cover
Contact Name
Sugeng Santoso
Contact Email
sugeng.santoso@mercubuana.ac.id
Phone
+628127537020
Journal Mail Official
sitekin@uin-suska.ac.id
Editorial Address
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU Kampus Raja Ali Haji Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri
Sesuai dengan standard ISO 45001 bahwa karyawan harus berpartisipasi dalam melakukan pencegahan kecelakaan. Untuk itu perusahaan telah menetapkan Program Hazob (Hazard Observation) untuk mengidentifikasi bahaya dan melakukan tindakan koreksinya. Penerapan Program Hazob masih dengan metode konvensional, mengisi lembar form, sehingga tidak efektif, efisien dan tidak berintegrasi dengan sistem lain. Transformasi digitalisasi diperlukan dengan merubah bisnis proses pelaporan dari konvensional ke aplikasi website atau mobile Apps. Hasil dari penelitian ini terjadi peningkatan kinerja operasional keselamatan kerja dengan program Hazob (i) pengisian form secara manual bertransformasi ke system digitalisasi aplikasi website dan mobile Apps; (ii) leading indikator pelaporan hazob meningkat menjadi 1.364 dari seluruh lokasi. Ini bermakna, bahwa perusahaan telah mengidentifikasi bahaya sejumlah tersebut dalam kuran waktu 3 bulan, dan melakukan tindakan koreksi sebelum terjadi kecelakakan. Data persentasi kontribusi menunjukan bahwa semua pihak bagian di perusahaan berkontribusi untuk melakukan pelaporan hazob. Hal ini menunjukan komitmen semua tingkatan untuk melakukan pecegahan kecelakaan. Angka terbesar pada tingkatan karywan ( 63 %) berkontribusi ; (iii) dampak implementasi berupa tingkat penurunan angka kecelakaan dengan Lagging Indikator sebagai berikut : LTIR = 0 (Nol), TRIR, yang sebelumnya 0.87 di bulan juni, turun menjadi 0 (nol) dari bulan Juli sampai September 2020, dan IFT, turun terus setiap bulan dan di bulan September di angka 12.33.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2019): DESEMBER 2019" : 5 Documents clear
Aplikasi Pelayanan Servis AC Mobil pada Andromeda Bengkulu Indra Kanedi; Siswanto Siswanto
SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Vol 17, No 1 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/sitekin.v16i2.7647

Abstract

ABSTRAKAplikasi pepelayan sevis AC mobil pada CV. Andromeda bengkulu dimana dalam proses kerja aplikasi pelayanan servis ini menggunakan bahasa pemrograman visual basic. 6.0. Metode yang dilakukan pada Aplikasi Pelayanan Servis AC Mobil pada ANDROMEDA ini menggunakan metode pengembangan sistem dan metode blackbox, yaitu dengan menguji form input data yang terdapat pada Aplikasi Pelayanan Servis AC Mobil pada ANDROMEDA. Hasil Aplikasi pelayanan servis ini pada CV.Andromeda  yaitu  tiga input dan empat output yang terdiri input perbaikan input pelanggan dan input transakasi sedangkan output terdiri dari laporan Perbaikan, laporan transaksi perhari dan perbulan, laporan nota, pengimputan dan laporan data-data pelayanan servis AC.Mobil Andromeda ini lebih akurat dan detil serta cepat dan efektip. Primary Key : Pelayanan, Transaksi, Servis AC Mobil 
Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru Fitriani Surayya Lubis; Annisa Putri Rahima; Muhammad Isnaini Hadiyul Umam; Muhammad Rizki
SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Vol 17, No 1 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/sitekin.v16i2.9366

