cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017)" : 12 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMPN 1 MAWASANGKA Asrianto Asrianto; La Ode Ahmad Jazuli; Ikman Ikman
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.757 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7303

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap siklusnya bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIIB SMPN 1 Mawasangka melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMPN 1 Mawasangka. Keterlaksanaan pembelajaran siklus I mencapai 76.32% oleh guru dan 62.50% oleh siswa, siklus II mencapai 86.19% oleh guru dan 78.95% oleh siswa. Pada siklus III mencapai 91.45% oleh guru dan 84.87% oleh siswa. Hasil belajar matematika siswa meningkat dari hasil tes awat 30% siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar dan indikator kinerja meningkat pada hasil tes siklus I  menjadi 45% siswa dan meningkat pada siklus II menjadi 65% siswa dan pada siklus III menjadi 80% siswa. Disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VIIB SMPN 1 Mawasangka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Wawonii Tenggara dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil yang diperoleh (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkat, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional juga meningkat, (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. (4) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuallization, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematatika.
PENGARUH METODE IMPROVE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 KENDARI Nita Pongarrang; Ikman Ikman; Rahmad Prajono
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.712 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7313

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh metode IMPROVE terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) pengaruh metode pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (3) perbedaan pengaruh antara metode IMPROVE dan metode pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan random class. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode IMPROVE terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (3) tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode IMPROVE dan metode pembelajaran langsung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 KULISUSU Agustin, Fella; Kodirun, Kodirun; Suhar, Suhar
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.849 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7308

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kulisusu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random class. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar matematika siswa berbentuk tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1)Ketercapaian pembelajaran oleh guru selama 5 pertemuan berturut turut adalah 68,42%, 73,68%, 89,47%, 94,74%, dan 100% sedangkan keaktifan siswa selama 5 pertemuan berturut-turut adalah 57,81%, 64,06%, 70,31%, 73,31%, dan 78,13%, (2)Hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kulisusu sebelum diajar dengan model pembelajaran probing prompting materi SPLDV memiliki nilai rata-rata 52,06 sedangkan setelah diajar dengan model pembelajaran probing prompting materi himpunan memiliki nilai rata-rata 74,47 (3)Hasil uji-t diperoleh thitung =19,811 > ttabel =2,1199, Ho ditolak berarti terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kulisusu.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD Wa Ode Subya; Utu Rahim; Suhar Suhar
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.781 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7314

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 11 Kendari melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari : (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan Tindakan, (c) Observasi dan Evaluasi, dan (d) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah 30 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan. Dari hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan (1) Keterlaksanaan skenario pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 70 % dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 100 %. (2) Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 66,66 % mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 100 %. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus Iketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56,66 % dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 86,66 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkanbahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII-1SMP Negeri 11 Kendari dapat ditingkatkan melaluimodel pembelajaran kooperatif tipe STAD.
PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF SETTING KOOPERATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 8 KENDARI Herwana Herwana; Muhammad Sudia; Hasnawati Hasnawati
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.254 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi konflik kognitif setting kooperatif dan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi konflik kognitif setting kooperatif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: presentase tiap-tiap indikator kemampuan pemahaman konsep matematika kedua kelas, yaitu menyatakan ulang sebuah konsep kelas eksperimen memperoleh presentase sebesar 61,85 % dan kelas kontrol 57,3 %, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur / operasi tertentu kelas eksperimen memperoleh presentase sebesar 57,21 % dan kelas kontrol 57,50 %, mengklasifikasikan objek sesuai dengan konsepnya kelas eksperimen memperoleh presentase sebesar 24 % dan kelas kontrol 25,5 %, mengaplikasikan konsep / algotitma dalam pemecahan masalah kelas eksperimen memperoleh presentase sebesar 55,7 % dan kelas kontrol 51%.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP KESEHATAN MANDONGA Nurwahyuni Nurwahyuni; Zamsir Zamsir
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.106 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7315

