cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2023)" : 12 Documents clear
HUBUNGAN NILAI FORMATIF, TUGAS TERSTRUKTUR, DAN NILAI SUMATIF Busnawir Busnawir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.42858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan dan besarnya konstribusi nilai formatif dan pemberian tugas terhadap nilai sumatif. Populasi penelitian ialah siswa kelas IX SMP Negeri 9 Kendari sebanyak 452 siswa, Sampel penelitian sebanyak 113 siswa (25% dari populasi) dipilih dengan teknik acak sederhana. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi sekolah pada semester ganjil tahun 2022/2023 untuk bidang studi matematika. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa rerata nilai formatif, nilai pemberian tugas, dan nilai sumatif siswa berada dalam kategori tinggi; terdapat hubungan yang sangat erat nilai formatif dan pemberian tugas dengan nilai sumatif;nilai pemberian tugas memiliki kontribusi yang lebih besar dibandingkan nilai formatif terhadap nilai sumatif.
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII PADA SOAL HOTS KONTEN FUNGSI Maryam Pratiwi Azra; Suhar Suhar; Kadir Kadir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.42784

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Buton Tengah dalam menyelesaikan soal HOTS konten fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang berasal dari kelas VIII yaitu 2 subjek kemampuan penalaran matematis tinggi, 2 subjek kemampuan penalaran matematis sedang, dan 2 subjek kemampuan penalaran matematis rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi memenuhi keempat indikator yang dinilai pada soal nomor 1, 2 dan 3. (2) Siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang memenuhi keempat indikator pada soal nomor 1, hanya mampu memenuhi dua indikator yang dinilai pada soal nomor 2 dan 3. (3) Siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah tidak memenuhi keempat indikator yang dinilai pada soal nomor 1, 2 dan 3.
FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN VIA MICROSOFT TEAMS DI KELAS XI SMA Randi Arsad; Arvyaty Arvyaty; La Ode Ahmad Jazuli
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.24313

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran via Microsoft Teams di kelas XI SMAN 3 Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas XI SMAN 3 Kendari yang mengalami kesulitan belajar berdasarkan nilai PAS. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, pemberian angket, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan berdasarkan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran via Microsoft Teams di kelas XI SMAN 3 Kendari adalah minat dan motivasi belajar yang kurang; dan (2) Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa dalam pembelajaran via Microsoft Teams di kelas XI SMAN 3 Kendari adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dalam pembelajaran via Microsoft Teams kurang baik.
KESALAHAN KONSEP SISWA KELAS X SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI Vika Kurlia; Latief Sahidin; Anwar Bey
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.42812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kesalahan konsep siswa yang berkemapuan tinggi, sedang dan rendah di SMAN 1 Mawasangka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa dari Kelas XI IPS yaitu satu siswa kemampuan tinggi, satu siswa kemampuan sedang, dan satu siswa kemampuan rendah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) kesalahan konsep siswa berkemampuan tinggi mampu menyatakan ulang konsep secara lengkap, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu secara tepat, dan mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika secara tepat; (2) kesalahan konsep siswa berkemampuan sedang kurang mampu menyatakan ulang konsep secara lengkap, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu dengan tepat, dan kurang mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika; (3) kesalahan konsep siswa berkemampuan rendah mampu menyatakan ulang konsep secara lengkap, belum mampu menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosebur tertentu,belum mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika dengan tepat.
KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP Deni Hermawan; La Ode Ahmad Jazuli; Mustamin Anggo
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.42803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa ditinjau dari kesalahan mereka dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada materi Pythagoras di SMP Negeri 1 Bungku Selatan dan apa saja faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Metode yang digunakan adalah metode campuran atau Mix Method. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bungku Selatan Tahun Ajaran 2020/2021 semester genap. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebanyak 19 orang. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Jawaban siswa dianalisis untuk mendapatkan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi Teorema Pythagoras yang meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip, dan kesalahan keterampilan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) persentasi serta jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi Teorema Pythagoras meliputi kesalahan konsep 56,8%, kesalahan prinsip 31,5%, dan kesalahan keterampilan 12,6 %; (2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi Teorema Pythagoras, yaitu: faktor interenal (minat, motivasi, dan intelegensi) dan faktor eksternal (motivasi orang tua dan model pembelajaran guru)
PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ERA PANDEMI COVID-19 Awaludin Awaludin; La Masi La Masi; Dedi Amaludin
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.28915

