cover
Contact Name
Adhi C. Fahadayna
Contact Email
a.fahadayna@ub.ac.id
Phone
+62341575755
Journal Mail Official
interaktif@ub.ac.id
Editorial Address
Jl. Veteran, Universitas Brawijaya, Gedung C FISIP, Lantai 3, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, 65145
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 20860374     EISSN : 26223295     DOI : https://doi.org/10.21776/ub.interaktif
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Interaktif is a peer-reviewed scientific journal in social and political science published by the Faculty of Social and Political Science, Universitas Brawijaya (UB). Jurnal Interaktif provides platforms for lecturers, academicians, researchers, and university students regarding the publication of scientific articles. The Journal contains articles covering current issues in psychology, political science, social science, governance policies, international relations, and other relevant matters. The Journal accepts some types of research approaches, including quantitative, qualitative, experimental, meta-analytic, and literature reviews.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2022): Mei" : 5 Documents clear
Pengaruh Terpaan Informasi Isu Perempuan dalam Konten Youtube She For Her Terhadap Tingkat Pengetahuan di Kalangan Remaja Anisa Alifia Rahmadanti; Nadia Salza Abelia
Interaktif : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14, No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media sosial adalah salah satu sumber menggali informasi. Hingga hari ini, media sosial menjadi media utama untuk memperoleh informasi dari berbagai portal informasi yang akhirnya membentuk suatu pandangan terhadap individu. YouTube merupakan bagian dari media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan sebagai sarana hiburan. Youtube juga efektif dalam memberikan sebuah terpaan informasi mengenai isu-isu penting untuk dibicarakan seperti isu perempuan yang diunggah oleh Influencer, seperti Karin Novilda. Tujuan penelitian ini untuk melihat adakah pengaruh dari terpaan informasi konten Youtube Karin Novilda mengenai isu perempuan di masa pandemi terhadap Tingkat Pengetahuan masyarakat khususnya untuk remaja usia 21-25 Tahun. Teori dan Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah terpaan informasi, komunikasi persuasif, feminisme, tingkat pengetahuan, dan Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang mengetahui informasi terkait konten video yang diungah oleh Karin Novilda mengenai She For Her dan mengikuti akun Youtube Karin Novilda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel terpaan informasi (X) memengaruhi atau memiliki sebuah keterkaitan dengan Tingkat Pengetahuan (Y) yaitu 0,816 dan tergolong sebagai hubungan yang kuat atau positif. Maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terpaan informasi melalui konten Youtube Karin Novilda dapat memberikan pengaruh terhadap tingkat pengetahuan masyarakat terlebih Remaja usia 21-25 tahun.
Pemaknaan Khalayak Terhadap Ruang Privasi Selebriti Melalui Tayangan Youtube “Malam Pertama” (Analisis Resepsi Stuart Hall Dalam Adegan Tayangan Saluran YouTube Atta Halilintar Di kalangan Remaja Madya Usia 15-17 Tahun) Cameliana Kusuma; Clara Evi C. Citraningtyas; Yosaphat Danis Murtiharso
Interaktif : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14, No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belakangan ini, ruang privasi semakin marak dijadikan sebagai suatu komoditas dagang dalam tayangan vlog media sosial YouTube maupun televisi. Ruang privasi biasanya ditentukan oleh suatu jarak tertentu antara diri sendiri dengan pihak lain yang di mana jarak itu sangat ditentukan oleh bagaimana kualitas hubungan antar individu tersebut untuk memberikan informasi yang mereka miliki. Namun saat ini, standar nilai nilai moral dan etika masyarakat mulai melonggar di mana masalah pribadi menjadi salah satu jenis tontonan yang menarik dalam layar kaca masyarakat khususnya perihal kehidupan selebriti seperti salah satu tayangan vlog YouTube Atta Halilintar “Malam Pertama” yang menjadi fenomenal serta menimbulkan pro dan kontra karena mempertontonkan kehidupan pribadi yang dimiliki oleh seorang selebriti kepada khalayak luas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Menggunakan analisis resepsi Stuart Hall dan strategi penelitian naratif untuk memperoleh data yang terkait dengan pemaknaan khalayak terhadap adegan dalam tayangan Youtube Atta Halilintar dengan menganalisis hasil wawancara dan mengelompokkan ke dalam kategori Dominant Hegemonic, Negotiated Reading atau Oppositional Position.
