki parameter input fuzzy yaitu nyawa dan jarak, dia akan mundur ketika nyawanya lemah atau jaraknya dekat dengan pemain. Musuh pemanah memiliki parameter input fuzzy yaitu amunisi dan jarak, dia akan mundur ketika didekati pemain atau ketika amunisinya sedikit. Musuh boss memiliki parameter input fuzzy yaitu nyawa dan jarak, ia sangat agresif, ia mundur ketika nyawanya sangat sedikit. Penerapan fuzzy dalam permainan ini telah berjalan dengan baik, dimana musuh tipe penyerang menjadi cukup agresif (45% perilaku menyerang), tipe pemanah agresif jika berada pada jarak jauh (49% perilaku menyerang), dan musuh boss sangat agresif (89% perilaku menyerang).Kata kunci - Logika fuzzy sugeno, action RPG, kecerdasan buatan.
Penerapan Metode Inferece Tree dan Forward Chaining dalam Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Kedelai Edamame berdasarkan Gejala Kerusakannya Prawidya Destarianto; Erni Yudaningtyas; Sholeh Hadi Pramono
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.235 KB)

Abstract

Faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas kedelai edamame menjadi rendah karena serangan hama dan penyakit. Beberapa serangan hama dan penyakit ada yang menampilkan gejala yang sama. Oleh karena itu perlu diidentifikasi dengan teliti gejala tersebut, sehingga dapat diketahui dengan tepat apa yang menjadi penyebabnya. Proses kecepatan dan ketepatan dalam menentukan jenis hama dan penyakit kedelai edamame berdasarkan gejala kerusakannya diperlukan untuk menggantikan kemampuan seorang pakar dalam mendiagnosis hama dan penyakit tanaman kedelai edamame. Hasil yang didapat dari penelitian ini ialah suatu bentuk aplikasi program sistem pakar untuk diagnosis hama dan penyakit berdasarkan gejala kerusakan beserta cara pengendaliannya berbasis web, yang digunakan untuk membantu petugas penyuluh lapang dalam memberikan informasi kepada petani. Proses ketepatan aplikasi program ini telah teruji oleh pakar hama dan penyakit, petugas penyuluh lapang, petani dan mahasiswa jurusan pertanian.Kata Kunci – Sistem Pakar, Hama dan Penyakit, Edamame, Gejala, Inference Tree dan Forward Chaining
Sistem Cerdas Penghitung Sel Kulit Mati Manusia dengan Metode Improved Counting Morphology Ahmad Fahrudi Setiawan; Wijono Wijono; Sunaryo Sunaryo
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.824 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi terutama digital image processing memungkinkan kita menghitung sel kulit mati manusia secara lebih akurat, cepat dan mudah melalui metode morphology yaitu dengan memberikan operasi greyscale, erosi dan improved counting morphology pada gambar mikroskop sel kulit manusia. Morphology merupakan salah satu metode penggolahan citra digital yang sederhana, cepat dan hasil yang diinginkan sangat bagus. Penelitian ini bertujuan untuk membuat software yang dapat menghitung sel kulit mati manusia yang termasuk penelitian dalam bidang rekayasa software yang menggunakan system development life cycle (SDLC). Hasil penelitian ini adalah software penghitung sel kulit mati manusia, pengujian dengan data sel kulit mati sesungguhnya menghasilkan tingkat ketelitian yang lebih besar dari penghitungan secara manual. Software ini mampu memberikan ketelitian sebesar 98% sedangkan perhitungan manual sebesar 87%.Kata Kunci — Teknologi kedokteran, perhitungan, sel kulit mati, digital image processing, morphology, improved counting morphology.
Ekstraksi Fitur Roundness untuk Menghitung Jumlah Leukosit dalam Citra Sel Darah Ikan Achmad Noercholis; M. Aziz Muslim; Maftuch Maftuch
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.964 KB)

Abstract

Analisa hematology yang mengkaji aspek anatomi, fisiologi, dan patologi darah, merupakan tahapan yang biasa dilakukan dalam bidang kedokteran untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien. Dalam bidang perikanan analisa hematology bisa diterapkan sebagai early detection system untuk mencegah terjadinya kematian masal dalam pembudidayaan ikan. Parameter yang penting untuk diketahui dalam analisa hematology adalah jumlah leukosit. Penghitungan manual yang biasa dilakukan selama ini sangat tergantung pada keahlian dan jam terbang laboran. Kelelahan mata, bentuk yang kecil dan jumlah yang banyak seringkali menjadi faktor yang menyebabkan tingkat akurasi penghitungan berkurang. Dalam penelitian ini penghitungan otomatis dilakukan dengan pendekatan image processing. Tingkat roundness, area dan perimeter digunakan untuk membedakan antara partikel sel darah dan bukan sel darah. Tahap preprocessing yang dilakukan untuk meningkatkan akurasi perhitungan antara lain dinamic contrast, filling dan opening. Algoritma watershed digunakan untuk memisahkan sel yang bertumpuk. Hasil pengujian terhadap 80 citra leukosit ikan menghasilkan tingkat akurasi sistem yang dibangun mencapai 96,84%Kata Kunci : pengolahan citra, leukosit, ikan roundness.
Game Chicken Roll dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Yogie Susdyastama Putra; M. Aziz Muslim; Agus Naba
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.361 KB)