Abstract

Penelitian ini adalahpenelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh kemandirian dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Buton. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Buton tahun pelajaran 2020/2021 semester genap yang terdistribusi dalam 4 kelas paralel.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa yang diambil secara proportional random sampling yaitu dipilih beberapa siswa dari masing-masing kelas secara acak.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yakni analisis regresi linear berganda menggunakan variabel dummy. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan instrumen berupa angket kemandirian belajar dan angket gaya belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemandirian belajar dan gaya belajar siswa mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Buton baik secara bersama-sama maupun parsial.
KESALAHAN JAWABAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ARITMETIKA SOSIAL Ade Mifta Wardani; Fahinu Fahinu; Rahmad Prajono
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.42813

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari dan (2) menganalisis faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal aritmetika sosial siswa kelas VII SMP N 5 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kendari Tahun Ajaran 2019/2020 semester genap. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-H sebanyak 31 orang, dan objek yang diwawancarai dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang, Bentuk tes yang dilakukan adalah bentuk tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan keterampilan (2) Faktor penyebab kesalahan jawaban siswa adalah siswa kurang teliti dalam menjawab soal, siswa tidak paham maksud dari soal yang diberikan sehingga siswa tidak tahu bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut dan siswa tidak mengetahui cara mengubah soal cerita menjadi model matematika.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP Yuli Yuli; Hasnawati Hasnawati; Hafiluddin Samparadja
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.42811

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.Teknik analisis data menggunakan statistik desktiptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan inferensial menunjukan bahwa: (1) Deskripsi pembelajaran matematika siswa yang diajar dengan model PBL pada kelas VII SMP Negeri 4 Kendari tergolong baik dengan rata-rata keaktifan siswa 65.4%;(2) Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII7 SMP Negeri 4 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL pada materi segiempat dan segitiga diperoleh nilai rata-rata 62.15; (3) Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII8 SMP Negeri 4 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi segiempat dan segitiga diperoleh nilai rata-rata 50.07; (4) Terdapat pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 4 Kendari di bandingkan model pembelajaran langsung.
KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS Waode Siti Hasrawati; Zamsir Zamsir; Salim Salim
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.42815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa kelas VIII-B SMP Kartika Kendari dalam belajar materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang yaitu satu orang siswa kemampuan matematika tinggi, satu orang siswa kemampuan matematika sedang, dan satu orang siswa kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Subjek kemampuan matematika kategori tinggi adalah subjek yang tidak kesulitan dalam menentukan gradien garis dari dua titik yang diketahui dll. (2) Subjek kemampuan matematika kategori sedang adalah subjek yang tidak mengalami kesulitan dalam membuat persamaan garis dari satu titik dengan gradien yang sudah diketahui, dan (3) Subjek kemampuan matematika kategori rendah adalah subjek yang tidak merasa kesulitan dalam menentukan gradien garis dari persamaan garis lurus dan membuat persamaan garis dari satu titik dengan gradien yang sudah diketahui.
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENURUT JOHN DEWEY PADA SISWA SMP Samsidar Samsidar; La Arapu La Arapu; Saleh Saleh
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2023)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v11i2.42782

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah menurut John Dewey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII SMP Negeri 12 Kendari. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga terpilih 2 kelas sebagai sampel penelitian. Kelas VIII1 sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran langsung dan kelas VIII2 kelas eksperimen menerapkan model learning cycle 7E. Desain penelitian menggunakan posttest-only control group design. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siawa menurut John Dewey yang diajar dengan menerapkan model learning cycle 7E lebih tinggi dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut John Dewey yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah menurut John Dewey pada siswa SMP.

Page 1 of 2 | Total Record : 12