Strategi Komunikasi Politik Politisi Perempuan Dalam Membangun Citra Pemimpin Perempuan (Analisis Naratif Gaya Komunikasi Politik Khofifah Indar Parawansa) Maulina Pia Wulandari; Maharina Novia Zahro; Anang Sujoko
Interaktif : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14, No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jumlah pemimpin perempuan di Indonesia berbanding jauh dengan jumlah laki-laki. Baik sebagai presiden, Menteri, Gubernur, misalnya. Faktor yang memengaruhi di antaranya ialah adanya glass ceiling dan budaya patriarki. Dampaknya, kesempatan perempuan untuk dapat maju mengambil posisi top leader management perlu effort yang lebih. Adapun figure perempuan yang berhasil salah satunya ialah Khofifah Indar Parawansah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan gaya komunikasi politik yang dilakukan Khofifah Indar Parawansah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruktivis serta analisis naratif. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa brand identity yang melekat pada Khofiffah tidak terbangun secara instan, namun ada jangka waktu yang cukup jauh untuk bisa mendapatkan reputasi yang baik sehingga brand yang terbangun dalam diri Khofifah bukan hanya sekadar identitas namun juga memiliki simpatisan yang loyal (brand loyality). Khofifah sebagai warga NU sangat aktif terlibat kegiatan rutin berzanji dalam tradisi masyarakat Nahdliyyin. Pendekatan kultural sebagai ketua ketua muslimat NU sejak tahun 2000 hinga kini bisa menyatukan suara jamaah. Dengan memilih pasangan yang pas, yaitu Emil Dardak yang berasal dari partai Demokrat tentu menjadi penguat. Begitu juga dengan gaya komunikasi yang santun dan mendidik seperti seorang guru menjadi figure teladan bagi masyarakat Jawa Timur.
Strategi Agen Transfer Kebijakan Tingkat Lokal Menuju Kota Layak Anak Yeni Arissa
Interaktif : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14, No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The child-friendly City (KLA) policy has been running for almosttwo decades. However, the problems of children in the regions are increasingly diverse and increasing. Child prostitution is rampant, the stunting rate is very high, the dropout rate is very high, the dropoutrate is increasing during the covid-19 pandemic, the proliferation of street children, the increase in child sexual development, the problem of learning to be brave, and others.This study aims to find out whether local agents understand the transferability of KLA policies so that they cannot optimally implement the Minister of Women’s Empowerment Regulation No 2 of 2009 concerning child-friendly district/city policies. Considering this KLA is a transferred policy upon the ratification of the convention on the rights of the child. So that to meet this nee, local agent do not have the ability to built systems that directly solve real problems of children in the field.Inventory of local agents has been carried out in the phenomenon of transfer policies involved in child-friendly city (KLA) policies in Pontianak City. With the theoretical framework to transfer policy (Dolowitz and Marsh, 19990, deepening knowledge about the transferability of the policy in terms of benefits, adjustments, and past policies (Sobari,2011). In Addition, this study reveals the ability of local agents to carry out a strategy in transfer policy as the theoryexspressed by Mauricio I. Dussauge-Laguna (2019).This qualitative research uses the case study method. Sources of data form documentation, archives, and structured interviews to adapt the transfer policy framework. The focus of the research is the perspective and movement of ideas by KLA agents in the regions. Thsis study strengthens the transfer policy theory whose phenomenon can explain the abilityof local agents who are resistant to policies originating from the international world due to the influence and assessment of domestic agents who become liaisons for global agents in the central government. So empirically, local agents are needed to master policy development strategies to be more targeted and collaborative in drawing policies. Good with conceptual strategies, capacitybuilding, fine-tuning, and persuasion.
E-Subak: Digitalisasi Subak Terintegrasi Smartphone Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Agraris Petani Bali Pasca Pandemi Defan Agmu Ahmad Ardiansyah; Edwin Setiawan
Interaktif : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 14, No 1 (2022): Mei
Publisher : Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 menghantam perekonomian Indonesia secara drastis sejak awal kemunculannya pada triwulan II tahun 2020. Semua sektor turut terdampak dan salah satu yang paling parah adalah sektor pariwisata, termasuk di Provinsi Bali. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali mencatat gelombang migrasi tenaga kerja dari sektor pariwisata ke pertanian meningkat 17,9% di tahun 2020 atau setara dengan 545,5 ribu orang. Laju perpindahan yang cukup tinggi kurang diimbangi dengan pemerataan kompetensi agraris yang cukup bagi para petani. Kerentanan ini mengancam kelestarian dan menuntut kesiapan pengelolaan lahan pertanian. Pertanian di Bali memiliki sistem pengairan air secara berkelanjutan bernama Subak yang memiliki sejumlah nilai sosial religi dengan berlandaskan pada konsep Tri Hita Karana serta terangkum dalam peraturan daerah yaitu awig-awig. Namun, berkaca pada fakta di lapangan yang menunjukkan masih minimnya pengimplementasian subak secara menyeluruh bagi para petani maka urgensi dari inovasi ini semakin tinggi. Studi ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu Kepustakaan dan Dokumenter serta Intuitif Subjektif dengan menggunakan data kualitatif. Melalui metode ini akan dirumuskan sejumlah hasil penelitian yang menunjukkan bahwa inovasi ini akan mengusung konsep digitalisasi sektor pertanian Bali melalui pendekatan nilai Tri Hita Karana dalam sebuah platform aplikasi E-Subak, di mana bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemberdayaan bagi para petani baru dan lama untuk bisa mengelola pertanian secara lebih berkelanjutan terlebih pasca pandemi Covid-19. Aplikasi ini juga dilengkapi berbagai fitur unggulan yang dikemas secara menarik dan aplikatif. Adanya inovasi E-Subak dapat menjadi win win solution dalam meningkatkan kompetensi agraris petani Bali serta digitalisasi sektor pertanian guna mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals 2030. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5