cover
Contact Name
Goegoes Dwi Nusantoro
Contact Email
goegoesdn@ub.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaleeccis@ub.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal EECCIS
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 19783345     EISSN : 24608122     DOI : -
Core Subject : Engineering,
EECCIS is a scientific journal published every six month by electrical Department faculty of Engineering Brawijaya University. The Journal itself is specialized, i.e. the topics of articles cover electrical power, electronics, control, telecommunication, informatics and system engineering. The languages used in this journal are Bahasa Indonesia and English.
Arjuna Subject : -
Articles 329 Documents
Pembangunan Model Prediksi Defect Menggunakan Metode Ensemble Decision Tree dan Cost Sensitive Learning Satrio Agung Wicaksono; Daniel Oranova S.; Sarwosri Sarwosri
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.558 KB)

Abstract

Rencana project pengembangan perangkat lunak dapat disusun menggunakan work breakdown structure (WBS). Pelaksanaan unit terkecil dari WBS pada proses pengembangan perangkat lunak disebut action. Action dapat menimbulkan defect pada perangkat lunak. Sebuah action dikategorikan menghasilkan high defect jika banyaknya defect yang dihasilkan action tersebut melebihi threshold tertentu.Action-based defect prevention (ABDP) merupakan metode untuk membangun model prediksi yang dapat meramalkan apakah action yang akan dilakukan akan menghasilkan high defect atau tidak. Model prediksi pada ABDP menggunakan single classification tree yang dibangun berdasarkan catatan action yang telah dilakukan dan defect yang ditimbulkan action tersebut pada suatu proses pengembangan perangkat lunak. Hasil prediksi akan menjadi pertimbangan dalam proses pengembangan perangkat lunak untuk menghindari munculnya high defect.Penelitian ini mengajukan metode pembuatan model prediksi yang merupakan pengembangan dari ABDP. Metode yang diajukan berusaha meningkatkan akurasi ABDP dan meminimalkan cost (kerugian) jika terjadi kesalahan prediksi. Untuk meningkatkan akurasi, model prediksi dibangun dengan ensemble method menggunakan base classifier classification tree. Untuk memperkecil kerugian yang ditimbulkan oleh kesalahan prediksi, maka pada proses pembuatan classification tree digunakan metode cost sensitive learning. Hasil uji coba menunjukkan bahwa, metode yang diajukan memiliki accuracy dan recall yang lebih baik dari single classification tree.Kata Kunci — work breakdown structure, action, high defect, ABDP, classification tree, ensemble method, cost sensitive learning.
Penerapan Algoritma Kriptografi ElGamal untuk Pengaman File Citra Tamam, M. Taufiq; Dwiono, Wakhyu; Hartanto, Tri
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.091 KB)

Abstract

Abstract - Application security system image file is created in this research using ElGamal cryptographic algorithms and compiler program used is Borland Delphi 7. ElGamal cryptography algorithm is one of the key asymmetric cryptographic algorithm that uses a different key pair, an encryption key and a decryption key. Results from these applications can encrypt a bitmap image file type with 24-bit pixel format. Image generated using the extension "Este".Key word: image, cryptography, ElGamal, bitmap, esteAbstrak - Aplikasi sistem keamanan file citra yang dibuat pada penelitian ini menggunakan algoritma kriptografi ElGamal dan compiler program yang digunakan adalah Borland Delphi 7. Algoritma kriptografi ElGamal merupakan salah satu algoritma kriptografi kunci asimetris yang menggunakan sepasang kunci yang berbeda, satu kunci enkripsi dan satu kunci dekripsi. Hasil dari aplikasi ini mampu mengenkripsi file citra tipe bitmap dengan format piksel 24 bit. Citra yang dihasilkan menggunakan ekstensi “Este”.Kata kunci: citra, kriptografi, ElGamal, bitmap, este.
Pengenalan Ekspresi Wajah berbasis Filter Gabor dan Backpropagation Neural Network Panca Mudji Raharjo
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.527 KB)

Abstract

Sebuah algoritma berbasis filter Gabor dan Backpropagation (BPP) Neural Network diusulkan untuk pengenalan ekspresi wajah. Pertama, ciri emosi ekspresi wajah dinyatakan dengan filter Gabor. Kemudian ciri digunakan untuk melatih jaringan neural dengan algoritma pelatihan Backpropagation. Terakhir, ekspresi wajah diklasifikasi dengan jaringan neural. Menggunakan algoritma tersebut, diperoleh hasil pengenalan yang tinggi.Kata Kunci—Pengenalan ekspresi wajah, filter Gabor, Jaringan Backpropagation.
Optimasi Routing Berbasis Algoritma Genetika Pada Sistem Komunikasi Bergerak Devi Rahmayanti
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.724 KB)