Abstract

Metode forward chaining pada umumnya digunakan untuk sistem pendukung keputusan dan sistem pakar. Penelitian ini menggunakan algoritma forward chaining, khususnya untuk proses review dan untuk menentukan apakah seorang pemain game layak melanjutkan ke level berikutnya. Algoritma forward chaining adalah algoritma yang berbasiskan pada fakta-fakta atau premise yang ada sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan atau konsekuen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai validitas mencapai 100%. Hasil didapat dari komparasi data antara rules dan hasil pengujian yang didapat saat bermain game.Kata Kunci : Game, Chicken Roll, Forward Chaining, Sistem Pakar, Sistem Pendukung Keputusan.
Pengembangan Sistem Penelusuran Katalog Perpustakaan Dengan Metode Rocchio Relevance Feedback Pausta Yugianus; Harry Soekotjo Dachlan; Rini Nur Hasanah
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.093 KB)

Abstract

Tanpa adanya sistem penelusuran katalog yang terkomputerisasi maka pengunjung perpustakaan mengalami kesulitan untuk mengetahui ketersediaan bahan pustaka dan pustakawan mengalami kesulitan dalam mengelola bahan pustaka. Tujuan penelitian ini yaitu mengimplementasikan metode Rocchio relevance feedback ke dalam sistem penelusuran katalog perpustakaan berbasis web dan menentukan proses penelusuran katalog perpustakaan berdasarkan input term dari user. Penelitian ini bermanfaat bagi pustakawan karena mempermudah pengelolaan data katalog dan bagi pengunjung karena mempermudah penelusuran katalog. Metode rocchio relevance feedback adalah metode modifikasi query yang memaksimalkan selisih antara rataan dokumen yang relevan dengan yang tak relevan. Metode rocchio relevance feedback terdiri dari empat tahap yaitu tokenizing, filtering, stemming, dan term weighting. Pada tahap tokenizing, term yang dimasukkan user dipisahkan menjadi kata tunggal. Pada tahap filtering, term penting akan diambil dan term yang tidak deskriptif akan dibuang. Pada tahap stemming, kata diubah menjadi akar kata dengan menghilangkan imbuhannya. Pada tahap term weighting, term akan dihitung bobotnya untuk mengetahui ketersediaan term tersebut. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem penelusuran katalog perpustakaan dengan mengimplementasikan metode rocchio relevance feedback dapat mempermudah pencarian pustaka dan menampilkan hasil yang memiliki nilai kemiripan tertinggi diantara dokumen yang ada sesuai dengan input term dari user.Kata Kunci : penelusuran katalog perpustakaan, rocchio relevance feedback.
Rancang Bangun Model Potensi Banjir pada Jalan Arteri di Kota Malang Menggunakan Logika Fuzzy Wahyu Kurnia Dewanto; M. Aziz Muslim; Sunaryo Sunaryo
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.893 KB)

Abstract

Penelitian tentang masalah banjir, telah banyak dilakukan baik itu dari sisi model deteksi, prediksi, peramalan, permodelan, monitoring banjir, maupun pasca banjir dan penanggulangannya. Metode yang digunakan sangat bervariasi, statistik, regresi, spasial, sampai menggunakan pengindraan jarak jauh. Tulisan ini merupakan penelitian tentang model potensi banjir, yang terjadi pada arteri di Kota Malang menggunakan Logika fuzzy. Obyek penelitian yang digunakan adalah jalan-jalan arteri di wilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Model logika fuzzy yang digunakan pada penelitian kali ini adalah fuzzy sugeno orde-nol. Hasil luaran dari dari fuzzy ini adalah status banjir, yaitu tidak banjir, berpotensi banjir, dan banjir.Kata Kunci — Jalan arteri, banjir, fuzzy
Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier Mujib Ridwan; Hadi Suyono; M. Sarosa
Jurnal EECCIS Vol 7, No 1 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.016 KB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengevaluasi kinerja akademik mahasiswa pada tahun ke-2 dan diklasifikasikan dalam kategori mahasiswa yang dapat lulus tepat waktu atau tidak. Kemudian dari klasifikasi tersebut, sistem akan memberikan rekomendasi solusi untuk memandu mahasiswa lulus dalam waktu yang paling tepat dengan nilai optimal berdasarkan histori nilai yang telah ditempuh mahasiswa. Input dari sistem ini adalah data induk mahasiswa dan data akademik mahasiswa. Sampel mahasiswa angkatan 2005-2009 yang sudah dinyatakan lulus akan digunakan sebagai data training dan testing. Sedangkan data mahasiswa angkatan 2010-2011 dan belum lulus akan digunakan sebagai data target. Data input akan diproses menggunakan teknik data mining algoritma Naive Bayes Classifier (NBC) untuk membentuk tabel probabilitas sebagai dasar proses klasifikasi kelulusan mahasiswa. Output dari sistem ini berupa klasifikasi kinerja akademik mahasiswa yang diprediksi kelulusannya dan memberikan rekomendasi untuk proses kelulusan tepat waktu atau lulus dalam waktu yang paling tepat dengan nilai optimal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam penentuan klasifikasi kinerja akademik mahasiswa yaitu Indeks Prestasi Komulatif (IPK), Indeks Prestasi (IP) semester 1, IP semester 4, dan jenis kelamin. Sehingga faktor-faktor tersebut dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pihak pengelola perguruan tinggi. Pengujian pada data mahasiswa angkatan 2005-2009, algoritma NBC menghasilkan nilai precision, recall, dan accuracy masing-masing 83%, 50%, dan 70%.Kata Kunci—Kinerja akademik mahasiswa, data mining, dan Naive Bayes Classifier.

Page 1 of 2 | Total Record : 16