cover
Contact Name
M Oky Fardian Gafari
Contact Email
oky@unimed.ac.id
Phone
+6285225812829
Journal Mail Official
edukasikultura@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/about/editorialTeam
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Edukasi Kultura
ISSN : 24078409     EISSN : 25499726     DOI : 10.24114
Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun dibulan April dan Oktober.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA" : 10 Documents clear
PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 7 TAHUN 3 BULAN DALAM BIDANG SINTAKSIS Chairul Bachri Siregar; Rizca Maya Sari
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa anak usia 7tahun 3 bulan yang bernama Jefri Andana dalam bidang sintaksis. Sumber datadalam penelitian ini adalah ucapan lisan anak usia 7 tahun 3 bulan yang bernamaJefri Andana dalam bidang sintaksis. Hasil penelitian menunjukkan bahwapemerolehan bahasa anak usia 7 tahun 3 bulan sudah banyak menghasilkan katadalam setiap aktivitasnya. Hal tersebut dapat dilihat dari pembicaraannya seharihariyang sudah lancar. Kalimat yang diucapkan Jefri sudah mulai mengarah kekalimat kompleks. Jefri sudah mampu membuat kalimat deklaratif (kalimat berita)dan imperatif (kalimat perintah). Hal tersebut terlihat dari banyaknya ujaran Jefridalam pembentukan kalimat deklaratif sebanyak 15 kalimat dan kalimat imperatifsebanyak 8 kalimat. Sedangkan dalam pembentukan kalimat interogatif, Jefri kurangmampu. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya ujaran Jefri dalam pembentukankalimat interogatif sebanyak 1 kalimat. Dan Jefri tidak mampu membuat kalimatekslamatif (kalimat seru). Hal tersebut dapat dilihat dalam ujaran Jefri dalampembentukan kalimat ekslamatif sebanyak 0 kalimat.
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK MENENTUKAN UNSUR FISIK PUISI “TERATAI KEPADA KI HAJAR DEWANTARA” KARYA SANUSI PANE SISWA KELAS X SMA NEGERI-1 BARUS Fatwa Alama
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5194

Abstract

his study aimed to examine the influence applying problem solvinglearning method to the learning ountcomes the subject matter determination thephysical elements of poem “The Lily to Ki Hajar Dewantara” by Sanusi Pane atgrade class X SMA Negeri 1 Barus. This research was conducted using thedescriptive and experiment method. The study population was all eighth gradestudents of SMP Negeri 1 Barus consisting of 4 classes totaling 160 student. Thesampling technique used is random sampling technique that is 25% of the totalpopulation. So that the samples are 40 students. For signaling hypothesis upheld inthis study received or rejected, the second is how inferential statistics using theformula test "t-test". From the calculations, t-count = 7,088, when compared with thevalue of t-table at the level of 95% confidence level or error rate of 5% with degrees offreedom (df) = (N - nr) = 40 - 2 = 38, the obtained t-table = 1,686. From the researchconducted it turns out the alternative hypothesis (Ha) that set acceptable, visiblefrom t-count is greater than t-table (7,088 > 1,686). Means that the hypothesis is upheldin this study can be accepted and approved. It means that there is significantinfluence applying problem solving learning method to the learning ountcomes thesubject matter determination the physical elements of poem “The Lily to Ki HajarDewantara” by Sanusi Pane at grade class X SMA Negeri 1 Barus.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK TEKS DONGENG Dedi Zulkarnaen Pulungan
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil keterampilan menyimak dalammemahami teks dongeng siswa Kelas XII SMK KESEHATAN SAHATA kotaPematangsiantar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian inidilaksanakan di SMK KESEHATAN SAHATA Pematangsiantar Tahun Pelajaran2014/ 2015 Jalan Melanthon Siregar No. 100 Kota Pematangsiantar. Metodepenelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasilpenelitian membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsawmemberikan pengaruh terhadap kemampuan memahami dongeng siswa Kelas XIISMK KESEHATAN SAHATA. Sebelum penggunaan model pembelajaran Jigsaw,pada tes pra tindakan hasil nilai rata-rata kelas siswa adalah 70,15 dengan kriteriaketuntasan belajar sebesar 33,33 % siswa. Setelah penggunan model pembelajaranJigsaw, pada siklus I hasil nilai rata-rata kelas siswa adalah 75,37 nilai tersebutsudah mengalami peningkatan 5,22 jika dibandingkan dengan nilai pra tindakan,dengan ketuntasan belajar sebesar 54,54 % siswa. Selanjutnya dilakukan siklus IIdengan harapan ≥ 70 % siswa mampu mencapai nilai 75, hasilnya nilai rata-ratakelas mencapai 81.25 yang berarti ada peningkatan dari pra tindakan sebesar 11,07dengan kriteria ketuntasan belajar sebesar 84,84 % siswa. Dari hasil penelitianyang dilaksanakan dapat diambil kesimpulan bahwa setelah dilaksanakanpembelajaran dengan model Jigsaw, memberikan pengaruh terhadap keterampilanmenyimak teks dongeng siswa Kelas XII SMK KESEHATAN SAHATA TahunPelajaran 2014/2015.
HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS VIII SMP PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013 Laura Mayasari Gurusinga
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5195