Abstract

Komunikasi bergerak selular adalah suatu komunikasi antara dua terminal di mana salah satu atau kedua terminal tidak berada pada lokasi atau posisi yang tetap, misalkan komunikasi yang dilakukan oleh orang yang sedang dalam perjalanan. Keberadaan system radio selular adalah karena kebutuhan akan tersedianya pelayanan telepon bergerak dalam jangkauan nasional bukan hanya untuk daerah tertentu saja. Sistem komunikasi selular membagi wilayah pelayanan yang akan dijangkau menjadi bebrapa zona-zona kecil yang disebut sel, setiap sel dilayani oleh suatu Base Station. Kelebihan sistem selular bila dibandingkan dengan sistem konvensional adalah adanya fasilitas Handoff, di mana pembicaraan tidak terputus bila pembicaraan berpindah sel. Hal ini terjadi karena kanal sel yang digunakan akan berganti secara otomatis. Dari permasalahan di atas maka diperoleh suatu ide untuk membuat suatu program yang mampu mensimulasikan proses pencarian jalur komunikasi (routing) pada jaringan telekomunikasi, dan program yang dibangun ini diharapkan akan memberikan pemahaman mengenai routing (proses pencarian jalur komunikasi. Untuk menghindari kekeliruan pada proses pencarian rute atau kegagalan pencarian maka dalam proses algoritma gentika harus diinisialisasikan dengan benar.Kata Kunci— Algoritma Genetika.
Perencanaan dan Pembuatan Antena UWB (Ultra Wide Band) Mahkota (Crown Antenna) Rudy Yuwono
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.492 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi menunjukkan perkembangan yang sangat pesat, khususnya komunikasi wireless. Komunikasi ini membutuhkan antena untuk mengirimkan dan menerima sinyal informasi. Antena yang digunakan dalam komunikasi wireless sangat beragam jenisnya, tergantung aplikasinya. Pada jurnal ini akan dibahas tentang perencanaan dan pembuatan antenna mahkota Ultra Wide Band (UWB). Antenna Ultra Wide Band merupakan sebuah perangkat yang mempunyai emisi/daya pancar dengan bandwith yang lebih besar daripada 0.2 atau lebih besar daripada 1.5 Ghz. Antenna mahkota UWB dalam penelitian ini dibuat dari bahan plat Alumunium dengan ukuran tebal 2 mm dengan konstanta dielektrik (εr)=2 dengan ukuran lebar antenna (WA)=22cm. Perencanaan antenna Mahkota UWB ini memiliki tujuan untuk menemukan bandwith yang lebih lebar daripada antenna Planar Inverted Cone (PICA). Berdasarkan hasil simulasi menggunakan IE3D dengan frekuensi kerja 1-16 GHz, antenna Mahkota UWB memiliki nilai bandwith sebesar 12 GHz. Sedangkan berdasarkan hasil pengukuran antena mahkota yang sudah difabrikasi dengan frekuensi kerja 700-2700 MHz, memiliki bandwith sebesar 1 GHz. Untuk menyamakan frekuensi kerja dengan pengukuran, maka bandwith hasil simulasi antena mahkota untuk frekuensi kerja 1-2.7 GHz adalah 1.7 GHz. Sehingga selisih bandwith hasil simulasi dan hasil pengukuran untuk frekuensi kerja 700-2700 MHZ adalah 0.7 GHz.Kata Kunci— Antenna Ultra Wide Band.
Metode Pengurangan Spektral Tak Linier Untuk Estimasi Amplitudo Spektral Ali Mustofa
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.683 KB)

Abstract

Estimasi amplitudo spektral membentuk dasar sistem pengembalian signal, seperti pengurangan derau wicara, dimana distorsi fasa dapat dihilangkan. Bentuk estimasi spektral amplitudo adalah pengurangan spektral.Metode ini adalah untuk pengembalian spektrum daya atau spektrum magnitudo dari sinyal yang diobservasi dalam derau tambahan melalui pengurangan dari estimasi spektrum derau rata-rata dari spektrum sinyal yang berderau.Spektrum yang berderau akan diestimasi dan diperbaharui dalam periode tersebut. Untuk pengembalian dari sinyal dengan domain waktu, estimasi dari spektrum magnitudo sesaat akan dikombinasikan dengan fasa dari sinyal yang berderau dan kemudian ditransformasikan melalui transformasi balik diskret Fourier menjadi domain waktu.Dalam penelitian ini akan membahas pengurangan spektral tak linier. Metode pengurangan spektral tak linier ini untuk mengurangi tingkat derau residu dengan cara dengan mengurangi derau karena terjadi pengurangan yang berlebih (atau over-estimasi dari spektrum derau). Dalam metode ini porsi derau yang dikurangi dari sinyal diatur secara adaptif sesuai dengan rasio sinyal terhadap derau atau signal to noise ratio (SNR). Pada metode ini dapat memberikan hasil yang dapat diperbaiki.Kata Kunci— amplitudo, fasa, fourier, SNR, spektral
Penurunan Jatuh Tegangan dan Rugi Daya Pada Sistem Tenaga Listrik Mikrohidro Mahfudz Shidiq
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.107 KB)