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan pendekatan PMR lebih tinggi dari pada sebelum diajar dengan PMR. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kesehatan Mandonga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes hasil belajar matematika berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktifitas pembelajaran matematika dengan menggunakan PMR berturut di kelas VII.A yaitu 71,43%; 80,95%; 90,48%; 76,19%; 80,95%; 95,23%, kelas VII.B 66,67%; 61,90%; 85,71%; 85,71%; 90,48%; 95,23%. Kelas VII.C 80,95%; 76,19%; 80,95%; 90,48%; 80,95%; 95,23%. Adapun keaktifan siswa di kelas VII.A yaitu 70%; 70%; 75%; 85%; 80%; 95%,  kelas VII.Byaitu 80%; 75%; 85%; 90%; 95%; 95%. Sedangkan kelas VII.C yaitu 65%; 80%; 85%; 80%; 95%; 95%; (2) Rata-rata pretest sebesar 50,25; (3) Rata-rata posttest sebesar 57,48; (4) Rata-rata hasil belajar siswa setelah diajar dengan pendekatan PMR lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa sebelum diajar dengan PMR.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS VII 5 SMP NEGERI 1 LASALEPA Arianti Arianti; Fahinu Fahinu; La Ndia La Ndia
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.031 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7318

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini sebanyak 20 orang siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Kemampuan penalaran proporsional siswa sebelum pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel tergolong cukup dimana 50,00% siswa memperoleh nilai antara 41 dan 55. Selain itu diperoleh nilai rata-rata yaitu 55,93, standar deviasi 11,0893, varians 121,197, nilai minimum 43,75 dan nilai maksimum 87,50. 2) Kemampuan penalaran proporsional siswa setelah pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi perbandingan tergolong tinggi dimana 60% siswa memperoleh nilai antara 71 dan 85, selain itu diperoleh nilai rata-rata yaitu 74,68, standar deviasi 8,7158, varians 75,966, nilai minimum 56,25 dan nilai maksimum 93,75, dan 3) Ada pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan penalaran proporsional siswa Kelas VII-5 SMP 1 Lasalepa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-A SMP-TQ MUADZ BIN JABAL KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT La Ode Muhammad Ramadhan; Anwar Bey; Ikman Ikman
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.915 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7310

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan untuk setiap siklusnya bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII-A SMP-TQ Muadz bin Jabal Kendari melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-A SMP-TQ Muadz bin Jabal Kendari. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan dari segi keterlaksanaan pembelajaran maupun dari segi hasil belajar matematika. Keterlaksanaan pembelajaran untuk siklus I mencapai 97,37% oleh guru dan 70,40% oleh siswa, siklus II mencapai 94,74% oleh guru dan 71,71% oleh siswa. Hasil belajar siswa meningkat diihat dari persentase tes awal 28,13% telah mencapai KKM, 71,88% pada siklus I dan 78,13% pada siklus II. Disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) tersebut dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII-A SMPTQ Muadz bin Jabal Kendari.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PENGAJUAN MASALAH (PROBLEM POSING) PADA MATERI AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Septi Fajriati; Kadir Tiya; Utu Rahim
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.867 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Kendari melalui pendekatan pengajuan masalah pada materi ajar sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa dari 37 siswa (54,05%) yang memperoleh nilai ≥ 67 dengan rata-rata 62,91. Hal ini belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Pada siklus II jumlah siswa yangmencapai ketuntasan belajar secara individu meningkat dari 20 siswa menjadi 30 siswa (81,08%) yang memperoleh nilai ≥ 67 dengan rata-rata 76,64. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasilobservasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pengajuan masalah (problem posing) maka hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Kendari pada materi ajar sistem persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada pencapaian persentase pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa sudah terlaksana dengan baik sebesar 85%.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLIZATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WAWONII TENGGARA Esa Sukrening; Hafiludin Samparadja; Latief Sahidin
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.859 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v5i1.7307

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Wawonii Tenggara dengan populasi seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil yang diperoleh (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkat, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional juga meningkat, (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. (4) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran konvensional.

Page 1 of 2 | Total Record : 12