cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23021276     EISSN : 26215594     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian biologi.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik" : 12 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS SISWA Agus Irawan; Pramudiyanti Pramudiyanti; Rini Rita T. Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectivity of the cooperative learning STAD type  to improve mastery of the material and activity of the SMP Negeri 2 Tegineneng students. The study design was a pretest-posttest non equivalent. Sample were the class VIIA and VIIB that selected by cluster random sampling technique. The qualitative data obtained from the observation sheets. Quantitative data was the mastery of the material obtained from pretest and posttest. Data analysis of student activity using student activity index, whereas mastery of the material using the Mann-Whitney U test using SPSS 17. The results on the experimental class showed that a STAD model could be affect in activity and mastery of materials, it was increasing in all aspect every meeting. Thus, the STAD model can increase the activity and mastery of the subject matter of the organism characteristics  by the SMP Negeri 2 Tegineneng students.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas siswa SMP Negeri 2 Tegineneng. Desain penelitian ini adalah pretes-postes tak ekuivalen. Sampel adalah siswa kelas VIIA dan VIIC yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data aktivitas siswa menggunakan indeks aktivitas siswa, sedangkan penguasaan materi menggunakan Uji Mann-Whitney U dengan program SPSS 17. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan model STAD berpengaruh terhadap aktivitas dan penguasaan materi, yaitu adanya peningkatan setiap aspek pada setiap pertemuannya. Dengan demikian, model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup oleh siswa SMP Negeri 2 Tegineneng.Kata kunci : aktivitas siswa, ciri-ciri makhluk hidup, penguasaan materi, STAD
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Eko Oganda Putra; Arwin Achmad; Rini Rita T. Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of the research was determine the influence of TGT learning model application towards students’ achievement. The quantitative data is taken from the mean of pretest and posttest it was analyzed using T-test at 95% confidance level. The Qualitative data was students’ learning activity taken by observation sheet during learning process. This research shown that it was increasing the score of pre-test and post-test student achievment by the cooperatif learning TGT 37.54  to 88.26 with N-gain of 82.37.  The students’ learning activity the mean score of learning activity increases 78.40%. The highest aspect was asking question, it was 81.30%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh dari  rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif  yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan rata-rata pretes yaitu 37,54 meningkat menjadi rata-rata postes yaitu 88,26 dengan N-gain sebesar 82,37.  Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar sebesar 78,40 %. Aspek aktivitas yang mengalami peningkatan tertinggi adalah aspek mengajukan pertanyaan yaitu sebesar 81,30 %.Kata kunci :  aktivitas siswa, hasil belajar, model pembelajaran tipe TGT, sistem pencernaan 
PENGARUH METODE DISKUSI MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI Hutriazka Hutriazka; Arwin Achmad; Rini Rita. T Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research was to know the influence of discussion method using pictures toward students’ learning activities and subject mastery. The research design was a non equivalent pretest-posttest. Samples were students in the class X.B and X.C that were selected by random cluster sampling. This research data were in the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained from the average value of pretest, posttest, and N-gain, which were statistically analyzed using t-test by SPSS 17. The qualitative data obtained from students’ learning activities observation sheets. The results shows that the students’ learning activities increased 16.41%. The material mastery also increase with the N-gain average was 46.66. It means that using discussion method impact the students’ activities and material mastery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi melalui media gambar terhadap aktivitas dan penguasaan materi. Desain penelitian ini adalah pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.B dan X.C yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif.  Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh dari lembar obsevasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menggunakan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,41%. Penguasaan materi  mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 46,66. Hal ini berarti, bahwa penggunaan metode diskusi melalui media gambar berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan materi. Kata kunci  :  aktivitas belajar, keanekaragaman hayati, media gambar, metode diskusi, penguasaan materi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Bunga Pratiwi; Pramudiyanti Pramudiyanti; Rini Rita T. Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of the study was know the influence of using audio visual media toward student’s  activity and  material mastery of students on the subject of human  respiratory system. Samples of the study were students of XI IPA1 and XI IPA2 which selected by Cluster Random Sampling technique. Quantitative data obtained from pretest-posttest  which statistically analyzed by T-test. Qualitative data obtained which analyze descriptively in form of students’ activity and students' questionnaire responses. The result showed that the activity of express the idea, teamwork, exchane the information, and present the results of the discussion has increased. Mastery of students also increased  with the average value of N-gain 55.34. So, it can be concluded that teaching-learning using audio-visual media was influential increased students’ activity and material mastery of students.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara acak dengan teknik  Cluster Random Sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengemukakan ide, bekerja sama, bertukar informasi dan mempresentasikan hasil diskusi mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain sebesar 55,34.  Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata kunci:  aktivitas belajar, hasil belajar, media audio visual
PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN Vivi Alvionita; Arwin Achmad; Rini Rita T. Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was knowing the influence of the application of video media towards learning activity and mastery of lesson by using design pretest posttest not equivalent group. The sample of this research were the student of XI1 and XI2 class which was selected from the population by random sampling. A qualitative data was learning activity and it got by observation. A quantitative data was the mastery of lesson which obtained from the average score of pretest, posttest, and N-gain. The research result of students learning activity from the whole three aspect on the average of high criterion. The mastery of lesson also increased, with the average score of N-gain 0,71. Thus, it could be concluded that using video media in the teaching and learning process influenced towards learning activity and significant influenced towards the mastery of respiration system lesson by students.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan media video terhadap aktivitas dan penguasaan materi dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah kelas XI1 dan XI2 yang dipilih secara random sampling.  Data penelitian ini adalah data kualitatif  berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data kuantitatif berupa penguasaan materi yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain. Hasil penelitian menyatakan bahwa ketiga aspek tinjauan berkriteria tinggi. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 0,71. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media video berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi sistem pernapasan oleh siswa.Kata kunci: aktivitas belajar, media video, penguasaan materi, dan sistem pernapasan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Fransiska Vitria Kristanti; Pramudiyanti Pramudiyanti; Rini Rita T. Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was knowing the influence of TPS model in improve activities and result students learning by using design pretest-posttest equivalent. The sample of this research were the students at VIIG and VIIH by random sampling. A qualitative data was learning activity and it got by observation. A quantitative data was the result of student learning which obtained from the average score of pretest, posttest, and N-gain. The research result of students learning activity from the whole aspects of student’s ability were the asking question aspect score, answering question, and giving opinion was average of high criterion. The result of students learning has increased with the average score of  N-gain (57.27). Thus, it can be concluded that TPS  model has a increased activities and result students learning.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan desain pretes postes ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIG dan VIIH yang dipilih dari populasi secara random sampling. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain. Hasil penelitian aktivitas belajar dari aspek kemampuan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat berkriteria tinggi. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-gain (57,27). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS berpengaruh  dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, pengelolaan lingkungan, TPS
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Fatmala Ajeng Pekerti; Tri Jalmo; Rini Rita T Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was knowing the influence of guided inqury model in improve activities and result students learning by using design pretest-posttest equivalent. The sample of this research were the students at X1 and X2 by purposive sampling. A qualitative data was learning activity and it got by observation. A quantitative data was the result of student learning which obtained from the average score of pretest, posttest, and N-gain. The research result of students learning activity from the whole aspects of student’s ability were asking  question, writing  the idea/opinion, collecting data/information, perform analysis, writing the conclutions, and the average of high criterion. The result of students learning has increased with the average score of N-gain (57.33). Thus, it could be concluded that guided inquiry model has a significant increased activities and result students learning.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan desain pretes postes ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain. Hasil penelitian aktivitas belajar dari aspek kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan, menuliskan ide/gagasan, mengumpulkan data/informasi, melakukan analisis, dan menuliskan kesimpulan berkriteria tinggi. Hasil belajar  mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-gain (57,33). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, inkuiri terbimbing, pencemaran lingkungan
PENERAPAN PEMBELAJARAN STAD MELALUI VIDEO TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI POKOK OLEH SISWA Nadia Anandina Arta; Darlen Sikumbang; Rini Rita T Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was know the influence of using learning model STAD through video in increasing activities and material mastery of students class X SMA 7 Bandar Lampung. The study design was pretest-postest non equivalent. X8 and X9 were samples of this study which was chosen by cluster random sampling. The research data were quantitative which was obtained from the average of pretest and posttest analyzed by using t-test or U test. The qualitative was learning activities which obtained from observation sheet and analyzed by index learning activities. The result showed that learning activities of experiment class increased (71.35%). The average of material mastery of students experiment class higher than control class (experiment=80,49; control=77,93). Thus, the conclusion was learning activities and material mastery of pollution area could be improved by using STAD through video.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe STAD melalui media video dalam peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa kelas X SMAN 7 Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah tes awal-tes akhir tak equivalen.  Sampel penelitian adalah siswa kelas X8 dan X9 yang ditetapkan secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan dianalisis menggunakan indeks aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pada kelas eksperimen mengalami peningkatan (71,35%). Rata-rata penguasaan materi oleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (eksperimen = 80,49;  kontrol = 77,93). Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD melalui media video berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi Pencemaran Lingkungan oleh siswa. Kata kunci :  aktivitas belajar, media video, penguasaan materi, STAD