Abstract

Check Dam V Kali Jari dibangun di desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Fungsi utama bangunan ini adalah sebagai pengendali sedimen, namun untuk mengoptimalkan manfaat bangunan, pada Check Dam V Kali Jari telah dilengkapi sarana irigasi dan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) dengan kapasitas sebesar 15 kVA. Karena jarak yang cukup jauh antara pembangkit dengan Dusun Jari sebagai pengguna listrik, ujung saluran distribusi mengalami jatuh tegangan cukup tinggi, sehingga tegangan yang diterima oleh konsumen di bawah tegangan yang ditetapkan dan tingginya rugi daya. Analisis perbaikan kualitas PLTM dilakukan dengan menyeimbangkan beban di setiap fasa dan penggunaan tegangan lebih tinggi di sisi generator. Penggunaan generator 760 volt/15 kVA dapat menurunkan jatuh tegangan dan mengurangi rugi daya dari semula 949,35 watt/fasa menjadi 194,16 watt/fasa.Kata Kunci—rugi daya, jatuh tegangan, PLTM.
Audit Kinerja Sistem Informasi Manajemen Pemeliharaan Unit Pembangkit Listrik Berbasis CobIT Domain Gatut Budiono
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.797 KB)

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Pemeliharaan Unit Pembangkit merupakan salah satu tool pendukung untuk memaksimalkan sistem dokumen manajemen perencanaan pemeliharaan unit pembangkit dimana review-review pemeliharaan yang telah lalu dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan untuk perencanaan pemeliharaan selanjutnya.Dalam rentang waktu beberapa tahun, tentu saja dimungkinkan terjadi penyesuaian-penyesuaian seiring terus bertambahnya umur dari unit pembangkit listrik dan arus perkembangan teknologi informasi maupun perubahan kebijakan yang ada di PT PJB sebagai konsekuensi yang harus diterima.Dalam pembahasan ini pengukuran SI menggunakan acuan kerangka kerja CobIT dan hanya dibahas 1 domain dari 4 domain yang ada di CobIT, yaitu Monitor and Evaluate (ME).Kata Kunci—PT. PJB, CobIT, Monitor and Evaluate.
Penataan Menara BTS (Cell Planning) Wahyu Adi Prijono
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.361 KB)

Abstract

Penataan menara/BTS merupakan proses master plan penataan menara telekomunikasi seluler berdasarkan estetika dan kesesuaian dengan KKOP ( Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan ) dan tata ruang wilayah suatu daerah guna mendapatkan jumlah menara yang optimal di suatu wilayah.Penataan Menara Master plan meliputi, analisis potensi pengguna telepon seluler sampai 5 tahun ke depan, Prediksi deman BTS, perhitungan kapasitas BTS 5 tahun kedepan, pemetaan pola penataan pemakaian menara / tower bersama di Kabupaten Malang.Hasil Dari penataan menara/BTS cell planning, Jumlah menara/Tower dan BTS Existing wilayah Kabupaten Malang 372 dengan jumlah BTS 462. Jumlah menara existing akibat Tower bersama adalah 98 menara atau 26,36 %.Potensi penambahan BTS dari menara existing akibat tower bersama adalah 652 dari tower existing. Grid menara telekomunikasi di wilayah Kabupaten Malang adalahi yang dapat dibentuk 72 Grid tersebar di 33 Kecamatan. Potensi Penambahan menara/tower telekomunikasi akibat penambahan Grid adalah 144, dengan potensi penambahan BTS adalah 432.Potensi BTS diwilayah Kabupaten Malang BTS existing 462, kolokasi 654 BTS, penambahan Grid 432 BTS. Total potensi secara keseluruan adalah 1548 BTS.Kata Kunci— Cell Planning, Menara/BTS
Antena Mikrostrip Circular Array Dual Frekuensi Dwi Fadila Kurniawan; Erfan Achmad Dahlan; Ariestya Yoga Pratama
Jurnal EECCIS Vol 4, No 1 (2010)
Publisher : Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.307 KB)

Abstract

Paper Dalam aplikasi GPS (Global Positioning System) dan GSM (Global System for Mobile communication) dalam sebuah fitur layanan telepon seluler, diperlukan antena tunggal yang mampu melayani 2 keperluan aplikasi GPS yaitu frekwensi 1575 MHz dan keperluan GSM yaitu 1800 MHz sekaligus. Dalam perancangan ini antena mikrostrip dual frekwensi dibangun menggunakan bahan Epoxy fiberglass FR-4 dengan konstanta dielektrik (εr) = 4,5. Antena hasil perencanaan terdiri dari dua elemen peradiasi (patch). Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, antena mikrostrip circular array yang dirancang pada frekuensi 1575 MHz memiliki nilai Return Loss sebesar -11,242 dB dan VSWR sebesar 1,75 sedangkan pada frekuensi 1800 MHz didapatkan nilai Return Loss sebesar -12,831 dB dan VSWR 1,59 dengan pola radiasi unidirectional dan polarisasi ellips, nilai gain sebesar 4,54 dBi untuk frekuensi 1575 MHz dan 4,89 dBi untuk frekuensi 1800 MHz serta nilai directivity berurutan sebesar 6,43 dB dan 6,63 dB. Bandwidth antena hasil pengukuran didapatkan sebesar 78 MHz dan 196 MHz.Kata Kunci— Mikrostrip, circular array, VSWR,dab GPS

Page 1 of 33 | Total Record : 329