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antaraketerampilan membaca intensif dengan kemampuan menemukan ide pokok paragraf.Hasil analisis data yang diperoleh berdistribusi normal dengan hasil rata-rata yangdiperoleh siswa dalam tes membaca intensif 65,83 dan menemukan ide pokok 66.54.Teknik uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistikkorelasi product momen dari Karl Person. Hasil analisis korelasi menunjukkanbahwa 81.5% kemampuan menemukan ide pokok dipengaruhi oleh keterampilanmembaca intensif dan selebihnya sebesar 18.5 % dipengaruhi oleh faktor lain.
PERANAN MEDIA GAMBAR DAN KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SWASTA KARTINI UTAMA SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Elidayati Elidayati
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5191

Abstract

Pengajaran menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yangsangat penting. Untuk mencapai tujuan pengajaran menulis diperlukan metode yangtepat, tentu akan dapat meningkatkan metode pencapaian tujuan pengajaran secaralebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai gambarankemampuan siswa dalam menulis narasi dengan media gambar. Dengan mengetahuitujuan tersebut, maka metode penelitian yang tepat digunakan adalah metodedeskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (delapan) SekolahMenengah Pertama (SMP) Swasta Kartini Utama Sei Rampah Kabupaten SerdangBedagai yang berjumlah 108 orang. Sampel penelitian ini diambil dari populasiyang berjumah 40 orang, teknik penentuan sampel adalah teknik random (secaraacak) karena populasi mempunyai peluang yang sama untuk menjadi sample. Datapenelitian ini dijaring dengan mengadakan tes menulis narasi kepada masingmasingsiswa. Hipotesis diuji dengan cara melihat skor rata-rata (mean)kemampuan menulis narasi dengan menggunakan media gambar di kelas VIII(delapan). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasidengan menggunakan media gambar oleh siswa sangatlah menguntungkan. Dengandemikian dapat dikatakan bahwa menulis narasi dengan menggunakan mediagambar yang dimiliki siswa kelas VIII (delapan) SMP Swasta Kartini Utama SeiRampah Kabupaten Serdang Bedagai adalah jenis menulis yang cukup baik.Kesimpulan akhir adalah bahwa dengan menulis narasi dengan menggunakan mediagambar cukup baik dan efektif.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN BERMAIN IMAJINASI DAN MIND MAP Leonardo Damanik
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5196

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam pelajaran BahasaIndonesia mulai dari SD s.d. SMA. Salah satu kompetensi dasar menulis adalahmenulis cerita pendek. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan untuk menuliscerita pendek. Kesulitan ini disebabkan para siswa tidak senang menulis dan sulituntuk mengungkapkan gagasan lewat tulisan akibat dari kurangnya variasi dalammengajar atau metode mengajar yang tidak tepat. Bermain imajinasi dan mind mapmerupakan strategi baru untuk menumbuhkan rasa senang pada siswa dalammenulis cerita pendek. Dengan imajinasi, para siswa dapat berkreativitas, termasukkreativitas dalam menulis. Peta pikiran (mind map) yang identik dengan gambargambardan warna-warna sangat mempengaruhi proses berpikir seseorang dalammenuangkan gagasan. Hal ini akan memudahkan siswa dalam membuat kerangkakarangan cerpen. Perpaduan bermain imajinasi dan mind map dalam menulis dapatmeningkatkan keterampilan seseorang dalam menulis. Karena menulis tidak hanyamengandalkan otak kiri melainkan otak kanan pun sangat mendukung, sehinggamenulis pun menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan. Hal ini dapat dibuktikandalam penelitian yang dilakukan pada 16 orang siswa kelas X SMA N 1 SilauKahean. Berdasarkan hasil penelitian, pada penelitian pertama denganmenggunakan metode ceramah dan penugasan, 10 orang siswa masih memperolehnilai di bawah KKM. Pada penelitian kedua dengan menggunakan metode bermainimajinasi, mind map dan penugasan, nilai rata-rata kelas dalam materi menuliscerita pendek meningkat dari 68.5 menjadi 75.9 dan hanya 1 (satu) orang yangnilainya tidak mencapai KKM.
PENGUASAAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BAHASA INDONESIA Golda Mair
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5192