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBSERVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS OLEH SISWA Hamimatussa'adah Hamimatussa'adah; Tri Jalmo; Rini Rita T. Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was aim improve of the science process skill’s student through observation method. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were VIIA  and VIIB  that chosen by purposive sampling. This research data the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data obtained from the average value of test were analyzed by using t-test and U-test. Qualitative data obtained form the observation sheet of learning activities and questionnaire responses of students were analyzed descriptive. The results showed the science process skill’s of students was also improve with average N-gain 0.62. Learning activities student was also improve with average 86.96. Most students responded positively to the application of the observation method. Thus, it could be concluded that application observation method was influenced significan to improve the science process skill’s of student and activities students in the characteristics of  living creatures subject matter. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode observasi terhadap keterampilan proses sains siswa. Desain penelitian adalah  pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB  yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-gain 0,62. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 86.96. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan metode observasi. Dengan demikian, penerapan metode observasi berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci :  aktivitas belajar, keterampilan proses sains (KPS), metode observasi
PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA Cinde Futriyah; Arwin Achmad; Rini Rita T Marpaung
Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was the influence of using teaching aid leaflet to improve activities and material mastery of students. This study design was pretest-postest non equivalent group. Samples were VIIA  and VIIC  that chosen by cluster random sampling. This research data the form of qualitative and quantitative data. Qualitative data obtained  form the observatin sheet of learning activities and questionnaire leaflet teaching aid interesting  were analyzed decriptive. Quantitative data obtained from the average value of test were analyzed using U test. The results showed that learning activities increase was improve with an average of 84.52% which is in high criteria. Material mastery of students is also improve with average score of pretest (63,23); posttest (84,84), and N-gain (59,28). In addition, most students were gave high interested with used of teaching aid leaflet. Thus, it could  be concluded that learning use teaching aid leaflet was influenced significan to improve activities and material mastery of students.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Desain penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC  yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan lembar kemenarikan bahan ajar leaflet yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan uji-U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 84,52% dengan kriteria tinggi. Penguasaan materi pada siswa juga meningkat dengan rata-rata nilai pretest (63,23), postest (84,84), dan N-gain (59,28). Sebagian besar siswa memberikan ketertarikan yang tinggi terhadap penggunaan bahan ajar leaflet. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan bahan ajar leaflet berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.  Kata kunci: aktivitas belajar, bahan ajar leaflet, ekosistem, penguasaan materi 

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 1 (2023): JURNAL BIOTERDIDIK Vol 10, No 3 (2022): JURNAL BIOTERDIDIK Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Bioterdidik Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Bioterdidik Vol 9, No 3 (2021): Jurnal Bioterdidik Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Bioterdidik Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Bioterdidik Vol 8, No 3 (2020): Jurnal Bioterdidik Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Bioterdidik Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 6 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 5 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 7 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 6 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 5 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Bioterdidik Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 10 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 9 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 8 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 7 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 6 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 6 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 5 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 10 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 9 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 8 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 7 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 6 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 5 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 4 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Bioterdidik Vol 1, No 7 (2013): Jurnal Bioterdidik Vol 1, No 6 (2013): Jurnal Bioterdidik Vol 1, No 5 (2013): Jurnal Bioterdidik Vol 1, No 4 (2013): bioterdidik Vol 1, No 3 (2013): jurnal bioterdidik Vol 1, No 2 (2013): bioterdidik Vol 1, No 1 (2013): bioterdidik More Issue