Abstract

Kualitas pelayanan pada umumnya akan selalu mendapat perhatian besar dari perusahaan penyedia layanan/ jasa sebab mempunyai hubungan langsung dengan kemampuan bersaing dan tingkat keuntungan perusahaan. Pada penelitian ini akan dibahas kualiatas pelayanan jasa pada perusahaan ekspedisi wilayah Kota Pekanbaru yang bergerak di bidang pengiriman barang/ paket dengan tujuan  wilayah Pekanbaru, Provinsi Riau, dan Kota-Kota Besar di Indonesia. Penelitian ini masih berupa usulan penggunaan metode/ pendekatan pengukuran kualitas pelayanan dengan tujuan yang diharapkan adalah untuk mendapatkan kriteria faktor prioritas utama kualitas pelayanan serta kesesuaian antara harapan konsumen terhadap kualitas layanan yang ada. Faktor-faktor kualitas pelayanan dalam hal ini terdiri dari Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Metode Service Quality (SERVQUAL) dan Structural Equation Modelling (SEM) diusulkan untuk menganalisis faktor-faktor tersebut. Metode SERVQUAL akan membangun model kualitas jasa melalui pengukuran perbedaan antara harapan konsumen mengenai kinerja (pelayanan) dari perusahaan dan penilaian konsumen mengenai kinerja aktual pada kelima faktor kualitas pelayanan. Sementara itu, analisis dengan metode SEM  menggunakan model pengukuran Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Multiple Regression Analysis dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara faktor kriteria kepuasan pelanggan terhadap kinerja (pelayanan) perusahaan.
Pengaruh Kesuksesan Sistem Dapodikdasmen Kota Palembang Menggunakan Model Delone dan McLean Sri Rahayu
SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Vol 17, No 1 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/sitekin.v16i2.8270

Abstract

Kesuksesan penerapan sistem informasi dalam suatu bidang pendidikan sangat penting diperhatikan. Pengaruh kesuksesan sistem dapodikdasmen Kota Palembang menggunakan model delone dan mclean belum dilakukan. Model yang digunakan untuk menganalisis kesuksesan sistem informasi adalah Model Delone dan Mclean. Penelitian ini berupa studi kasus dengan metode penelitian deskritif kuantitatif. Instrument penelitian berupa kuesioner yang berisi pernyataan dengan menggunakan likert sebagai alat ukur yang digunakan sehingga menghasilkan tingkat kesuksesan sistem informasi. Penelitian ini menggunakan 6 variabel Model Delone dan Mclean. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden. Hasil analisis didapatkan dari jawaban operator sekolah SMA dan SMK di kota palembang.
MANAJEMEN RISIKO TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN OCTAVE ALLEGRO PADA PT.HD Rizky Ramadhan Saputra; Awalludiyah Ambarwati; Eman Setiawan
SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Vol 17, No 1 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/sitekin.v16i2.7457

Abstract

Keamanan sistem informasi merupakan salah satu hal yang penting terhadap aset – aset yang dimiliki terutama bagi suatu organisasi atau perusahaan namun sebagian besar organisasi atau perusahaan masih belum menyadari pentingnya keamanan sistem informasi serta timbulnya dampak kerusakan sistem informasi yang dapat berpengaruh pada aset–aset informasi perusahaan. Manajemen risiko dilakukan untuk menilai seberapa besar ancaman dan kerentanan yang terjadi pada sistem informasi beserta aset –asetnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko pada sistem informasi PT.HD. Hasil akhir dari penelitian ini merupakan rekomendasi tahap –tahap yang harus diambil oleh perusahaan dalam melindungi sistem informasi berserta aset–aset informasi perusahaan
Pemodelan Data Pengukuran Sinyal Satelit Kanal C-Band Wilayah Pekanbaru Sutoyo Sutoyo; Sabrani Sabrani; Fitri Hidayati
SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Vol 17, No 1 (2019): DESEMBER 2019
Publisher : Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/sitekin.v16i2.9540

Abstract

Salah satu pemanfaatan komunikasi satelit adalah penggunaan teknologi VSAT pada televisi berbayar menggunakan frekuensi C-band (4 GHz - 6 GHz) dan Ku-band (11 GHz - 14 GHz). Penggunaan frekuensi ini tentunya sangat dipengaruhi oleh redaman hujan. Untuk itu diperlukan perancangan dan pengukuran untuk mendapatkan pengaruh redaman hujan terhadap propagasi sinyal satelit. Pada penelitian ini terbatas pada pengukuran sinyal satelit untuk kanal C-band pada Wilayah Pekanbaru. Hasil data pengukuran kemudian dilakukan pemodelan distribusi data untuk mengetahui karakteristik data penerimaan sinyal satelit untuk kanal C-band. Berdasarkan hasil pemodelan data pengukuran sinyal satelit diperoleh bahwa data pengukuran terdistribusi rician dengan MSE C-band = 0,056052057

Page 1 of 1 | Total Record : 5