Abstract

Jurnal ini menyajikan tentang kompetensi guru, model pembelajaran.kompetensi guru adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yangterdiri dari : (1) kompentensi pedagogik, (2) kompetensi kepribadian dan (3)kompetensi profesional. Sedangkan bagian-bagian yang dibahas tentang modelpembelajaran adalah: (1) peranan guru dalam pembelajaran, (2) penggubahanlingkungan dan sumber belajar, (3) hasil penelitian model pembelajaran.
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BORBOR T.P 2012/2013 Betharia Pane
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5197

Abstract

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Alam Sekitar Terhadap GratisPuisi Kemampuan Menulis di Belajar Indonesia Dengan Kelas X SMA Negeri 1Borbor TP 2013/2014 . Bahasa Indonesia dan Sastra . Program Studi PendidikanIndonesia / S2 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran alam sekitar pada kemampuanuntuk menulis sajak bebas kelas X SMA Negeri 1 Borbor. Populasi dalam penelitianini adalah 240 siswa sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa . Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen . Instrumen yangdigunakan adalah tes menulis puisi dalam bentuk tes esai . Nilai rata-rata percobaanadalah 76,16 sedangkan kelompok kontrol adalah 70,83 . Dengan demikian dapatdikatakan bahwa eksperimen nilai tes kelas yang lebih tinggi dibandingkan dengankelas kontrol . Dari analisis data menggunakan uji ' t ' diperoleh t = 2.76 , kemudiandikonsultasikan dengan tabel tingkat signifikansi 5 % atau dengan df = n - 1 , yaitu30-1 = 29 dari 29 df diperoleh tingkat signifikan 5 % = 2.01 . Dengan demikiandiperoleh bahwa t > t tabel yaitu 2,76 > 2:01 , sehingga hipotesis ( Ho ) ditolak danhipotesis alternatif ( Ha ) diterima . Akhirnya , dapat disimpulkan bahwapenggunaan model pembelajaran alam sekitar efek positif pada kemampuan untukmenulis puisi bebas pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Borbor.
PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LONGAT PANYABUNGAN BARAT Ainun Fadhillah
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5188

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yangsignifikan dari metode field trip pada kemampuan siswa dalam menulis teksdeskriptif pada siswa kelas SMP Negeri 1 Panyabungan Barat Longat . Penelitianini dilakukan untuk mengetahui hubungan efek penyebab , metode yang digunakanadalah metode Penelitian Tindakan Kelas . Populasi penelitian ini terdiri semuasiswa di delapan siswa kelas SMP Negeri 1 Panyabungan Barat Longat . Sampeldiambil dari populasi dengan teknik cluster sampling , mereka terdiri dari 42 siswa .Kemudian data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen . Instrumen uji .Dan menganalisis data penulis menggunakan skor diferensial dari pre test dan posttest ( SIKLUS I dan II ) . Dan ditemukan bahwa hasilnya menunjukkan bahwa nilaisiswa pada post test lebih tinggi dari pre test . Dalam siswa pre test yangmemperoleh nilai atas 65 hanya 10 siswa , dan mereka dalam siklus II , itu bangunmenjadi 31 siswa . Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima .
HUBUNGAN PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO OLEH SISWA KELAS XI SMA IPA BUDI ANGUNG MEDAN Emianna Tumanggor
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 1 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i1.5193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kalimatefektif dengan kemampuan menulis teks pidato oleh siswa kelas XI SMA Budi AgungMedan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA BudiAgung Medan berjumlah 30 orang. Kemudian untuk menentukan sampel total yaitudiambil dari keseluruh oleh siswa kelas XI IPA Budi Agung Medan yang berjumlah30 orang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan alat pengumpulan data berupates objektif dan tes menulis untuk mendapatkan data tentang hubungan penguasaankalimat efektif dan kemampuan menulis teks pidato. Berdasarkan data yangterkumpul data hasil pengolahanya dapat diketahui bahwa nilai tes penguasaankalimat efektif oleh siswa kelas XI IPA SMA Budi Agung Medan berada pada tingkatbaik yakni 7,32, dan nilai hasil kemampuan menulis teks pidato oleh siswa kelas XIIPA SMA Budi Agung Medan berada pada tingkat cukup yakni 6,92. Berdasarkandata tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang singnifikan antarahubungan penguasaan kalimat efektif dengan kemampuan menulis teks pidato olehsiswa kelas XI IPA SMA Budi Agung Medan. Hal ini terbukti berdasarkan hasil ujisingnifikan korelasi product moument nilai r hitung lebih besar dari pada nilai r tabel.Nilai r hitung sebesar 0,863 nilai r tabel 0,361.

Page 1 of 1 | Total Record : 10