cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2: Juli 2010" : 8 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kadir .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.276 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1952

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk memecahkan masalah matematika pada siswa SMP di dearah posisir Sulawesi Tenggara. Untuk memecahkan masalah tersebut dilakukan penelitian menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis potensi pesisir  atau Coastal Potency-Based Contextual Teaching and Learning (CCTL). SMP pesisir yang diteliti dipilih secara acak dari dua level sekolah pesisir, yaitu sedang dan rendah. Pada setiap level sekolah dipilih secara acak dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen mendapat CCTL dan siswa kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini adalah pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah matematik, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji t, ANAVA satu jalur, dan ANAVA dua jalur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan CCTL berpengaruh positif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pesisir dan hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional baik ditinjau dari peringkat sekolah maupun pengetahuan awal matematika siswa.
Konsep Penelitian Ex-Post Facto Baso Intang Sappaile
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.51 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1946

Abstract

Penelitian ex-post facto merupakan metode yang banyak dipakai dan berguna bagi peneliti karena banyak memberikan informasi berharga bagi pengambilan keputusan di bidang pendidikan. Istilah ex-post facto menunjukkan bahwa perubahan variabel bebas itu telah terjadi dan peneliti dihadapkan kepada masalah bagaimana menetapkan sebab dari akibat yang sedang diamati. Penelitian ex-post facto meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi atau tidak diberi perlakuan oleh peneliti. Penelitian sebab-akibat dilakukan terhadap program, kegiatan atau kejadian yang telah berlangsung atau telah terjadi. Adanya hubungan sebab-akibat didasarkan atas kajian teoretis, bahwa sesuatu variabel disebabkan atau dilatarbelakangi oleh variabel tertentu atau mengakibatkan variabel tertentu.
Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model-Electing Activities Yanto Permana
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.906 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1953

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh model-eliciting activities terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMA dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Sampel sebanyak 219 siswa dari tiga kluster SMA. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis: (1) pembelajaran MEAs berpengaruh lebih besar daripada kluster sekolah dan kemampuan awal matematik; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kluster sekolah dan antara pembelajaran dan KAM. Di samping itu, terdapat asosiasi yang tinggi antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis. 
Efektivitas Penerapan Pembelajaran Konstruktivis Terhadap Hasil Belajar Matematika Hasnawati .; Ardin .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.051 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1948

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Populasi adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari empat kelas, sementara sampelnya dua kelas diperoleh secara random yaitu kelas  masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perlakuan disatu pihak dan kontrol di pihak lainnya.  Artinya pendekatan pembelajaran konstruktivis lebih efektif dibandingkan dengan peembelajaran konvensional.
Dampak Penguasaan Guru Dalam Pembelajaran terhadap Kesuksesan Siswa Dalam Belajar Matematika Anetha LF Tilaar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.591 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1949

Abstract

Penguasaan yang harus dimiliki seorang guru matematika dalam rangka menunjang kesuksesan siswa dalam belajar matematika. Kajian ini bertujuan untuk memaparkan tentang faktor-faktor yang menjadi indikator kinerja guru matematika yang mempengaruhi kesuksesan siswa dalam belajar matematika. Kajian ini bersifat kualitatif, yang memfokuskan pada hal-hal yang diharapkan minimal diketahui dan dipahami pengajar matematika, dengan berdasarkan pada kajian pustaka dan pengamatan penulis.  
Distribusi Temperatur Dalam Keadaan Mantap Pada Sebuah Plat yang Dibatasi Oleh Dua Buah Lingkaran Hafiludin Samparadja
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.728 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1935

Abstract

Temperatur dalam keadaan mantap adalah temperatur yang didapat setelah waktu yang cukup lama. Persamaannya didapatkan dengan mengganti harga dengan 0 pada persamaan konduksi panas = k  di mana = + , sehingga diperoleh = 0 yang disebut dengan Persamaam Laplace dua dimensi. Di dalam koordinat kutub, Persamaam Laplace berbentuk + + = 0, yang didapat dengan menggunakan transformasi  x = r cosq dan  y = r sinq, r ³ 0, 0 £ q < 2p. Persamaan Laplace dalam koordinat kutub diterapkan pada sebuah plat yang dibatasi oleh dua buah lingkaran, yang mana permukaannya diisolasi dan temperatur pada batasnya dijaga dengan temperatur masing-masing adalah f(q) dan g(q).
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Pendekatan Matematika Realistik Lambertus .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.619 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1951

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar melalui penerapan PMR pada kelas yang dipilih secara purposive sampling dari dua level sekolah sedang.Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mendapat PMR memperoleh peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang lebih baik daripada siswa yang mendapat PMB (pembelajaran biasa), baik ditinjau dari keseluruhan siswa maupun berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Di samping itu, pembelajaran dan tingkat kemampuan matematika siswa berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Generatif Muh Kasim
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2: Juli 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.3 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v1i2.1944

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan April 2008 sampai dengan Maret2009 tahun 2008/2009 dengan jumlah siswa 20 orang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas initerdiri dari 3 (tiga) siklus. Hasil tes pada tiap siklus, yaitu dari hasil tes awal sebesar 30 % siswatelah mencapai nilai 6,0 dengan nilai rata-rata siswa 5,68. Pada siklus I menjadi 65 % dengan nilairata-rata 6,2. Siklus II menjadi 75 % dengan nilai rata-rata 6,72. Siklus III menjadi 85 % dengannilai rata-rata 7,18.

Page 1 of 1 | Total Record : 8